Tempat Wisata di Cirebon

13 Tempat Wisata di Cirebon yang Paling Diminati & Terhits

Posted on

Tempat Wisata di Cirebon – Hayo siapa di antara kamu yang belum pernah berkunjung ke Cirebon? Atau kalau pun berkunjung cuma sebentar dan nggak sempat jalan-jalan? Waah sayang sekali. Soalnya, Cirebon terkenal dengan pemandangan alamnya yang cantik dan kuliner-kulinernya yang lezat. Bahkan banyak lho di antara warga Jawa Barat sendiri belum tahu bahwa Cirebon merupakan gudangnya tempat wisata di Jawa Barat yang menawarkan berbagai pesona yang sulit didapatkan di daerah lain.

Tempat Wisata Di Cirebon

Mau tahu apa saja? Simak daftar 13 Tempat Wisata di Cirebon berikut ini yuk!

Setu Patok Mundu

Setu Patok Mundu

Tempat pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Danau Setu Patok, atau yang juga terkenal dengan nama Setu Patok Mundu. Danau ini memang termasuk tempat wisata di Cirebon yang sangat difavoritkan banyak orang. Selain tempatnya masih asri, hawa di sekitarnya juga terbilang sejuk, walaupun Cirebon sendiri termasuk daerah yang berhawa panas. Cocok deh buat kamu yang ingin “ngadem” sejenak dari kepenatan pekerjaan atau tugas kuliah yang menumpuk.

Nah, kamu bisa lihat sendiri betapa menawannya pemandangan di danau Setu Patok ini. Selain itu, kelebihan objek wisata ini adalah fasilitas lengkap yang dimilikinya. Terkadang menyebalkan bukan, kalau kita pergi ke sebuah tempat wisata, tapi susah mencari toilet yang bersih atau musholla? Nah, hal seperti itu tidak akan kamu alami, karena di Danau Setu Patok fasilitasnya sudah lengkap, misalnya saja seperti area parkir yang luas, Musholla, kamar mandi/ toilet umum dan penginapan. Soal makanan juga tidak perlu khawatir. Banyak kok tempat yang menyediakan kuliner lezat yang tersedia di sana.

Kamu juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling danau dengan harga terjangkau, yaitu Rp 20rb saja. Jadi, kamu bisa menikmati sunset di tengah danau. Asyik kan?

Talaga Remis

Talaga Remis

Kalau kamu penyuka lagu-lagu pop Sunda pasti tahu ada lagu yang berjudul Talaga Remis. Nah, judul lagu itu memang diambil dari nama objek wisata Cirebon ini. Tidak heran memang, karena keindahan Talaga Remis sudah tersohor kemana-mana.

Kamu bisa lihat sendiri di foto di atas, bagaimana danau yang bernuansa lime green itu terlihat sangat indah. Belum lagi ditambah pepohonan di sekitarnya yang menambah kesejukan suasana. Bikin adem deh pokoknya.

Kamu bisa melakukan banyak aktivitas di sini. Selain berperahu, kamu yang hobi memancing bisa lho mencoba peruntungan siapa tahu bisa memancing ikan mujair atau ikan mas. Atau bagi kamu yang hobi melukis. Ada banyak sekali spot yang pasti bagus kalau diaplikasikan ke kanvas lukisan.

Kalau kamu hanya ingin duduk-duduk santai sambil menikmati pemandangan alam sekitar juga boleh banget. Apalagi kalau sambil ditemani cemilan ringan. Hmmm, pasti terasa santai dan menyenangkan ya.

Pantai Kejawanan

Pantai Kejawanan

Berkunjung ke Cirebon belum lengkap kalau belum ke Pantai Kejawanan. Bahkan saking terkenalnya, banyak orang yang berburu sunset di pantai ini. Lokasi wisata Cirebon yang satu ini memang disukai siapa saja, karena keindahannya yang luar biasa.

Pantai Kejawanan juga seringkali menjadi lokasi favorit para fotografer untuk mengambil momen foto yang bagus, termasuk para calon pengantin yang ingin melakukan foto pre-wedding. Kamu bisa lihat alasannya di foto ini. Indah sekali bukan?

Berwisata untuk sekadar melepas penat pun bisa kamu lakukan di sini. Cobalah berjalan-jalan di pinggir pantai tanpa alas kaki. Rasakan butiran halus pasir pantai sambil mendengarkan kicauan burung camar. Hmmm…dijamin stress kamu langsung hilang deh.

Atau, kamu juga bisa menikmati santapan laut lezat di tempat-tempat makan yang ada di pinggir pantai. Apapun pilihan aktivitas yang akan kamu lakukan di Pantai kejawanan pasti akan menyenangkan. Jangan lupa juga ya untuk membeli souvenir khas pantai Kejawanan sebelum pulang ke kota asal.

Bukit Gronggong

Bukit Gronggong

Kalau di Bandung punya daerah sekitar Lembang dan Dago yang terkenal dengan pemandangan indah plus tempat-tempat makan dengan suasana istimewa, Cirebon juga punya Bukit Gronggong. Dari sini, kamu bisa menikmati santapan lezat sambil melihat pemandangan indah kota CIrebon, terutama pada sore dan malam hari.

Bukit Gronggong memang jadi tempat wisata cirebon yang sangat difavoritkan, terutama oleh anak-anak muda. Alasannya? Karena instagramable! Ya, banyak banget spot-spot asyik yang bisa kamu jadikan background foto-foto yang nantinya bisa kamu upload di Instagram atau Facebook.

Berhubung sekarang musim hujan, kamu pun bakal merasaan udara yang lebih sejuk dan dingin saat berkunjung ke Bukit Gronggong. Ditambah rumput-rumputnya pun akan terlihat lebih hijau.

Nah, rerumputan ini cocok deh buat kamu jadikan tempat piknik bersama keluarga. Apalagi banyak pohon yang rindang di sana.

Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman Sari Gua Sunyaragi

Salah satu objek wisata di Cirebon yang sangat terkenal adalah tempat bersejarah Taman Sari Gua Sunyaragi. Ini adalah sebuah gua yang berlokasi di Sunyaragi, Cirebon. Jadi, ada bangunan berbentuk candi yang terkenal dengan nama Taman Air Sunyaragi. Dulu, tujuan utama didirikannya gua tersebut adalah agar para sultan dan keluarganya bisa bermeditasi.

Gua ini sendiri adalah salah satu cagar budaya Kota Cirebon yang dilestarikan. Bentuknya yang unik membuat banyak pengunjung memanfaatkannya dengan berfoto-foto. Kompleks tamansari Sunyaragi sendiri terbagi menjadi 2 bagian, yaitupesanggrahan dan bangunan gua.

Nah, kalau kamu ingin mengunjungi Cagar Gua Sunyaragi, jam bukanya adalah mulai jam 8 pagi sampai 17.30 setiap harinya. Fasilitas yang terdapat di dalam kompeks taman sari gua Sunyaragi ini pun cukup lengkap, seperti tempat parkir, toilet, musholla, dan tempat makan.

Desa Wisata Cikalahang

Desa Wisata Cikalahang

Siapa bilang Cirebon hanya memiliki objek wisata pantai saja? Ternyata di Cirebon ada juga lho objek wisata bernuansa pegunungan yang berada di Desa Wisata Cikahalang. Di sini, kamu bisa menikmati suasana sejuk dan pemandangan hijau.

Terlihat bukan betapa indahnya Desa Wisata Cikahalang ini. Kamu pun bisa memancing di banyak kolam ikan yang terdapat di sana. Kamu bisa langsung memasaknya di tempat makan terdekat, atau membawa pulang hasil pancingan. Fasilitas di desa wisata Cikahalang ini pun terhitung sudah lengkap. Selain ada sarana parkir kendaraan, ada juga mushola dan toilet yang disediakan untuk para pengunjung.

Kalau kamu berniat untuk menginap pun, kamu bisa memilih penginapan yang ada di sana. Pasti menyenangkan deh bisa menikmati suasana pagi hari di desa ini. Sudah terbayang ya kesejukannya.

Oh iya, kalau kamu berkunjung ke Desa Wisata Cikahalang ini, jangan lupa membawa jaket yang agak tebal ya, karena saat pagi-pagi biasanya hawanya cukup dingin. Makanya, sudah paling pas deh kalau berlibur di sini, menyeruput teh hangat saat malam dan pagi hari. Hmmm…sedapnya…

Setu Sedong

Setu Sedong

Satu lagi danau yang jadi primadona wisata kota Cirebon adalah Setu Sedong. Ini merupakan danau buatan CIrebon yang awalnya dibuat sebagai penampungan air hujan dan pengairan untuk pertanian daerah setempat. Sekarang setu Sedong juga dimanfaatan sebagai objek wisata andalan kota Cirebon.

Walaupun merupakan danau buatan, tapi kecantikannya tak kalah kan dengan danau alami? Selain wisata air, kamu juga bisa menikmati keindahan alam sekitar, terutama pesawahan yang indah dan pepohonan hijau menyejukkan mata.

Bagi kamu yang ingin memancing ikan di sini juga bisa lho. Kedalaman air di danau ini mencapai 5-10 meter. Atau kamu mungkin lebih memilih untuk berfoto-foto di sini? Walaupun situ sedong tak seluas danau lainnya yang ada di Cirebon, tetapi banyak juga spot-spot menarik untuk yang hobi fotografi. Kamu juga bisa menyewa perahu bebek air untuk menikmati perjalanan keliling danau.

Walaupun objek wisata ini masih dikelola secara mandiri oleh masyarakat, tetapi fasilitas yang diseiakan sudah cukup lengkap lho. Jadi kamu tidak perlu repot mencari tempat parkir, toilet, musholla, tempat makan, atau penginapan, karena sudah tersedia di sana.

Wisata Alam Batu Lawang

Wisata Alam Batu Lawang

Mau tahu tempat wisata di Cirebon yang paling ngehits? Jawabannya pastilah Wisata Alam Batu Lawang. Coba deh kamu lihat di Instagram, pasti banyak yang mengupload foto sedang beribur di tempat ini. Sebenarnya, apa sih keistimewaan tempat ini?

Seperti yang kamu bisa lihat di foto di atas, Wisata Alam Batu Lawang menawarkan keunikan tebing bebatuan yang sangat indah dan terlihat kokoh. Spot-spot yang ada di sana membuat banyak pengunjung bisa ber-selfie ria sambil menikmati pemandangan yang cantik.

Alasan lain kenapa ini menjadi salah satu tempat favorit warga Cirebon adalah karena tiket masuk yang terjangkau semua kalangan, yaitu cuma Rp 7rb saja.

Telaga Nilam

Telaga Nilam

Satu lagi telaga indah yang menjadi pesona kota Cirebon adalah Telaga Nilam. Mungkin kamu bisa menebak kenapa dinamakan Telaga Nilam? Ya, betul. Karena di sini banyak terdapat ikan nilam.

Banyak alasan mengapa telaga ini sangat disukai oleh para pelancong, salah satunya adalah kejernihan air dan suasananya yang tenang. Kalau kamu tidak terlalu suka tempat wisata yang terlalu ramai, telaga nilam cocok menjadi pilihan. Telaga ini masih masuk di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai dan letaknya tidak jauh dengan Telaga Remis.

Kamu bisa dengan leluasa menikmati pemandangan di telaga ini. Pepohonan yang rindang dan suasana yang sejuk pasti membuat perut kamu cepat lapar. Tapi jangan kuatir, di sini kamu bisa dengan mudahnya kok menemukan tempat makan yang menawarkan berbagai kuliner lezat.

Yang paling menarik adalah, di telaga ini kamu boleh berenang dan bermain air, karena tersedia 2 kolam dengan kedalaman berbeda, yaitu yang dangkal dan dalam. Tetapi, meskipun berenang di kolam yang dangkal, tetap perhatikan keselamatan diri ya, terutama kalau kamu membawa anak kecil atau orang tua.

Wahana Outbound Siwalk

Wahana Outbound Siwalk

Kamu sedang mencari objek wisata di Cirebon yang juga menghadirkan banyak wahana bermain? Kalau begitu, kamu sudah datang ke tempat yang tepat, yaitu Wahana Outbound Siwalk.

Di tempat wisata ini, selain kamu akan disuguhkan keindahan alamnya, kamu juga bisa mencoba berbagai wahana yang seru, seperti berjalan di atas tali, flying fox, ATV, speed boat, dan tipe permainan lainnya yang menguji nyali. Tapi tenang saja, tetap aman kok, karena ada petugas yang profesional di sana.

Objek wisata wahana outbound Siwalk dikelola dengan sangat baik, sehingga fasilitas yang disediakan pun sangat lengkap. Mulai dari toilet yang bersih, musholla, penginapan, tempat makan, dan lainnya. Sehingga ini merupakan objek wisata yang family friendly.

Bukit Plangon

Bukit Plangon

Satu lagi nih tempat yang bisa kamu kunjungi kalau kamu sedang ingin menikmati suasana sejuk kota Cirebon, yaitu Bukit Plangon.

Bukit Plangon terletak di Desa Babakn, Cirebon. Di sini selain banyak pepohonan yang rindang, kamu juga akan bertemu dengan kera-kera yang sedikit jahil. Biasanya mereka meminta makanan dari pengunjung, Untuk itu, ada baiknya kamu menyiapkan sekantung kacang-kacangan untuk diberikan pada mereka.

Nah, di Bukit Plangon terdapat makan Pangeran Kejaksan dan Pangeran Panjunan. Keadaan bangunan makam ini terkunci, dan hanya dibuka pada saat-saat tertentu saja, misalnya malam 2 syawal saat banyak warga berziarah ke sana.

Untuk berwisata di sini juga kamu harus menyiapkan fisik yang kuat karena ada banyak tangga yang harus kamu lewati sebelum sampai ke puncak wisata bukit plangon.

Wisata Cikuya Kura-kura Belawa

Wisata Cikuya Kura-kura Belawa

Di Cirebon, selain kamu bisa mengunjungi pantai dan daerah pegunungan, kamu juga memiliki kesempatan untuk berwisata ke tempat kura-kura, yaitu Wisata Cikuya Kura-kura Belawa.

Tempat wisata ini terletak di Lemahabang, Cirebon. Sambil berwisata, kamu bisa belajar tentang satwa yang satu ini, mulai dari bagaimana cara hidupnya, sambil melihat jelas bagaimana bentuknya. Kura Kura Belawa ini hidup di air tawar pegunungan, dan yang lebih mengejutkan, umurnya bisa mencapai 150 tahun!

Karena termasuk hewan langka, maka pemeliharaan kura-kura dilakukan dengan sangat hati-hati. Bahkan sebuah kelompok khusus yang bernama Kuya Asih Mandiri dibentuk untuk menjaga kesehatan kura-kura belawa ini

Selain bermain dengan kura-kura, kamu juga bisa menikmati pemandangan indah dan alami di sekitar tempat wisata yang memiliki luas 2000 m2 ini.

Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Nah, objek wisata yang satu ini pasti akan sangat digemari terutama buat kamu yang senang dengan berbagai wahana air, yaitu Cirebon Waterland Ade Irma Suryani.

Berwisata ke kota Cirebon pastilah beum lengkap kalau tak berkunjung ke Cirebon Waterland Ade Irma Suryani yang merupakan tempat yang peling ngehits akhir-akhir ini. Tidak heran sih, karena banyak wahana air yang bisa dijadikan pilihan untuk bermain bersama keluarga.

Objek wisata yang terletak di Desa Lemahwungkuk ini memang menawaran berjuta pesona, misalnya saja wahana seru seperti ember tumpah, seluncuran, kolam arus, air mancur, dan masih banyak lagi.

Kemudian tempat-tempat makan yang ada di Waterland ini juga sangat menggoda selera. Tak hanya kelezatan kulinernya saja, tetapi konsep dan desainnya pun sangat kreatif dan luar biasa. Yang pasti membuat anak-anak sampai orang dewasa betah berlama-lama di sini. Kalau sudah kenyang, waktunya kamu buat berfoto-foto di tempat ini. Ada banyak sekali spot-spot menarik yang cocok buat jadi latar selfie kamu. Ingin berlama-lama berlibur di sini? Tak masalah. Kan ada penginapan dengan konsep rumah apung di sini.

Terbukti bukan, di Cirebon ada banyak sekali objek wisata menarik yang wajib kamu kunjungi. Nah, dari 13 Tempat Wisata di Cirebon yang sudah kita bahas tadi, mana yang kira-kira paling duluan ingin kamu kunjungi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *