Tempat Wisata Di Flores

10 Tempat Wisata Di Flores Yang Indah Punya Banyak Keunikan

Posted on

Flores menjadi salah satu daerah di Nusa Tenggara Timur yang dianggap ideal untuk dikunjungi oleh wisatawan bila ingin melipir sejenak dari peradaban modern. Ini karena ada banyak tempat wisata di Flores, menawarkan pesona alam serta adat dan kebudayaan yang masih kental.

Tempat Wisata Di Flores

So, siapa yang tertarik liburan ke Flores? Langsung saja simak yuk ulasan berikut yang akan membahas mengenai destinasi wisata Flores paling indah dan punya banyak keunikan.

Air Terjun Cunca Wulang

Air Terjun Cunca Wulang

Kalau Amerika punya Grand Canyon maka Flores punya Green Canyon yakni Air Terjun Cunca Wulang. Destinasi wisata satu ini memang cukup tersembunyi sebab letaknya yang berada di pedalaman hutan belantara. Sehingga wisatawan harus sedikit menguras keringat untuk benar-benar sampai di hadapan air Terjun Cunca Wulang.

Air terjun mengalir melalui tebing sempit, mirip seperti Sunga Colorado. Bila dilihat memang ukurannya mini dan tak sebetulnya tak layak disebut Grand Canyon. Namun karena keasrian hutan yang mengeliling tempat wisata ini maka kita bisa menjulukinya Green Canyon.

Aktivitas menantang dan menyenangkan yang bisa kamu lakukan adalah melompat kedalam kolam yang tenang dan jernih. Namun sebelum benar-benar melompat, kamu harus memastikan dulu debit airnya. Sebab kalau kondisi sedang dangkal tentu akan sangat membahayakan.

Baca Juga: Wisata Ende

Bagi yang tak mau bermain air, kamu masih bisa menikmati suasana sekitar dan berselfie ria. Sebuah jembatan gantung menjadi spot terfavorit untuk mendapatkan swafoto yang keren.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata ini? Kalau iya, jangan lupa siapkan uang cash untuk tiket masuknya ya. Kisaran 70 ribu sampai 100 ribu per orang, harga tersebut sudah include dengan pemandu. Jam operasionalnya buka dari pukul 6 pagi sampai dengan 5 sore.

Pulau Mules

Pulau Mules

Hem, aneh nggak sih ada sebuah pulau bernama Mules? Tapi jangan terkecoh ya, arti mules di sini bukan sakit perut namun berasal dari Bahasa setempat yaitu Cantik. Dari kejauhan pulau ini nampak seperti seorang putri yang tengah tertidur, pemandangan unik yang bisa kita lihat apalagi bila menggunakan kamera drone.

Hamparan bukit batu serta padang rumput yang dipenuhi hewan ternak benar-benar akan membuat siapapun takjub. Ada pula hutan tropis yang dihuni oleh banyak kera, kalau beruntung, kamu bisa melihat dan berinteraksi dengan kera-kera tersebut.

Kondisi lautnya juga tak kalah cantik, kejernihan air laut benar-benar menggoda untuk ditengok. Oleh sebab itulah wisatawan kerap menyempatkan untuk diving atau snorkeling. Berbagai macam hewan laut seperti penyu dan lumba-lumba serta terumbu karang menjadi kekayaan alam bawah laut yang bisa kamu nikmati.

Goa Rangko

Goa Rangko

Ingin mencicipi kolam renang anti mainstream alias beda dari yang lain? Yuk berkunjung ke Goa Rangko, datang ke sini dijamin bisa memberikan pengalaman baru. Lokasi tempat wisata berada di dekat Labuan Bajo, kedalaman goa mencapai 4 meter, sangat alami sebab dihiasi oleh stalagtit dan stalagmite dengan berbagai macam ukuran dan bentuk.

Namun sebenarnya yang paling banyak dicari dari Goa Rangko adalah kolam alami dengan air yang sejuk dan jernih. Lokasinya berada di dalam goa dan dekat dengan pantai, air kolamnya mengandung garam yang katanya sangat menyehatkan badan. Unik banget kan? Kapan lagi kamu bisa berenang di dalam goa? Masih ada lagi pesona dari Goa Rangko yaitu saat sang surya mengintip lewat celah pintu goa, membuat air terlihat lebih berkilau.

Wisatawan yang ingin datang ke Goa Rangko harus menyiapkan biaya tiket masuk sebesar 200 ribu sampai 350 ribu rupiah. Biaya sudah termasuk sewa kapal nelayan dengan kapasitas kurang lebih untuk 5 orang.

Desa Cancar

Desa Cancar

Ada yang pernah berkunjung ke Ubud dan berfoto dengan latar belakang sawah hijau? Nah di Flores, kamu juga bisa menikmati pemandangan yang serupa yakni di Tempat wisata Nusa Tenggara Timur Flores Desa Cancar. Uniknya lagi, bila dilihat dari atas, area persawahan Desa Cancar nampak seperti jaring laba-laba.

Ada sebuah kebiasaan unik yang melekat, dimana area sawah objek wisata di Flores ini dimiliki oleh seluruh komunitas atau masyarakat. Pembagian tanah diberikan pada tiap keluarga berdasar status sosial dan jumlah anggota keluarga. Wah, mungkin istilah banyak anak banyak rejeki memang benar adanya ya.

Air Terjun Cunca Lega

Air Terjun Cunca Lega

Masih bernuansa alam, wisata Flores selanjutnya yang menawarkan keindahan memesona adalah Air Terjun Cunca Lega. Sebuah air terjun dengan ketinggian sampai 25 meter ini memang sangat terkenal sebab kesegaran dan lokasi wisata yang dikelilingi oleh rimbunnya tumbuhan yang asri.

Bila dari atas, wisatawan bisa melihat lebih jelas betapa megahnya air terjun Cunca Lega. Bagi siapapun yang mau mendaki sampai puncak, sangat disarankan agar datang di musim kemarau ya. Sebab kondisi jalan tak terlalu licin dan debit air pun masih normal. Tapi, kalau ingin lihat dari bawah juga tak apa-apa. Kamu bisa bermain air di kolam alami, tempat terjatuhnya air terjun tersebut.

Air Terjun Tengku Siwa

Air Terjun Tengku Siwa

Masih berkaitan dengan air terjun, kali ini adalah air terjun Tengku Siwa. Bak lukisan raksasa dari atas kanvas dinding batu yang menjulang tinggi. Dikelilingi dengan tumbuhan pepohonan dan lumut berwarna hijau. Kesan natural semakin terasa.

Tak tanggung-tanggung, bukan hanya satu air terjun melainkan empat, ketinggiannya mencapai 70 meter dengan debit air yang serupa. Ada beberapa batu besar yang menghadap ke arah air terjun, wisatawan biasanya berfoto di atas batu dengan latar belakang air terjun Tengku Siwa.

Sayangnya perjalanan yang harus ditempuh untuk menikmati Tengku Siwa cukup sulit dan melelahkan. Namun rasa lelah akan segera terlupakan saat kamu benar-benar sudah berada di hadapan Air Terjunnya.

Goa Liang Bua

Goa Liang Bua

Bagaimana ya bentuk rumah para hobbit yang asli? Pasti kamu membayangkan kalau bentuk rumahnya kecil dengan beraneka ragam bunga di halamannya. Ya mungkin gambaranya seperti yang ada di film Lord of the Ring atau seperti foto-foto yang ada di Instagram.

Kalau hobbit negeri dongeng sih memang demikian adanya. Namun hobbit asli sangat jauh dari gambaran tersebut. Sebab di Flores ada sebuah goa yang dulunya digunakan oleh para hobbit untuk tinggal yaitu Goa Liang Bua. Sekitar tahun 2003 para ilmu telah menemukan beberapa kerangka manusia berukuran kerdil yang dinamakan Homo Florensiensis. Diperkirakan manusia-manusia tersebut mempunyai tinggi badan kisaran 106 cm saja dengan berat 30-40 kg dan telah punah kurang lebih 50 ribu tahun yang lalu.

Kalau penasaran, kamu bisa menyempatkan untuk berkunjung ke museumnya agar bisa melihat kerangkat para hobbit yang asli. Bila rasa penasaranmu tak cukup sampai disitu saja, kamu bisa berkunjung ke sebuah desa yang konon ditinggali oleh para keturunannya langsung.

Tiket masuk menuju goa gratis, sementara untuk masuk museum kamu harus menyiapkan uang 40 ribu rupiah. Lokasinya berada di Desa Liang Bua, Kecamatan Rahong Utara, Nusa Tenggara Timur.

Kampung Todo

Kampung Todo

Pariwisata Flores Kampung Todo merupakan sebuah perkampungan yang didirikan oleh Raja dari Sumatera yaitu Raja Mashur. Sejak saat itulah, lokasi ini dijadikan sebagai pusat pemerintahan Kerajaan Manggarai. Biarpun sudah tak lagi Berjaya namun kita masih bisa melihat sisa peninggalan dari kehidupan masyarakat terdahulu, berabad-abad silam.

Di bagian tengah kampung, kamu bisa melihat Watu Todo atau sebuah batu yang dipercaya sebagai penjaga kampung tersebut. Formasinya berbentuk lingkaran dan dikelilingi oleh bangunan rumah adat Niang Todo yang berbentuk kerucut.

Wisatawan yang datang ke sini biasanya menyempatkan untuk berbelanja buah tangan khas Todo yaitu Songket. Harga yang dibandrol kisaran 50 ribu sampai 500 ribu rupiah.

Wae Rebo

Wae Rebo

Bila ada banyak orang yang rela trekking dalam waktu 4 sampai 5 jam hanya untuk bisa sampai ke desa tersebut maka sudah dipastikan desanya bukanlah desa biasa, betul tidak?

Di Flores ada sebuah Desa bernama Wae Rebo, desa tradisional yang masih dipenuhi rumah adat berbentuk seperti topi pesta dan terbuat dari jerami. Uniknya rumah-rumah ini terdiri dari 5 lantai. Pada lantai pertama biasa difungsikan sebagai tempat tinggal, lantai kedua sampai keempat sebagai lumbung, sementara lantai paling atas tempat untuk bersembahyang dan berdoa pada leluhur.

Selain suasana pedesaan yang masih kental dengan adat dan budaya para nenek moyang, nuansa asri dan alami di desa ini juga patut diacungi jempol. Apalagi udaranya yang menyejukkan.

Danau Sano Nggoang

Danau Sano Nggoang

Wisata pulau Flores yang terakhir adalah Danau Sano Nggoang. Danau ini memang tak setenar Kelimutu namun dibandingkan Kelimutu ternyata Sano Nggoang memiliki ukuran yang lebih besar.

Hal lain yang membuat Sano Nggoang istimewa karena air danau yang kaya akan belerang dan konon sangat menyehatkan. Oleh sebab itulah, terdapat pemandian khusus yang dibuat untuk wisatawan bila ingin berendam.

Bila kamu ingin menikmati pesona danau secara keseluruhan, kamu bisa naik ke atas Puncak Golo Dewa. Dari ketinggian, kamu akan melihat pemandangan bak lukisan alam yang sangat indah, kabut tipis pun akan menamanimu apalagi saat pagi hari.

Baca Juga: Wisata Sumba Timur

Bagi para pengamat burung, spot ini menjadi unggulan. Sebab ada berbagai macam jenis burung yang unik dan bisa kamu temui. Diantaranya burung gagak, elang, beo, celepuk, dan lain-lain.

Bagaimana, tertarik berkunjung ke wisata danau di flores ini? Kalau iya, yuk langsung saja arahkan kendaraan ke Desa Wae Sano, Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur 86757.

Ada banyak sekali tempat wisata di Flores yang menawarkan keindahan alam yang asri dengan berbagai macam keunikan. Apalagi beberapa tempat biasanya masih sangat kental dengan adat dan kebudayaan warisan nenek moyang. Hal tersebutlah yang membuat orang-orang semakin tertarik untuk datang ke Flores. Kalau kamu bagaimana? Apakah tertarik untuk datang ke pulau di Nusa Tenggara Timur ini? Kalau iya, yuk langsung saja tentukan tanggal kunjunganmu dan persiapkan berbagai macam hal yang dibutuhkan, oke? Happy Travelling guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *