Tempat Wisata di Halmahera

12 Tempat Wisata di Halmahera yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Halmahera adalah pulau terbesar di Kepulauan Maluku dan merupakan bagian dari provinsi Maluku Utara. Jadi nggak heran dong ya kalau tempat wisata di Halmahera menawarkan berbagai objek wisata yang luar biasa indahnya dan wajib jadi tujuan liburan kamu di tahun ini, setelah COVID-19 berlalu.

Tempat Wisata di Halmahera

Untuk lebih jelasnya, kita bahas saja yuk 12 tempat wisata di Halmahera yang keindahannya bakal bikin kamu nggak bosan-bosan buat mengunjunginya.

Pulau Tagalaya

Pulau Tagalaya

Pulau Tagalaya termasuk salah satu tempat wisata di Maluku Utara yang masih sangat dijaga keindahan dan kelestarian alam sekitarnya. Walaupun ukurannya tidak terlalu besar, tapi kalau kamu berkunjung ke sini, dijamin bakal terpukau karena keindahan pantainya, terutama kalau kamu pecinta pasir putih dan air laut yang jernih. Bahkan banyak yang bilang kalau air laut di pulau Tagalaya ini sebening kaca!

Kalau kamu hobi diving, kamu bisa melakukan kegiatan tersebut di pulau yang berjarak tempuh sekitar 20-30 menit dari pelabuhan Tobelo ini. Kamu pasti bakalan betah menyusuri kehidupan bawah lautnya, karena  ada banyak terumbu karang yang indah, ikan-ikan, dan gurita laut yang bisa kamu temui. Meskipun begitu, tanpa menyelam pun kamu bisa kok melihat ikan-ikan kecil yang berenang di perairan dangkal wisata Halmahera Barat ini. Di pinggir pantai, kamu bisa melihat menikmati pemandangan pepohonan bakau sambil merasakan udara pantai yang segar.

Pantai Nusa Ra

Pantai Nusa Ra

Berbeda dengan namanya yang berarti “besar”, Pulau Nusa Ra sebenarnya berukuran kecil. Meskipun begitu, karena keindahan alamnya yang luar biasa, maka akhirnya pulau ini diberikan nama Nusa Ra. Sama seperti pulau-pulau lainnya di Halmahera, Pulau Nusa Ra juga menawarkan keindahan alam dan bawah laut yang memesona. Kamu bakal betah menjelajahi pulau ini, baik di daratan maupun di perairannya.

Baca Juga: Wisata Ternate

Pulau Nusa Ra termasuk pulau yang tak berpenghuni. Penduduk terdekat berada di pulau yang terpisah dengan Pulau Nusa Ra. Jadi, bisa dipastikan kamu akan bebas berjalan-jalan di pantai ini. Meskipun begitu, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan pulau ini ya! Selain itu, karena belum terdapat penjual makanan dan minuman, sebaiknya kamu membawa perbekalan supaya nggak kelaparan atau kehausan.

Buat kamu yang lagi hunting spot selfie juga pasti nggak mungkin kecewa deh dengan Pulau Nusa Ra, karena di seluruh sudut Pulau ini, semua lokasinya benar-benar instagramable banget.

Telaga Biru

Telaga Biru

Kebanyakan spot wisata Halmahera berhubungan dengan air, termasuk tempat yang satu ini, yaitu Telaga Biru. Seperti bisa kamu lihat dari foto di atas, air di telaga ini benar-benar, lebih biru dari air laut.

Sebelum sampai ke telaga ini, kamu terlebih dahulu harus menuruni lereng yang dipenuhi dedaunan. Telaga ini dikelilingi tebing yang berhiaskan lumut hijau. Karena warnanya sangat kontras dengan warna telaga yang biru, maka jadi kelihatan cantik sekali dipandang mata.

Telaga ini dihuni oleh ikan-ikan gabus yang bebas berenang kian kemari. Walaupun dari kejauhan tampak biru, namun saat didekati air yang rasanya tawar ini terlihat sangat bening.

Sambil menikmati pemandangan yang cantik di telaga biru, kamu juga bisa mendengar kicauan burung-burung di sekitarnya. Benar-benar tempat yang pas banget deh buat mendinginkan otak dan pikiran yang penat karena pekerjaan.

Pulau Meti

Pulau Meti

Terletak di Halmahera Utara, Pulau Meti merupakan pulau yang sekarang banyak dilirik wisatawan berkat adanya Meti Cottage, yang dibangun oleh Supriadi, dengan memanfaatkan limbah kayu yang terapung di laut. Untuk tiang bangunannya ia menggunakan bambu-bambu besar yang diambil dari pulau daratan besar di seberang. Demi ingin turut berkontribusi menyelamatkan alam Indonesia, ia menggunakan bambu-bambu besar yang diambil dari pulau daratan besar di seberang untuk tiang bangunannya.

Pulau Meti memang memiliki daya tarik tersendiri. Selain karena pemandangannya yang indah, di pulau ini juga terlihat banyak sisa-sisa Perang Dunia II seperti meriam peninggalan Jepang, juga bangkai pesawat yang sudah tenggelam, karena dulunya pulau ini memang digunakan sebagai basis pertahanan tentara Jepang melawan sekutu. Bahkan banyak penyelam yang sengaja ingin melihat bangkai pesawat tersebut.

Pemandangannya tentu tak kalah memesona. Kamu bisa melihat pasir putih sejauh mata memandang yang dipadukan dengan pohon-pohon kelapa dan air laut yang jernih. Selain berenang dan menyelam, kamu juga bisa melakukan kegiatan memancing ikan di sini lho!

Tanjung Bongo Galela

Tanjung Bongo Galela

Menjelajahi wisata Halmahera Utara belum afdol rasanya kalau belum mengunjungi Tanjung Bongo. Keindahan tempat ini konon membuat banyak orang menjulukinya sebagai miniatur Raja Ampat. Hal ini karenaTanjung Bongo memiliki pulau-pulau karang yang memesona, walaupun ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan yang ada di Raja Ampat.

Kamu juga bisa menikmati keindahan terumbu karang dan kehidupan bawah laut tanpa harus berenang atau menyelam, karena airnya sangat jernih. Kamu juga bisa menikmati suasana sambil berperahu, seperti foto di atas. Salah satu spot foto yang paling favorit adalah salah satu pulau karang, di mana kamu bisa naik dan berfoto dengan mengambil latar belakang laut yang indah.

Tempat Wisata Halmahera tengah ini memang mampu menyuguhkan keindahan alam yang bisa membuat kamu lupa waktu. Rasanya, sehari saja nggak akan cukup untuk menikmati suasana di tempat ini. Maka, nggak heran kalau Tanjung Bongo selalu ramai dikunjungi wisatawan, apalagi saat momen libur panjang atau weekend.

Pulau Pawole

Pulau Pawole

Salah satu tempat wisata Indonesia yang belum terjamah lainnya yang wajib kamu kunjungi di Halmahera adalah Pulau Pawole. Meskipun pulau ini didominasi oleh pebatuan karang, tapi kamu tetap bisa menikmati hamparan pasir putih yang luas di sana. Butiran pasirnya pun halus banget, dan pasti bikin kamu tergoda untuk bermain-main pasir seharian.

Selain itu, kamu pun bisa melakukan aktivitas air seperti berenang dan bermain snorkeling. Tentu saja, jangan lupa untuk bawa peralatannya ya. Oh ya, berhubung tidak ada transportasi umum ke pulau ini, jadi kamu harus menyewa perahu kalau ingin mengunjungi Pulau Pawole.

Taman Laut Tobotobo

Taman Laut Tobotobo

Keindahan alam bawah laut di Maluku Utara memang udah nggak usah diragukan lagi. Ada banyak pilihat tempat wisata yang bisa jadi opsi kita saat liburan, contohnya saja Taman Laut Tobotobo.

Di tempat ini, kamu akan menemukan terumbu karang dan ikan-ikan yang cantik menghiasi dunia bawah laut di sana. Selain itu, Taman Wisata Laut Tobotobo yang terletak di Desa Tobotobo, kecamatan Loloda Utara, kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara juga memiliki deretan pepohonan bakau yang menjadi tempat banyak kelelawar.

Kamu bisa mencapai tempat wisata ini dengan menggunakan kapal atau speedboat. Perjalanannya cukup jauh dan melelahkan, karena itu persiapkan fisik kamu sebaik-baiknya ya.

Meskipun begitu, kelelahan akibat perjalanan tadi pasti langsung terbayar seketika saat kamu melihat keindahan pemandangan di Taman Wisata Laut Tobotobo. Apalagi kalau kamu berniat untuk snorkeling dan diving. Kamu makin bisa melihat dengan jelas keindahan pesona terumbu karang di sana. Kamu juga berkesempatan melihat ikan paus dari dekat, kura-kura, dan binatang laut lainnya. Jadi, pastikan kamu membawa kamera tahan air ya, agar bisamengabadikan semuanya.

Air Terjun Jembatan Batu

Air Terjun Jembatan Batu

Setelah puas menjelajahi berbagai pantai di obyek wisata Halmahera Timur, kita jalan-jalan sejenak yuk ke daerah Kabupaten Halmahera Utara, tepatnya di kawasan hutan Mede. Di sini, kamu bisa menemukan sebuah air terjun yang bernama Air terjun Jembatan Batu. Air terjun setinggi sepuluh meter yang berada di dalam kawasan hutan Mede ini memiliki keistimewaan yang terletak pada bebatuannya yang berbentuk seperti sebuah jembatan batu alami. Itulah awal mula tempat ini mendapat nama Air Terjun Jembatan Batu. Selain dikelilingi tebing yang indah, di kawasan air terjun ini pun kamu bisa menikmati pemandangan pepohonan yang rindang dan menyegarkan.

Air Terjun Jembatan Batu terletak di hutan Mede, sekitar 6 Km di sebelah barat desa Mede. Kamu bisa menggunakan angkutan umum tujuan Galela dari pertigaan Jl. Kemakmuran-Karianga, kemudian turun di desa Mede atau Ruko. Oh ya, karena lokasinya yang agak sulit ditempuh, sebaiknya kamu menyewa jasa pemandu dari masyarakat lokal ya.

Telaga Duma-Galela

Telaga Duma-Galela

Selain pantai, kamu juga bisa berlibur di obyek wisata air lainnya berupa danau yang ada di Galela. Namanya adalah Telaga Duma – Galela. Danau atau Telaga yang sering disebut dengan Telaga Danau ini memiliki luas sekitar 250 hektar dan menjadi danau terbesar yang ada di Halmahera. Dari Telaga ini, kamu bisa melihat keindahan Gunung Mamuya dari kejauhan.

Warna danau yang kebiruan membuat mata sejuk memandangnya. Apalagi kalau kamu ingin bersantai di pinggir Telaga ini sambil menikmati sunset. Banyak orang yang memanfaatkan kecantikan danau ini sebagai tempat untuk berfoto, atau sekedar duduk santai di pinggir danau sambil melihat orang-orang yang sibuk memancing, berenang, atau berperahu.

Kalau kamu membawa orang tua atau anak-anak, tak usah takut harus duduk di tanah, karena di sekitar danau tersedia bangku-bangku kecil yang bisa digunakan untuk beristirahat setelah berjalan-jalan di objek wisata Halmahera barat ini..

Pulau Kakara

Pulau Kakara

Waaah pasti kamu langsung berdecak kagum deh melihat foto di atas.

Ya, Pulau Kakara memang terkenal di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara karena laut yang bening, pasir putih, dan pemandangan yang breathtaking. Selain view-nya yang menawan, kamu juga bisa sekalian belajar tentang kebudayaan setempat sambil melihat konstruksi awal rumah adat Hibualamo yang merupakan simbol pemersatu masyarakat Halmahera Utara. Penduduk Kakara sendiri sangat terkenal sebagai penari Cakalele yang piawai.

Selain itu, banyak banget spot instagramable di sini. Apalagi kamu bisa memanfaatkan keindahan Gunung Dukono dari kejauhan sebagai latar belakang foto.

Kalau kamu ingin suasana yang sedikit sepi, sebaiknya hindari datang saat weekend, karena biasanya Pulau Kakara sedang ramai-ramainya dikunjungi wisatawan.

Pantai Kumo Tobelo

Pantai Kumo Tobelo

Pulau Kumo adalah salah satu objek wisata yang berada di wilayah Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara. Rasanya sudah tak perlu panjang lebar lagi ya penjelasan betapa indahnya tempat ini? Coba lihat saja foto di atas. Birunya langit berpadu dengan birunya air lautan. Kamu bisa mengambil foto di atas dek kayu yang terdapat di sana.  Pulau ini sering menjadi tempat wisata Halmahera selatan favorit karena aksesnya nggak terlalu jauh dari Tobelo.

Pulau Too

Pulau Too

Pulau Too yang berada di Halmahera Timur ini adalah salah satu tempat yang wajib banget kamu kunjungi kalau sedang berada di Maluku Utara.

Baca Juga: Wisata Tidore

Objek wisata seluas 3 hektar yang memiliki lapisan pasir putih halus dan gugusan terumbu karang  yang mengeliling pulau ini sangatlah tepat buat dijadilan tempat refreshing. Apalagi udara segar khas pantainya mampu membuat siapapun merasa bahagia dan semakin betah berlibur di sini, apalagi saat sedang bulan purnama, karena pemandangannya akan jauh lebih cantik.

Itu tadi 12 tempat wisata di Halmahera yang wajib jadi destinasi liburan kamu selanjutnya. Semoga COVID-19 segera berlalu ya, supaya kita bisa menjelajahi kecantikan alam Indonesia lagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *