Tempat Wisata Di Ciwidey

15 Rekomendasi Tempat Wisata Di Ciwidey Bandung Paling Viral

Posted on

Punya rencana untuk liburan ke Kota Bandung? Bila iya, sebaiknya kamu kunjungi Kawasan Ciwidey. Sebab di sini, kamu dapat menemukan banyak sekali tempat wisata alam yang indah dan sejuk. Cocok sekali untuk kamu yang ingin rehat sejenak dari hiruk pikuk suasana perkotaan. Beberapa tempat wisata di Ciwidey pun sangat viral jadi akan sangat rugi bila kamu kunjungi.

Tempat Wisata di Ciwidey Bandung

Penasaran dengan wisata Ciwidey mana saja yang bisa menjadi pilihan kamu untuk berlibur? Simak yuk ulasan berikut ini.

Driam Riverside

Driam Riverside

Tempat wisata di Jawa Barat khususnya untuk Kawasan Ciwidey yang pertama adalah D’riam Riverside. Sebuah tempat wisata yang dikelola dengan sangat baik, ada berbagai macam fasilitas yang bisa dinikmati para pengunjung. Kesegaran udaranya pun sangat terasa sebab Ciwidey memang berada di dataran tinggi dan terkenal akan udaranya yang segar.

Nah, di D’riam Riverside kamu bisa menguji adrenaline dengan melakukan arung jeram. Dimana nantinya kamu akan menyusuri sungai menggunakan perahu karet bersama tim dan pemandu. Adrenaline semakin terpacu saat derasnya air sungai mulai menggoyang-goyangkan perahu karet. Tak jarang wisatawan banyak yang berjatuhan ke dalam sungai. Namun tentu saja itulah yang menariknya. Tidak perlu takut tenggelam, sebab kamu akan menggunakan pelampung sebagai pelindung.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Lembang

Selain itu, di sini juga terdapat permainan paintball. Bermain tembak-tembakan seolah kamu sedang berada di medan perang. Lengkap dengan pakaian pelindung bermotif loreng dan helm pelindungnya.

Bagaimana, cukup seru kan berlibur ke D’riam Riverside? Yuk langsung saja rencanakan liburanmu ke sini.

Barusen Hills Ciwidey

Barusen Hills Ciwidey

Ciwidey Wisata Barusen Hills berlokasi di Cisondari, Kecamatan Pasirjambu, Kota Bandung. Sangat cocok dijadikan sebagai tempat liburan bersama keluarga. Lagi-lagi udaranya yang sejuk patut menjadi pujian. Paru-paru tentu akan sangat dimanjakan dengan udara yang bersih.

Di Barusen juga terdapat paket liburan yang cukup lengkap dan bisa dipilih oleh para wisatawan. Ada pula kolam renang yang cukup besar, dikelilingi oleh pemandangan alam. Wah, semakin nyaman banget nggak sih? Wahana permainan ember tumpah pun akan semakin menyenangkan untuk anak-anak.

Bagi kamu yang mencari spot foto instagramable, tak perlu risau. Sebab sudah ada spot-spot unik yang jangan sampai kamu lewatkan. Diantaranya Taman Cinta, Bamboo Love Garden, serta Taman Belanda.

Candy House

Candy House

Tempat wisata Bandung Ciwidey Candy House menyuguhkan tempat wisata bak dunia fantasi. Lokasinya ada di Cikembang, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Kamu bisa merasakan sensasi secara langsung dari Candy House. Sebuah rumah yang dipenuhi dengan permen dan tidak akan pernah habis, ukuran permennya pun beragam. Namun, kamu tidak bisa memakan permen tersebut ya. Biar begitu, kamu masih tetap bisa mengabadikan momen saat berada di Candy House.

Berbagai spot menarik seperti Gula Kapas, Lollipop, Marshmallow, dan banyak lagi bisa menjadi pilihan terbaik untuk berfoto layaknya selebgram. Bila ingin menggunakan kostum unicorn atau princess, kamu bisa menyewanya di Candy House. Ya, anak millenial sekarang ini memang sangat suka dengan yang unik-unik. Tak heran bila Candy House kerap menjadi pilihan liburannya.

Teras Bintang

Teras Bintang

Wisata Ciwidey Bandung Teras Bintang, berlokasi di Patengan, Kecamatan Rancabali, Kota Bandung. Kamu akan diajak untuk berdiri di atas ketinggian. Pemandangan yang Indah bisa memanjakan mata, oksigen yang bersih bisa memanjakan paru-paru. Sebuah gardu padang pun berdiri dan bisa dinaiki oleh para wisatawan. Bentuknya unik seperti bintang empat kaki yang ada di atas perkebunan teh hijau. Kamu benar-benar akan terhipnotis dengan pesona alamnya.

Untuk bisa menikmati pemandangan alam secara langsung dari Teras Bintang Ciwidey, kamu bisa menyiapkan uang sebesar 20 ribu rupiah saja. Terbilang murah sebab fasilitas yang ditawarkan serta pemandangan yang kamu dapatkan akan sangat memuaskan.

Taman Kelinci

Taman Kelinci

Taman Kelinci, berlokasi di Panundaan, Kecamatan Ciwidey, Kota Bandung. Kalau kamu tahu tentang Alice in the Wonderland, mungkin kamu akan merasakan seolah sedang berada di dalam skenarionya.

Di sini, kamu dapat berinteraksi secara langsung dengan kelinci. Memberinya makan, memeganya, hingga berfoto. Namun karena hewan mammalian ini cukup sensifi, maka sebaiknya kamu tetap tenang ya bila ingin mendekati kelincinya. Ada juga binatang lain seperti Kambing, Kuda dan Burung Hantu. Kalau ingin berinteraksi secara langsung pun sangat bisa sekali. Kamu dapat menunggangi kuda dan berkeliling di Kawasan wisata, menikmati sejuknya suasana alam Ciwidey.

Bukit Jamur Rancabolang

Bukit Jamur Rancabolang

Bukit Jamur Rancabolang berlokasi di Sugimukti Kecamataman Pasirjambu, Kota Bandung. Mengapa disebut bukit jamur? Sebab di sini tumbuh banyak pepohonan hijau yang mirip dengan jamur.

Tak heran bila namanya bukit jamur dan itulah yang menjadi daya tariknya. Bahkan bentuknya yang besar membuat pengunjung seperti kurcaci. Jangan lewatkan untuk mengabadikan momen saat berada di sini ya.

Palalangon Park

Palalangon Park

Palalangon Park berlokasi di Ciboday, Kecamatan Pasir Jambu, Kota Bandung. Merupakan sebuah taman bermain yang cocok dijadikan tempat liburan bersama keluarga khususnya anak-anak. Berbagai macam fasilitas permainan bisa dinikmati. Seperti kolam besar yang lengkap dengan perosotan dan juga baskom besarnya yang sewaktu-waktu akan menumpahkan air cukup banyak. Ada juga kolam air panas, cocok untuk kamu yang sekedar ingin berendam dan merilekskan tubuh.

Beberapa spot foto menarik pun bisa kamu temui. Sehingga sangat rugi bila kamu tidak sempat mengabadikan moment berfoto mu di sini. Misalnya saja sebuah Gardu Pandang yang mirip seperti perahu Titanic, lengkap dengan air terjun buatan di bagian bawahnya. Ada juga balon udara yang memang dibuat sangat mirip. Spot foto perahu angsa serta rakit pun tak kalah menarik untuk kamu abadikan.

Kawah Putih

Kawah Putih

Nah, kalau Kawah Putih pasti sudah tidak asing lagi. Tempat ini memang sangat viral, bahkan sering dijadikan sebagai tempat untuk syuting film atau FTV. Lokasinya ada di Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kota Bandung. Sebuah pemandangan danau kawah yang membentang bisa kamu lihat.

Bau belerang pun mungkin akan sangat menyengat sehingga akan lebih baik kalau kamu menggunakan masker. Air kawahnya pun panas, konon kalau kamu menyimpan telur di sana, bisa-bisa matang dengan sendirinya. Sehingga kamu pun harus berhati-hati ya. Kemungkinan juga Kawasan kawah Putih akan sedikit berdebu dan cukup terik, jadi sebaiknya kamu menggunakan pakaian dan pelindung yang memang kamu butuhkan ya.  Kamu bisa menjelajahi area kawah putih dan jangan lupa untuk berfoto agar bisa mengabadikan momen liburan.

Kalau merasa lapar, tak perlu khawatir sebab di sini sudah banyak warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman. Namun kalau soal harga mungkin agak sedikit mahal. Maklum saja, kalau di Kawasan wisata beberapa makanan akan dinaikan harganya. Sehingga solusi lebih murahnya sih akan lebih baik kamu membawa makanan dan minuman sendiri.

Kampung Cai Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas, berlokasi di Patengan Kecamatan Rancabali, Kota Bandung. Merupakan salah satu ikon tempat wisata yang ada di Ciwidey. Ini merupakan sebuah tempat penangkaran rusa serta bumi perkemahan. Sehingga tidak hanya sehari saja, kamu bisa bermalam di sini dan mendirikan tenda. Semakin malam udaranya akan semakin dingin maka kamu harus membawa jaket ya bila memutuskan untuk kemah. Bawa juga tenda dan sleeping bag.

Paling direkomendasikan bila ingin berinteraksi dengan rusa yaitu pada pagi hari. Kamu bisa masuk ke penangkaran dengan membayar hanya 5 ribu rupiah saja. Bila ingin memberi makan rusanya, kamu tinggal membeli wortel atau sayuran lainnya. Kamu dapat berinteraksi secara langsung dengan rusa, mengelusnya serta memberikannya makan.

Bila sudah puas bermain dengan rusa, selanjutnya adalah berendam air panas. Ya, sekedar menghangatkan tubuh sebab udaranya yang dingin. Kamu pun bisa merilekskan otot tubuh.

Ciwidey Valley Hot Spring Water & Resort

Ciwidey Valley Hot Spring Water & Resort

Ciwidey Valley Hot Spring Water & Resort, berlokasi di Alamendah Kecamatan Rancabali, Kota Bandung. Merupakan Kawasan yang sangat terkenal akan udaranya yang sejuk. Serta pemandian air panasnya yang alami. Kamu dapat berendam dan memanjakan otot tubuh sejenak. Tempat ini sangat cocok untuk segala usia dari mulai anak-anak hingga dewasa. Ada juga perosotan yang berukuran besar.

Bila tidak puas hanya dengan berendam saja dan ingin bermalam agar bisa menikmati liburan lebih lama, kamu bisa menginap di sini. Terdapat kurang lebih 23 Cottage yang sangat nyaman, sudah dilengkapi dengan panorama lembah Ciwidey yang khas. Dijamin deh kamu akan sangat betah sekali kalau berlibur di sini.

Glamping Legok Kondang Lodge

Glamping Legok Kondang Lodge

Wisata Ciwidey Glamping Legok Kondang Lodge, berlokasi di Lebak Muncang, Kecamatan Ciwidey Kota Bandung. Di sini kamu bisa menikmati aktivitas camping tanpa ribet, sebab fasilitas di dalam tenda kemahnya sangat lengkap sekali bahkan bak hotel berbintang. Ini karena memang tema yang diusungnya adalah glamour camping dengan fasilitas lengkap.

Kamu dapat tidur nyenyak menggunakan tempat tidur yang empuk, tv, selimut yang sangat tebal dan menghangatkan dan bahkan kamar mandi yang nyaman. Wah, camping seperti ini dimana lagi bisa kamu nikmati kalau bukan di Glamping Legok Kondang Lodge. Kamu Benar-benar akan sangat betah deh libur di sini.

Jembatan Kereta Api Cikudapateuh

Jembatan Kereta Api Cikudapateuh

Apakah kamu menyukai foto vintage? Bila iya, kamu bisa berkunjung Jembatan Kereta Api Cikudapateuh. Lokasinya ada di Sadu, Kecamatan Soreang, Kota Bandung. Kamu akan menemui rel kereta api terbengkalai namun estetik dan memberikan kesan lomo alias vintage.

Memang rel ini sudah tidak dipakai sejak tahun 1972. Awalnya digunakan sebagai jalur transportasi pada masa penjajahan Belanda, sehingga tak heran bila memiliki sejarahnya tersendiri. Orang-orang kerap datang kesini, sengaja hanya untuk berfoto.

Kawah Rengganis

Kawah Rengganis

Kawah Rengganis, berlokasi di Patengan, Kecamatan Rancabali, Kota Bandung Barat. Sebuah wisata alam yang menyuguhkan pemandangan kawah alami. Di dalam danau kawahnya terdapat air yang mengandung belerang dan cukup panas. Namun, konon air tersebut dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kamu cukup berendam atau melakukan lulur alami guna perawatan kulit, katanya sih bisa membuat kulitmu lebih halus. Kawah ini merupakan bekas letusan Gunung Sunda Purba yang sudah ada sejak lama dan memang terbentuk oleh alam.

Bila kamu membawa anak-anak ke Kawah Rengganis, sebaiknya harus selalu dalam pengawasan ya. Sebab beberapa lokasi akan sangat berbahaya untuk anak-anak.

Perkebunan Rancabali dan Curug Tilu

Perkebunan Rancabali dan Curug Tilu

Kebun teh Rancabali berlokasi di Patengan, Kecamatan Rancabali, Kota Bandung. Kawasan Ciwidey memang dipenuhi oleh kebun teh sebab lokasinya berada di dataran tinggi membuat tanaman tersebut bisa tumbuh subur. Pemandangan alam yang indah, hamparan kebun teh serta udaranya yang sejuk bisa kamu rasakan. Di samping itu, kamu juga bisa sejenak mampir ke Curug Tilu atau biasa disebut sebagai hidden place.

Sekedar menikmati segarnya air curug. Kalau mau berenang pun sangat bisa sekali, namun kamu harus hati-hati ya karena kemungkinan besar kondisi curugnya akan licin. Bawa pakaian ganti agar kalau basah karena air curug, kamu bisa segera mengganti pakaian. Gunakan sepatu yang nyaman juga.

Situ Patenggang

Situ Patenggang

Danau Ciwidey Situ Patenggang, Berlokasi di Patengan Kecamatan Rancabali, Kota Bandung. Merupakan sebuah danau wisata berbentuk hati yang sarat akan makan cintanya. Sehingga membuat para pengunjung tertarik untuk berkunjung ke Situ Patenggang. Keindahan alam serta udaranya yang sejuk bisa kamu nikmati. Untuk bisa mengeliling danaunya, kamu bisa menyewa perahu.

Keunikan lain dari Situ Patenggang adalah mitosnya yang melegenda. Konon penamaan tempat ini berasal dari kisah Ki Santang dan pasangannya yaitu Dewi Rengganis. Mereka harus berpisah dengan terpaksa, namun tetap berusaha untuk mencari satu sama lain. Hingga akhirnya dapat bertemu di tempat ini.

Di samping itu, patenggang sendiri berasal dari kata Pateang-teangan. Kalau dalam Bahasa Indonesia, artinya saling mencari. Setelah Ki Santang dan Dewi Rengganis bertemu, Rengganis meminta Ki Santang untuk membuatkannya danau serta sebuah pulau kecil di tengahnya. Itulah kenapa di sini terdapat sebuah pulau di tengah danau yang dinamakan Danau Asmara.

Meskipun hanya mitos yang tak terbukti kebenarannya, namun hal tersebut tetap saja menjadi daya tariknya tersendir. Selain itu, disini juga terdapat sebuah batu yang dinamakan Batu Cinta. Konon di situlah Ki Santang dan Dewi Rengganis akhirnya bertemu.

Terlepas dari mitos tersebut, Situ Patenggang mempunyai hamparan rumput yang hijau. Sangat nyaman digunakan oleh para wisatawan untuk sekedar berpiknik. Menggelar tikar lalu duduk bersantai dengan keluarga.

Selain itu, karena berada di ketinggian sehingga membuat Kawasan Situ Patenggang berdekatan dengan Perkebunan Teh. Kalau mau, wisatawan pun bisa menikmati waktu

untuk berjalan-jalan di Kebun Teh. Ada juga perairan danau yang mengelilingi puluhan hektar perkebunan tersebut. Benar-benar sangat alami dan menyegarkan.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Cimahi

Bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan mengambil gambar, jangan lupa membawa kamera ya. Sebab di sini terdapat cukup banyak spot menarik, sangat rugi bila kamu lewatkan begitu saja. Abadikan setiap momen liburan di dalam gambar agar kalau rindu kamu bisa flashback melalui gambar tersebut.

Itulah 15 tempat wisata di Ciwidey yang wajib kamu kunjungi. Bila kamu mencari tempat dengan suasana alam yang masih terjaga maka Ciwidey benar-benar bisa menjadi pilihan mu. Beberapa tempat wisata di atas masih hanya sebagian saja. Kalau kamu ingin menjelajahi Kawasan Ciwidey, bukan tidak mungkin kamu dapat menemukan tempat wisata alam lainnya. Untuk sebagian wisata kemungkinan membutuhkan reservasi terlebih dahulu, jadi sebaiknya kamu cari informasi selengkap-lengkapnya mengenai tempat wisata yang akan kamu kunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *