Tempat Wisata di Gianyar

10 Tempat Wisata di Gianyar Yg Banyak Memiliki Keistimewaan

Posted on

Traveler, apakah kamu sedang merencanakan perjalanan liburan? Bagaimana bila kamu berkunjung di Bali? Salah satu kota wisata di Indonesia yang sangat terkenal bukan hanya di kalangan wisatawan lokal saja namun juga asing. Pasti kamu juga tau dong dengan pulau istimewa satu ini?

Bali kerap dijadikan list wajib untuk dikunjungi oleh beberapa wisatawan. Sebab ada banyak sekali tempat wisata di Bali yang sangat bisa memanjakan siapapun. Mulai dari yang bertemakan pesisir, pegunungan, alam hingga beberapa tempat yang tak lepas dari nilai spiritual, adat serta kebudayaan masyarakat setempat. Oleh sebab itulah tak heran bila ada banyak sekali julukan untuk pulau ini. Mulai dari kota wisata, pulau dewata, pulau seribu pura, dan lain-lain.

Tempat Wisata di Gianyar

Dan salah satu Kabupaten di Bali yang sangat wajib dikunjungi adalah Gianyar. Dikenal sebagai sentra budaya serta seni ukir Bali. Bagi pecinta alam dan pecinta seni, berikut ini republik wisata rekomendasikan tempat wisata di Gianyar Bali yang memiliki banyak keistimewaan.

Air Terjun Tegenungan

Air Terjun Tegenungan

Oke, wisata Gianyar yang pertama adalah Air Terjun Tegenungan. Lokasi tepatnya ada di Jalan Ir. Sutami, Kemenuh, Sukawati, Kabupaten Gianyar. Ketinggian air terjun ini kurang lebih 15 meter, biarpun tak terlalu tinggi namun bila dilihat dari sehi debit air terbilang cukup deras. Kondisi airnya pun bersih dan bening. Nuasa alam di Kawasan wisata ini sangat kental terasa, udara yang menyegarkan, oksigen yang bersih, dan pemandangan pepohonan yang tumbuh dengan rimbun. Sangat sempurna sekali dan cocok untuk merelaksasikan pikiran sejenak.

Baca Juga: Wisata Buleleng

Untuk menuju ke sini, kamu bisa menggunakan kendaran roda dua atau roda emat. Pengelolaan tempat wisatanya pun sudah terbilang cukup baik, biarpun masih sederhana. Saat sampai di area parkir, kamu akan melihat beberapa toko kecil berjejer, menjajakan souvenir khas Bali. Bagi yang ingin membeli oleh-oleh bisa sekali membelinya dari pedagang lokal.

Karena bertemakan alam, bagi wisatawan yang berkunjung ke sini sebaiknya mengenakan outfit yang sesuai ya. Alias yang bisa mendukung kegiatan outdoor mu, seperti kaos yang menyerap keringat hingga sepatu tertutup. Jangan lupa untuk membawa uang cash juga, apalagi bila ingin membeli barang dagangan para pedagang lokal.

Bukit Campuhan

Bukit Campuhan

Setelah dari air terjun, masih banyak lagi wisata di Gianyar yang bertemakan alam. Kali ini kamu akan diajak untuk menjelajahi dataran tinggi di Gianyar yaitu Bukit Campuhan yang berlokasi di Jalan Bangkiang Sidem, Kelusa, Payangan, Ubud.

Destinasi alam terbuka yang menyuguhkan pemandangan alam asri nan hijau. Sangat cocok dijadikan sebagai spot melihat momen matahari terbit saat berada di Gianyar Ubud, begitupun dengan pemandangan matahari tenggelam. Keindahan dua moment tersebutlah yang sering diburu oleh wisatawan.

Beberapa wisatawan sengaja melakukan aktivitas jogging mulai dari dini hari sampai matahari terbit. Ada pula yang berjalan kaki, dan menaiki sepeda yang disewanya di sekitar lokasi wisata. Tak ada warung yang menjual makanan dan minuman di perbukitan namun kamu bisa menemukan sebuah minimarket di dekat pintu gerbang Ibah Villas & Suites. Oleh karena itu kalau ingin mendaki ke Bukit Campuhan sebaiknya membawa air mineral atau makanan secukupnya.

Sesampainya di puncak, suguhan pemandangan alam sangat memanjakan mata. Ada banyak sekali spot foto instagramable, kamu bisa berfoto sepuasnya. Kalau ingin berkemah pun bisa sekali, namun tentunya harus sudah mendapatkan izin dari pihak pengelola tempat wisata tersebut ya agar bila terjadi apa-apa bisa dilacak dengan cepat.

Desa Wisata Ubud

Desa Wisata Ubud

Ubud merupakan nama salah satu desa yang ada di Gianyar dan sangat terkenal sekali di kalangan para wisatawan. Desa ini kerap dijadikan tujuan utama untuk menikmati liburan dengan nuansa pedesaan Bali yang khas. Alasan mengapa desa ini sangat populer tentu saja karena ada banyak tempat wisata bertemakan alam yang bisa memanjakan mata.

Di samping itu, para penduduk Desa Ubud pun kebanyakan mempunyai kemampuan seni rupa yang tinggi. Sehingga kita bisa menikmati berbagai macam karya seni mulai dari lukisan, patung, ukiran kayu, dan banyak lagi. Pekerjaan utama penduduknya pun tak lain merupakan seorang seniman. Jadi, kalau ingin mencari barang-barang dengan nilai seni yang tinggi dan menggambarkan bagaimana kehidupan masyarakat local sangat direkomendasikan untuk berkunjung ke sino.

Sementara itu, bagi yang ingin menikmati wisata alam bisa berkunjung ke beberapa tempat yang berlokasi di Kawasan Ubud Gianyar Bali. Diantaranya Goa Gajah, Ubud Monkey Forest, Teras Sawah Tegalalang, dan banyak lagi. Kamu juga bisa menikmati sajian kuliner khas Bali sembari menikmati pemandangan alam yang begitu indah.

Beberapa pasangan yang baru saja menikah pun kerap menjadikan Desa Wisata Ubud sebagai tempat berbulan madu. Ini karena suasana Ubud sangatlah romantis dan menenangkan.

Taman Nusa Gianyar

Taman Nusa Gianyar

Taman Nusa bukan merupakan objek wisata baru di Gianyar, sebab sudah cukup terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Lokasi tepatnya berada di Jalan Taman Bali, Desa Sidan, Kabupaten Gianyar Bali.

Wisata ini berdiri di atas lahan seluas 10 hektar dan mempunyai pemandangan alam yang sangat indah. Gagahnya gunung Gianyar dipadukan arsitektur khas Indonesia, benar-benar menjadi kombinasi alam yang menawan. Kompleks taman wisata ini terdiri dari tebing yang menyusuri sebuah Sungai bernama Melangit.

Di sini, wisatawan bisa menjumpai kurang lebih 60 rumah tradisional yang sebagian diantaranya sudah berumur hingga ratusan tahun. Arsitektur tiap rumah yang dibangun pun merupakan identitas dari kehidupan masyarakat Bali dari masa ke masa.

Perjalanan wisata di Taman Nusa memang akan memberikan pengalaman liburan yang sangat berbeda. Kita seperti diajak berjalan-berjalan dari masa lalu hingga sekarang. Mulai dari masa prasejarah, ditandai dengan alam yang tua serta kebudayaan kunonya. Selanjutnya akan kita juga akan dibawa ke masa perunggu, melihat berbagai peralatan yang memang terbuat dari perunggu. Lalu menuju masa kerajaan, ditandai dengan keberadaan Candi Borobudur.

Masih berlanjut melewati perkampungan budaya dan daerah pecinaan. Pengunjung pun lagi-lagi akan dibuat merasakan suasana masa kerajaan zaman dulu dengan adanya Candi Trowulan serta Patung Patih Gajah Mada, dan banyak lagi.

Uniknya lagi, selama melakukan perjalanan wisata di Taman Nusa, kamu akan ditemani oleh guide namun dalam bentuk digital yakni sebuah audio yang disebut audio guide. Sungguh modern ya? Sembari menyusuri taman, audio tersebut akan menjelaskan mengenai berbagai informasi penting yang ada di sana. Bahkan audio tersebut pun tersedia dalam beberapa Bahasa yaitu Indonesia, Inggris dan Mandarin.

Pura Taman Saraswati

Pura Taman Saraswati

Tempat wisata di Gianyar Bali selanjutnya adalah Pura Taman Saraswati, lokasinya berada di Jalan Kajeng, Ubud, Kabupaten Gianyar. Sangat tak lengkap rasanya kalau berkunjung ke pulau seribu pura namun tak mendatangi salah satu puranya, benar tidak? Oleh sebab itulah, kalau sedang berada di Gianyar, kamu bisa sekali menyempatkan ke sini.

Pura Taman Saraswati dibangun oleh seorang maestro seni yang sangat terkenal di Ubud yaitu I Gusti Nyoman Lempad. Pembangunan dilakukan berdasarkan perintah dari pangeran Ubud. Ada beberapa patung yang berada di kompleks pura tersebut diantaranya patung Dewi Saraswati dan Patung Jero Gede Mecaling.

Ada pula pelataran yang dikelilingi oleh sebuah kolam teratai. Pelataran tersebut biasanya digunakan sebagai panggung untuk menampilkan pagelaran seni tari kecak yang biasa dipentaskan pada hari Selasa dan Kamis, mulai dari pukul 19.30.

Air Terjun Goa Rang Reng

Air Terjun Goa Rang Reng

Sedang mencari wisata instagramable yang kental dengan nuansa alam? Kamu bisa coba berkunjung ke Air Terjun Goa Rang Reng. Lokasinya berada di Banjar Gitgit, Desa Babakan, Kabupaten Gianyar Bali. Memang belum sepopuler dengan wisata air terjun lain yang ada di Gianyar, namun kalau soal keindahan alamnya, dijamin akan sangat memukau dan membuat siapapun terpesona.

Salah satu keunikan dari destinasi wisata kali ini terlihat dari aliran air terjunnya yang tak terlalu mengucur deras seperti pada umumnya. Namun aliran air menyebar melewati undakan bebatuan, sehingga terlihat lebih lantai dan tak terlalu curam. Kondisi air disini sangatlah jernih karena bersumber langsung dari mata air pegunungan, terasa menyegarkan bila kamu turun langsung ke dalam air.

Alasan mengapa dinamakan Air Terjun Goa Rang Reng karena di bagian atas air terjun tersebut yang merupakan hulu sungai, ada sebuah gua bernama Goa Rang Reng. Bila ingin melakukan susur goa, kamu bisa menyusuri bagian batu yang kering di sebelah kiri air terjun. Goa ini nantinya akan tembus ke belakang, membentuk sebuah lubang yang biasa menjadi jalan masuk cahaya matahari.

Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul

Perjalanan wisata mengunjungi Pura di Bali memang tak akan pernah ada habisnya. Maka daripada itu, menjelajahi Bali memang tak cukup hanya dalam waktu singkat. Pura lain yang ada di Gianyar dan bisa dikunjungi oleh siapapun adalah Pura Tirta Empul, lokasi tepatnya berada di Jalan Tirta, Manukaya, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar Bali.

Pura cantik ini sudah dibangun sejak tahun 962 masehi dan menawarkan paket pengalaman wisata yang tak akan terlupakan. Saat berkunjung ke sini, kamu akan menjumpai 3 bagian pura yakni Nista Mandala atau disebut juga Jaba Sisi atau bagian pura terluar, Madya Mandala atau disebut juga Jaba Tengah atau bagian tengah kompleks Pura dan Utama Mandala bagian utama pura.

Karena pura merupakan tempat suci umat hindu, maka sangat disarankan agar wisatawan yang berkunjung menggunakan pakaian sopan. Biarpun tak ada aturan tertulis, namun sebetulnya aturan tersebut memang sudah melekat erat dengan kebiasaan masyarakat Bali.

Di kompleks pura Tirta ada sebuah kolam yang disebut-sebut sebagai kolam penyucian. Bila ingin menikmati kesegaran air tersebut, sangat disarankan untuk membawa pakaian ganti.

Candi Gunung Kawi

Candi Gunung Kawi

Wisata Gianyar Bali yang juga tak kalah hits dengan wisata-wisata sebelumnya adalah Candi Gunung Kawi, sebuah situs purbakala yang berlokasi di Banjar Penaka, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali.

Saat wisatawan pertama kali menginjakan kaki di komplek Candi Gunung Kawi, akan sangat terasa suasana yang asri serta menyejukkan. Ini karena terdapat pepohonan yang tumbuh dengan rimbun di sekitar lokasi. Ada pula aliran air yang membuat suasana semakin menyegarkan.

Beberapa anak tangga tersusun, akan mengantarkan para pengunjung untuk bisa sampai ke lokasi. Tangga-tangga tersebut terbuat dari batuan padas, berjajar dengan rapi. Kurang lebih ada 315 anak tangga yang harus dilewati untuk bisa benar-benar sampai di Gunung Kawi.

Sesampainya di titik lokasi, kita bisa menyaksikan pemandangan situs candi yang begitu unik karena dibagi menjadi 2 kelompok yang dipisahkan oleh aliran sungai Pakerisan. Ada pula kolam pemandian serta pancuran air. Berkunjung ke situs wisata purbakala memang bisa memberikan pengalaman liburan berbeda. So, tak usah ragu lagi untuk berkunjung ke sini saat kamu berada di Gianyar Bali.

Bali Safari & Marine Park

Bali Safari & Marine Park

Ingin berkunjung ke tempat wisata Gianyar Bali yang family friendly banget? Kamu bisa coba berkunjung ke Bali Safari & Marine Park yang berlokasi di Jalan Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra Km. 19,8 Serongga, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar Bali.

Tempat wisata yang menawarkan wisata edukasi bernuansa alam. Kita pun bisa menjumpai beberapa binatang yang hidup bebas di Kawasan wisata tersebut. Ada harimau, badak, jerapah dan banyak lagi. Beberapa binatang yang terbilang jinak bisa kita lihat langsung, bahkan menyentuh dan berinteraksi dengan mereka pun diperbolehkan. Namun binatang lain yang masuk dalam kategori buas harus dilihat menggunakan kendaraan khusus.

Biarpun dalam kondisi pandemic, tempat wisata ini masih tetap buka namun dengan menerapkan aturan protokol kesehatan yang sangat ketat. Yuk ajak keluargamu liburan di sini, pasti akan sangat menyenangkan apalagi untuk anak-anak.

Bali Bird & Reptile Park

Bali Bird & Reptile Park

Masih ada lagi nih traveller tempat wisata yang family friendly banget yaitu Bali Bird & Reptile Park. Lokasinya ada di Jalan Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

Melihat dari nama tempat wisatanya, sudah jelas kita akan menjumpai banyak sekali spesie burung serta reptile. Kamu bisa berinteraksi langsung dengan mereka. Membernya makan hingga berfoto. Bagi anak-anak lebih dekat dengan binatang merupakan hal yang penting diterapkan, dengan begitu mereka akan sangat menghargai kehidupan makhluk hidup lainnya, terkhusus para binatang. Anak-anak juga bisa melatih mental untuk tidak takut pada binatang. Sangat edukatif dan bermanfaat sekali.

Baca Juga: Wisata Klungkung

Dan tau nggak sih, rata-rata yang berkunjung ke sini adalah wisatawan asing. Jadi jangan heran bila banyak bule yang menghabiskan waktu liburannya di sini. Sebelum berkunjung ke sini, sebaiknya pastikan dulu apakah tempat wisata ini buka atau tidak. Sebab berdasarkan informasi dari Google kalau Bali Bird Park & Reptile hanya buka di hari weekend saja yakni sabtu dan minggu.

Oke traveller, itulah 10 tempat wisata di Gianyar Bali yang bisa menjadi referensi untuk menikmati waktu liburan saat berada di Kabupaten Gianyar. Bagaimana, sangat menarik sekali kan? Ada wisata alam, wisata adat dan kebudayaan, hingga wisata yang family friendly banget. Tinggal pilih saja tempat mana yang memang kamu sukai dan sangat sangat ingin dikunjungi.

Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan selama berwisata ya! Biarpun sudah memasuki masa new normal, namun pandemic belum sepenuhnya berakhir. Apalagi di beberapa tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Stay healthy & Happy Traveling!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *