Tempat Wisata di Indramayu

20 Tempat Wisata di Indramayu yang Paling Hits & Terpopuler

Posted on

Siapa sih yang tidak kenal dengan kota Indramayu? Walaupun banyak orang mengenal Indramayu sebagai penghasil buah mangga, tapi ternyata Indramayu juga memiliki banyak tempat wisata di Indramayu yang indah dan mempesona lho.

Daftar Tempat Wisata di Indramayu

Penasaran, mana saja objek wisata yang bisa jadi tujuan kamu berlibur? Yuk sama-sama kita simak daftar 20 Tempat Wisata di Indramayu yang Paling Hits berikut ini.

Hutan Mangrove Karangsong

Hutan Mangrove Karangsong

Di Indramayu, ada sebuh hutan mangrove yang sangat terkenal, yaitu hutan mangrove Karangsong. Dengan luas area 25 hektar, dijamin deh pasti kamu tidak akan bosan-bosan mengelilingi hutan in. Apalagi, di sini juga banyak spot-spot foto yang menarik.

Baca Juga: Wisata Garut

Wisata Indramayu yang satu ini memang beda dengan yang lainnya. Kamu bisa menikmati pemandangan jembatan yang ada di antara pohon bakau sekalian belajar mengenali berbagai spesies bakau yang tumbuh di sana. Cocok deh buat tempat bersantai sambil mengambil foto-foto cantik.

Pantai Glayem

Pantai Glayem

Tempat wisata di indramayu selanjutnya yang akan kita bahas adalah pantai Glayem. Indramayu memang terkenal dengan pantainya yang indah-indah, dan Glayem adalah salah satunya.

Konon, ada sebuah mitos bahwa bila nelayan singgah di pantai Glayem ini, maka hasil tangkapan ikannya bisa jauh lebih laku saat dijual. Benar atau tidaknya, tak ada yang tahu. Tapi yang jelas, Pantai Glayem ini memang sangat indah dan jadi salah satu tempat favorit warga Indramayu saat sedang ingin melepas lelah.

Kalau kamu ingin mengunjungi pantai Glayem, objek wisata di indramayu ini letaknya berada di kecamatan Juntinyuat, Indramayu. Kira-kira sekitar 15 km dari pusat kota.

Pantai Dadap

Pantai Dadap

Pantai lainnya yang juga bisa kamu kunjungi adalah Pantai Dadap. Pantai ini indah sekali, jadi tak heran kalau banyak wisatawan berbondong-bondong datang ke sini untuk menikmati hawa pantai.

Banyak fotografer pemula yang sedang belajar fotografi juga memanfaatkan pantai ini untuk mengambil gambar-gambar indah, terutama saat sunset. Asyiknya lagi, harga tiket masuk ke pantai ini murah sekali lho, hanya Rp 2000 per orang. Makanya tidak heran kalau banyak pengunjung berdatangan setiap harinya.

Walaupun begitu, fasilitas di pantai Dadap ini memang belum selengkap pantai lainnya. Tapi, dengan kecantikan pemandangan seperti ini, siapa pun pasti akan betah berlama-lama ya!

Situs Buyut Banjar

Situs Buyut Banjar

Seperti di banyak daerah lainnya di Indonesia, Indramayu juga memiliki satu tempat wisata bersejarah, yaitu Situs Buyut Banjar. Banyak warga lokal berkunjung ke situs ini untuk berziarah ke makam Pangeran Surya Negara. Di sini juga ada banyak monyet, yang konon merupakan prajurit dari Kerajaan Kerang Kendal yang dikutuk. Hmmm…benar tidak ya?

Terlepas dari benar tidaknya mitos tersebut, yang jelas situs Buyut Banjar ini memang cocok untuk dijadikan tempat wisata Jawa Barat sekaligus tempat edukasi sejarah. Apalagi kalau kamu memang tertarik pada sejarah Indonesia.

Selain itu, pemandangan alamnya juga masih asri dan menyegarkan. Kamu bisa menemukan banyak sekali pepohonan yang rindang di sana. Jalan di sekitar situs Buyut Banjar ini pun terbilang mulus dan terawat, sehingga saat hujan tidak akan becek dan licin.

Situ Bolang

Situ Bolang

Nah, bagi kamu yang ingin mengunjungi tempat bernuansa air dan penuh ketenangan, maka wajib nih untuk datang ke Situ Bolang. Salah satu tempat wisata di Indramayu ini adalah sebuah danau luas yang memiliki air sangat jernih dan udara sejuk di sekitarnya.

Seberapa luasnya sih danau ini? 74 hektar. Luas sekali kan? Kamu bisa berkunjung untuk sekadar berfoto-foto, atau sambil piknik di pinggir danau. Hawanya yang sejuk memang bisa membantu menenangkan pikiran agar terhindar dari penatnya otak akibat kesibukan sehari-hari.

Di pinggir danau juga terdapat pesawahan yang menambah asrinya pemandangan. Pokoknya, ini tempat pasti bikin kamu enggan pulang ke rumah. Kamu bisa mengunjungi Situ yang terletak di Desa Jatisura ini sendirian atau bersama teman-teman. Pasti akan menyenangkan deh.

Pantai Tirtamaya Indramayu

Pantai Tirtamaya Indramayu

Masih belum bosan kan bermain ke pantai? Bagus. Karena ada satu pantai lagi yang wajib kamu kunjungi kalau berada di Indramayu, yaitu pantai Tirtamaya.

Pantai ini bisa dibilang surganya para fotografer. Saat menjelang sunset, kamu bisa melihat banyak orang yang sudah menunggu momen tersebuut lengkap dengan kameranya masing-masing. Seperti bisa terlihat di foto di atas, memang indah sekali ya view-nya.

Makanya, tak heran kalau banyak warga Indramayu sendiri atau turis asing yang menyengaja datang ke Pantai Tirtamaya beberapa saat menjelang sunset, agar bisa mengabadikan indahnya matahari terbenam. Yang lebih asyik lagi, lokasinya cukup dekat dengan pusat kota, sehingga mudah dijangkau siapa pun.

Pantai Balongan Indah

Pantai Balongan Indah

Indramayu memiliki sebuah pantai berpasir hitam yang sangat indah dan terlihat eksotis, namanya adalah Pantai Balongan Indah. Sesuai ya, dengan namanya?

Kamu bisa bermain air di pinggir pantai tanpa alas kaki, sambil menikmati lembutnya pasir pantai di telapak kaki. Oh iya, konon pasir pantai baik lho untuk menjaga kesehatan kulit. Makanya, saat nanti kamu berkunjung ke tempat wisata di indramayu yang terletak di jalan raya Balongan ini, jangan lupa jalan di pantai sambil bertelanjang kaki ya.

Selain itu, pantai ini juga cocok sekali buat kamu yang ingin melakukan sesi foto pre-wedding, karena ada banyak spot yang bisa kamu pilih. Mulai dari pinggir pantai, latar belakang laut saat ombak bergulung, atau saat sunset tiba.

Pantai Tanah Merah Eretan

Pantai Tanah Merah Eretan

Tahukah kamu bahwa di Indramayu ada sebuah pantai memiliki tanah berwarna sedikit kemerahan? Ya, inilah pantai yang bernama Pantai Tanah merah Eretan.

Tidak hanya itu saja keunikannya. Tetapi, pantai ini juga menawarkan sejuta pesona yang pasti membuat kamu betah bersantai di sini.

Kamu bisa menikmati sunset sambil mendengarkan cuitan burung camar dan deburan ombak laut. Duh, rasanya benar-benar rileks. Semua beban pikiran dan stres pun hilang dalam sekejap.

Pulau Biawak Indramayu

Pulau Biawak Indramayu

Indramayu juga memiliki sebuah objek wisata unik lainnya, namanya adalah Pulau Biawak Indramayu.

Ini adalah pulau yang selain indah, juga memiliki kisah sejarahnya. Jadi, seperti bisa kamu lihat di foto ini, ada sebuah mercusuar yang terdapat di pulau Biawak Indramayu. Nah, mercusuar ini dibangun pada tahun 1872 oleh ZN. Willem. Sudah lama sekali ya? Meskipun begitu, mercusuar ini tetap kokoh. Biasanya, mercusuar ini juga dijadikan sebagai tempat untuk foto-foto.

Selain itu, Pulau Biawak juga terkenal dengan taman lautnya yang luar biasa indah. Makanya tak heran kalau salah satu kegiatan favorit para wisatawan saat berada di pulau ini adalah Snorkeling. Banyak juga orang yang menghabiskan waktu di sini dengan memancing atau sekadar berjalan-jalan mengitari pulau.

Pantai Tebing Patrol

Pantai Tebing Patrol

Desa Patrol Lor di Indramayu terkenal dengan produksi bawang merahnya. Tetapi selain itu, Patrol Lor juga terkenal dengan pantai indahnya, yang bernama Pantai Tebing Patrol.

Kalau kamu mengendarai mobil atau motor sekitar 1,5 jam dari arah kota Indramayu, kamu akan bertemu dengan Pantai Tebing Patrol.

Pemandangannya? Wah, jangan ditanya deh. Indah sekali. Apalagi sepanjang perjalanan ke pantai, kamu juga akan bertemu dengan hamparan kebun-kebun bawang merah. Di pantai Tebing Patrol ini, sesuai dengan namanya, kamu akan menemukan banyak tebing-tebing. Uniknya, tebing ini bukan berasal dari bebatuan, melainkan dari tanah yang terkena abrasi, lalu secara alami terbentuklah tebing-tebing tadi.

Pantai Cibugel

Pantai Cibugel

Jangan heran kalau di pembahasan Indramayu wisata alam ini kamu akan menemukan banyak objek wisata pantai. Ya, karena itulah salah satu daya tarik wisata di Indramayu. Pantainya.

Pantai yang satu ini juga tak kalah cantiknya, yaitu Pantai Cibugel yang terletak di Sukahaji Indramayu Jawa Barat.

Kalau kamu hobi memotret, pasti pantai Cibugel ini akan jadi salah satu destinasi utama liburan kamu. Di pinggir-pinggi pantai, banyak terdapat bebatuan besar untuk menghindari abrasi. Meskipun begitu, pemandangan alamnya tetap indah dan tak kalah dengan pantai lainnya.

Kamu bisa lihat di gambar ini, warna kontras antara birunya langit dan air laut menjadi pesona tersendiri yang menarik perhatian para pengunjung pantai.

Pantai Solikin

Pantai Solikin

Pantai Solikin adalah tujuan wisata kita berikutnya. Pantai yang erbatasan langsung dengan desa Eretan Wetan dan desa Ilir Kandanghaur ini memang sangat cantik dipandang. Tak heran, banyak orang yang menyengaja pergi ke pantai ini walaupun di tengah-tengah kesibukan beraktivitas.

Kamu bisa lihat sendiri kan, indah sekali suasana saat sunset di pantai Solikin ini. Selain itu, di pinggir pantai juga terdapat banyak tanaman mangrove yang ditanam oleh penduduk di sekitar pantai. Meskipun begitu, sayangnya jalur ke pantai ini hanya bisa diakses oleh kendaraan roda dua alias motor saja.

Taman Cimanuk

Taman Cimanuk

Nah, sekarang kita akan beralih berjalan-jalan ke objek wisata di pusat kota Indramayu, yaitu Taman Cimanuk.

Ingin mencari spot foto-foto yang asri dan indah tanpa harus jauh-jauh ke pesisir kota Indramayu? Taman Cimanuklah tempatnya.

Taman ini sudah menjadi salah satu ikon terkenal kota Indramayu. Kamu bisa menemukannya dengan mudah, karena sangat gampang mencarinya. Letaknya ada di pinggiran bantaran Sungai Cimanuk, tepatnya di belakang Masjid Agung Indramayu.

Di taman ini, kamu bisa menemukan banyak sekali spot menarik yang instagramable banget, contohnya seperti foto di atas.

Waduk Cipancuh

Waduk Cipancuh

Fungsi utama sebuah waduk memang sebagai sumber air untuk kebutuhan warganya, termasuk untuk irigasi pertanian. Tapi di Waduk Cipancuh, kamu juga bisa menikmati suasana dan pemandangan indahnya.

Warga sekita bahkan menjadikan waduk Cipancuh ini sebagai lokasi JJS alias Jalan-jalan Sore setiap harinya. Apalagi di sekitar waduk juga terdapat hamparan sawah yang terlihat sangat cantik.

Makanya nggak heran, banyak anak muda yang menunggu waktu sunset di pinggir waduk ini sambil foto-foto atau sekadar menikmati camilan ringan. Waduk Cipancuh ini benar-benar sebuah objek wisata yang murah meriah! Apalagi ditambah dengan latar belakang waduk ini yang merupakan latar belakang Gunung Tampomas dan Pegunungan Tangkuban Parahu – Burangrang. Wajar ya, kalau Waduk Cipancuh jadi destinasi wisata favorit warga Indramayu.

Pantai Limbangan

Pantai Limbangan

Nah, setelah tadi kita sempat berjalan-jalan ke wisata non-pantai, sekarang kita kembali lagi menjelajahi pantai yang ada di Indramayu, yaitu Pantai Limbangan.

Pantai yang banyak terdapat bebatuan ini memang objek wisata favorit banyak anak muda. Coba saja lihat betapa menawannya foto di atas, dengan latar belakang laut yang jernih berwarna kebiruan.

Kalau kamu termasuk “beach hunter”, maka Pantai Limbangan ini pantang kamu lewatkan!

Jembatan Terusan Indramayu

Jembatan Terusan Indramayu

Saat kamu memasuk Indramayu, kamu akan disambut oleh sebuah jembatan besar berwarna kuning yang terlihat amat megah.

Inilah objek wisata yang bernama Jembatan Terusan Indramayu.

Jembatan dengan panjang 153 meter dan lebar 7 meter ini memang merupakan salah satu ikon kota Indramayu. Jadi tak heran, kalau jembatan ini menjadi tujuan wisata banyak orang. Masyarakat sekitar dan juga turis pendatang sering berfoto di sini

Jembatan yang sempat dipugar beberapa tahun yang lalu ini sekarang tampil semakin cantik dan terlihat kokoh. Nah, jika kamu berkunjung ke Indramayu, jangan lupa berfoto-foto di sini juga ya!

Taman Rusa Bumi Patra

Taman Rusa Bumi Patra

Kamu tahu tidak kalau di Indramayu terdapat tempat penangkaran Rusa? Ya, namanya adalah Wisata Taman Rusa Bumi Putra.

Tempat wisata yang terletak di Desa Pekandangan Kecamatan Indramayu ini terbuka untuk umum, dan tidak dipungut biaya masuk lho, alias gratis. Tempat ini memang sengaja dibangun untuk melestarikan rusa dan juga sebagai sarana edukasi hewan langka ini bagi masyarakat sekitar.

Di sini, kamu bisa melihat grazing area dengan banyak pepohonan tempat rusa-rusa bisa beraktivitas.

Rangdu Gede

Rangdu Gede

Jika kamu berkunjung ke Indramayu, jangan lupa melihat satu pohon legendaris yang ada di sana, namanya adalah Rangdu Gede.

Pohon yang berada di jl. Letnan Sutejo, Margadadi, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu, Jawa Barat ini memang sangat terkenal, terutama karena kisah mistisnya. Bukan tanpa alasan memang, karena pohon dengan diameter 20 meter dan tinggi 100 meter ini terihat sangat perkasa dan memberikan aura mistis.

Waterboom Bojongsari

Waterboom Bojongsari

Kamu suka dengan wahana permainan air? Kalau begitu, jangan lupa kunjungi Waterboom Bojongsari ya saat ke Indramayu.

Tempat ini benar-benar bisa jadi tujuan wisata sempurna untuk keluarga, apalagi yang memiliki anak-anak kecil. Dengan beragam permainan yang ada, dipastikan semua anggota keluarga akan bisa menikmati wahana yang ada di Waterboom Bojongsari Indramayu ini.

Selain itu, fasilitasnya pun sangat lengkap. Mulai dari Toilet, tempat makan, musholla, dan lainnya. Harga masuknya pun sangat terjangkau. Sehingga bila kamu datang membawa rombongan besar, biaya yang dikeluarkan pun tak akan banyak.

Beberapa wahana air yang ada di sini di antaranya adalah Ember tumpah, kolam arus slider, Waterboom, Bungee Trampoline, dan ATV Racing. Kamu juga bisa asyik berkaraoke bersama keluarga di sini. Seru kan? Pokoknya kamu tidak akan bosan deh menghabiskan liburan di Waterboom Bojongsari.

Alun-alun Indramayu

Alun-alun Indramayu

Nah, kalau kamu sedang berlibur di Indramayu, tempat yang satu ini pasti akan jadi salah satu tujuan berfoto-foto ria deh. Memang, rasanya tak afdol kalau berkunjung ke Indramayu dan tak berfoto di Alun-alun Indramayu.

Baca Juga: Wisata Karawang

Selain jadi spot foto, alun-alun Indramayu juga sering dijadikan salah satu tujuan bersepeda di hari Minggu pagi atau sore. Suasananya menyenangkan memang. Jadi, next time kamu ke Indramayu, jangan lupa ambil foto di sini ya!

Gimana, penjelasan lengkap tentang 20 Tempat Wisata di Indarmayu tadi? Semoga bisa memberikan kamu ide tempat berlibur saat di Indramayu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *