Tempat Wisata di Gunung Kidul

10 Tempat Wisata di Gunung Kidul yang Bernuansa Alam

Posted on

Dari sekian banyak daerah di Jogja, Gunung Kidul menjadi salah satu daerah yang banyak diincar oleh wisatawan. Bukan tanpa sebab, ini karena ada banyak tempat wisata di Jogja khususnya yang bernuansa alam bisa kita temukan di sini.

Daftar Wisata Gunung Kidul

Mulai dari wisata pantai, goa, bukit, dan banyak lagi. Nah, bagi kamu yang belum pernah ke sini namun sudah berencana akan berkunjung, sebaiknya simak dulu yuk 10 tempat wisata di Gunung Kidul berikut ini.

Goa Kalisuci

Goa Kalisuci

Wisata Gunung Kidul yang pertama adalah Goa Kalisuci. Berada di Kawasan Karst Gunungsewu yang merupakan warisan alam. Di samping itu, kita sebagai bangsa Indonesia juga patut bangga karena wisata alam yang serupa dengan Kalisuci hanya ada 3 di dunia dan salah satunya adalah Indonesia. Sementara untuk dua negara lainnya Mexico dan Selandia Baru.

Nah, saat kamu berkunjung ke Goa Kalisuci, ada aktivitas yang biasa dilakukan yaitu caving atu susur gua dan body rafting. Wisatawan akan menyusuri bagian sungai bawah tanah dari Goa Kalisuci dengan hanya menggunakan pelampung. Tidak perlu khawatir atau takut, karena sebelum melakukan aktivitas tersebut, wisatawan akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai kegiatan ini untuk selanjutnya diberikan arahan lengkap mengenai apa yang harus digunakan, hal apa yang dilarang, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Sleman

Selama dalam proses susur sungai dan goa, wisatawan tentu akan basah namun itulah sensasinya. Kesegaran air sungai yang jernih bisa dinikmati. Ada juga pemandangan dari Stalagtit dan Stalagmit yang terbentuk karena alam, sangat mengagumkan sekali tentunya. Perjalanan pun akan semakin seru karena aliran sungai yang meliuk serta beberapa jeram sungai.

Biasanya wisatawan akan menghabiskan sekitar 1,5 jam untuk melakukan susur goa. Panjang trek nya sekitar 700 meter dan ada 3 sungai terbuka serta 2 sungai goa. Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi Goa Kalisuci dan melakukan Caving? Yuk langsung saja berkunjung ke Kalisuci di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul. Atau bila dari pusat kota Jogja, jarak tempuhnya kurang lebih 50 km.

Sangat disarankan untuk membawa kendaraan pribadi ya agar kamu tidak kesulitan mencari kendaraan umum. Biasanya di Jogja sendiri ada banyak tempat penyewaan mobil atau motor, kamu mungkin bisa memanfaatkannya selama berlibur di Jogja.

Bukit Kosakora

Bukit Kosakora

Tempat wisata di Gunung kidul selanjutnya adalah Bukit Kosakora. Objek wisata yang akan menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Lokasinya berada diantara beberapa pantai, tepatnya pantai Drini dan Pantai Ngrumput.

Sebenarnya bila dibandingkan dengan wisata pantai yang ada di daerah ini, Bukit Kosakora belum begitu diperhatikan. Namun bagi kamu yang penasaran untuk melihat pemandangan dari ketinggian bukit, tentu sangat direkomendasikan untuk menuju bukitnya. Dari atas bukit, kita bisa melihat keindahan garis pantai selatan yang tidak lain adalah garis pesisir dari Samudra Hindia.

Puncaknya pun tidak terlalu tinggi hanya 50 mdpl, jadi kamu tidak akan terlalu kelelahan saat sampai di puncak. Selain melihat garis pantai, kamu juga bisa melihat dengan jelas pemandangan beberapa pantai seperti Pantai Drini, Pantai Kukup, dan kamu bisa melihat mercusuar Pantai Baron dengan cukup jelas. Bila kamu memiliki cukup banyak waktu, kamu bisa tinggal sejenak di atas bukit untuk menantikan matahari terbenam saat sore hari.

Bagaimana, kamu tertarik untuk mengunjungi bukit ini? Kamu tinggal arahkan saja kendaraanmu ke Jalan Banjarejo, Tanjungsari, Area Hutan, Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Atau bila menggunakan google maps, kamu bisa mengarahkannya ke Pantai Drini karena memang bukitnya tidak jauh dari daerah pantai tersebut.

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk, merupakan tempat wisata di Gunung Kidul selanjutnya yang bisa kamu kunjungi. Tempat wisata ini masih dikelola oleh warga setempat. Nah, ada mitos unik dari keberadaan air terjun Sri Gethuk ini.

Sudah bukan rahasia lagi tentunya, bila Joga merupakan Kawasan keraton yang hingga sekarang masih memegang teguh adat tradisi dan budaya. Sama halnya dengan mitos tiap tempatnya. Konon dulunya, Sri Gethuk merupakan sebuah tempat yang dijadikan sebagai kerajaan jin. Dimana kerajaan tersebut dipimpin oleh Anggo Menduro sebagai raja, ia sangat suka dengan music tradisional khas Jawa.

Sehingga berdasarkan mitos tersebut, air terjun Sri Gethuk ini menyimpan peralatan music gamelan yang disukai raja. Beberapa pengunjung pun konon bisa mendengar suara gamelan, tidak terlalu kencang, tidak terlalu pelan. Namun lama-lama suara tersebut akan hilang. Itu hanya mitos, apakah kamu ingin mempercayainya atau tidak, tergantung kamu sendiri ya.

Di samping mitos tersebut, persona alam yang ditawarkan oleh air terjun Sri Gethuk memang sangat rugi bila tidak dinikmati. Sri Gethuk sendiri mempunyai 3 sumber mata air; Ngandong, Doh Poh dan Ngumbul. Ketiganya tidak pernah surut, bahkan saat musim kemarau sekalipun. Sehingga tidak akan mempengaruhi debit air terjunnya.

Berada di Kawasan air terjun Sri Gethuk ini tentu akan sangat menyenangkan, bagi kamu yang ingin sejenak menikmati udara segar, kamu bisa mendapatkannya di sini. Pepohonan yang menjulang tinggi membuat sirkulasi oksigen tetap terjaga.

Tertarik mengunjungi air terjun Sri Gethuk? Kamu bisa mengarahkan kendaraan ke Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja. Bila dari pusat kota, jaraknya bisa mencapai 45 km dengan waktu tempuh 1,5 jam.

Goa Pindul

Goa Pindul

Goa pindul tempat wisata di Jogja selanjutnya yang menawarkan wisata sungai bawah tanah. Bagi kamu yang senang melakukan susur goa atau susur sungai, mengunjungi goa pindul sangatlah direkomendasikan. Goa ini merupakan goa yang mempunyai aliran sungai di bawah tanah dengan warna kehijauan.

Lokasinya berada di desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul, Jogja. Bila dari pusat kota Jogja, kamu harus menempuh jarak kurang lebih 60 km menuju arah timur atau menuju Wonosari, Gunung kidul.

Sekilas mengenai sejarah Goa Pindul. Goa ini sudah diresmikan sebagai tempat wisata sejak tahun 2010, hanya saja baru dipopulerkan pada tahun 2014. Mempunyai Panjang sungai hingga 350 meter dengan lebar gua hingga 5 meter, sementara untuk kedalaman air sungainya mencapai 5 meter sampai 12 meter. Bila intensitas hujan sedang tinggi tentunya air sungai akan semakin deras.

Di sini juga terdapat 3 zona yang bisa kamu susuri; zona terang, zona remang dan zona gelap. Saat berada di dalam goa, wisatawan bisa melihat stalaktit dan stalakmit. Dan ternyata stalaktit yang ada di goa pindul ini termasuk yang terbesar keempat di dunia. Untuk harga tiket wisatanya sendiri kisaran 35 ribu untuk wisatawan lokal dan 50 ribu untuk wisatawan mancanegara.

Di samping itu, kamu pun tidak perlu merasa khawatir soal fasilitasnya ya. Untuk fasilitas umum sudah cukup lengkap dari mulai area parkir, toilet dan mushola. Untuk jaket pelampung dan ban tubing juga sudah disediakan.

Goa Jomblang

Goa Jomblang

Setelah dari goa pindul mari berlanjut ke goa jomblang, destinasi wisata gunung kidul selanjutnya yang harus banget kamu kunjungi. Apalagi kalau kamu memang menyukai aktifitas susur sungai. Berlokasi di Dusun Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul. Goa ini kerap kali disebut goa vertikal yang mempunya mulut goa di permukaan tanah.

Ada beberapa rute yang akan dilalui oleh para wisatawan, kedalamannya sekitar 15 meter hingga 80 meter. Untuk menuju kedalaman 15 meter, para wisatawan bisa menyusuri goa dengan berjalan kaki. Nah, bagi kamu yang pemula, tidak perlu khawatir ya karena nantinya kamu akan dipandu agar bisa melakukan caving sendiri.

Sesampainya di dalam goa, kamu akan melihat pemandangan goa yang sangat indah. Ada banyak tumbuhan dan karst yang memberikan pesona tersendiri pada goa Jomblang. Ada juga aliran sungai yang mengalir cukup deras. Hal menarik lainnya adalah cahaya matahari yang masuk melalui celah mulut goa sehingga wisatawan akan dimanjakan dengan pesona goanya.

Di samping itu, akses yang bisa ditempuh untuk mencapai goa jomblang juga tidak akan terlalu jauh. Bisa dicapai hingga 1,5 jam waktu perjalanan saja bila kamu berangkat dari pusat kota. Kamu bisa mengarahkan kendaraan ke arah Piyungan lalu arahkan ke Wonosari. Atau untuk lebih mudahnya bisa melihat di google maps agar tidak tersesat.

Untuk bisa masuk ke goa jomblang, kamu akan dikenakan tarif sebesar 450 ribu sampai 1 juta rupiah. Harga tersebut sudah termasuk dengan penyewaan alat serta pemandu saat kita memasuki goa tersebut. Sementara untuk tiket parkirnya hanya dikenakan 3 ribu rupiah saja.

Pantai Timang

Pantai Timang

Setelah melakukan aktifitas susur sungai, mari beralih ke wisata pantai yang masih berada di Kawasan Gunungkidul, Jogja. Pantai unik yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Timang. Ciri khast dari pantai ini bukan hanya pemandangan laut dan hamparan pasirnya saja. Namun sebuah gondola atau kereta gantung yang biasa digunakan untuk menyebrang ke Pulau Timang menjadi ikon pantai Timang.

Awalnya pantai Timang bukan tempat wisata yang dibuka untuk umum. Ini karena medan menuju pantai yang terbilang cukup sulit bahkan kamu yang membawa kendaraan pribadi pun akan sangat kesulitan. Pantai ini hanyalah sebuah pantai yang dijadikan pusat mata pencaharian warga setempat yang berprofesi sebagai nelayan.

Namun seiring berjalannya waktu, banyak wisatawan yang merasa tertarik dengan gondola yang biasa digunakan oleh para nelayan. Sehingga warga setempat mulai berinisiatif untuk menjadikannya tempat wisata. Bahkan tempat ini pun semakin terkenal setelah salah satu program variety show Korea berkunjung dan perwakilan anggotanya mencoba untuk naik wahana gondola tersebut.

Bagi kamu yang belum mampu menahan ketakutan sebaiknya tidak menaiki gondola ini ya. Karena memang saat menyeberang menggunakan gondola akan sangat ekstrim sebab kita akan melewati air laut dengan ombaknya yang ganas. Namun bila cuacanya sedang cerah tentu ombak pun akan tenang.

Bagaimana, tertarik untuk menguji adrenaline di pantai Timang dengan menaiki gondolanya? Kamu tidak perlu terlalu khawatir yang dengan tingkat keamanannya, karena pengelola tempat wisata ini sudah membuatnya seaman mungkin untuk dinaiki. Yuk langsung saja rencanakan waktumu kapan akan naik gondola di pantai Timang!

Pantai Nglambong

Pantai Nglambong

Pantai Nglambong merupakan salah satu pantai yang ada di Gunungkidul lainnya. Memiliki pemandangan alam yang indah dengan dikelilingi oleh 2 bukit kapur. Bila mau, para pengunjung dapat naik ke bukit. Sesampainya di atas bukit, pengunjung bisa menikmati pemandangan serta tentunya mengambil gambar yang instagramable. Kamu juga bisa melakukan aktifitas pantai lainnya seperti berjemur.

Embung Batara

Embung Batara

Embung Batara Sriten, berlokasi di Padukuhan Sriten Desa Pilangrejo, Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja. Tempat wisata ini terus berkembang dan menjadi salah satu pesaing dari wisata pantai yang ada di kawasan Gunung Kidul. Embung Batara sendiri merupakan sebuah waduk kecil yang ada di puncak tertinggi Gunung Kidul. Baru resmi ditetapkan sebagai tempat wisata pada tahun 2015 tepatnya tanggal 17 Maret oleh Gubernur Jogja saat itu yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Di samping itu, Kawasan Embung Sriten memang diproyeksikan untuk sebuah perkebunan buah seperti Kelengkelng dan Manggis. Sehingga Batara nya sendiri dijadikan sebagai tempat penampungan air yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat khususnya untuk perkebunan.

Bagi kamu yang berkunjung ke Embung Batara dengan anak kecil tidak perlu khawatir ya, sebab sudah ada pembatas pagar sebagai salah satu pengaman agar tidak terjatuh ke dalam waduk. Dan untuk kamu yang menyukai pemandangan alamnya, kamu juga bisa menikmati di Embung Batara. Di sini terdapat pepohonan yang ada pada jalur menuju Puncak Mangir. Bila kamu terus naik ke atas, kamu akan menemukan Puncak Mangir yang merupakan puncak tertinggi di Kawasan ini. Bagaimana, tertarik berkunjung ke Embung Batara? Bila memang sedang ada di Gunung kidul sebaiknya sempatkan sebentara untuk berkunjung ya.

Luweng Sampang

Luweng Sampang

Luweng Sampang merupakan sebuah air terjun yang berlokasi di Gunung Kidul. Dihiasi dengan bebatuan cadas berwarna putih, air nya pun terlihat berwarna biru karena memang terdapat gangga biru di bawah air sungainya. Bebatuan yang ada di luweng sampang juga sangat mudah terkena erosi air yang mengalir dari atas. Biarpun begitu, erosi tersebut memberikan pesona tersendiri, dimana bebatuan yang ada jadi memiliki gari unik dan alami.

Suasana air terjunnya juga masih terasa sangat sejuk, dikelilingi oleh tumbuhan. Sangat cocok sekali untuk kamu yang ingin menikmati suasana menyegarkan dan merilekskan pikiran sejenak.

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal, sebuah pantai yang ada di Gunung Kidul dan memiliki daya tariknya sendiri. Ada sebuah sungai di bawah tanah pantai Poko Tunggal. Rasa airnya tawar dan tidak tercampur dengan air laut. Sehingga adanya sungai ini menjadi salah satu sumber mata air tawar utama masyarakat setempat. Selain sungainya, Pok Tunggal juga kerap dijadikan sebagai tempat diving dan snorkeling. Kamu yang menyukai aktivitas tersebut, tentu bisa melakukannya di sini. Tidak perlu merasa takut terseret arus, sebab Pok Tunggal memiliki ombak yang cukup tengah.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Wonosari

Nah, itulah 10 tempat wisata di Gunung Kidul yang bernuansa alam dan sangat bisa menjadi pilihanmu saat kamu berkunjung ke Gunungkidul. Jangan lupa untuk mengabadikan tiap momen berlibur menggunakan kamera ya agar kamu bisa mempublikasikan tempat-tempat wisata di Jogja. Kalau semakin terkenalkan tentu hal tersebut akan berpengaruh baik terutama untuk perkembangan ekonomi daerah tempat wisata tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *