Tempat Wisata di Dompu

10 Tempat Wisata di Dompu yang Bertemakan Alam Paling Indah

Posted on

Dompu merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Lokasinya berada di bagian tengah Pulau Sumbawa, sehingga tak heran bila tempat wisata di Dompu rata-rata memang bertemakan alam yang indah.

Tempat Wisata di Dompu

Nah, kalau traveller sedang berencana ke Dompu NTB dan masih mencari lokasi wisata yang cocok untuk dijadikan tempat liburan, beberapa tempat wisata di Dompu berikut ini mungkin bisa menginspirasi. Yuk, langsung saja simak!

Pantai Lakey

Pantai Lakey

Pantai Lakey merupakan tempat wisata Dompu yang terkenal dikalangan peselancar lokal hingga mancanegara. Bahkan tempat ini benar-benar diburu dan dijadikan tujuan utama loh. Beberapa kali Lakey digunakan sebagai lokasi lomba surfing taraf internasional. Lantas, kenapa sih Lakey sangat disukai peselancar?

Ini karena ombak kidalnya, sebuah ombak yang memiliki arah sapuan ke sebelah kiri yang mana berbeda dengan ombak pantai secara umum. Keunikan tersebut digenapi dengan panorama pantai yang indah dan sudah menjadi buah bibir di kalangan penggila surfing. Angin laut di Lakey pun terbilang kencang, sangat mendukung sekali untuk kegiatan surfing.

Baca Juga: Wisata Bima

Keunggulan wisata yang ditawarkan Pantai Lakey sebenarnya sudah bisa kita lihat saat berada di pusat Kota Dompu. Dimana ada sebuah patung orang berselancar, menandakan bahwa Dompu memang tempat yang cocok untuk orang-orang yang hobi dengan kegiatan tersebut.

Bagi penggila surfing, ombak besar sekaligus tinggi memang sangat diincar. Apalagi bila kondisinya stabil seperti di Lakey. So, tak usah ragu lagi untuk berkunjung ke Lakey, jangan lupa siapkan peralatan surfing juga, agar bisa merasakan adrenaline ombak di Lakey.

Pulau Satonda

Pulau Satonda

Pulau Satonda merupakan tempat wisata di Dompu yang terbentuk karena letusan gunung api Tambora dari dasar laut. Oleh sebab itulah, Satonda menjadi pulau unik yang melengkapi sisi historis letusan Tambora pada tahun 1815.

Saat memasuki daerah Pesisir Satonda, wisatawan bisa melihat hamparan pasir dan laut sejauh mata memandang. Air laut yang jernih pun akan sangat memanjakan wisatawan yang ingin snorkeling atau diving. Keindahan alam bawah laut benar-benar bisa terlihat jelas, mulai dari berbagai jenis karang hingga binatang laut seperti penyu sisik dan ikan hias.

Semakin menjelajahi pulaunya, wisatawan akan menemukan sebuah danau yang tak biasa. Dimana air danau tersebut terasa asin bahkan melebihi asinnya air laut. Belum diketahui alasan mengapa air danau Satonda terasa asin, beberapa kali penelitian dilakukan pun hanya menghasilkan teori yang beragam. Namun ternyata inilah yang membuat Satonda menarik dan biarpun begitu, kamu tetap bisa memilih Satonda sebagai alternatif tempat wisata pilihan selagi berada di Dompu.

Nisa Pudu

Nisa Pudu

Berkunjung ke Dompu memang tak akan cukup kalau hanya satu hari saja. Pasalnya, tiap tempat wisata selalu memiliki daya tarik yang akan menghipnotismu. Seperti Nisa pudu, destinasi wisata hits NTB yang dijuluki sebagai “Akuarium Dunia” karena keindahan alam bawah laut dan keragaman spesies biota lautnya. Dari pesisir pantai Nisa Pudu, wisatawan juga bisa melihat hiu-hiu kecil berenang.

Untuk bisa sampai di Nisa Pudu, wisatawan harus mengambil penerbangan yang menuju ke Kota Bima, lalu berkendara menuju Kempo, setelah itu lanjut menyeberang pulau menggunakan perahu. Biaya sewanya kisaran 300 ribu dengan waktu tempuh 30 menitan. Sebelum ke Nisa Pudu, jangan lupa untuk menyewa perlengkapan snorkeling atau diving ya agar kamu bisa menikmati keindahan alam bawah laut dengan puas. Lebih enaknya sih menggunakan perlengkapan snorkeling atau diving sendiri.

Air Terjun Kancira

Air Terjun Kancira

Di samping wisata pantai, Dompu juga ternyata memiliki potensi wisata alam air terjun yang tak kalah menariknya yaitu Air Terjun Kancira. Pesona air yang turun dari celah bebatuan tinggi membuat siapapun akan terpukau melihatnya. Di kanan dan kiri, ada tumbuhan liar bak penghias alami bebatuan tersebut.

Suara gemericik air semakin menyempurnakan suara alam. Uniknya, biarpun kemarau suara gemericik tersebut tak pernah hilang, itu artinya air terjun tersebut memang tak pernah surut.

Untuk bisa menikmati pesona alam Kancira, wisatawan harus trekking melalui akses jalan yang cukup menantang. Apalagi saat musim penghujan, bisa dipastikan akan lebih licin dibandingkan biasanya. Namun biar begitu, sesampainya di Kancira kamu akan sekejap melupakan bagaimana sulitnya perjalanan yang telah dilalui.

Yang datang ke sini bukan hanya wisatawan local, tapi ada banyak wisatawan asing yang antusias dengan air Terjun Kancira. Terlebih warga setempat sudah pandai berbahasa inggris sehingga akan sangat membantu para turis tersebut.

Air Terjun Sori Panca

Air Terjun Sori Panca

Setelah Kancira, air terjun Sori Panca juga termasuk dalam tempat wisata populer di Dompu. Menawarkan keindahan alam yang masih terjaga sekaligus udaranya yang menyejukkan. Namun, wisatawan yang mau datang kesini membutuhkan perjuangan karena harus melewati jurang lebah agar bisa sampai tempat di air terjun yang memiliki tinggi hingga 80 meter.

Sori Panca memang terkenal akan jalurvnya yang ekstrim dan sangat menguji mental, mulai dari jalanan tanah menanjak, licin, hingga melewati tebing. Eits, tapi inilah yang membuat air Terjun Sori Panca menarik dan dijuluki sebagai spot wisata memacu adrenaline. So, buat kamu yang ngaku senang bertualang, yuk langsung saja jelajahi hutan rimba menuju Sori Panca!

Gunung Tambora

Gunung Tambora

Tambora merupakan gunung api aktif yang pernah menggegerkan dunia karena letusannya pada tahun 1815. Namun karena letusan tersebut juga membuat Tambora banyak dikunjungi turis-turis local maupun asing. Ada banyak destinasi wisata di sekitar Tambora yang terbentuk akibat letusan Tambora seperti pulau satonda.

Bagi yang penasaran ingin mendaki sampai puncaknya harus berhati-hati sebab ada kawah yang cukup membahayakan. Di samping itu, pemandangan alam di atas ketinggian Tambora sangatlah indah. Sejauh mata memandang kamu akan melihat panorama alam ciptaan Tuhan yang tiada duanya. Mengabadikan moment saat berada di puncak tentu menjadi suatu keharusan.

Air Terjun Rora

Air Terjun Rora

Wisata air terjun Rora Dompu menjadi sangat unik karena lokasinya di kelilingi oleh tebing bebatuan. Air terjunnya tak begitu tinggi namun suasana sekitarnya mampu menutupi hal tersebut, air mengalir secara alami melewati bebatuan dan jatuh di kolam yang terbentuk secara alami. Saat musim kemarau, debit airnya akan sedikit berkurang namu memasuki musim penghujan debit air akan bertambah.

Tertarik berkunjung ke air terjun rora? Kalau iya, siapkan fisikmu ya karena untuk bisa sampai di Rora, kamu harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki.

Bukit Matompo

Bukit Matompo

Matompo adalah salah satu bukit yang berada di tepi pantai Kilo, Kabupaten Dompu. Keindahan Dompu akan benar-benar bisa dinikmati secara menyeluruh bila wisatawan sudah berada di atas bukit dan melihat langsung ke arah laut lepas.

Sementara itu untuk perjalanan menuju Matomponya sendiri terbilang cukup mudah. Kamu bisa mengendarai motor atau mobil dengan mengikuti jalan utama menuju Pantai Kilo sampai menemukan bukit kecil yang berada di pinggir jalan.

Selama perjalanan tak perlu khawatir takut merasa bosan sebab mata para wisatawan akan dimanjakan dengan suguhan pemandangan lahan pertanian sekaligus udara yang sejuk.

Pantai Hodo

Pantai Hodo

Pada umumnya saat kita ke pantai, pemandangan yang akan dijumpai adalah hamparan pasir putih, pink atau hitam. Namun berbeda dengan Pantai Hodo Dompu Nusat Tenggara Barat ini.

Selain pemandangan pantai yang secara umum sudah jelas akan bisa dilihat sejauh mata memandang, ada lagi hal yang menjadi daya tarik yaitu puluhan kerbau berkumpul di pinggir pantai. Bukan tanpa alasan, para pemilik kerbau yang merupakan masyarakat sekitar sengaja membiarkan kerbau-kerbau tersebut tujuannya agar suhu tubuh kerbau tetap stabil setelah terpapar sinar matahari. Sehingga kamu yang datang ke sini harus berhati-hati, sebab ada banyak kotoran kerbau yang mungkin saja bisa terinjak.

Siapapun yang tertarik untuk mengunjungi Pantai Hodo tidak akan dikenakan biaya masuk alias free. Alasannya karena belum ada yang mengelola tempat wisata ini, mungkin kalau sudah ada yang mau mengelola Pantai Hodo bisa mendorong perekonomian local.

Oleh sebab itulah, jangan lupa untuk mengabadikan momen liburan saat berada di Hodo dan bagikan di sosial media agar semakin banyak yang tahu tempat wisata ini.

Untuk bisa sampai ke Hodo, wisatawan hanya perlu menempuh perjalanan darat menggunakan mobil selama kurang lebih 3 jam. Bila merasa lelah, tak jauh dari pantai kamu akan menemukan beberapa warung miliki masyarakat setempat.

Air Terjun Wallet Putih

Air Terjun Wallet Putih

Tempat wisata Nusa Tenggara Barat air terjun wallet putih merupakan potensi wisata alam yang dimiliki Dompu dan terkenal karena keindahanya. Penamaan air terjun tersebut diambil karena di bawah air terjun ada sebuah gua yang dihuni oleh wallet-walet berwarna putih.

Siapapun yang datang ke sini akan terpesona dengan keindahan alam Dompu, kesejukan udara dan kesegaran airnya. Kolam alami dikelilingi oleh tebing bebatuan menjulang, tanaman liar yang tumbuh menjadi penghias alami tebing tersebut, suasana asri benar-benar bisa dirasakan, dijamin kamu akan betah!

Belum banyak yang tahu mengenai tempat wisata ini, sehingga wisatawan yang berkunjung pun belum begitu banyak.

Untuk bisa sampai di air terjun wallet putih, wisatawan harus menempuh perjalanan kurang lebih 2 km dari jalan Raya Dompu-Calabai. Kalau sudah sampai lokasi, kamu tak perlu heran bila fasilitas wisata yang didapatkan masih sangat minim sebab pengelolaan tempatnya memang belum maksimal.

Nah itulah 10 tempat wisata di Dompu bertemakan alam paling indah dan  sebenarnya masih sebagian kecil saja. Sebab, kalau kamu memiliki banyak waktu untuk liburan di NTB, kamu bisa coba menjelajahi tempat wisata alam lainnya yang rata-rata memang didominasi oleh pantai.

Baca Juga: Wisata Sumbawa

Sedikit tips bagi kamu yang datang ke Dompu jangan lupa membawa sunblock ya, sebab terik matahari Dompu akan cukup menyengat. Untuk melindungi kulit, sunblock bisa jadi solusi. Gunakan sandal atau sepatu yang nyaman, kaos dengan bahan katun yang mudah serap keringat pun bisa jadi pilihan tepat. Terakhir, jangan lupa membuat rencana anggaran biaya selama di Dompu agar semua kebutuhan liburan bisa terpenuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *