Tempat Wisata Di Intan Jaya

6 Tempat Wisata Di Intan Jaya Bertema Alam dan Kebudayaan

Posted on

Tempat Wisata Di Intan Jaya – Traveler, ada rencana untuk menjelajahi tanah Papua, kepulauan di ujung timur Indonesia tersebut? Kalau ada, sebaiknya kamu jangan lewatkan untuk berkunjung ke Intan Jaya ya! Sebuah Kabupaten yang menyimpan beragam pesona tempat wisata di Papua.

Tempat Wisata di Intan Jaya

Ibukota Intan Jaya adalah Sugapa, distrik yang unik sebab dikelilingi oleh pegunungan diantaranya Gunung Bula Pigu, Jogo Pigu dan juga Mblu-bulu Pigu. Oleh sebab itulah, Sugapa sangat populer karena memiliki udara yang bersih, keindahan alamnya pun masih terjaga.

Namun, untuk karena lokasinya yang unik juga Sugapa hanya dapat diakses lewat jalur udara loh traveler. Biarpun begitu, jangan memudarkan niatmu untuk datang ke sini ya! Sebab ada banyak sekali tempat wisata di Intan Jaya Sugapa yang bertemakan alam dan wajib banget kamu kunjungi!

Puncak Carstensz / Puncak Jaya

Puncak Carstensz

Tau nggak sih, walaupun Indonesia adalah negara tropis namu ada satu lokasi yang memiliki salju. Unik kan? Dan lokasi tersebut adalah Puncak Carstensz, puncak tertinggi di Indonesia. Untuk para pendaki yang sudah pro pasti sangat tergoda untuk menaklukan puncaknya, betul tidak?

Baca Juga: Wisata Dogiyai

Bahkan puncak Carstensz masuk dalam 7 puncak tertinggi di Dunia yang mencapai ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut. Serta yang tertinggi diantara lempeng benua Australia-Oceania.

Di sekitar puncaknya terdapat salju yang menyelimuti daerah pegunungan. Konon, salju tersebut merupakan salju abadi yang tak akan pernah meleleh biarpun terjadi perubahan musim. Saljunya pun sudah ada sejak zaman purba.

Masyarakat Indonesia sendiri lebih mengenal nama puncak ini dengan sebutan Puncak Jaya. Kalau nama Carstensz memang berasal dari seorang penjelajah asal Belanda yaitu Jan Carstenszoon, ia menemukan gletser pada tahun 1623 di puncak Jaya.

Tak hanya pendaki asal Indonesia saja yang merasa tertantang untuk bisa sampai puncak. Pendaki asal luar negeri dari berbagai belahan dunia pun sengaja datang ke Indonesia hanya untuk menaklukan Puncak Jaya.

Desa Menuju Puncak Carstensz

Desa Menuju Puncak Carstensz

Wisata Intan Jaya selanjutnya akan kamu lalui sebelum sampai di Kawasan pegunungan Carstensz yakni sebuah pedesaan yang dihuni masyarakat setempat. Untuk menuju lokasi pegunungan kamu bisa melalui jalur udara atau jalur darat.

Nah, tentunya kalau lewat jalur darat perjalananmu akan cukup teruji dengan akses jalan yang masih bebatuan. Namun bila kamu lewat jalur lain, misal area PT Freeport ya jalannya memang sudah lebih modern sih.

Namun, kamu harus berhati-hati sebab tubuh manusia terkadang mengalami shock soal perubahan udara atau cuaca. Apalagi dari ketinggian 400 Mdpl sampai ke 4.000 mdpl.

Oleh sebab itulah, untuk mengistirahatkan tubuh kamu bisa mampir ke Desa Ugimba di Sugapa. Sebuah desa yang disebut sebagai gerbang adat menuju Cartenz. Pedesaan ini memang dibuka untuk wisatawan umum. Kamu bisa belajar mengenai adat dan kebudayaan masyarakat setempat. Atau bisa mengisi tenaga sebelum benar-benar melakukan pendakian.

Wisata Budaya Intan Jaya Papua

Wisata Budaya Intan Jaya Papua

Intan Jaya Papua memang memiliki banyak sekali keunikan ya guys. Selain dari wisata alamnya, juga dari kebudayaannya. Intan Jaya sendiri mempunyai kurang lebih 5 suku yang menetap. Hal inilah yang membuat Kawasan Intan Jaya mempunyai beragam kebudayaan khas daerah.

So, saat berada di sini kamu akan bisa lebih mengenal berbagai macam kebudayaan seperti tari-tarian, music, kerajinan local dan banyak lagi. Tak perlu mengikuti kelas khusus untuk mempelajari kebudayaan tersebut sebab sudah bisa terlihat dari kehidupan sehari-hari masyarakat.

Berbagai macam tarian dengan berbagai macam makna, sungguh kaya sekali kebudayaan Indonesia. Belum lagi kuliner khas Papua yang sangat jarang ditemukan di daerah lain. Kamu akan terpesona dengan keberagaman budaya ini.

Bahkan dari segi pakaian pun beberapa masyarakat masih ada yang mengenakan pakaian tradisional seperti koteka. Namun sebagian lainnya sudah menggunakan pakaian yang terbuat dari kain.

Berkunjung ke Intan Jaya bisa menyadarkan kita bahwa Indonesia ini adalah negara yang kaya, negara yang multikultural dan saling menghormati setiap perbedaan.

Festival Kebudayaan Intan Jaya

Festival Kebudayaan Intan Jaya

Traveler, biasanya dimana sih kamu bisa menyaksikan berbagai macam penampilan ragam kebudayaan? Pastinya, di festival budaya. Betul tidak? Nah, di Intan Jaya sendiri hampir setiap tahun selalu diadakan festival tersebut. Biasanya dilakukan di bulan September.

Kamu juga harus tau bahwa setidaknya terdapat 20 sanggar seni yang berasal dari 6 distrik dan nantinya akan menampilkan tarian khas daerah serta kebudayaan lain. Perlombaan juga kerap dilakukan dengan tujuan agar warisan budaya tak hilang dimakan waktu.

Inilah yang menjadi daya tarik lain dari Intan jaya. Beberapa wisatawan sengaja menunggu moment festival untuk datang ke Papua.

Wisatawan pun bisa menikmati pameran seni kebudayaan yang dibuat oleh para pengrajin lokal. Hasil karyanya dapat kamu lihat saat festival digelar. Sebuah cerita rakyat pun ditampilkan dalam bentuk tarian, membuat penonton tak merasa bosan.

Kolam Garam Intan Jaya

Kolam Garam Intan Jaya

Sebelumnya sudah disampaikan kalau Sugapa adalah daerah yang dikelilingi oleh pegunungan. Lantas, bagaimana masyarakat Sugapa bisa mendapatkan garam untuk kehidupan mereka? Sebab tak ada laut di sana.

Jawabannya adalah dengan mendapatkannya dari Kolam Garam unik di Intan Jaya. Ya, di Ugimda kita bisa menjumpai sebuah kolam garam yang menjadi salah satu sumber penghidupan masyarakat khususnya dalam menciptakan rasa pada masakan.

Pengolahan garam pun masih dilakukan secara tradisional dan unik. Kalau ada waktu luang kamu bisa sedikit belajar mengenai cara pengolahan garam ala masyarakat Intan Jaya.

Air terjun Intan Jaya

Air terjun Intan Jaya

Keindahan alam di Intan Jaya memang sangat top markotop, bisa membuat siapapun terpesona. Bahkan sungai-sungainya pun memiliki ukuran yang luas. Kawasan sungai biasanya dijadikan sebagai lokasi untuk menggelar festival kebudayaan.

Kamu pun akan menjumpai beberapa air terjun yang masih terjaga keasliannya. Tak tanggung-tanggung ada 8 air terjun yang berada di Intan Jaya. Diantaranya adalah Air Terjun Munilologo, Air Terjun Penderasan Dahu Wu, Air Terjun Teladas Pini Wu, Air Terjun Ugi Wu, Air Terjun Penderasan Jele Wu, Air Terjun Teladas Kumbalu Wu, Air Terjun Wagapipu Wu dan juga Air Terjun Bagungela Wu.

Baca Juga: Wisata Keerom

Traveler, kalau membicarakan soal Intan Jaya Papua memang tak akan pernah habisnya. Biarpun berlokasi di pedalaman yang jauh daerah sentuhan teknologi modern namun mereka bisa hidup dengan baik. Meski beberapa kali terdengar konflik terjadi di Papua, mari kita doakan saja semoga tak menghilangkan identitas asli dari masyarakat Papua itu sendiri.

Oke traveler, itulah 6 tempat wisata di Intan Jaya yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari wisata alam hingga kebudayaan. Bagaimana, keunikan Intan Jaya sangat menarik perhatianmu kan? So, nggak usah ragu lagi untuk menjadikan daerah ini sebagai pilihan lokasi yang akan kamu jelajahi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *