Tempat Wisata di Garut

14 Tempat Wisata di Garut kekinian yang Wajib Kamu Kunjungi

Posted on

Tempat Wisata di Garut – Siapa sih yang tak kenal dengan keindahan Garut? Kota yang hanya berjarak 2,5 jam perjalanan dari Bandung ini memang sudah terkenal akan keindahan alamnya, sehingga menjadi satu kota yang memiliki banyak tempat wisata di Jawa Barat. Meskipun begitu, masih banyak juga ternyata orang yang tak mengetahui objek-objek wisata apa saja yang ada di Garut.

Tempat Wisata di Garut Jawa Barat

Nah, kita lihat yuk 14 tempat wisata di Garut yang wajib kamu kunjungi saat sedang berlibur di Garut.

Candi Cangkuang Dan Kampung Pulo

Candi Cangkuang Dan Kampung Pulo

Kalau kamu sedang berada di daerah Leles, coba mampir deh ke Candi Cangkuang dan Kampung Pulo. Letaknya yang tidak jauh dari jalan raya membuat siapa pun bisa dengan mudah mengunjungi tempat wisata di Garut ini.

Karena letaknya yang berada di tengah danau, untuk mencapai Candi Cangkuang, kamu harus menggunakan rakit. Jangan kuatir, di sana tersedia banyak rakit, kok. Walaupun merupakan peninggalan sejarah, tapi kondisi Candi Cangkuang ini terlihat sangat baik karena memang dilakukan secara berkala. Candi ini letaknya dikelilingi banyak pepohonan, membuatnya terlihat rindang dan tidak gersang.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Ciamis

Selain dapat menikmati peninggalan budaya hindu di Jawa Barat ini, kamu juga dapat merasakan indahnya pemandangan Kampung Pulo, yang berada di sebelah Candi Cangkuang. Nah, bagi kamu yang membawa kendaraan, kamu boleh bernapas lega, karena ada area parkir yang cukup luas. Di sana juga banyak tersedia warung-warung makan, toilet, dan juga musholla. Jadi, kamu tak akan kesulitan saat akan menunaikan ibadah sholat.

Objek Wisata Cipanas Garut

Objek Wisata Cipanas Garut

Nah, objek wisata yang satu ini sudah pasti semua orang tahu. Apalagi bagi kamu yang hobi berendam air panas.

Ya, betul sekali. Berikutnya kita akan membahas Objek Wisata Cipanas Garut.

Letaknya yang dekat dengan pusat kota membuat Cipanas mudah dijangkau dari mana saja. Di Cipanas, kamu bisa merasakan banyak manfaat berendam air panas yang baik untuk kesehatan, karena bersumber dari gunung guntur yang merupakan gunung api aktif.

Selain bisa berendam, kamu juga bisa bermain wahana air yang banyak terdapat di kompleks wisata Cipanas.

Ingin menginap? Tak masalah. Kamu tinggal memilih penginapan mana yang kamu suka, tentunya yang sesuai dengan budget yang kau miliki. Dari yang sederhana sampai yang mewah, semua ada di sini.

Yang perlu jadi perhatian adalah, saking populernya tempat wisata ini terutama saat libur Lebaran, biasanya bisa terjadi kemacetan luar biasa saat akan menuju ke kompleks pemandian Cipanas. Belum lagi biasanya penginapan pun mudah sekali penuh di musim liburan seperti itu. Sehingga, sebaiknya kamu melakukan booking dari jauh-jauh hari terlebih dahulu agar tak kehabisan tempat.

Kompleks Wisata Darajat Garut

Kompleks Wisata Darajat Garut

Tempat lainnya di Garut di mana kamu bisa berendam air panas adalah Kompleks Wisata Darajat Garut. Letak tempat wisata Garut yang masih berada di dataran tinggi ini membuat pemandangan di sekelilingnya masih sangat hijau dan asri. Kalau tadi di Cipanas kamu bisa menikmati berendam air panas di daerah perkotaan, maka di kompleks wisata Darajat Garut kamu bisa menikmati berendam air panas di daerah pegunungan.

Asyik bukan, bisa berendam air panas di tengah hawa dingin pegunungan? Pasti saking betahnya, kamu tidak ingin keluar dari kolam deh hehehe. Apalagi kalau saat kamu sedang berendam, terdapat kabut tebal yang menghiasi pemandangan sekitar. Wah, pasti semakin indah kelihatannya.

Nah, kalau kamu berkunjung ke Darajat Garut, tak perlu kuatir soal penginapan, karena di sana banyak terdapat akomodasi yang bisa kamu pilih. Apalagi soal makan. Yang satu itu sih sudah pasti banyak bertebaran di mana-mana.

Karacak Valley

Karacak Valley

Ada satu lokasi objek wisata di Garut yang wajib kamu kunjungi, namanya adalah Karacak Valley. Tempat ini memang termasuk tempat yang masih terhitung baru. Meskipun begitu, pesona yang ditawarkan tak kalah lho, dengan destinasi wisata Garut lainnya.

Di Karacak Valley, kamu bisa menikmati pemandangan deretan pohon pinus dan kebun kopi. Lokasinya yang terletak di Kecamatan Garut Kota membuat tak sulit menjangkau tempat wisata ini.

Objek wisata yang memiliki luas 10 hektar ini sangat cocok digunakan sebagai tempat piknik dan camping. Bahkan kalau kita malas membawa perlengkapan camping sendiri, pihak pengelola sudah menyediakan tenda sewaan dengan berbagai ukuran.

Ada beberapa spot favorit yang berada di Karacak Valley ini, yaitu Curug Ngebul, Puncak Dogar, dan Hutan Pinus.

Kampung Sampireun

Kampung Sampireun

Nah, ini dia tempat yang paling terkenal untuk para pengantin yang ingin berbulan madu, yaitu Kampung Sampireun.

Suasananya yang romantis ditambah pemandangan indah yang dipadukan dengan kesejukan udaranya membuat Kampung Sampireun memang cocok jadi destinasi honeymoon pengantin baru. Tak hanya untuk turis domestik, tapi juga turis mancanegara banyak yang honeymoon di sini.

Meskipun begitu, kamu yang tak sedang berbulan madu juga sah-sah saja kok kalau ingin menikmati liburan di sini. Kamu bisa menginap di resort indah yang terletak di danau luas Kampung Sampireun. Yang paling asyik tentu setiap pagi sarapan kamu akan diantarkan dengan menggunakan perahu. Menarik, bukan?

Di Kampung Sampireun ini juga kamu bisa melakukan foto pre-wedding. Pasti cantik sekali hasilnya, apalagi kalau kamu memang memiliki konsep alami.

Kebun Mawar Situhapa

Kebun Mawar Situhapa

Nah, tidak jauh dari Kampung Sampireun, kamu bisa mengunjungi satu tempat yang indahnya luar biasa. Namanya adalah Kebun Mawar Situhapa.

Di kebun ini, kamu bisa menikmati ribuan mawar-mawar berbagai warna yang tersebar luas, sambi merasakan hawa Garut yang dingin dan sejuk. Hanya dengan membayar Rp 15 ribu saja, kamu sudah bisa masuk ke kebun ini.

Kalau kamu ingin berkunjung saat semua mawarnya sedang bermekaran di saat yang bersamaan, ada baiknya kamu hubungi dulu Kebun Mawar ini untuk memastikan apakah bunga-bunga mawarnya sudah siap mekar atau belum.

Selain berkunjung di siang hari, kamu juga bisa menginap di sini, karena sudah tersedia villa dan bungalow, serta berbagai fasilitas lainnya, seperti restoran, area parkir, dan musholla.

Kawah Talaga Bodas

Kawah Talaga Bodas

Kalau Bandung terkenal dengan kawah putihnya, maka di Garut kamu bisa mengunjungi Kawah Talaga Bodas.

Walaupun kawah yang terletak di Wanaraja Garut ini masih memiliki aktivitas vulkanik, namun sudah tidak berbahaya lagi, dengan begitu aman buat kamu kunjungi. Di sini juga terdapat telaga yang airnya terlihat sangat jernih dan indah. Dalam bahasa Indonesia, Talaga Bodas artinya danau putih. Penamaan ini disebabkan oleh air belerang berwarna putih yang terletak di telaga ini.

Oh iya, walaupun dulu jalanan menuju tempat wisata di garut jawa barat ini sempat sangat rusak sehingga sulit dilalui kendaraan, namun sekarang kondisinya sudah jauh lebih baik lagi.

Kawah Kamojang

Kawah Kamojang

Selain kawah Talaga Bodas, di Garut ada juga Kawah Kamojang yang tak kalah cantiknya.

Kawah Kamojang adaah salah satu tempat wisata di garut yang berada di dalam area geothermal PLTU Kamojang. Di sini kamu bisa bisa menikmati beberapa kawah yang unik dan berbeda dengan kawah pada umumnya karena bukan merupakan bekas letusan gunung berapi, melainkan bekas pengeboran uap bumi.

Pemandangan di sekitar kawah ini masih sangat hijau dan asri, lengkap dengan pepohonannya yang rimbun. Cocok deh buat tempat berlibur di Garut.

Kamu juga bisa memanfaatkan sudut-sudut Kawah untuk berfoto-foto, akrena uang yang dihasilkan mampu membuat hasil foto terlihat bagus dan atmosfer kawahnya sangat terasa.

Gunung Dan Kawah Papandayan

Gunung Dan Kawah Papandayan

Nah, buat kamu yang menyukai suasana berlibur di pegunungan, bisa berkunjung ke tempat wisata garut yang satu ini, yaitu gunung dan kawah Papandayan.

Tempatnya luar biasa indah. Kamu bisa lihat sendiri kan, di gambar di atas, betapa perpaduan antara langit yang biru dan uap dari kawah-kawah di sana.

Selain menikmati gunung dan kawah Papandayan, kamu juga bisa melihat hamparan bunga edelweiss yang indah. Ini bisa jadi salah satu spot kamu melakukan pemotretan pre-wedding, misalnya,

Area kawah Papandayan yang memiliki luas 10 hektar ini juga banyak menawarkan pemandangan yang keren banget, baik saat kamu sedang berjalan-jalan santai, hiking, atau camping.

Curug Sang Hyang Taraje

Curug Sang Hyang Taraje

Destinasi tempat wisata Garut selanjutnya yang akan kita bahas adalah Curug Sang Hyang Taraje.

Air terjun Sang Hyang Taraje yang ada di Kecamatan Pakenjeng Garut ini sangat unik karena memiliki 2 buah air terjun kembar. Curahan airnya deras sekali dan menjadi spot yang bagus untuk berfoto. Selain itu, pemandangan di sekitarnya terlihat sangat hijau dan alami.

Kalau kamu mau mengunjungi Curug Sang Hyang Taraje, kamu tinggal merogoh kocek Rp 6rb saja sebagai tiket masuk. Sangat terjangkau kan? Meskipun memang kalau libur atau weekend, harganya sedikit naik.

Oiya, sayangnya, di sini kamu juga belum bisa menginap karena tidak ada fasilitas akomodasi yang memadai. Jadi, kalau kamu ingin menghabiskan waktu cukup lama di Curug ini, pastikan datang dari pagi ya. Selain itu, pastikan juga kamu mengenakan sepatu yang nyaman agar kaki kamu tidak pegal saat mencapai curug ini.

Kamojang Ecopark

Kamojang Ecopark

Satu lagi lokasi wisata yang wajib amu kunjungi di Garut, yaitu Kamojang Ecopark. Di lokasi wisata Kamojang Ecopark, terdapat hutan pinus dan tebing-tebing yang bisa jadi tujuan wisata kamu.

Lihat deh foto di atas. Bagus kan suasananya? Kamu bisa bersantai di sini sambil menikmati pemandangan sekitar. Ada juga penyewaan ATV dan wahana flying fox bagi kamu yang ingin mencobanya. Tempat makan juga banyak tersedia di sini, jadi kamu nggak usah kuatir kelaparan.

Yang unik, ada beberapa pohon pinus yang batangnya miring, sehingga bisa kamu duduki untuk berpose saat difoto. Keren deh hasilnya. Biasanya, hutan pinus dan area tebing memang menjadi spot favorit untuk berfoto-foto. Karena tertata rapi, hasilnya jadi instagramable banget!

Oh iya, kalau kamu ingin memanfaatkan suasana hutan pinus untuk berpiknik juga bisa lho. Apalagi kalau piknik diantara pohon-pohon pinus, kamu akan mendapat tempat yang teduh dan tak terkena teriknya sinar matahari langsung.

Pantai Santolo Dan Pantai Sayang Heulang

Pantai Santolo Dan Pantai Sayang Heulang

Kalau kamu ingin merasakan suasana pantai yang sagat terkenal di Garut, maka kamu harus berkunjung ke Pantai Santolo. Pasir putihnya yang harus benar-benar akan menggoda kamu untuk bermain di pantai. Atau kamu juga bisa berjalan di pinggir pantai sambil mengumpulkan kerang-kerang.

Batu-batu karangnya memang cukup besar, namun hal ini justru bisa menjadi spot fotografi yang unik dan bagus.

Berdekatan dekat Pantai Santolo, ada juga Pantai Sayang Heulang. Pantai ini sangat unik karena ada karang yang membentang ke laut sepanjang garis pantai. Unik dan indah sekali deh kelihatannya.

Di kedua pantai ini juga banyak berjejer rumah makan yang menyediakan makanan seafood serta jajanan kuliner lainnya. Kamu wajib mencoba seafood bakar untuk disantap pada malam hari sambil menikmati debur ombak di pinggir pantai. Wah, itu bakal jadi pengalaman yang luar biasa!

Apalagi kalau kamu ingin menikmati sunrise dan sunset di pantai. Santolo dan Sayang Heulang merupakan tempat yang paling cocok, karena keindahannya sudah terkenal di mana-mana.

Situ Bagendit

Situ Bagendit

Ingin berlibur ke danau yang ada di Garut? Langsung saja kunjungi Situ Bagendit. Danau yang berlokasi di Banyuresmi ini bisa kamu capai dengan mudah, karena lokasinya hanya sekitar 5 km saja dari terminal Garut dan berada di pinggir jalan, sehingga mudah terjangkau.

Di tempat wisata di garut kota ini, kamu bisa menikmati keindahan danau sambil menaiki perahu bebek air yang ada di sana. Bahkan, saat weekend, ada warung yang buka di tengah danau juga lho. Keren kan?

Asyiknya lagi, di lokasi ini kamu tidak akan kesulitan mencari tempat parkir karena terdapat area parkir yang cukup luas. Bagi kamu yang membawa keluarga juga ada sarana bermain anak-anak, seperti sepeda air dan kereta api mini, sehingga anak-anak pun tidak akan bosan.

Fasilitas yang disediakan di antaranya tempat makan, musholla, dan toilet. Oh iya, biasanya Situ Bagendit sangat ramai dikunjungi saat weekend atau hari libur. Jadi, kalau kamu ingin merasakan suasanya yang agak sepi, sebaiknya datang saat hari kerja saja ya.

Selain itu, kalau kamu berkunjung di musim kemarau, mungkin kamu akan mendapati air di danau ini sedikit mengering. Jadi, kalau kamu ingin melihat airnya sedang penuh, maka berkunjunglah saat musim hujan ya!

Leuwi Tonjong

Leuwi Tonjong

Nah, ini dia tempat di Garut wisata yang bisa dibilang belum banyak diketahui orang. Namanya adalah Leuwi Tonjong.

Jadi, di Leuwi Tonjong ini adalah sebuah danau yang terdapat dua buah tebing yang mengapit di bagian kanan dan kirinya. Dan di celah antara tebing itulah muncul air terjun kecil yang indah.

Banyak turis yang memanfaatkan celah ini sebagai background saat berfoto. Danaunya indah sekali. Airnya berwarna kehijauan yang terlihat segar dipandang mata.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Karawang

Walaupun Leuwi Tonjong yang terletak di Pameungpeuk ini tak terlalu luas, tapi daya tarik utamanya memang dua buah tebing tadi. Apalagi kondisi alam sekitarnya pun masih terbilang alami dan segar sekali.

Itu tadi penjelasan tentang mana saja 14 tempat wisata di Garut yang wajib kamu kunjungi. Jadi, lain kali kamu berkunjung ke Garut, sudah tak bingung lagi ya mau berwisata ke mana saja. Selamat menjelajahi Garut!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *