Tempat Wisata di Denpasar

12 Tempat Wisata di Denpasar Bali Paling Banyak Dikunjungi

Posted on

Popularitas tempat wisata di Bali memang tak usah diragukan lagi. Setiap tahunnya wisatawan lokal dan asing banyak berdatangan ke Bali dalam rangka menghabiskan waktu liburan. Provinsi yang berbentuk kepulauan ini memang menjadi andalan negara Indonesia apalagi bila melihat dari sector pariwisatanya.

Tempat Wisata di Denpasar

Setiap daerah yang masuk dalam Kawasan Bali bisa dipastikan memiliki pesonanya tersendiri. Seperti Denpasar, salah satu kota besar yang berada di Bali. Banyak wisatawan yang berlalu lalang di kota ini, entah untuk sekedar singgah atau menetap dalam waktu beberapa hari untuk menghabiskan waktu liburan.

Alasan mengapa wisatawan banyak berdatangan ke sini tentu saja karena ada banyak sekali tempat wisata di Denpasar yang unik bahkan popularitasnya sudah mendunia. Nah traveller, penasaran dengan tempat wisata yang bisa dikunjungi saat berada di Denpasar? Berikut adalah rekomendasi dari republik wisata, simak yuk!

Pantai Sanur

Pantai Sanur

Sebagian besar wisata di Bali memang didominasi dengan wisata pantai. Keindahannya pun mampu menjadi buah bibir hingga kancah internasional. Termasuk wisata di Denpasar satu ini yaitu Pantai Sanur, berbeda dengan pantai di Bali secara umum yang memiliki ombak cukup besar. Ombak di sini justru relative tenang sehingga sangat cocok sekali untuk wisatawan yang sedang mencari spot snorkelling yang aman. Pantai Sanur juga terkenal akan fenomena matahari terbenamnya. Di samping  itu garis pantai yang memanjang hingga 8 km membuat Sanur semakin istimewa dan menawan.

Baca Juga: Wisata Tabanan

Kebanyakan masyarakat dan wisatawan mungkin hanya mengenal nama Sanur saja. Namun faktanya ternyata area pantai ini terdiri dari 7 buah pantai yaitu Semawang, Merta Sari, Karang Sanur, Batu Jimbar, Segara Ayu, Sindhu dan Matahari Terbit. Nah, nama yang terakhir sendiri merujuk pada lokasinya yang memang sangat pas dijadikan spot untuk menikmati matahari terbit.

Berwisata ke Sanur bisa dibilang sudah paket lengkap sekali. Sebab selain bisa menikmati pemandangan serta melakukan berbagai aktivitas pantai menyenangkan, Sanur juga dengan dengan pusat perbelanjaan. Sangat memudahkan untuk wisatawan yang ingin berbelanja oleh-oleh atau berwisata kuliner menikmati makanan khas Bali.

Tanah Lot

Tanah Lot

Siapa sih yang tak mengenal Tanah Lot? Sebuah tempat wisata di Denpasar yang populer karena keberadaan sebuah pura yang terletak di atas batu karang besar. Pura tersebut memang menjadi ikon wisata yang dimiliki Tanah Lot.

Bagaikan magnet, Tanah Lot mampu menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Sebab tak hanya menyuguhkan pemandangan alam Bali yang khas, namun disini wisatawan dapat melihat sebuah pura yang tak lepas dari nilai spiritual dan budaya. Di sini wisatawan juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik.

Selain berkunjung ke Pura, wisatawan dapat berkunjung ke sebuah gua kecil bernama Goa Ular Suci. Namun kamu harus berhati-hati sebab ada banyak ular kecil yang diyakini sebagai penjaga pura. Jenis ular tersebut adalah ulat laut yang memiliki kulit belang hitam putih, ekornya putih dan memiliki bisa.

Biarpun masuk dalam golongan ular berbahaya namun wisatawan masih diperbolehkan memegang ular tersebut bahkan berfoto sembari ditemani oleh sang pawang.  Selain gua ular suci, masih ada lagi gua yang bisa dikunjungi yaitu Gua Air Suci yang mengalirkan mata air berasal dari tengah laut. Kamu bisa membasuh tangan atau wajah untuk merasakan kesegarannya.

Bali Bird Park

Bali Bird Park

Objek wisata di Denpasar Bali Bird Park sebuah tempat yang cocok dijadikan sebagai pilihan wisata keluarga. DIsini kamu bisa menemukan berbagai macam jenis burung. Kurang terbih terdapat 1.000 ekor burung yang berasal dari 250 spesies. Wah, terbayar dong bagaimana bisingnya suara buru di tempat wisata ini.

Tak hanya melihat-lihat saja, wisatawan bisa berinteraksi langsung dengan burung yang ada. Memberi makan hingga berfoto. Berbagai macam pertunjukan pun kerap digelar dan mampu menarik perhatian banyak penonton. Khususnya penampilan dari buru-buru seperti elang dan kakatua. Oleh sebab itulah, Bali Bird Park sangat dianjurkan dikunjungi oleh kamu yang sudah berkeluarga. Mengajak anak-anak ke sini bisa memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan sekaligus berbeda. Mereka bisa bermain sekaligus belajar dan mengenal dekat berbagai macam hewan unggas.

Pulau Serangan

Pulau Serangan

Pulau Serangan, tempat wisata di Denpasar Bali yang juga dinilai memiliki keistimewaan. Wisatawan yang berkunjung ke sini memiliki banyak pilihan aktivitas yang menyenangkan. Salah satunya adalah berkunjung ke tempat konservasi penyu untuk melihat bagaimana proses bertelur hingga menetasnya para penyu. Untuk menuju lokasi konservasi tersebut, bila wisatawan berangkat dari Kuta atau Sanur, kurang lebih harus menghabiskan waktu perjalanan selama 15 menit.

Di samping berkunjung ke tempat konservasi penyu, wisatawan juga bisa berkeliling pulau. Menikmati pemandangan dan pesona yang disuguhkan. Ada berbagai macam kuliner khas Bali yang dijual oleh masyarakat setempat, cita rasa local sangatlah terasa. Kalau punya waktu kamu bisa coba mencicipinya. Sementara itu, bagi kamu yang hobi memancing, bisa melakukannya juga loh di Pulau Serangan.

Aktivitas yang tak kalah serunya adalah surfing. Yes, di Pulau Serangan kamu bisa memacu adrenaline dengan menaiki papan surfing. Ombaknya sangat cocok untuk para pemula atau kamu yang baru saja belajar. Jadi, nggak usah ragu lagi ya untuk menghabiskan waktu liburanmu di Pulau Serangan!

Desa Budaya Kertalangu

Desa Budaya Kertalangu

Selain keindahan alam yang dimiliki bali, adat dan kebudayaan Bali pun kerap menjadi sorotan. Masyarakat asli Bali kebanyakan masih memegang erat adat kebudayaan turun temurun. Mulai dari cara berkehidupan hingga upacara ada yang dilakukan. Tak heran bila ada banyak desa adat yang dibuka untuk wisatawan umum guna memperkenalkan bagaimana Bali sebenarnya.

Salah satunya adalah Desa Budaya Kertalangu yang berlokasi di Jalan By Pass Ngurah Rai Nomor 88, Kesiman Kertalangu, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar. Desa ini juga menjadi bagian dari ikon wisata budaya yang ada di Bali. Letaknya berada di jalan utama Denpasar, sehingga wisatawan bisa dengan mudah menemukan desa Budaya Kertalangu.

Begitu memasuki Kawasan pedesaan, wisatawan akan disambut dengan pemandangan alam hijau, sangat indah dan menyegarkan. Area persawahan dan kebun tumbuh dengan subur. Hal istimewa lain yang bisa kamu temui saat berada di Kertalangu adalah adanya sebuah tugu perdamaian dunia yang dibuat oleh negara-negara independen. Di tugu tersebut juga ada 9 simbol agama yang diakui oleh dunia.

Fakta lain mengenai Desa Budaya Kertalangu, ternyata terbentuknya desa didasari atas pemikiran masyarakat Bali yang menginginkan sebuah desa yang mana didalamnya terdapat nilai perdamaian, kebudayaan serta daerah hijau yang terjaga. So, traveler kalau ingin mengenal lebih dekat dengan Bali, tak usah ragu lagi untuk berkunjung ke sini.

Pantai Mertasari

Pantai Mertasari

Wisata di Denpasar Bali bertemakan pesisir memang tak akan pernah ada habisnya. Jadi, kamu tak perlu khawatir, sebab ada banyak sekali yang bisa kamu pilih untuk menghabiskan waktu liburan. Nah, bagi wisatawan yang tak terlalu menyukai keramaian, bagaimana bila berkunjung ke Pantai Mertasari? Nama pantainya belum sepopuler pantai-pantai lain yang ada di Bali namun soal pemadangan tak kalah kok. Sangat indah dan eksotis banget!

Garis pantainya memanjang, area pasirnya pun lebar terbentang luas tanpa ada banyak dihalangi karang. Pasirnya berwarna putih agak kecoklatan, pepohonan tumbuh subur di bibir pantai, memberikan suasana yang lebih teduh. Meski air lautnya tak berwarna toska namun masih sangat jernih. Ombaknya relative kecil, sangat amat sekali untuk bermain air atau berenang di tepian.

Berbagai aktivitas pantai menyenangkan bisa kamu lakukan selama berlibur di Pantai Mertasari. Salah satunya adalah berjemur, matahari yang menyengat sedikit tersamarkan dengan sepoi angin pantai.

Wisatawan sangat dianjurkan datang ke sini mulai dari pagi hari. Lebih tepatnya saat matahari hendak terbit, kamu bisa menyaksikan fenomena tersebut dengan sangat jelas di sini. Hal yang tak kalah serunya dan harus kamu coba adalah berkeliling pantai sembari menunggangi unta atau kuda.

Pantai Nusa Dua

Pantai Nusa Dua

Ingin menikmati liburan dengan lebih high class? Kamu bisa berkunjung ke Pantai Nusa Dua. Sebab di sini banyak berdiri hotel-hotel mewah dengan fasilitas super lengkap. Bak surga dunia, kamu benar-benar akan dimanjakan sekali! Di samping itu, garis pantai Nusa Dua pun terkenal sangat panjang dengan hamparan pasir putih yang bersih. Kondisi ombaknya yang tak terlalu kencang, membuat siapapun aman untuk bermain air Pantai Nusa Dua.

Di sepanjang panta, wisatawan akan disambut dengan deretan hotel bintang lima. View pantai menjadi pemandangan yang utama, inilah daya tarik mengapa orang-orang sangat menyukai berlibur di Nusa Dua, apalagi pasangan yang baru menikah. Honeymoon di sini pasti akan sangat memuaskan sekali.

Hewan Unta dan Kuda pun nampak siap menyambut wisatawan yang ingin berkeliling Kawasan pantai. Kamu bisa menyewa hewan-hewan tersebut dan menungganginya. Tak sedikit juga loh fotografer yang sengaja menyewa hewan kuda dan unta hanya untuk kebutuhan pre-wedding. Pantai Nusa Dua memang memiliki kesan yang romantis sehingga sesi foto apapun sangat cocok dilakukan di sini.

Sedikit tips bagi para backpacker yang ingin berlibur ke Nusa Dua. Karena harga hotel di sana terbilang mahal dan tentu tak akan sesuai dengan tema ‘’Backpacker’’ yang sebenarnya, kamu bisa menyewa penginapan di Kawasan pemukiman warga. Biasanya ada saja beberapa rumah yang sengaja disewakan khusus untuk para backpacker.

Pura Agung Jagatnatha

Pura Agung Jagatnatha

Pulau seribu Pura, itulah salah satu julukan dari Pulau Bali. Sehingga jangan heran, kemana pun kamu berwisata selagi masih berada dalam Kawasan Bali, pasti kamu akan menemukan sebuah Pura. Salah satunya adalah yang dijadikan sebagai wisata Denpasar Bali yakni Pura Agung Jagatnatha. Berlokasi di Jalan Surapati, Dangin Puri, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar.

Wisata spiritual sekaligus kebudayaan berpadu jadi satu. Suasana sacral akan terasa begitu kita memasuki Kawasan Pura. Siapapun boleh masuk ke sini tanpa dikenakan biaya alias gratis. Namun bagi wisatawan yang ingin berdonasi untuk biaya perawatan pura, sangat bisa sekali. Ada sebuah aturan yang harus diterapkan saat kamu berkunjung ke sebuah Pura di Bali yaitu harus mengenakan pakaian yang sopan. Bila menurutmu pakaian yang dikenakan kurang sopan sebaiknya tidak memasuki pura.

Taman Werdhi Budaya Art Centre

Taman Werdhi Budaya Art Centre

Tempat Wisata di Denpasar Taman Werdhi Budaya Art Centre, berlokasi di Jalan Nusa Indah Nomor 1, Panjer, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar. Tempatnya sangat mudah ditemui sebab cukup strategis. Wisata satu ini sangat populer sekali di Bali, dikenal sebagai kompleks seni dan kebudayaan.

Saat berkunjung ke sini wisatawan bisa menyaksikan berbagai macam pagelaran seni khas Bali. Diantaranya adalah Tari Barong dan Kecak yang dilakukan oleh orang-orang Bali asli. Taman Werdhi Budaya Art Center sangat cocok dikunjungi oleh kamu yang ingin mengenal lebih dekat tentang kebudayaan Bali.

Pura Sakenan

Pura Sakenan

Lagi-lagi kamu akan menjumpai sebuah Pura saat berkunjung ke Denpasar. Kali ini adalah Pura Sakenan yang berlokasi di Jalan Banjar Pemalukan, Peguyangan, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar. Begitu memasuki kompleks pura, kamu akan melihat dua pohon yang diberikan kain kotak-kotak, itu adalah ciri khas dari Pura Sakenan. Pohon tersebut diyakini sebagai tempat tinggal para roh yang menjaga Pura.

Di samping melakukan wisata spiritual, para pengunjung pun akan dibuat kagum dengan keindahan alam yang mengeliling Pura. Khususnya pemandangan Pantai Nusa Dua dan beberapa perbukitan. Mata akan sangat dimanjakan dengan view indah tersebut. Suasana pun terasa lebih sejuk karena angin sepoi yang sesekali menyapu wajah.

Hutan Mangrove Bali

Hutan Mangrove Bali

Karena ada banyak pantai di Denpasar maka tak heran bila ada sebuah Hutan Mangrove. Tanaman ini memiliki manfaat yakni untuk pencegahan abrasi. Keunikan dari hutan mangrove sangatlah disukai oleh para milenial yang menyukai spot foto instagramable alami. Oleh sebab itulah Kawasan wisata ini tak pernah sepi dari pengunjung. Cuaca disini cukup terik, sangat disarankan agar kamu menggunakan beberapa pelindung agar tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Seperti topi, kacamata dan juga suncream.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke sini? Catat alamatnya yuk! Jalan Ngurah Rai Nomor Km 21, Pemogan, Kecamatan Kuta Kota Denpasar.

Gunung Catur

Gunung Catur

Dan tempat wisata terakhir yang direkomendasikan untukmu saat berkunjung ke Denpasar Bali adalah Gunung Catur. Tempat wisata satu ini cocok sekali untuk pecinta alam dan para penikmat ketinggian. Lokasinya ada di Jalan Gunung Catur, Padangsambian Kaja, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar.

Baca Juga: Wisata Gianyar

Termasuk dalam salah satu gunung purba tertinggi yang berlokasi di Bali. Alam sekitar yang ada di Gunung Catur masih sangat asri dan hijau, benar-benar terjaga. Untuk menuju puncak Gunung Catur, kamu pastinya harus sedikit menguras keringat. Namun hal tersebut tentu sudah menjadi resiko untuk bisa mendapatkan view pemandangan alam yang menawan. Rasa lelah akan segera terbayar saat kamu sudah benar-benar sampai di Puncak.

Traveler, bila membahas mengenai tempat wisata di Denpasar Bali memang tak akan pernah ada habisnya! Mulai dari yang populer hingga keberadan tempat wisata yang tersembunyi. Pesona Denpasar mampu menjadi magnet untuk wisatawan lokal maupun asing. So, kamu tak usah ragu lagi untuk memutuskan akan liburan di sini atau tidak. Langsung saja buat rencana perjalananmu sekarang dan jangan lupa ajak teman atau keluarga agar pengalaman liburan di Bali bisa semakin menyenangkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *