Tempat Wisata di Fakfak

7 Tempat Wisata Di Fakfak Papua Barat Paling Bikin Betah!

Posted on

Tempat Wisata Di Fakfak – Apakah kamu sudah pernah mendengar nama kota Fakfak? Bila belum pernah mendengar sebenarnya wajar saja. Sebab Fakfak sendiri memang belum begitu dikenal oleh kebanyakan masyarakat di Indonesia. Nah, sekaranglah saatnya kita berkenalan lebih dekat dengan kota yang masih berada di Kawasan Papua Barat ini. Akan rugi sekali bila kamu tak kenal dengan Fakfak, sebab daerah ini ternyata menyimpan keindahan tempat wisata di Papua Barat yang mempesona dan mengagumkan.

Tempat Wisata di Fakfak

Ada banyak tempat wisata di Fakfak dengan berbagai keunikan yang khas mulai dari wisata alam, wisata religi, wisata sejarah hingga wisata adat dan kebudayaan. So traveler, penasaran dengan tempat mana saja yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi? Yuk langsung saja simak ulasan berikut.

Air Terjun Kiti Kiti

Air Terjun Kiti Kiti

Wisata yang pertama adalah Air Terjun Kiti-Kiti, salah satu wisata yang cukup populer di kalangan wisatawan lokal asal Papua. Ini karena air terjun Kiti-Kiti bermuara menuju laut lepas secara langsung.

Baca Juga: Wisata Pegunungan Arfak

Saat berkunjung ke sini, wisatawan akan disambut dengan suasana alam yang menyejukkan. Tak hanya air terjun saja namun ada pula pemandangan gunung, hutan hujan tropis hingga lautan dengan warnanya yang biru dan jernih.

Air Terjun Tagor

Air Terjun Tagor

Wisata Fakfak selanjutnya masih berkaitan dengan air yakni Air Terjun Tagor. Sama hal dengan air terjun sebelumnya, di sini kamu juga akan disambut dengan pemandangan alam yang indah dan menyejukkan. Airnya pun menyegarkan karena bersumber dari mata air alami.

Namun, untuk bisa sampai di Air Terjun Tagor, wisatawan harus cukup menguras keringat sebab akses jalannya tak terlalu mudah. Dimulai dengan trekking melewati pinggiran sungai yang kurang lebih bisa memakan waktu sampai 6 jam. Ada pula jalur kayu bekas perusahaan kayu yang sudah ditumbuhi semak belukar.

Bagi yang memiliki jiwa petualang tentu saja soal akses yang sulit tak akan jadi masalah. Betul tidak?

Pantai Patawana

Pantai Patawana

Setelah puas menikmati air terjun, bagaimana kalau perjalanan selanjutnya kita berkunjung ke Pantai Patawana. Wisata pesisir yang ekosistemnya masih terjaga dengan baik sehingga siapapun yang datang ke sini benar-benar akan sangat dimanjakan dengan suasana pantainya. Hamparan pasir putih yang lembut membentang luas, hingga laut lepas dengan warnanya hijau tosca, sangat alami dan khas.

Bila menyukai diving atau snorkeling, kamu bisa melakukannya di sini. Pemandangan alam bawa laut perairan Patawana sungguh indah dan menakjubkan. Ada banyak terumbu karang serta berbagai macam jenis ikan.

Sementara itu bagi yang menyukai surfing alias menantang ombak dengan berselancar, kamu bisa datang pada bulan Agustus sampai Desember. Sebab saat itulah kondisi ombak sedang naik-naiknya. Semakin tinggi ombak maka akan semakin tertantang.

Kali Ubadari

Kali Ubadari

Lagi-lagi masih berkaitan dengan wisata air namun kali ini bentuknya adalah sebuah kali yakni Kali Ubadari. Wisatawan akan diajak untuk melihat pemandangan kali yang unik dimana air mengalir melewati jalur yang mirip seperti anak tangga.

Aliran airnya pun sungguh menenangkan karena tak terlalu berisik, dan bila dipegang akan terasa dingin. Kondisi airnya belum tercemar sehingga sangat jernih.

Masjid Tua Patimburak

Masjid Tua Patimburak

Di samping wisata alam, saat berkunjung ke Fakfak kamu juga bisa menemukan sebuah tempat wisata religi khususnya untuk umat muslim. Ada sebuah masjid yang biasa dijadikan tempat beribadah masyarakat setempat yakni Masjid Tua Patimburak.

Menurut histori, masjid ini dibangun oleh Imam Aburhari Killian pada tahun 1870. Pada masa penjajahan Jepang masjid ini sempat dibom, namun tak berdampak terlalu parah. Hanya menimbulkan sedikit cacat pada bagian pilar-pilar masjid saja.

Bagi yang beragama muslim ataupun bukan, kamu bisa menyempatkan datang ke sini untuk melihat kondisi masjidnya sekarang.

Situs purbakala Tapurarang

Situs purbakala Tapurarang

Sebuah situs purbakala di Papua Barat memang pernah ditemukan di beberapa titik lokasi. Salah satunya ada di Fakfak. Saat berkunjung ke sini, wisatawan akan diajak untuk melihat lukisan manusia purba yang sudah ada sejak lama. Diantaranya seperti telapak tangan, telapak kaki, mata, cicak, lumba-lumba, tumbuh-tumbuhan, bentuk wajah manusia hingga alat-alat berburu seperti boomerang.

Para arkeolog yang sudah meneliti tempat ini mengatakan bahwa situs tersebut sudah ada sejak zaman Megalitikum. Namun uniknya biarpun berusia tua, warna lukisan di situs tersebut tak luntur sama sekali.

Di samping itu, para ahli pun berpendapat bahwa keberadaan lukisan di situs purbakala Fakfak ini dibuat sebagai bentuk pengingat pada generasi selanjutnya. Bahwa pernah ada kehidupan dan hal tersebut merupakan simbol kepercayaan masyarakat setempat.

The Japanese Fortress

The Japanese Fortress

Dan tempat wisata yang terakhir berkaitan dengan sejarah Indonesia. Kita akan diajak melihat sebuah benteng peninggalan masa penjajahan Jepang pada masa perang dunia ke-2.

Tak hanya melihat dari luar saja, kamu bisa masuk ke dalam, menyusuri lorong benteng. Mulai dari pintu masuk sampai ke benteng paling ujung. Hingga akhirnya kamu akan dikejutkan dengan pemandangan laut yang eksotis nan indah.

Namun untuk bisa berkunjung The Japanese Fortress, wisatawan harus menyebrang lautan dulu menggunakan kapal laut. Perjalanan yang akan akan ditempuh kurang lebih 4 jam. Cukup lama? Tenang saja, kalau sudah sampai di lokasi wisata, kamu tak akan menyesal datang ke sini.

Ada beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan sebelum liburan ke Fakfak, Papua Barat. Tips pertama, sebaiknya kamu membuat itenary perjalanan sedetail mungkin sebelum hari H keberangkatan. Tentukan tempat mana saja yang akan dikunjungi. Hal ini akan memudahkan dan bisa meminimalisir resiko tersesat,

Tips kedua, tentukan akomodasi penginapan dan kendaraan yang akan digunakan selama berada di Fakfak, Papua Barat. Apakah akan menggunakan mobil sewaan? Atau kendaraan umum? Agar lebih nyaman sih sebaiknya menyewa mobil.

Tips ketiga, prepare perlengkapan adventure mu seperlu mungkin. Bawalah barang-barang yang sekiranya memang dibutuhkan sekali. Mulai dari kamera, pakaian ganti, sepatu, makanan dan minuman, KTP, ponsel, obat-obatan pribadi, dan lain-lain yang memang sangat kamu butuhkan.

Baca Juga: Wisata Teluk Wondama

Tips terakhir, jangan lupa membawa uang cash yang banyak atau secukupnya. Jangan mengandalkan mesin ATM atau pembayaran digital ya. Apalagi kalau lokasi wisata yang hendak dikunjungi berada jauh dari perkotaan. Kamu harus super siap dengan segala kemungkinan yang ada.

Oke traveler, itulah 7 tempat wisata di Fakfak yang bisa kamu kunjungi saat berkunjung ke Papua Barat. Bagaimana, tertarik untuk menjelajahi destinasi wisata yang sudah disebutkan di atas? Datang ke sini dijamin tak akan membuatmu rugi kok!

Minimal satu kali dalam seumur hidup sebagai warga Indonesia, kamu sudah berkunjung ke pulau yang berada di ujung timur Indonesia ini. Beberapa tips yang sudah disampaikan di atas pun mudah-mudahan bisa membantumu selama perjalanan ke sana ya. Happy traveling!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *