Tempat Wisata Di Humbang Hasundutan Paling Menarik

Tempat Wisata Di Humbang Hasundutan

Ada sejumlah tempat wisata di Humbang Hasundutan yang keindahan alamnya kebangetan dapat sobat kunjungi bersama keluarga atau kerabat saat berlibur. Jika berkunjung ke daerah yang mempunyai motto Bona pasogit nauli ini, sobat bisa menemukan segudang tempat wisata alam dan tempat-tempat menarik untuk rekreasi.

Oleh karena itu, Humbang Hasundutan pun menjadi destinasi wisata yang bisa dikunjungi untuk mengisi hari libur. Bisa dibilang, tidak cukup sehari untuk menjelajah semua tempat wisata di sana.

Tempat Wisata Di Humbang Hasundutan

Berdiri di atas lahan seluas 2.335,33 km persegi, Humbang Hasundutan memiliki banyak wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Penasaran di mana saja tempat wisata di Humbang Hasundutan dengan pemandagan yang memanjakan sobat? Tenang saja, Republikwisata telah merangkum daftarnya di bawah ini.

Geosite Sipinsur

Geosite Sipinsur

Geosite Sipinsur merupakan salah satu wisata yang hits di Kabupaten Humbang Hasundutan, memiliki ketinggian 1.213 meter di atas permukaan laut dengan luas kurang lebih 2 hektare. Nama Sipinsur sendiri berhasal dari bahasa Batak “pinsur” yang berarti puncak.

Baca Juga: Wisata Asahan

Tempat wisata di Humbang Hasundutan ini menyuguhkan lanskap Danau Toba dari ketinggian yang menjadikannya tampak mempesona. Hamparan pemandangan Hutan Pinus yang hijau sangat memanjakan mata wisatawan yang datang. Spot ini menjadi surga tersendiri bagi para pecinta fotografi yang gemar berburu foto pemandangan.

Geosite Sipinsur berada di Parulohan, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Air Terjun Pollung

Air Terjun Pollung

Satu lagi wisata Humbang Hasundutan yang menarik yaitu Air Terjun Pollung. Wisata Air Terjun Pollung memiliki ketinggian sekitar 65 meter dan berbeda halnya dengan air-air terjun biasa, disini sobat akan melihat suasananya seperti pantai eksotis dengan latar hijau bak permadani.

Air Terjun Pollung berada di antara dua kecamatan yakni Pakkat dan Onan Ganjang. Letaknya tepat berada di perbatasan kedua kecamatan tersebut tepatnya di Desa Purba Baringin.

Air Terjun Janji

Air Terjun Janji

Air Terjun Janji merupakan destinasi wisata air terjun yang berada di Kabupaten Humbang Hasundutan. Curahan air dengan ketinggian sekitar 50 meter ini mengalir langsung ke Danau Toba.

Berada sangat dekat, wisatawan sekaligus mendapat panorama berhadapan langsung dengan danau vulkanis terbesar tersebut. Diikat sejarah masa lampau, nama air terjun ini berasal dari cerita yang mengikutinya.

Air Terjun Janji dikelola seadanya oleh Bohal Marbun, penerus keturunan Raja Marbun bersama keluarganya. Namun lokasinya tampak bersih dan terawat dengan jalan setapak dari semen yang dibangun sendiri. Mengunjungi destinasi ini, wisatawan dianjurkan untuk menjaga kebersihan dan tata kesopanan.

Wisatawan juga tidak dikenakan tarif khusus untuk menikmati keindahan alamnya. Hal tersebut merupakan wasiat ‘dari oppung ke oppung’.

Air Terjun Simolap

Air Terjun Simolap

Air Terjun Simolap terletak di kawasan wisata alam Simolap. Namun jika dilihat secara detail, air terjun yang satu ini berlokasi di Sibongkare, Tara Bintang, kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Disekitar Air Terjun Simolap masih asri dan belum banyak terjamah manusia. Lokasinya yang berada jauh di tengah-tengah hutan membuat air terjun ini memiliki suasana yang tentram dan damai, cocok bagi sobat yang memang ingin mencari ketenangan.

Air Terjun Simamora

Air Terjun Simamora

Salah satu Tempat Wisata di Humbang Hasundutan yang menarik untuk dikunjungi adalah Air Terjun Simamora. Air Terjun Simamora yang berlokasi di Simamora, Kecamatan Bakti raja, kabupaten Humbang Hasundutan ini bisa dibilang wisata air terjun yang masih perawan.

Saat berada disini sobat bisa menikmati keindahaan alam yang eksotis, berendam dan berenang akan menambah keseruaan ditemani gemuruh air yang mengalir tiada henti bak shower alam membuat liburan sobat semakin berharga.

Pemandian Aek Sitio-tio

Pemandian Aek Sitio-tio

Wisata Humbang Hasundutan selanjutnya yang tak kalah menarik adalah pemandian Aek Sitio-tio. Aek Sitio-Tio ini merupakan tempat pemandian alam yang dulunya berupa telaga kecil bersumber dari mata air “abadi”, yang dinaungi pohon besar sejenis beringin.

Aek Sitio-Tio berasal dari bahasa Batak, secara harfiah memiliki arti “jernih”. Imbuhan “si” menyatakan “yang”, sedangkan Aek merupakan salah satu kosa kata Batak, artinya air, jadi Sitio Tio berarti “Air Yang Jernih”. Memang objek wisata ini jernih adanya.

Aktivitas yang bisa sobat lakukan saat berada di pemandian Aek Sitio-tio tidak lain adalah berendam di air jernih dan mengambil foto bawah air. Aek Sitio-tio berada di Desa Siunong-unong Julu, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Istana Sisingamangaraja

Istana Sisingamangaraja

Destinasi wisata Humbang Hasundutan yang tidak boleh dilewatkan selanjutnya adalah wisata Istana Sisingamangaraja yang terletak di Simamora, Kecamatan Bakti Raja, kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Istana ini sebenarnya hanya sebuah replika, sebab istana yang asli dulunya dibakar oleh Belanda., meskipun demikian tetap saja indah dan memukau.  Berkunjung ke tempat ini seolah memberikan atmosfer tersendiri agar terus mempelajari sejarah dengan lebih baik.

Aek Sipangolu

Aek Sipangolu

Aek Sipangolu berada di Simangulampe, Kec. Bakti Raja, Kab. Humbang Hasundutan, memilki mata air yang mengalir deras dan bermuara ke Danau Toba dilengkapi dengan pancuran. Di pancuran tersebut, sobat bisa mandi atau sekedar meminum air yang menyegarkan karena langsung dari mata air, tentu aman untuk diminum.

Konon, yang diyakini sebagai air suci dan dipercaya bisa menyembuhkan penyakit. Banyak pengunjung datang ke air terjun ini dengan harapan penyakit yang dideritanya bisa sembuh dan tak sedikit pula orang yang membawa pulang air dari sana.

Pulau Simamora

Pulau Simamora

Pulau Simamora bisa jadi salah satu destinasi wisata Sumatera Utara yang memiliki pemandangan matahari terbit di Humbang Hasundutan. Pulau dengan panorama alam yang indah nan romantis ini jika dilihat dari kejauhan mirip bentuk kura-kura raksasa sedang mengapung di Danau Toba.

Di puncak pulau, terdapat dataran yang memungkinkan untuk dijadikan camping ground. Sudah terbayang bagaimana sensasi menikmati malam di sana. Jauh dari suara kendaraan, hanya deburan ombak dan nyanyian serangga. Pulau kecil ini berada di Desa Tipang, Bukit Raja, Humbang Hasundutan.

Lembah Bakkara (Bukit Bakara)

Lembah Bakkara

Destinasi wisata lain yang layak untuk dijelajahi di Humbang Hasundutan adalah Lembah Bakkara atau Bukit Bakara. Bakakra berada di sebelah Barat Daya Danau Toba dan merupakan sebuah lembah yang diapit dua bukit.

Lembah Bakkara yang berada di Desa Bakarra, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan ini tak hanya sekadar lembah biasa, karena juga merupakan tanah kelahiran Sisingamangaraja yang memiliki nilai sejarah dan budaya.

Perjalanan menuju Bakkara akan sangat menyenangkan. Di kanan-kiri jalanan yang berliku, terdapat tebing menjulang tinggi, tetapi di sisi lainnya akan nampak pemandangan hamparan sawah yang tampak menyegarkan mata dan megahnya Danau Toba dari kejauhan.

Tombak Sulu-sulu

Tombak Sulu-sulu

Saat berkunjung ke Humbang Hasundutan jangan lewatkan untuk mengunjungi wisata sejarah Tombak Sulu-sulu. Tombak Sulu-sulu merupakan tempat kelahiran Manghuntal, yang kemudian menjadi Raja Sisingamangaraja I. Dalam bahasa Batak, Tombak Sulu-sulu artinya hutan belantara yang memancarkan cahaya.

Pada dasarnya, Tombak Sulu-sulu yang berada di Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, ini adalah sebuah gua yang dikelilingii perbukitan serta memiliki pemandangan ke Danau Toba.

Baca Juga: Wisata Deli Serdang

Untuk memasuki gua ini, ada beberapa aturan yang wajib dipatuhi. Misalnya, berbicara kotor, melakukan ritual maranggir dan wanita yang sedang haid dilarang masuk. Pengunjung pun dilarang membawa makanan yang dianggap haram ke dalam gua.

Danau Si Losung Dan Sipinggang

Danau Si Losung Dan Sipinggang

Tidak banyak yang tau jika Humbang Hasundutan mempunyai tempat wisata alam tersembunyi. Danau yang masing-masing memiliki luas sekitar 2 hektar ini berlokasi di desa berbeda, Tao Si Losung di Desa Silaban sedangkan Tao Si Pinggan berada di Desa Pargaulan. Namun, kedua tempat wisata Humbahas ini terletak di wilayah administratif Kecamatan Lintong Nihuta, Sumatera Utara.

Itulah pesona tempat wisata di Humbang Hasundutan, Sumatra Utara yang bisa masuk dalam bucket list liburanmu selanjutnya.

Tanggapan

5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Pos terkait