Tempat Wisata Di Depok

16 Rekomendasi Tempat Wisata Di Depok Paling Hits Dikunjungi

Posted on

Menjelajahi tempat wisata di Jawa Barat memang tak pernah akan ada habisnya. Pasalnya tiap daerahnya pasti memiliki potensi wisata yang menjadi daya tarik. Termasuk salah satunya di Kota Depok, kota kecil yang berada diantara Kota Bogor, Tangerang dan Jakarta ini menyimpan cukup banyak wisata yang bisa kamu kunjungi. Apalagi berkat bantuan sosial media, tempat wisata di Depok yang sebelumnya belum tereksplor mulai banyak diketahui.

Rekomendasi Tempat Wisata di Depok Terbaru

Berikut ini adalah pembahasan 16 tempat wisata Depok yang paling direkomendasikan.

Kampung 99 Pepohonan

Kampung 99 Pepohonan

Kampung 99 Pepohonan lokasinya ada di Jalan K.H Muhasan II Kecamatan Limo Depok, Jawa Barat. Bila membaca dari nama tempatnya kita sudah bisa melihat sebuah keunikan dan memastikan bahwa tempat ini merupakan wisata alam. Biarpun Depok termasuk dalam Kota yang cukup panas namun bukan tidak mungkin memiliki wisata alam yang harus kamu kunjungi. Di sini kamu dapat menikmati suasana yang lebih sejuk.

Kampung 99 Pepohonan juga memiliki nama lain yaitu Kampung Rusa. Ada banyak fasilitas wisata yang bisa kamu nikmati. Salah satunya fasilitas kolam renang yang sangat disukai oleh anak-anak. Tak heran bila Kampung 99 memang menjadi pilihan untuk wisata keluarga. Ada pula beberapa gazebo yang sengaja dibuat untuk para pengunjung. Lalu, restoran yang menawarkan aneka macam kuliner, peternakan sapi dan banyak lagi.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Cimahi

Saat akhir pekan, Kampung 99 Pepohonan akan sangat penuh. Jadi, sebaiknya sih datang saat hari kerja.

Masjid Kubah Emas

Masjid Kubah Emas

Masjid Kubah Emas Depok merupakan wisata religi yang sudah sangat dikenal banyak orang. Bahkan ada saja wisatawan yang datang dari luar kota sengaja datang ke Depok hanya untuk berkunjung ke Kubah Mas. Lokasinya berada di Meruyung, Kecamatan Limo, Depok, Jawa Barat.

Kubah Mas atau Masjid Dian Al Mahri memang menjadi salah satu masjid kebanggan Kota Depok. Sudah diresmikan sejak tahun 2006 tepatnya di tanggal 31 Desember. Masjid ini juga menjadi yang termegah se-Asia Tenggara. Bagian kubahnya menjadi daya tarik sendiri, dimana konsepnya mengacu pada masjid di Persia dan India. Mozaik yang berlapis emas serta material yang didatangkan secara langsung dari Italia memberikan kesan tersendiri pada masjid Kubah Emas.

Wisatawan kerap berfoto dengan latar belakang masjid dan kubahnya. Bagi umat muslim, tentu berkunjung ke Kubah Mas menjadi salah satu kebanggan tersendiri.

GodongIjo

GodongIjo

GodongIjo merupakan wisata Depok yang berlokasi di Jalan Cinangka Raya Km 10 Nomor 60, Serua, Kecamatan Bojongsari, Depok, Jawa Barat. Saat berkunjung ke Depok, sebaiknya kamu tak melewatkan untuk datang ke Godong Ijo, sebuah tempat wisata yang dibangun di atas lahan kurang lebih 2.5 hektar ini biasanya dijadikan sebagai tempat wisata keluarga. Khususnya anak-anak.

Di sini, para wisatawan akan diajak untuk mengenal lebih dekat dengan tanaman. Mulai dari bagaimana cara pembibitannya hingga perawatan. Ada pula fasilitas area bermain untuk anak-anak. Liburan akan semakin menyenangkan saat berada di Godong Ijo. Selain itu, Botanical Café pun tak luput dari sorotan. Kamu dapat menikmati berbagai sajian kuliner khas nusantara ada pula kuliner western yang bisa menjadi pilihan lainnya.

Pasir Putih

Pasir Putih

Pasir Putih merupakan Tempat liburan di Depok yang berlokasi di Jalan Pasir Putih, Sawangan, Depok, Jawa Barat. Bila kamu ingin mencari tempat untuk berwisata keluarga maka Pasir Putih adalah pilihan paling tepat. Di sini kamu dapat menemukan sebuah taman pasir yang menjadi daya tarik dari Pasir Putih. Anaka-anak akan sangat menyukai bermain di taman tersebut. Ada pula beberapa wahana permainan seperti toh tumpah, seluncuran air yang dapat dinikmati.

Sebuah kolam renang pun dilengkapi dengan waterpark dengan bentuk serta kedalaman berbeda. Sangat bisa menyesuaikan dengan kemampuan dan tinggi badan. Tak jarang, Pasir Putih dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan acara khusus seperti Ulang Tahun, Perpisahan, dan lain-lain.

Gema Pesona Depok

Gema Pesona Depok

Tempat rekreasi di Depok, Gema Pesona  berlokasi di Jalan Tole Iskandar Nomor 45 Sukmajaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat. Tempat wisata yang memfasilitasi kolam renang dengan ukuran cukup besar kedalamannya mencapai 1-2 meter. Ada juga kola lain yang diperuntukan anak-anak dengan kedalaman 80 cm.

Sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga di akhir pekan. Bahkan di tempat ini pun sudah membuka kursus privat renang. Jadi, anak-anak dapat bermain sambil belajar dengan dibimbing langsung oleh guru renangnya. Ada pula tempat penyewaan alat renang cukup lengkap. Bila tertarik berkunjung, kamu dapat datang antara hari Selasa sampai dengan Minggu pada pukul 8 pagi sampai 6 sore. Bisa dipastikan untuk weekend akan sangat penuh. Jadi, bila ingin mengambil kelas privat sih sebaiknya antara hari Selasa sampai Kamis.

Agrowisata Belimbing Dewa

Agrowisata Belimbing Dewa

Tiap kota biasanya memiliki julukannya masing-masing. Misal julukan Kota Kembang untuk Bandung, Kota Hujan untuk Bogor sementara untuk Depok adalah Kota Belimbing sebab merupakan penghasil belimbing terbesar se-Indonesia. Sehingga tak heran ada Agrowisata Belimbing Dewa yang menjadi tempat wisata umum di kota ini. Lokasinya ada di Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Di Agrowisata ini, wisatawan dapat berkeliling melihat tanaman Belimbing serta para petani yang sedang bekerja. Kurang lebih terdapat 500 orang petani yang masih aktif. Kalau mau, kamu dapat memetik belimbing secara langsung dari pohon dan membawanya pulang atau menikmati langsung saat berada di lokasi.

Hutan Kota Depok

Hutan Kota Depok

Hutan kota merupakan hutan buatan yang dikelola oleh pemerintah setempat. Adanya hutan Kota memberikan suasana berbeda sebab ditumbuhi dengan rimbun pepohonan. Udara pun terasa semakin bersih. Lokasinya sendiri berada di Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Depok, Jawa Barat. Hutan kota biasa menjadi alternatif untuk liburan akhir pekan warga sekitar.

Terdapat sebuah danau yang bisa dijadikan sebagai tempat pemancingan. Ada pula jalan setapak serta bangku yang disediakan untuk beristirahat.

D’Kandang Amazing Farm

D’Kandang Amazing Farm

D’Kandang Amazing Farm berlokasi di Jalan Penarikan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Depok, Jawa Barat. Merupakan sebuah tempat wisata edukasi yang sebelumnya adalah peternakan sapi lalu dikembangkan menjadi destinasi wisata Depok yang bisa memberikan edukasi mengenai peternakan. Bila berkunjung bersama anak-anak, D’Kandang tentu menjadi tempat wisata paling menyenangkan.

Ada berbagai macam binatang ternak yang dapat dilihat seperti Sapi, Kerbau, Kambing. Kamu juga dapat berinteraksi langsung. Khusus untuk kambing, kalau mau kamu bisa menggendongnya dan berfoto. Tempat wisata yang dibangun di atas lahan 8 hektar ini pun dikelilingi oleh rimbun pepohonan sehingga semakin menambah kesan alamnya.

Ada beberapa aktivitas yang harus kamu lakukan saat berada di D’Kandang salah satunya adalah berkuda. Kamu dapat mengelilingi Kawasan wisata dengan menunggangi kuda. Ada pula kegiatan outbound yang cukup menguji adrenaline.

Setu Pengasinan

Setu Pengasinan

Setu Pengasinan merupakan tempat wisata di Jawa Barat yang berlokasi di Jalan Utomo Nomor 19-22, Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Depok Jawa Barat. Dari namanya yaitu ‘Setu’ sudah jelas kita akan menemukan sebuah Setu atau danau seluas enamk hektar. Pihak pengelola juga sudah menyediakan fasilitas yang dibutuhkan untuk para pengunjung.

Khususnya untuk kamu yang ingin bermain air dan memancing. Ada banyak jenis ikan di dalam kolamnya seperti Ikan Gurame, Lele, Mujair, Mas dan banyak lagi. Kamu bisa memancingnya dan kalau dapat, bisa dibawa pulang. Namun karena pihak pengelola wisata tidak memberikan fasilitas penyewaan alat pancing maka kita sendiri yang harus membawanya dari rumah.

Studio Alam TVRI

Studio Alam TVRI

Studio Alam TVRI Depok berlokasi di Jalan Raden Saleh Nomor 90, Jalan Studio Alam TVRI Nomor 1, Sukmajaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat. Termasuk dalam salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di Kota Depok. Luas tempat wisatanya mencapai 30 hektar. Di sini kita bisa melihat 19 rumah adat yang dibangung sama percis. Kamu dapat menikmati liburan sembari mempelajari kebudayaan Indonesia. Selain itu, kalau ingin berkuda, kamu dapat menyewa kuda dan menungganginya ditemani oleh petugas.

Ada juga lapangan tenis serta lapangan tembak yang memang biasa digunakan untuk Latihan menembak. Tak heran bila Studio Alam TVRI kerap dipenuhi oleh wisatawan. Jadi, agar kamu bisa menikmati suasana studio alam TVRI sampai puas, sangat disarankan untuk datang lebih pagi. Karena semakin siang biasanya akan semakin penuh. Takutnya kamu tidak nyaman bila tempat ini sudah dipadati banyak pengunjung.

Taman Bunga Wiladatika

Taman Bunga Wiladatika

Taman Bunga Wiladatika berlokasi di Jalan Jambore Nomor 1, Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Depok Jawa Barat. Wisatawan yang berkunjung ke sini akan disambut dengan taman yang dipenuhi bunga-bunga. Tak heran banyak orang yang berfoto dengan latar bunga-bunga di Taman Bunga Wiladatika.

Di tempat wisata ini, kamu dapat menikmati suasana yang berbeda. Sekedar bersantai dengan menggelar tikar sudah bisa membuat liburanmu semakin nyaman. Terdapat beberapa fasilitas yang juga bisa kamu nikmati, diantaranya kolam air mancur, lalu taman bermain anak, ada juga air terjun buatan. Kamu bisa berkunjung kapan saja. Namun harus memperhatikan jam tutupnya ya. Dimana Taman Bunga Wiladatika sendiri akan ditutup pada pukul 5 sore setiap harinya.

Pondok Zidane

Pondok Zidane

Tempat rekreasi di Depok selanjutnya adalah Pondok Zidane yang berlokasi di Jalan Kepupu Blok Porek 1 Nomor 32, Bedahan, Kecamatan Sawangan, Depok, Jawa Barat. Bagi kamu yang sedang mencari tempat liburan untuk anak, pondok Zidane bisa menjadi pilihan paling tepat. Anak bisa belajar sekaligus bermain sehingga liburan pun semakin menyenangkan.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan seperti naik rakit, memancing, menangkap ikan hingga menguji adrenaline menggunakan flying fox. Berbagai permainan outbound pun dirancang khusus agar aman digunakan untuk anak-anak. Sehingga kamu sebagai orang tua tentu tidak perlu merasa terlalu khawatir.

Situ Cilodong

Situ Cilodong

Situ Cilodong atau Danau Cilodong berlokasi di Jalan Abdul Gani, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong, Depok, Jawa Barat. Sama halnya dengan Setu Pengasinan yang sebelumnya sudah dijelaskan, Situ Cilodong juga terkenal akan Kawasan pemancingan. Sehingga tak heran hampir setiap hari Danau ini kerap dipenuhi oleh pengunjung. Sekedar menenangkan pikiran dengan memancing.

Selain memancing, ada juga beberapa aktivitas lain yang sangat rugi bila dilewatkan. Seperti Balon air. Atau bila kamu hanya ingin sekedar bersantai sejenak dengan menikmati suasana di Situ Cilodong juga sangat bisa sekali.

Sedikit tips saat kamu sedang berwisata di Depok. Karena cuaca Depok cukup terik, sebaiknya kamu menggunakan pelindung seperti topi atau Kacamata. Khususnya saat tempat wisata yang dikunjungi adalah alam terbuka atau berkonsep outdoor. Atau agar kulit tidak terkena langsung paparan sinar matahari, kamu bisa coba menggunakan sunblock sehingga kulit bisa terlindung dengan baik.

Lembah Gurame

Lembah Gurame

Lembah Gurame merupakan wisata Depok yang berlokasi di Jalan Nangka Raya Nomor 68, Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat. Tempat ini adalah sebuah taman yang dibuka untuk umum dan sering dikunjungi oleh masyarakat Depok. Sebagian masyarakat biasanya melakukan aktivitas olahraga di sini entah setiap pagi atau hanya di akhir pekan saja. Waktu bukanya dari pukul 6 pagi sampai dengan 6 malam.

Di tamannya sendiri ada beberapa fasilitas yang disediakan dan bisa kamu gunakan secara gratis. Seperti alat-alat fitness, tak heran kalau banyak masyarakat yang datang dan berolahraga ke sini. Ada juga gazebo untuk beristirahat.

Saat berkunjung ke salah satu wisata Kota Depok, kamu juga sebenarnya tidak perlu khawatir dengan akomodasi kendaraan. Sebab kendaraan umum seperti angkot, KRL hingga taksi online, bisa kamu gunakan. Bila memang tidak membawa kendaraan pribadi.

Arina Waterpark

Arina Waterpark

Wisata air Depok Arina Water Park berlokasi di Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Depok, Jawa Barat. Merupakan sebuah destinasi wisata yang sering dijadikan tempat untuk liburan bersama keluarga, khususnya anak-anak. Sebab di sini terdapat fasilitas bermain anak yang sangat menyenangkan. Selain itu, spot-spot foto yang ada di Arina Waterpark juga menjadi salah satu hal yang sangat menarik.

Bagi kamu yang memang ingin menghabiskan waktu liburan bersama anak selagi berada di Kota Depok, kamu bisa berkunjung ke Arina Waterpark. Namun tentunya saat hari libur tempat ini akan dipenuhi oleh wisatawan. Jadi, sebaiknya datang lebih pagi agar bisa menikmati liburan di Arina Waterpark lebih puas.

Arung Jeram Sungai Ciliwung

Arung Jeram Sungai Ciliwung

Tempat wisata di Depok yang terakhir adalah Arung Jeram Sungai Ciliwung. Berlokasi di Jalan Gandaria 1, Ratu Jaya, Ciliwung, Kota Depok, Jawa Barat. Kalau kamu ingin menguji adrenaline dengan menyusuri sungai maka arung jeram ini bisa menjadi pilihanmu saat berada di Kota Depok.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Subang

Suasana alamnya pun sangat indah dan memanjakan mata. Kamu akan merasakan pengalaman berbeda saat berwisata ke Sungai Ciliwung. Bila kamu memang tertarik untuk datang ke sini, sebaiknya hubungi dulu pihak pengelola wisata ya. Lalu kamu bisa memilih paket wisata arung jeram sehingga nantinya kamu akan mendapatkan pemandu berdasar paket wisata yang diambil.

Oke traveller, itulah 16 tempat wisata di Depok yang wajib kamu kunjungi. Biarpun Depok termasuk dalam kota kecil, namun bukan berarti tidak memiliki tempat wisata mengasyikan. Bahkan bila ditelusuri lebih dalam, mungkin saja Depok masih memiliki berbagai wisata menarik yang belum tereksplor. Nah, bila kamu memang menemukan tempat lainnya yang harus dikunjungi, jangan lupa foto tempat tersebut dan bagikan di sosial media ya. Agar potensi wisata daera Depok bisa semakin maju karena kedatangan para wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *