Tempat Wisata di Gayo Lues

18 Tempat Wisata di Gayo Lues, yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Aceh begitu melimpah dengan kekayaan alam, baik yang ada di daerah pesisir maupun di sisi tengah. Kita pastinya akan takjub saat berkunjung ke daerah ini, khususnya menikmati keindahan alam dan tempat wisata di Gayo Lues yang begitu mempesona.

Daerah yang dominan dengan pegunungan ini menyimpan destinasi layaknya surga tersembunyi. Untuk mengeksplore dibutuhkan energi lebih tapi setalah itu kita akan tersenyum puas usai menuntaskan kunjungan.

Tempat Wisata di Gayo Lues

Daripada penasaran mari kita simak satu-satu tempat wisata di Gayo Lues yang harus dicoba:

Bukit Cinta

Bukit Cinta

Satu tempat wisata di Gayo Lues yang penuh cinta sudah pasti ada Bukit Cinta. Nama ini diambil karena konon di tempat ini selalu dipenuhi cinta.

Maklum saja mereka yang datang ke sini biasanya adalah mereka yang tengah kasmaran atau jatuh cinta. Di Bukit Cinta ada banyak spot instagramable dan hal ini pastinya menjadi daya tarik tersendiri bagi anak muda.

Baca Juga: Wisata Nagan Raya

Alam raya yang begitu mempesona dengan pohon pinus di kiri kanan menjadi sajian utama. Selain itu pastinya ada bukit-bukit yang memanjakan mata. Penasaran bukan, silakan datang ke Desa Penggalangan, Kecamatan Blangkerjeren, Kabupaten Gayo Lues.

Air Terjun Rerebe

Air Terjun Rerebe

Air terjun ini sudah sangat terkenal dikalangan wisatawan. Mereka sengaja datang ke tempat ini untuk mencari suasana baru dimana air yang bening dari kejauhan akan nampak berwarna biru.

Sesaat menjauh dari keramaian kota dan merasakan kehangatan alam. Mata air terjun Rerebe memiliki mata air yang berwarna biru, meneduhkan siapa saja yang memandangnya.

Buat kamu yang suka berenang atau bermain air maka jangan ragu untuk main sepuasnya. Beruntung air terjun ini tidak deras sehingga aman digunakan untuk berenang. Air terjun ini ada di Desa Rerebe, Kecamatan Tripe Jaya, Kabupaten Gayo Lues.

Danau Blangtasik

Danau Blangtasik

Danau yang satu ini hampir sama dengan danau-danau yang ada di Aceh dimana miliki ciri khas alami dan belum banyak terjamah. Tentunya memberi kesempatan bagi siapa saja untuk lebih bisa rileks atau bersantai.

Tempat yang bersih dimana di objek wisata ini tidak ditemukan sampah plastik layaknya objek wisata yang penuh sesah pengunjung. Rangkaian aktivitas pun bisa dilakukan di tempat ini.

Jangan lupa ajak seluruh anggota keluarga dan sahabat untuk aktivitas lebih intens. Blangtasik ini berada di Kecamatan Kutenpayang, Kabupaten Gayo Lues.

Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar

Masih suasana wisata air, Gayo Lues atau lebih tepatnya Aceh Tengah memiliki danau laut tawar yang cukup luas. Danau berukuran 5.472 hektare ini pun bisa digunakan sebagai tempat menepi.

Danau ini juga relatif mudah ditemukan karena berada di pusat kota Takengon. Saat ada di tengah danau jangan ragu untuk melepaskan pandangan dan nikmati keindahan alam yang ada.

Memiliki ciri khas air jernih dan rimbunnya pohon memberi kesan eksklusif dimana saat berkunjung bisa jadi tidak akan ditemukan wisatawan lainnya. Pas bukan untuk dua duaan atau lebih intens dengan sahabat.

Dermaga Dedalu

Dermaga Dedalu

Mendengar kata dermaga jangan langsung mengasosiasikan dengan pantai. Hal ini karena khusus di Aceh ini terdapat dermaga di danau

Lebih menariknya di demrga juga terdapat jembatan khusus, menjembatani wisatawan untuk lebih bisa menikmati keindahan danau dan pegunungan. Dermaga Dedalu ini menjadi salah satu spot instagramable yang ada di Kota Takengon.

Pantan Terong

Pantan Terong

Masih berada di Kota Takengan terdapat objek wisata yang bernama Pantan Terong. Destinasi ini adalah salah satu cara untuk melihat Kota Takengan dari ketinggian.

Danau Laut Tawar pun akan terlihat apik dari tempat ini sehingga banyak view bisa didapat. Jangan lupa saat ada di tempat ini untuk mencoba rumah panggung khas Aceh.

Saat sore menjelang maka sangat disarankan untuk menuju Dataran Tinggi Gayo Takengon Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah.

Bur Lancuk Leweng

Bur Lancuk Leweng

Masih berada di ketinggian, saat ada di Gayo Lues maka haris mencoba Bur Lancuk Leweng. Destinasi ini ada diketinggian 1.600mdpl sehingga sangat cocok bagi mereka yang berburu kesejukan.

Bukan saja keindahan kota yang akan didapat. Lebih dari itu pastinya secangkir kopi khas Gayo harus menemani.

Bur Lancuk Leweng dikenal karena tawarkan satu tempat yang romantis dikalangan traveler. Lokasinya ada di Asir-asir, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah.

Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser

Mendengar kata Gayo Lues pastinya akan langsung mengarahkan siapa saja pada Taman Nasional Gunung Leuser. Hal ini benar adanya karena taman ini ada di Gayo Lues.

Disini bisa jadi adalah surga bagi para pecinta alam karena mereka bisa melakukan banyak aktivitas. Buat kamu yang tak mau capek pun bisa berkunjung ke taman ini untuk sekadar jalan-jalan atau kemping.

Peneliti dari berbagai kota hingga mancanegara pun sering berkunjung ke taman ini untuk melakukan penelitian. Taman yang kaya dengan flora dan fauna ini ada di Kong Paluh, Kecamatan Kutapanjang, Kabupaten Gayo Lues.

Rafting di Ketambe

Rafting di Ketambe

Saat kamu ada di Taman Nasional Gunung Lauser maka jangan lupa untuk berkunjung ke Ketambe. Sungai ini banyak dipilih oleh mereka yang ingin melakukan kegiatan rafting atau arung jeram.

Namun ternyata ditempat ini bukan hanya arung jeram yang bisa dilakukan. Pengunjung pun bisa melakukan kegiatan susur sungai atau trekking.

Menyusuri aliran sungai sembari menikmati keindahan alam tentu akan sangat menantang. Terlebih selama perjalanan akan ditemukan aneka flora yang begitu menarik.

Kedah

Kedah Kabupaten Gayo Lues

Masih di dekat Taman Nasional Gunung Leuser terdapat tempat wisata yang begitu istimewa. Hal ini karena dari tempat yang bernama Kedah ini bisa disaksikan secara langsung aneka satwa yang hampir punah.

Sebut saja orang utan, rangkong badak dan siamang akan bisa ditemukan ditempat ini. Wajar kemudian bila warga asing akan lebih mudah ditemukan.

Mereka yang tengah melakukan riset atau penelitian pastinya akan betah berjam-jam dalam satu tempat untuk melihat hewan langka tersebut. Sesuai dengan namanya tempat ini berada di Dusun Kedah, Desa Penosan Sepakat, Kecamatan Blangjerango, Kabupaten Gayo Lues.

Kampung Inggris

Kampung Inggris Gayo Lues

Mungkin siapa saja yang mendengar Kampung Inggris akan ingat dengan Pare, Jawa Timur. Satu kampung yang biasa digunakan bagi siapa saja yang ingin belajar bahasa Inggris dengan lebih pragmatis.

Ternyata di Agusen pun ada Kampung Inggris dimana dalam kehidupan sehari-hari warga telah menggunakan bahasa internasional tersebut. Hal ini karena banyaknya wisatawan asing yang berkunjung ke desa ini.

Maklum saja kampung ini juga menjadi jalan masuk atau pintu gerbang untuk eksplore Gayo Lues lebih dalam.

Uyem Beriring

Uyem Beriring

Objek wisata yang ini memang tergolong baru tapi jangan salah bila membahas tentang keindahan. Uyem Beriring bisa bersaing dengan destinasi lain yang lebih dulu eksis pastinya.

Hutan pinus ini menjadi salah satu tempat untuk berburu spot instagramable yang ada di Gayo Lues. Dengan demikian sangat sayang pastinya bila terlewatkan.

Blangkejeren

Blangkejeren

Blangkejeren sendiri adalah nama kecamatan di Kabupaten Gayo Lues. Hanya saja tempat ini juga miliki satu lokasi yang strategis untuk melihat keindahan Gayo Lues.

Daerah yang juga dilewati Jalan Raya Lintas Tengah Sumatera ini banyak dituju oleh mereka yang tengah melakukan perjalanan. Istirahat sejenak, sembari memanjakan mata dan lidah dengan pengalaman tak terlupakan.

Pemandian Air Panas Putri Betung

Pemandian Air Panas Putri Betung

Saat badan lelah pastinya akan kembali segar usai berendam di pemandian air panas. Saat ada di Gayo Lues maka satu tempat yang bisa dipilih pastinya adalah Pemandian Air Panas Putri Betung.

Berada di area terbuka memberi kesempatan bagi siapa saja untuk berendam sembari melihat keindahan pemandangan yang ada. Air panas alami ini dipercaya mampu menjadi obat yang mujarab untuk mengobati penyakit kulit.

Pemandian Air Panas Putri Betung ini sendiri berada di Kecamatan Putri Betung, Kabupaten Gayo Lues.

Rumah Pohon Genting

Rumah Pohon Genting

Masih menyuguhkan pemandangan alam yang begitu indah. Saat ada di Gayo Lues maka datanglah ke Jalan Pining, Desa Gaja maka akan ditemukan Rumah Pohon Genting.

Konsep yang diusung pengelola cukup menarik dimana pengunjung akan diberikan “rumah pohon” dan dari rumah ini bisa memanjakan mata dan lidah. Nikmati suasana yang ada sembari minum kopi atau menikmati kudapan.

Sejenak memanjakan diri dan menikmati keindahan alam tentu menjadi kemewahan yang tidak bisa didapat setiap saat. Terlebih bila kabut sedang turun, bisa jadi dari kejauhan akan mirip dengan negeri diatas awan.

Kampung Wisata Agusen

Kampung Wisata Agusen

Di Aceh pun tak terkecuali di Gayo Lues ternyata telah ada kampung wisata yang begitu menarik. Desa wisata itu terdapat di Desa Agusen, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues.

Kampung wisata yang telah terkonsep dengan apik dimana pengelola memberikan pengalaman berbeda bagi para pengunjung. Di desa ini wisatawan bisa mengikuti dan beraktifitas layaknya petani setempat.

Sebut saja memetik kopi, main di sungai, memancing hingga menjelajah hutan bisa dilakukan. Fasilitas yang ada pun cukup lengkap sehingga tidak perlu takut bila tidak ada akomodasi dan transportasi memadai.

Berawang Pungkih

Berawang Pungkih

Masih di tempat yang sama di Kampung Wisata Agusen terdapat wisata Berawang Pungkih. Sangat sayang untuk dilewatkan bukan bila satu tempat ada beberapa destinasi wisata menarik.

Bila membahas Agusen sebagai tempat wisata cukup luas maka bila merujuk Berawang Pungkih maka akan mengarah pada pemandian alam. Memang bukan kolam air panas tapi tetap saja nuansa diberikan memberikan kehangatan.

Air Terjun Tujuh Tingkat

Air Terjun Tujuh Tingkat

Mungkin kita akan mengatakan lebay dengan nama Air Terjun Tujuh Tingkat. Namun begitu tiba di lokasi pastinya kita akan mengamini kalau ini benar adanya.

Dimana air terjun yang ada di Desa Pantan Cuaca, Kecamatan Pantan Cuaca ini akan memukau siapa saja yang berhasil datang. Maklum saja untuk tiba di objek wisata ini dibutuhkan perjuangan.

Baca Juga: Wisata Kutacane

Tak banyak yang berhasil tiba karena kondisi memang penuh tantangan. Terlebih saat musim hujan pastinya tantangan akan semakin berat karena jalan menjadi lebih licin.

Menarik bukan, ternyata daerah yang terkenal dengan penghasil kopi yang mendunia ini juga miliki destinasi wisata yang begitu melimpah. Khususnya bagi mereka yang suka meneliti alam baik itu flora maupun fauna.

Aceh menjadi satu laboratorium raksasa yang siap beri jawaban untuk itu semua. Jangan ragu atau sungkan untuk datang ke berbagai destinasi atau tempat wisata di Gayo Lues yang begitu menggoda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *