Tempat Wisata Di Idi Rayeuk

19 Tempat Wisata Di Idi Rayeuk Aceh Timur

Posted on

Idi Rayeuk adalah ibukota kabupaten dari Aceh Timur dan di kota ini menyimpan potensi wisata yang begitu banyak. Didominasi dengan wisata pantai dan keindahan alam membuat siapa saja ingin berkunjung.

Beruntungnya banyak lokasi menarik tersebut letaknya tak begitu jauh dari pusat kota. Dengan demikian dalam satu waktu akan ada beberapa obej wisata dilahap sekaligus. Dan berikut tempat wisata di Idi Rayeuk Aceh Timur yang harus dikunjungi.

Tempat Wisata Di Idi Rayeuk

Pantai Keutapang Mameh

Pantai Keutapang Mameh

Pantai yang satu ini pada akhir pekan selalu penuh dengan warga yang tengah berlibur. Maklum saja destinasi ini letaknya tak begitu jauh dari pusat kota Idi Rayuek.

Baca Juga: Wisata Lhoksukon

Persisnya ada di Desa Keutapang Mameh, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur. Berbagai aktivitas bisa dilakukan di pantai ini dan menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi.

Fasilitas yang ada juga sangat baik karena berbagai sarana dan prasarana telah tersedia. Khususnya bagi kamu yang tiba-tiba lapar dan ingin mengisi perut.

Pantai Kuala Geulumpang

Pantai Kuala Geulumpang

Pada urutan pertama terdapat Pantai Kuala Geulumpung yang menjadi favorit warga Aceh Timur. Pantai ini miliki pasir putih yang begitu luas, membebaskan siapa saja untuk bebas berekspresi.

Di pantai ini selain ada pasir putih juga miliki pemandangan yang jauh diatas rata-rata. Selain itu ada juga cekungan dan pulau-pulau kecil yang tak kalah cantik.

Letak pantai ini tak jauh dari pusat kota Aceh Timur dan persisnya ada di Desa Kuala Geulumpang Kecamatan Julok Kabupaten Aceh Timur.

Pantai Kuala Peudawa

Pantai Kuala Peudawa

Masih tak begitu jauh dari pusat kota terdapat pantai Kuala Peudawa. Dengan jarak hanya 6 kilometer pastinya pantai ini mudah dijangkau atau persisnya ada di Kampung Kuala, Kecamatan Peudawa, Kabupaten Aceh Timur.

Berada di lokasi yang sangat strategis membuat pantai ini selalu penuh ramai. Khususnya pada akhir pekan dan hari libur dimana jumlah pengunjung akan alami peningkatan.

Pantai ini miliki pemandangan yang khas karena miliki pohon kelapa yang bikin pemandangan makin cantik. Di tempat ini pun ada banyak pedagang yang siap manjakan lidah bagi para pengunjung.

Air Terjun Paya Bili

Air Terjun Paya Bili

Ingin bermain air tapi tak mau merasakan asin maka cobalah ke air terjun Paya Bili. Air terjun dengan ketinggian 15 meter dan waduk yang cukup luas ini bisa menjadi pilihan terbaik.

Letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota dan bisa dijangkau dalam waktu lebih kurang setengah jam. Perjalanan pun tak akan terasa membosankan karena alam begitu indah senantiasa menyapa. Air Terjun Paya Bili berada di Desa Paya Bili, Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur.

Air Terjun Weh Hilang

Air Terjun Weh Hilang

Untuk menuju air terjun ini maka harus ada upaya untuk berjalan kaki karena memang lokasinya agak di dalam hutan. Namun jangan khawatir sepanjang perjalanan akan ditemukan keindahan hutan yang akan membuat siapa saja lupa akan lelah,

Jangan lupa untuk gunakan bila kurang pede gunakan jasa masyarakat setempat untuk mendapat petunjuk. Air terjun setinggi belasan meter ini ada di Desa Terujak, Kecamatan Serba Jadi, Kabupaten Aceh Timur. Di air terjun ini pun kamu bisa berenang dan berlama-lama untuk mengembalikan kesegaran tubuh.

Air Terjun Terujak

Air Terjun Terujak

Tak jauh dari Air Terjun Weh Hilang masih ada air terjun lain yang siap menanti. Masih di desa yang sama, air terjun ini lebih dikenal dengan nama Air Terjun Terujak sesuai dengan desa dimana tempat wisata Aceh ini berada.

Desa Terujak, Kecamatan Serbajadi bisa dibilang surganya air terjun. Khusus di air terjun Terujak ini juga terdapat kolam pemandian air panas yang berasal dari belerang dan oleh sebagian warga digunakan untuk obati penyakit kulit.

Pantai Matang Rayeuk Seuneubok Meuku

Pantai Matang Rayeuk Seuneubok Meuku

Nama yang cukup panjang bukan, sama panjangnya perjalanan yang harus ditempuh dari kota Idi Rayeuk. Memiliki jarak lebih kurang 59 kilometer ada baiknya bila ingin datang menggunakan roda 4.

Saat ini di pantai ini pengunjung bisa melihat aktivitas nelayan. Selain itu pastinya bisa bercengkrama dengan mereka usai melaut. Pantai Matang Rayeuk Seuneubok Meuku ini ada di Desa Matang Rayeuk, Kecamatan Peudawa, Kabupaten Aceh Timur.

Pantai Alur Dua Muka

Pantai Alur Dua Muka

Tak jauh dari pusat kota Idi Rayeuk terdapat pantai favorit warga. Namanya begitu unik yakni Pantai Alur Dua Muka dan hingga saat ini belum terjawab asal muasal nama pantai ini.

Namun demikian tidak perlu dipusingkan perihal asal usul nama Pantai Alur Dua Muka. Paling penting kamu akan mendapat suguhan pantai alami dengan pesona luar biasa.

Pantai Kuala Simpang Ulim

Pantai Kuala Simpang Ulim

Pantai yang satu ini juga banyak dituju karena miliki pulau kecil di tengah Kuala. Satu pengalaman yang berbeda pastinya berada di pulau tanpa kebisingan.

Ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini. Kalau kamu datang bersama yang lain dan dalam jumlah banyak bisa main bola. Namun bila ingin lebih santai cukup jalan-jalan menyusuri bibir pantai saja.

Pantai Idi Cut

Pantai Idi Cut

Pantai ini pun menjadi salah satu favorit bagi warga Aceh Timur dimana lokasinya tidak begitu jauh. Hanya berjarak 3 kilometer dari pusat kota dan sangat mudah dijangkau.

Pantai yang indah dengan pasir putih dan area yang bersih dari sampah menjadi daya tarik utama. Banyak wisatawan yang sengaja datang untuk bersantai dan menghabiskan waktu dengan keluarga

Wisata Alam Bunin

Wisata Alam Bunin

Tak salah bila ada yang mengatakan wisata alam Bunin adalah salah satu mutiara tersembunyi di Aceh Timur. Lokasinya ada di kaki Taman Nasional Gunung Leuser.

Semua masih alami karena memang masih jarang ada wisatawan yang berkunjung. Mereka yang datang biasanya adalah para peneliti atau pemerhati satwa.

Di tempat ini juga terdapat Conservation Response Unit atau CRU untuk Gajah Sumatera. Berkemah di Desa Bunin, Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur tentu akan beri pengalaman tak terlupakan.

Air Terjun Alue Nyamuk

Nama yang unik tapi tempat ini memang benar-benar unik dan harus dikunjungi. Air terjun di aceh tetap tawarkan keindahan alam dan nuansa alami tak terkecuali air terjun Alue Nyamuk.

Air terjun ini terdapat di Desa Alue Nyamuk, Kecamatan Birem Bayeu, Kabupaten Aceh Timur. Cukup jauh dari pusat kota tapi setimpal dengan keindahan yang ada hingga harus dimasukkan dalam list kunjungan saat berada di Aceh Timur.

Pantai Kuala Beukah

Pantai Kuala Beukah

Masih berada di lokasi yang lumayan jauh terdapat Pantai Kuala Beukah yang mempesona. Destinasi ini berada di Desa Paya Lipah, Kecamatan Peureulak, Kabupaten Aceh Timur. Jarak yang harus ditempuh lebih kurang 44 kilometer.

Pantai yang masih perawan dengan bibir pantai luas dan panjang menjadi daya tarik tersendiri. Berbagai kegiatan pun bisa dilakukan mulai dari berenang, memancing hingga main bola pun bisa dilakukan.

Angin yang tidak terlalu kuat tapi cukup terasa membuat siapa saja betah berlama-lama. Pasir di pantai ini pun bukan berwarna putih melainkan kecoklatan sehingga pastinya ada kesan berbeda dimana pasir pantai di Aceh didominasi pasir putih.

Masjid Agung Darussalihin

Masjid Agung Darussalihin

Masjid yang satu ini terlihat begitu megah dan mengundang siapa saja yang berkunjung ke Aceh Timur untuk menyempatkan diri beribadah. Masjid yang ada di Kampung Jawa, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur ini memiliki arsitektur gaya Turki dan Arab yang begitu kental.

Indah tak ubahnya Taj Mahal yang ada di India. Hanya saja bila Taj Mahal miliki 4 menara tapi Masjid Agung Darus Shalihin tidak miliki menara. Masjid ini juga miliki taman yang sering digunakan pengunjung untuk mengabadikan momen kalau mereka sedang ada di masjid yang ada di jalan Medan – Banda Aceh ini.

Makam Puteri Nurul A’la

Makam Puteri Nurul A’la

Aceh Timur tak hanya miliki alam yang cantik dan indah. Tapi mereka juga miliki destinasi wisata religi dan budaya yang bisa dikunjungi.

Di Desa Seumanah Jaya, Kecamatan Rantau Peureulak terdapat makan Putri Nurul A’la yang tak lain adalah putri Sultan Perlak ke-11. Ia tak hanya terkenal sebagai perdana menteri semata, lebih dari itu juga adalah seorang panglima perang yang disegani.

Vihara Murni Sakti

Vihara Murni Sakti

Toleransi beragama di Aceh ternyata sangat baik sejak zaman dulu. Hal ini dibuktikan dengan adanya Vihara Murni Sakti atau Tepekong Chin Sui Co Su.

Rumah ibadah ini menjadi salah satu yang tertua karena telah ada sejak 1880. Dibangun pada masa Kerajaan Idi yang kala itu dipimpin Tuanku Chik Bin Guci. Vihara ini ada di Desa Jawa, Kecamatan Idi Rayeuk diperuntukkan bagi mereka warga Tiongkok yang menetap.

Situs Kerajaan Peureulak

Situs Kerajaan Peureulak

Tempat wisata Di Aceh Timur ini pada zaman dulu berdiri kerajaan islam yang bernama Kesultanan Peureulak. Dan kini untuk melihat kejayaan mereka bisa dilihat melalui MONISA (Monumen Islam Asia Tenggara).

Kerajaan Islam Peureulak ini menjadi salah satu kerajaan islam pertama di Asia Tenggara karena berdiri pada 840 Masehi. Dan raja pertama yang memerintah adalah Sultan Akaidin Syared Maulana Abdul AzisSyah.

Selain MONISA di tempat ini juga akan ditemukan makam raja dan masjid. Lokasinya berada di Desa Paya, Kecamatan Peurelak, Kabupaten Aceh Timur.

Cafe Terapung Meunasah Teungoh

Cafe Terapung Meunasah Teungoh

Saat di Aceh Timur tepatnya di Nurussalam maka ada baiknya berkunjung ke Cafe Terapung Meunasah Teungoh. Cafe ini menjadi surga bagi mereka yang ingin memanjakan lidah khususnya untuk menikmati Mie Aceh yang kaya akan bumbu rempah.

Menu ini adalah perpaduan dari berbagai budaya mulai dari India, China, Arab, Spanyol hingga Belanda. Wajar kemudian hasilkan citarasa yang begitu khas dan identik Aceh banget.

Cafe Terapung ini bukan hanya sajikan menu lezat tapi juga pemandangan yang memukau. Sembari menikmati kuliner bisa melihat keindahan hutan Bakau.

Pantai Kuala Parek

Pantai Kuala Parek

Pantai Kuala Parek yang ada di Desa Kuala Parek, Kecamatan Sungai Raya ini justru indah karena gugusan batu karang yang terlihat begitu kokoh. Meski banyak karang pantai ini tidak miliki ombak besar.

Baca Juga: Wisata Bireuen

Berbagai kegiatan yang bisa dilakukan mulai dari berburu kerang hingga bermain air. Terlebih pada bibir pantai masih terdapat pasir putih membuat pantai ini kian cantik.

Sangat sayang pastinya bila berkunjung ke Aceh Timur untuk melewatkan belasan destinasi menarik diatas. Bila harus mulai dari mana maka jawaban terbaik tentu saja mulai dari pusat kota dan berangsur ke pinggir.

Jangan lupa saat liburan disarankan untuk mengajak yang lain. Jangan hanya sendirian karena mayoritas masih berupa alam liar yang butuh perhatian khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *