9 Tempat Wisata Di Cisarua Bogor Terpopuler Bernuansa Alam

Posted on

Tempat wisata di Jawa Barat yang bertemakan alam memang tidak pernah mengecewakan. Setiap daerah pasti saja menyimpan tempat wisata yang wajib dikunjungi kalau kita sedang berkunjung ke daerah tersebut. Termasuk salah satunya adalah daerah Cisarua Bogor. Beberapa tempat wisata di Cisarua menjadi terfavorit dan hits.

Tempat Wisata di Cisarua Bogor

Nah, kalau kamu memang sedang berada di Cisarua, sebaiknya kunjungi yuk 10 tempat wisata yang viral berikut ini!

Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia

Siapa sih yang tidak mengetahui Taman Safari Indonesia? Wisata di Cisarua yang sangat viral ini merupakan tempat wisata keluarga dengan bertemakan alam dan berorientasi pada habitat satwa yang ada di alam bebas. Lokasinya berada di Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Atau orang-orang sih lebih familiar dengan sebutan Kawasan Puncak.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Cileungsi

Di Taman Safari, kamu bisa melihat satwa liar yang tidak diberikan kendang. Dari mulai yang jinak hingga yang ganas, semuanya berkeliaran. Guna keamanan, wisatawan hanya boleh melihat satwa tersebut di dalam kendaraan. Boleh menggunakan mobil pribadi, atau menggunakan bus wisata yang sudah disediakan.

Pokoknya tempat ini benar-benar cocok untuk wisata keluarga, apalagi kalau kamu membawa anak kecil. Tentu selain menjadi tempat liburan, bisa juga menjadi tempat untuk mengedukasikan tentang satwa yang ada.

Ada beberapa binatang yang terbilang jinak, boleh berinteraksi langsung dengan wisatawan. Misal gajah atau unta, kalau kamu mau naik ke punggungnya pun bisa. Namun tentunya akan dikenakan biaya tambahan ya.

Di samping itu, pihak pengelola wisata Taman Safari pun sudah membuat wahana permainan yang bisa dinikmati siapapun. Ada rumah hantu, roller coaster, dan banyak lagi. Wah, pastinya akan sangat seru sekali ya kalau kamu bisa menyempatkan diri untuk datang ke sini. Yuk, langsung saja buat jadwal kapan kamu akan liburan ke Taman Safari!

Taman Wisata Matahari Puncak

Taman Wisata Matahari Puncak

Wisata Cisarua yang masih bertemakan alam adalah Taman Wisata Matahari Puncak atau biasa disebut juga TWM Park. Merupakan wisata keluarga sekaligus obyek wisata edukasi yang bisa kamu kunjungi. Lokasinya ada di Jalan Raya Puncak KM 77 Cilember, Cisarua, Bogor. Sangat mudah sekali untuk dijangkau, baik dari arah Bandung atau dari arah Jakarta.

Di Taman Wisata Matahari, kamu dapat menemukan wahana permainan yang bisa digunakan oleh siapa saja. Dari anak hingga orang dewasa. Ada beberapa yang difavoritkan, diantaranya sepeda air, paddle boat, perahu naga, perahu karet, water ball, bumper boat, water park dan rowing boat.

Ada juga mobil yang bisa kamu gunakan yaitu mobil safari, kereta safari, sepeda wisata. Nah, kalau ingin menguji adrenaline, kamu bisa coba untuk naik flying fox atau arung jeram. Ada juga perahu kayak, mini outbound yang juga cocok untuk anak-anak, agro sawah sebagai sarana edukasi tentang padi dan tanaman, fantasyland dan banyak lagi.

TWM memang sangat cocok sekali dijadikan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga sebab permainannya sangatlah beragam.

Sangat cocok juga dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan event family gathering. Apalagi dengan dukungan fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari penginapan, aula, gazebo, restoran, pasar murah, lapangan, toilet, hingga mushola sudah dikelola dengan baik.

Air Terjun Curug Cilember

Air Terjun Curug Cilember

Ingin menikmati bagaimana segarnya air pegunungan? Bagaimana kalau kamu datang ke air terjun Curug Cilember yang ada di Cisarua, Bogor? Selain airnya yang menyegarkan, suasana alamnya pun tentu sangatlah indah untuk dinikmati. Apalagi untuk kamu yang tinggal di Jakarta, sesekali menikmati suasana alam tentu akan sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental.

Air terjunnya pun terbilang cukup unik sebab terdapat 7 air terjun yang berurutan dapat kamu nikmati. Untuk air terjun tertingginya mencapai 40 meter. Susunan dari yang tertinggi hingga terkecil tentu saja dari atas hingga ke bawah. Untuk air nya sendiri masih terbilang sangat jernih dan bersih.

Saat menjelajahi curug, kamu tidak perlu takut tersesat. Sebab sudah ada papan penunjuk jalan serta informasi yang terdapat di Kawasan ini. Nah, sebelum menikmati air terjunnya, kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu. Mungkin akan terasa melelahkan, namun akan sepadan dengan pesona alam yang bisa dinikmati.

Mengenai air terjunnya pun terdapat mitos yang melekat di masyarakat. Konon air tersebut dapat memberikan khasiat untuk siapa saja yang ingin awet muda, bisa menyembuhkan penyakit sehingga dapat mempercepat jodoh. Ya, itu hanya mitos semata ya. Mau percaya atau tidak, tergantung kamu sendiri. Namun tentunya mitos tersebut menjadi daya tarik tersendiri untuk sebagian orang.

Jadi, kapan kamu akan berkunjung ke Curug Cilember dan menikmati 7 air terjunnya? J

Taman Kupu-Kupu

Taman Kupu-Kupu

Taman Kupu-Kupu lokasinya tidak jauh dari Curug Cilember. Jadi, kamu bisa berkunjung kesini setelah dari Cilember. Taman ini merupakan sebuah tempat konservasi untuk kupu-kupu.

Kamu bisa melihat berbagai jenis kupu-kupu, sangat cocok juga untuk wisata edukasi. Untuk bisa masuk ke dalam Kawasan taman, kamu akan dibebankan tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah. Saat sudah masuk ke Taman Kupu-Kupu akan ada petugas yang menjelaskan mengenai berbagai hal terkait binatang tersebut. Mulai dari metamorfosisnya hingga jenisnya.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Tidak jauh dari Kawasan Cisarua Bogor, ada satu tempat wisata alam yang sangat diminati oleh para pendaki gunung. Tempat ini adalah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, taman nasional yang berlokasi di Jawa Barat ini termasuk dalam taman dan gunung tertua di Indonesia.

Sejak tahun 1818 hingga 1952 ada beberapa pendaki yang sudah berhasil untuk sampai ke puncak gunungnya. Pertama adalah Reinwardt, lalu disusul oleh para pendaki lainnya. Sementara yang terakhir adalah C. G. G. J Van Steenis, ia pun membuat buku yang berjudul The Mountain Flora of Jawa di tahun 1972.

Puncak gunung gede memang difavoritkan oleh para pendaki, menaklukan gunungnya termasuk salah satu pencapaian tersendiri untuk mereka. Selamat perjalanan menuju puncak, kita akan disambut dengan suasana alam yang masih terjaga. Kita juga akan menemukan sebuah tempat yang disebut Surya Kencana. Di sanalah para pendaki biasanya mendirikan tenda dan menikmati hamparan tanaman edelweis.

Bagi kamu pendaki pemula, sebaiknya sebelum menaklukan Gede Pangrango, kamu taklukan dulu beberapa puncak gunung yang terbilang masih rendah. Guna melatih ketahanan tubuh dan kesiapan mental. Karena tentunya mendaki pun harus memiliki mental yang kuat, kalau tidak mungkin saat belum sampai ke puncak, kamu malah memutuskan untuk kembali karena rasa lelah yang tidak bisa diatasi.

Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo

Curug lain yang ada di Bogor dan tidak kalah populer dengan curug cilember adalah Curug Leuwi Hejo. Tempat wisata Cisarua Bogor yang lagi-lagi menyuguhkan pemandangan alam dan kesegaran mata air pegunungan menyegarkan. Curugnya terbilang cukup ramah untuk dinikmati, artinya tidak terlalu dalam dan deras. Sehingga cukup safety untuk anak-anak namun tetap harus dalam pengawasan orang tua.

Seperti curug-curug pada umumnya. Sebelum menikmati suasana alam dan curug, kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu. Sembari berjalan santai, kamu akan disambut dengan pemandangan alam yang masih terjaga. Saat musim hujan, jalannya akan sedikit licin dan berlumpur sehingga sangat disarankan agar kamu menggunakan sepatu yang nyaman.

Sesampainya di curug, kamu akan melihat pemandangan kolam curug yang jernih. Kadang terlihat hijau atau biru karena di dalam kolamnya terdapat tanaman gangga. Bila kamu ingin menguji adrenaline, kamu bisa lompat di atas air terjunnya dan mendarat di kolamnya.

Di Kawasan curug pun sudah ada toilet untuk fasilitas para pengunjung agar bisa berganti baju dengan nyaman setelah main air. Sebaiknya kamu membawa perbekalan makanan dan minuman yang cukup untuk berjaga-jaga bila kamu merasa lapar. Ya, minimal sih minum dan makanan ringan saja.

Curug Leuwi Hejo benar-benar direkomendasikan untuk kamu. Bila kamu memang ingin berkunjung kesini, jangan lupa membawa kamera ya! Agar kamu bisa mendokumentasikan momen liburan mu saat berada di curug.

Curug Bidadari Sentul Paradise Park

Curug Bidadari Sentul Paradise Park

Setelah curug Leuwi Hejo, ada juga curug bidadari. Tempat wisata Cisarua Bogor yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Apalagi yang ingin berenang di kolam biru alami yang terbentuk karena adanya sumber mata air terjun dari pegunungan.

Curug Bidadari Sentul Paradise Park sendiri sudah dikelola dengan baik sehingga fasilitas yang ada di tempat wisatanya pun sudah terbilang cukup lengkap. Ada gazebo, toilet, warung makan, mushola, dan lain-lain.

Sementara itu, untuk luas lahannya mencapai 200 ribu meter persegi, terbilang cukup luas sekali kan? Pengelolaanya dilakukan langsung oleh PT Sentul City TBK. Konsep yang diusung untuk tempat wisata ini adalah kota satelit dengan konsep pegunungan. Lokasinya ada di ketinggian 215 sampai 500 Mdpl sehingga tidak heran bila dari segi udaranya pun masih terasa sejuk.

Taman ini benar-benar popular, biasa dijadikan destinasi wisata keluarga yang sangat diminati masyarakat sekitar. Untuk sekedar menikmati suasana alam dan juga bersantai. Sangat ideal juga dijadikan sebagai tempat bermain dengan anak-anak. Nah, bila waktu 1 hari tidak cukup untuk kamu berlibur di Kawasan Curug Bidadari Sentul Paradise Park, kamu dapat mendirikan tenda alias berkemah di kawasna ini. Suda ada spot khusus yang disediakan sehingga kamu tidak perlu repot lagi mencari lokasi kemahnya.

Sangat recomended sekali deh untuk kamu dan keluarga bisa berkunjung ke tempat ini! Langsung saja rencanakan sejak sekarang untuk tau apa saja yang harus disiapkan sebelum liburan ke Curug Bidadari Sentul Paradise Park.

Gayatri Mountain Adventure

Gayatri Mountain Adventure

Selain di Curug Bidadari Sentul Paradise Park, tempat lain yang bisa kamu jadikan tempat berkemah adalah Gayatri Adventure Mountain. Lokasi kemahanya tepat berada di Kaki Gunung Gede Pangrango. Kamu harus melewati jalan yang terbilang cukup extreme dan hanya bisa kamu lalui dengan kendaraan roda 4 double gardan 4×4. Atau dengan motor trail. Wah, tentunya akan menguji adrenaline sekali kan.

Suasana kemah di Gayatri, ada juga Kawasan camp lain yang masih satu Kawasan yaitu Highland Camp Megamendung. Lokasinya ada di ketinggian 1.003 Meter di Atas Permukaan Laut. Tentu sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati suasana alam dan kesejukan udara yang masih terjaga. Kamu dapat melihat berbagai pemandangan alam di ketinggian tersebut. Mulai dari pemandangan hutan, gunung gede hingga gunung salak. Saat malam, pesona lampu kota menjadikan suasana semakin romantis.

Di Gayatri Adventure Camp sendiri ada 2 lapangan kemah yang bisa menampung sampai dengan 50 tenda, dan satu yang lainnya bisa menampung kurang lebih 30 tenda kemah. Ada juga lapangan kecil yang bisa difungsikan sebagai tempat berkegiatan atau berkumpul. Tak jauh dari lapangan kemah, kamu dapat menemukan 5 gazebo sebagai fasilitas Kawasan tersebut. Gazebo tersebut dibuat dari bambu dengan konsep sunda. Ada juga 1 aula terbuka yang dapat menampung hingga 150 orang.

Sementara itu, 1,2 km ke arah utara dari perkemahan, kamu dapat menemukan tempat perkantoran Gayatri Adventure Camp. Di tempat ini ada banyak fasilitas yang lebih modern seperti cafe, garansi kendaraan offroad hingga bengkel perbaikan. Lokasi ini pun memang dijadikan sebagai check point atau titik keberangkatan wisatawan sebelum menuju lokasi kemah.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Gayatri Mountain Adventure? Yuk langsung saja rencanakan kapan waktu yang tepat agar kamu bisa kemah di sini bersama keluarga atau teman terdekatmu. Rasakan juga keseruan berkemah di alam yang terbuka!

Gunung Kencana

Gunung Kencana

Wisata di Cisarua Bogor yang terakhir adalah Gunung Kencana. Apakah kamu sudah tau atau sudah pernah berkunjung ke tempat ini? Bila belum, tak perlu khawatir, karena melalui penjelasan ini, kamu akan tergambar betapa indahnya tempat ini sehingga bisa menjadi alasan kenapa kamu harus datang ke Gunung Kencana.

Bagi kamu pendaki pemula pun, tidak perlu khawatir ya, apakah bisa naik ke gunung ini atau tidak. Sebab ketinggiannya masih terbilang rendah yaitu 1.803 Meter di Atas Permukaan Laut. Atau bisa ditempuh dalam waktu 45 menit saja dari titik keberangkatan pos hingga puncak.

Untuk pendakian pun tak perlu menyiapkan peralatan khusus, apalagi kala memang kamu tidak ingin berkemah. Namun yang kamu perlukan hanyalah kondisi tubuh yang prima. Bila kamu beruntung karena cuaca sedang cerah-cerahnya, kamu dapat melihat pemandangan Gunung Gede Pangrango yang terlihat jelas dan sempurna. Kesejukan udaranya pun bisa kamu rasakan. Udara yang bersih, sangat dibutuhkan oleh paru-parumu.

Sementara itu, sebelum masuk ke pos pendakian, kamu akan disambut dengan hijaunya hamparan kebun teh. Lagi-lagi suasananya memang terasa sangat asri dan sejuk, semakin membuat perjalananmu menyenangkan. Agar pendakian lebih mudah, sebaiknya gunakan sepatu khusus untuk mendaki ya. Biasanya bagian sol sepatunya agak bergerigi, ini sangat memudahkan melewati jalan bertekstur tanah. Apalagi bila kondisinya berpasir atau berlumpur karena basah.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Jonggol

Bagi kamu yang senang mengambil gambar alam tentu saja ini akan sangat memanjakan kameramu. Atau ingin sekedar berselfie ria dengan pemandangan gede pangrango dan kebun teh juga sangat bisa sekali! Liburan akan semakin menyenangkan dan menyehatkan.

Oke traveller, itulah 10 tempat wisata di Cisarua yang bernuansa alam dan menyejukkan. Saat berkunjung ke tempat wisata di atas, kamu harus tetap menjaga kebersihan lingkungan ya. Jangan meninggalkan jejak selain kenangan. Artinya, tidak boleh ada sampah yang tertinggal agar kebersihan tempat wisata benar-benar terjaga dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *