Tempat Wisata di Gresik

17 Tempat Wisata di Gresik Terhits yang Harus Kamu Kunjungi

Posted on

Tempat Wisata di Gresik – Wah, sebentar lagi liburan tiba! Kamu sudah punya rencana untuk liburan ke masa saja? Kalau belum ada pilihan destinasi liburan, kami ingin merekomendasikan satu kota di Jawa Timur yang memiliki banyak pilihan tempat wisata, yaitu Gresik.

Tempat Wisata di Gresik

Seperti kota-kota lainnya di Jawa Timur, Gresik punya berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Nah, kalau kamu ingin tahu mana saja sih objek wisata yang pantang untuk dilewatkan, berikut ini adalah informasi tentang 17 tempat wisata di Gresik yang harus kamu kunjungi saat liburan.

Telaga Ngipik

Telaga Ngipik

Di Gresik, ada satu tempat wisata yang suasananya adem, teduh, dan menyegarkan banget, namanya adalah Telaga Ngipik. Selain sebagai tempat wisata, Telaga ini juga sering dijadikan sebagai tempat latihan olahraga ski air. Malah, pada tahun 1999, Telaga Ngipik juga pernah menjadi tempat pelaksanaan Kejuaraan Daerah Ski Air se-Provinsi Jawa Timur.

Makanya, nggak heran kalau di salah satu Tempat Wisata Jawa Timur ini juga banyak fasilitas permainan air seperti perahu air dan olahraga bungee jumping. Fasilitas lainnya juga cukup lengkap, yaitu panggung hiburan, toilet, sarana ibadah, tempat makan, parkir, dan sebagainya.

Oh ya, meskipun banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di Telaga Ngipik, tapi ada larangan memancing ikan lho. Jadi kamu yang hobi memancing terpaksa harus cari tempat lain dulu ya.

Bukit Kapur Suci

Bukit Kapur Suci

Sesuai dengan namanya, Bukit Kapur Suci ini memang bekas tempat penambangan batu kapur. Sekarang bukit itu malah hanya tinggal menyisakan sisa-sisa dinding putih saja. Tapi jangan salah, justru “ketidaksempurnaan” itulah yang membuat tempat Wisata Gresik ini jadi lokasi favorit para fotografer untuk melakukan pemotretan seperti contoh yang bisa kamu lihat di foto di atas.

Walau sekilas terkesan gersang, tapi tempat ini malah menimbulkan kesan alami dan “raw”. Baik foto saat matahari sedang terik maupun saat cuaca mendung, masing-masing memberikan hasil unik yang indah.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Bondowoso

Oh ya, kalau sehabis sesi foto-foto kamu merasa kepanasan dan haus, nggak usah kuatir. Ada penjual dawet yang siap mengobati rasa haus kamu itu kok. Habis selesai makan dawet, jadi semangat lagi deh buat foto-foto.

Pulau Mengare

Pulau Mengare

Salah satu lokasi wisata yang juga terkenal di Gresik adalah Pulau Mengare berlokasi di Desa Watu Agung Kec. Bungah Kab. Menu. Pulau ini menawarkan berbagai aktivitas wisata yang bisa dilakukan, mulai dari susur sungai, laut, hutan mangrove, wisata heritage, dan Benteng Lodewijk yang merupakan bangunan pertahanan tantara Belanda yang berdiri sejak 1808. Untuk mengunjungi Benteng ini dapat ditempuh lewat dua jalur yaitu jalur darat dan jalur laut. Selama perjalanan kamu nggak bakal merasa bosan karena pemandangan Pulau ini cantik banget. Karena tidak cukup melakukan semua aktivitas itu hanya dalam sehari saja, banyak wisatawan yang akhirnya memutuskan untuk camping di pulau Mengare ini.

Pemandangan di pulau ini juga cantik deh. Ada lahan tambak dan semak belukar, jalan yang kondisinya bagus, dan yang jelas laut yang airnya jernih, ditambah lagi keindahan pasir pantainya yang berwarna biru. Selain itu, pulau ini cocok bagi kamu yang ingin berlibur ke pantai tapi nggak suka suasana yang terlalu ramai. Karena belum banyak orang yang mengetahui tentang keberadaan pulau ini, maka kamu bisa menikmati suasana hening dan tenang di sini.

Tapi nggak usah kuatir tentang sisi keamanannya. Walaupun belum terlalu banyak orang, tetapi warga setempat sudah mulai mengelola pulau ini menjadi tempat wisata dengan kemasan yang lebih baik. Bahkan sekarang ada perahu untuk menyusuri pulau dan juga pemandu wisata.

Bukit Kapur Sekapuk

Bukit Kapur Sekapuk

Hampir mirip dengan Bukit Kapur Suci, Bukit Kapur Sekapuk yang berada di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur ini  juga awalnya bukan tempat wisata. Hanya saja, karena lokasinya yang unik, banyak orang datang ke untukk berfoto-foto memanfaatkan latar belakang tebing-tebing cantik.

Kamu bisa memanfaatkan lubang-lubang kotak yang dulu dijadikan penambang tempat untuk membuat batu bata kapur sebagai spot foto, atau juga pilar tinggi yang tampak megah. Hasil foto kamu pasti bakal keren deh.

Wisata Alam Gosari

Wisata Alam Gosari

Wisata Alam dan Edukasi Gosari (Wagos) adalah tempat wisata baru yang menawarkan wahana alam khas pedesaan dengan keindahan alam perbukitan kapur yang sangat mempesona. Apalagi ada kolam bidadari dan spot-spot keren untuk selfie. Wah, makin betah deh di sini.

Wisata Alam dan Edukasi Gosari yang terletak di esa Gosari Kecamatan Ujung Pangkah ini juga memiliki kegiatan camping dan outbond, serta menyediakan kuliner khas Pantura. Obyek wisata yang dikelola oleh BUMDesa dan Pokdarwis Desa Gosari ini dibuka setiap hari, dengan jam operasional mulai jam 7 pagi sampai jam 5 sore.

Pantai Mombhul

Pantai Mombhul

Sekarang ada wisata Gresik terbaru yang dikelola dengan baik, namanya adalah Pantai Mombhul di Bawean. Meskipun tergolong baru, tapi wisata buatan ini banyak lho peminatnya. Hal ini karena promosi yang sangat gencar dilakukan. Pantai Mombhul memiliki luas 45 hektare, dan sampai sekarang masih terus dibenahi supaya fasilitasnya lebih lengkap lagi.

Nantinya, akan ada wahana penangkaran rusa mini, penyu, water boom kolam air laut dan sebagainya di pantai ini. Kamu yang hobi foto-foto juga pasti senang di sini, karena ada spot-spot foto yang terbuat dari ranting-ranting pohon dan kayu yang berbentuk lingkaran.

Telaga Pegat

Telaga Pegat

Telaga yang berwarna kehijauan ini letaknya di dekat makam Sunan Giri. Dalam telaga ini banyak dihuni oleh ikan, dan banyak orang yang mengail ikan-ikan itu. Tetapi, konon menurut kepercayaan banyak orang, ikan hasil tangkapan tersebut tidak untuk diperjualbelikan, melainkan hanya untuk dikonsumsi sendiri. Air dari telaga Pegat ini juga dipercaya bisa menyembuhkan bermacam-macam menyakit seperti reumatik dan sakit kudis.

Bukit Larangan

Bukit Larangan

Bukit Larangan adalah tempat wisata yang bisa dibilang akan membuat kamu terkagum-kagum akan kebesaran sang Pencipta. Keindahan alamnya membuat Bukit Larangan menjadi tempat favorit banyak wisatawan.

Kamu bisa menikmati udara sejuk pegunungan sambil melihat pemandangan hamparan rumput dan bunga-bungaan liar. Pastinya kamu bakal ingin berfoto-foto tanpa henti, saking cantiknya pemandangan di sana. Jadi, saat nanti berkunjung ke Gresik, jangan lupa mengunjungi Bukit Larangan ya.

Mangrove Karangkiring Gresik

Mangrove Karangkiring Gresik

Mangrove Karang Kiring merupakan tempat wisata Mangrove yang memiliki daya tarik bagi wisatawan, karena tempatnya yang dekat dengan pantai. Pohon mangrove memang bisa mencegah abrasi pantai, tetapi deretan pohon mangrove yang ada di Pantai Karang Kiring juga membuat suasana menjadi jauh lebih indah dan rindang.

Seperti bisa kamu lihat, suasana sunset di Mangrove Karang Kiring juga sangat indah dan jadi momen yang banyak ditunggu orang-orang. Apalagi karena dekat dengan pusat kota, maka akses ke tempat wisata ini juga menjadi sangat mudah.

Bendungan Gerak Sembayat

Bendungan Gerak Sembayat

Bendung Gerak Sembayat Kabupaten Gresik Jawa Timur merupakan sebuah bendungan yang membelah bengawan solo dan berfungsi sebagai sumber irigasi alami sekaligus untuk memasok kebutuhan baku PDAM di Kota Gresik.

Selain itu, Bendungan ini juga dimanfaatkan sebagai tempat wisata kota Gresik yang sangat difavoritkan warga sekitar terutama saat jalan-jalan sore sambil menikmati suasana senja di sana. Apalagi saat bulan Ramadhan, biasanya banyak orang yang ngabuburit ke sini sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Giri Kedaton

Giri Kedaton

Giri Kedaton adalah situs yang dulunya adalah tempat pengukuhan Raja-raja Islam Demak sampai Pajang. Ditempat ini pula dibangun Masjid / Pondok Pesantren yang pertama di Giri, yang kesemuanya tinggal nampak bekas-bekasnya, termasuk kelengkapan Kedaton lainnya berupa batu pelinggihan, kolam wudhu dan dinding pagar kuno.

Situs Giri Kedaton ini terletak di puncak sebuah bukit dengan tanjakan tajam yang relatif curam. Meskipun begitu, pemandangan dari atas bukit ini indah banget, dan sering dijadikan tempat foto-foto. Kamu bisa melihat view kota Gresik dari atas sini.

Banyuurip Mangrove Center Ujung pangkah

Banyuurip Mangrove Center Ujung pangkah

Ekowisata Mangrove Banyu Urip atau Banyu Urip Mangrove Center (BMC) adalah sebuah tempat wisata Gresik yang menawarkan pesona alam pesisir pantai dengan hutan mangrove dan ekosistem muara sungai yang eksotik dan cantik.

Tempat ini juga merupakan lokasi wisata edukasi, karena selain keindahan pantainya, ada juga area pembibitan berbagai jenis tanaman mangrove, jadi kamu bisa sambil belajar tentang cara pembibitan tanaman mangrove.

Kamu kalau datang ke sini pasti bakal betah banget, karena selain udaranya bersih bebas polusi, tempatnya juga rindang dan adem. Pokoknya jangan heran kalau kamu bisa sampai lupa waktu saat ada di tempat ini.

Soal spot foto?

Wah kalau yang satu ini nggak usah ditanya deh. Kamu bisa memilih spot-spot keren kalau mau selfie atau wefie bareng teman-teman.

Wisata Pantai Beto Cellong Pajinggahan Tambak

Wisata Pantai Beto Cellong Pajinggahan Tambak

Salah satu Destinasi wisata alam Gresik yang ada di Pajinggahan adalah Wisata Pantai Beto Cellong. Ini merupakan pulau yang sangat indah, karena terumbu karangnya mirip seperti yang ada di Bali. Jadi sudah terbayang kan, betapa indahnya?

Destinasi wisata yang sudah diresmikan oleh pemerintah daerah ini memang dikelola secara serius supaya bisa menarik banyak wisatawan, agar menjadi ikon baru kota Gresik. Pantainya juga rindang banget, dan karena banyak pohon-pohon di pinggir pantai, maka suasananya terasa lebih teduh.

Pantai Pulau Selayar

Pantai Pulau Selayar

Pantai Pulau Selayar adalah sebuah gundukan menyerupai bukit atau gunung yang ada di tepi laut tepatnya di wilayah Dusun Taubat, Kecamatan Sangkapura, Bawean Kabupaten Gresik. Bisa dibilang, ini adalah pulau yang sekarang belum ada penghuninya, walaupun ada juga warga sekitar yang berjualan es kelapa segar di sana.

Meskipun begitu, soal keindahan alamnya nggak perlu diragukan lagi deh. Kamu bisa menikmati hamparan pasir yang lembut dan deretan pohon mangrove di tepian pantai.

Kamu bisa mencapai pantai pulau selayar ini hanya dengan berjalan kaki lho, asalkan air laut sedang surut. Kalau sedang pasang ya nggak bisa hehehe.

Nah, kalau kamu senang suasana yang tenang, pantai ini cocok untuk dijadikan tempat wisata. Kamu bisa menikmati segarnya udara pantai di bawah pepohonan rindang sambil foto-foto di pantai ini. Asyiknya, karena belum terlalu banyak orang, maka pantai ini juga hampir tak ada sampah. Pokoknya bersih deh.

Air Terjun Laccar

Air Terjun Laccar

Air terjun Laccar berada di kawasan Desa Kebun Teluk Dalam Kecamatan Sangkapura. Sekitar 15 km dari pusat Kecamatan Sangkapura. Air terjun ini memiliki ketinggian 25 meter dengan latar belakang tebing yang kokoh dan megah. Coba deh kamu perhatikan bebatuan dan tebing yang berwarna gelap itu. Keren sekali kan?

Nah, tempat wisata di Gresik Air Terjun Laccar ini adalah salah satu obyek wisata yang nggak boleh sampai kamu lewatkan. Apalagi, bila dibandingkan dengan Air Terjun lainnya yang ada di Jawa Timur, tempat ini cenderung sangat mudah akses jalannya. Kamu bisa menggunakan motor atau mobil untuk sampai ke tempat wisata di Gresik ini. Setelah memarkir kendaraan, kamu tinggal menyusuri jalan setapak selama 15 menit, dan sampai deh ke air terjun Laccar.

Air terjun ini juga memiliki kolam yang tak terlalu luas, sehingga kamu bisa melihat air terjun dari jarak dekat dan mengabadikan momen di sana.

Eduwisata Lontar Sewu

Eduwisata Lontar Sewu

Mau berlibur sambil belajar? Nah, kunjungi saja Edu Wisata Lontar Sewu yang menawarkan tempat hiburan yang bernuansa alami dan ramah lingkungan, lengkap dengan ciri khas lontar dan hijaunya pesawahan.

Di Edu Wisata Lontar Sewu ini ada banyak banget wahana yang bisa kamu nikmati, mulai dari spot untuk foto-foto yang instagramable, taman, rumah unik, jajanan kuliner, gazebo, wahana outbond, perahu bebek, jembatan titian, dan lain sebagainya.

Ini adalah tempat wisata yang cocok banget buat digunakan sebagai lokasi libur keluarga, karena tempatnya yang kids friendly.

Selain itu, pilihan hidangan kuliner di sini juga benar-benar variatif. Mulai dari ayam bakar, ikan bakar, sampai berbagai jenis cemilan bisa kamu nikmati sambil bersantai bareng keluarga.

Soal tiket masuknya? GRATIS.

Iya, benar banget, biaya tiketnya masih gratis. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir saja sebesar Rp 3 ribu. Kalau mau datang ke Edu Wisata Lontar Sewu, tempat ini memiliki jam operasional mulai jam 7 pagi sampai 9 malam.

Telaga Rambit

Telaga Rambit

Telaga Rambit terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. Sebenarnya, Telaga Rambit bukan merupakan telaga alami, melainkan hasil pembangunan warga Sidayu yang diperintahkan oleh Kanjeng Sepuh pada zaman dahulu kala.

Meskipun begitu, keindahan salah satu tempat wisata daerah Gresik ini tampak seperti telaga alami, terutama kalau kamu berfoto-foto pada saat malam hari di mana cahaya menyinari telaga ini dengan indahnya. Di sekitar telaga tumbuh pohon-pohon besar yang membuat suasana makin rindang.

Dulu, tujuan dibuatnya telaga ini adalah sebagai tempat penampungan air hujan dari daerah-daerah sekitarnya. Karena itu terdapat saluran air di sebelah timur yang tersambung dengan aliran-aliran sungai kecil dan tambak di sekitar telaga. Sampai sekarang, telaga ini masih dimanfaatkan sebagai sumber air bagi warga sekitar, sekaligus juga sebagai tempat wisata.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Ngawi

Nah, itu tadi informasi lengkap mengenai tempat-tempat wisata yang ada di Gresik. Gimana, makin tertarik kan mengunjungi kota yang satu ini? Apalagi sambil liburan kamu juga bisa menikmati hidangan kuliner khas kota ini. Hmm…sudah terbayang deh nikmatnya.

Semoga informasi tentang 17 tempat wisata di Gresik yang harus kamu kunjungi saat liburan ini bisa membantu kamu menentukan destinasi liburan nati ya. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *