Tempat Wisata Di Flores Timur

12 Tempat Wisata Di Flores Timur Yang Memikat Mata

Posted on

Flores Timur adalah salah satu kabupaten di NTT yang menyimpan potensi wisata beragam. Selain kekayaan alamnya, adat dan kebudayaan warisan nenek moyang di Flores pun masih terjaga secara turun temurun. Itulah mengapa, bagi yang ingin menjelajahi tempat wisata di Nusa Tenggara Timur maka Flores Timur tak boleh terlewatkan.

Tempat Wisata di Flores Timur

Bila menjelajahi wisata di Kawasan timur Indonesia maka sangat identic dengan pesona wisata pesisir yang indah dan jernih plus keindahan alam bawah laut yang mempesona. Berbagai macam kegiatan seru seperti snorkeling atau diving kerap dijadikan agenda wajib saat berada di pesisir Flores.

Tapi tak hanya itu saja, daerah ini juga menawarkan ragam destinasi wisata lain seperti danau, wisata sejarah, pegunungan, wisata religi, budaya, dan lain-lain. Nah traveller, kalau penasaran dengan tempat wisata di Flores Timur mending langsung saja yuk simak ulasan berikut ini.

Pulau Adonara

Pulau Adonara

Destinasi wisata pertama yang bisa kamu eksplor adalah Pulau Adonara, pulau kecil yang berada di deretan kepulauan Nusa Tenggara Timur. Untuk menuju ke sini, wisatawan harus menyebrang menggunakan kapal laut, perjalanan akan ditemani pemandangan gugusan gunung, bukit dan lautan lepas yang jernih.

Sesampainya di Pulau, wisatawan akan semakin dibuat terpesona dengan keindahan pulaunya. Namun bukan hanya itu saja, penduduk setempat pun terkenal akan sikapnya yang ramah dan senang menyapa dengan kata “kereu” yang berarti selamat.

Baca Juga: Wisata Flores

Saat berkeliling pulau dan memutuskan untuk singgah di rumah warga, biasanya wisatawan akan disuguhi dengan makanan khas seperti jagung titi, pisang goreng, dan segelas kopi. Sederhana namun dijamin akan terasa nikmat.

Pulau Meko

Pulau Meko

Meko atau yang sering disebut Pasir Timbul Meko adalah tempat wisata populer selanjutnya yang sangat direkomendasikan untuk wisatawan kunjungi. Lokasinya berada di Kecamatan Witihama Pulau Adonara, Flores Timur, NTT. Meko ini terlihat seperti sebuah pulau kecil di tengah lautan lepas, indah dan mempesona. Pemandangan unik pasir putih bercampur pink pun sangat memanjakan mata.

Ukuran pulaunya memang kecil hanya sekitar 1 km persegi dan tak berpenghuni. Jadi, siapapun yang datang ke sini dan ingin menginap harus mempersiapkan berbagai macam kebutuhan seperti makanan dan tenda.

Selain suasana pantai Meko yang patut diacungi jempol, alam bawah lautnya pun tak kalah menarik. Wisatawan bisa menyempatkan untuk snorkeling atau diving. Bila beruntung, kamu mungkin akan bertemu dengan populasi hijau jinak.

Agar bisa semakin mendukung pengembangan tempat wisata Pulau Meko, pemerintah dan dinas pariwisata sudah membangun akses transportasi yang nyaman. Ada sebuah dermaga atau jembatan perahu khusus untuk sampai di Meko.

Pulau Solor

Pulau Solor

Pulau Solor merupakan tempat wisata larantuka yang berlokasi di sebelah timur Flores. Dibatasi langsung oleh selat Lowotobi di sebelah barat, Selat Solor di sebelah utara, Selat Lamakera disebelah timur dan Laut Sawu di selatan. Pulau ini termasuk salah satu diantara dua pulau utama lain yang ada di Flores yakni Adonara.

Pemandangan Solor sangat khas dengan pesona pantai pesisir Flores. Hamparan pasir putih hingga garis pantai yang panjang menjadi asupan vitamin sea bagi siapapun yang merindukan suasana pantai.

Suasana pulau cenderung sepi karena belum banyak pengunjung dan pengelolaannya pun belum maksimal. Biarpun begitu, kamu masih tetap bisa menikmati eksotisme solor dengan nyaman, tanpa dipadati oleh banyak orang.

Gunung Lewotobi

Gunung Lewotobi

Bagi penikmat ketinggian, tempat wisata Gunung Lewotobi bisa menjadi alternatif tempat liburan paling menantang. Sebab sebelum menikmati pemandangan dan udara yang menyejukkan, kamu akan ditantang untuk mendaki gunung Lewotobi sampai ke puncak.

Sebelum mendaki, ada hal yang harus kamu ketahui yaitu soal pembagian wilayah gunung yang dibagi jadi dua yakni Gunung Perempuan dan Gunung Laki-Laki. Lokasinya saling berdekatan, jadi kamu tinggal memilih saja mau mendaki yang mana.

Untuk jalur pendakiannya sendiri dinilai cukup mudah bahkan tak akan masalah bila dilalui oleh para pemula. Puncaknya pun tak terlalu tinggi sehingga wisatawan tak akan menghabiskan waktu lama untuk trekking. Ketinggian Gunung Lewotobi Laki-Laki hanya 1.584 Mdpl sementara Lewotobi Perempuan 1.703 Mdpl.

Kamu bebas memilih mau mendaki gunung mana, mau keduanya pun tak apa-apa. Bergantian Gunun Laki-Laki baru Perempuan atau sebaliknya.

Pantai OA

Pantai OA

Tempat wisata di Larantuka Flores yang tak kalah mempesona dan memanjakan mata adalah Pantai OA. Lokasinya tepatnya di Desa Pantai OA, Wulanggitang, Flores Timur. Bila dari pusat kota Larantuka, jaraknya kurang lebih 50 km.

Keindahan alam pesisir OA yang masih alami membuatnya sangat populer di media sosial. Selain bisa menikmati suasana pesisir serta ombak yang tenang, pemandangan sunset dan sunrise pun sebaiknya jangan kamu lewatkan. Kemunculan dan terbenamnya matahari bisa kamu nikmati dengan suasana pantai yang nyaman.

Semana Santa

Semana Santa

Bila sebelumnya kamu diajak untuk mengeksplor wisata alam maka berbeda dengan satu ini. Kamu akan diajak untuk wisata religi dengan melihat proses Semana Santa. Sebuah tradisi perayaan paskah yang sudah berlangsung lebih dari 500 tahun lamanya.

Momen ini sangat langka dan hanya dilangsungkan pada waktu tertentu saja yaitu saat paskah mulai dari Rabu Abu sampai Jumat Agung. Sebuah Patung Tuan Ma atau Bunda Maria akan diarak ke Katedral Reinha Rosari Larantuka. Sembari diiringi oleh nyanyian khusus dan lilin sepanjang perjalanan.

Wai Plati

Wai Plati

Hampir seluruh destinasi wisata yang ada di Flores Timur ini masih terjaga keasliannya, seperti Wai Plati yang berada di Desa Mokantarak, Larantuka. Termasuk dalam salah satu spot wisata unggulan yang menawarkan sumber air panas serta hutan bakau sekaligus pemandangan pantai yang indah.

Bila kamu berangkat dari pusat Kota Larantuka, kamu harus berkendara sejauh 11 km dengan waktu perjalanan bisa sampai 15 menit. Tentunya harus menggunakan kendaraan bermotor ya, tidak bisa dengan jalan kaki.

Pulau Waibalun

Pulau Waibalun

Pulau yang berlokasi di Waibalun, Larantuka ini merupakan salah satu destinasi wisata rohani yang ada di Flores Timur.

Selain sebagai lokasi ziarah rohani, Pulau Waibalun juga menawarkan pemandangan bawah laut yang eksotis. Wisatawan bisa menyaksikan lomba renang dan dayung tradisional dalam rangkaian Festival Nelayan yang diadakan setiap Paskah Kedua.

Danau Waibelen

Danau Waibelen

Saat kamu berkunjung Riangpuho, Desa Waibao, Tanjung Bunga, Flores Timur, kamu bisa menemukan satu destinasi wisata alam yang indah yaitu Danau Waibelen atau lebih dikenal dengan sebutan Danau Asmara. Bila dari pusat kota biasanya bisa ditempuh dalam waktu 1 jam perjalanan saja.

Tak hanya soal pemandangan danau saja yang bisa membuat takjub. Selama perjalanan menuju lokasi, kamu pun akan disuguhi oleh pemandangan kebun jambu mete serta pegunungan yang asri dan sejuk. Bagaimana traveller, tertarik untuk datang ke sini?

Taman Doa Bukit Fatima & Salib Yubelium

Taman Doa Bukit Fatima & Salib Yubelium

Flores memang didominasi oleh umat kristiani, sehingga tak heran bila wisata religi yang ditawarkan berkaitan dengan kepercayaan tersebut. Seperti destinasi wisata Taman Doa Bukit Fatima dan Salib Yubelium yang merupakan andalan di Kawasan Larantuka.

Bagi sebagian umat kristiani, berkunjung ke Flores sangat tak lengkap kalau tak datang ke sini. Sekedar datang dan menyempatkan untuk berdoa bisa memberi pengalaman liburan berbeda, khususnya dari segi spiritual. Lokasi taman doa tak jauh dari Istana Keuskupan Larantuka. Kurang lebih hanya berjarak 300 meter, bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Namun tak hanya Taman Doa Bukit Fatima dan Salib Yubelium, kamu juga bisa berkunjung ke Taman Doa Gua Maria yang berada di Bukit Moting atau di Belogili, Desa Balukhering. Bila dari pusat kota, jaraknya hanya 10 km saja.

Bila kamu bukan umat kristiani tapi ingin melihat bagaimana penampakan taman Doa Bukit Fatima dan Salib Yubelium, kamu bisa datang saja langsung. Dengan catatan jangan berisik dan tetap menghargai wisatawan lain yang sedang khusuk berdoa.

Pantai Kawaliwu

Pantai Kawaliwu

Siapa yang suka dengan pemandangan matahari terbenam? Nah, kalau kamu salah satu penikmat moment tersebut ada satu tempat yang sangat cocok untukmu yaitu Pantai Kawaliwu.

Di pantai ini wisatawan akan diajak untuk menyaksikan pesona pemandangan pesisir, mulai pepohonan kelapa yang menjulang, ombak laut yang tenang, hamparan pasir hitam hingga batuan pantai dengan berbagai macam ukuran, dan tak lupa moment sunset saat sore hari tiba.

Uniknya lagi, di sepanjang bibir pantai kamu akan menemukan natural hot spring atau air panas terjadi secara alami, bahkan air laut pantai pun terkadang terasa lebih hangat.

Masih berada di sekitar pantai, terdapat sebuah sumur yang biasa dijadikan untuk sumber kehidupan masyarakat setempat, mulai dari mencuci, mandi hingga memasak. Bila kepo dengan rasa air sumurnya, kamu bisa meminta izin pada warga untuk sedikit meminta air sumur tersebut.

Begitupun bagi wisatawan yang ingin menginap, diharapkan untuk meminta izin terlebih dahulu. Tata krama dan kesopanan pada warga setempat adalah hal utama yang harus selalu kamu jaga saat berkunjung ke daerah lain.

Pantai Pasir Putih Wera

Pantai Pasir Putih Wera

Dan wisata Larantuka Flores Timur terakhir yang bisa kamu kunjungi dan jelajahi lebih dalam lagi adalah Pantai Pasir Putih Wera. Salah satu pantai di Larantuka yang masih belum banyak dikunjungi wisatawan, sehingga suasananya terbilang lebih sepi bila dibandingkan dengan pantai-pantai lain.

Liburan ke sini tentu akan mendapatkan vitamin sea paket lengkap. Hamparan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih menjadi pemandangan yang memanjakan mata. Terlihat pula pemandangan beberapa gunung dan salah satu pulau yang terkenal yakni Adonara, menjadi objek yang sangat memanjakan mata.

Baca Juga: Wisata Sumba Tengah

Saat pagi hari, wisatawan pun akan dibuat ternganga sebab pemandangan matahari terbit di ujung timur bisa dilihat dengan lebih jelas. So, jangan pernah lewatkan momen satu ini ya!

Oke traveller, itulah beberapa destinasi tempat wisata di Flores Timur yang menggambarkan betapa kaya negara Indonesia, khususnya di wilayah Timur. Bentang alam Flores mulai dari pantai hingga pegunungan bisa membuat siapapun merasa takjub. So, bagaimana dengan mu? Sudah terpesona dengan pulau satu ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *