18 Tempat Wisata di Jakarta Barat yang Sarat Nilai Sejarah

Posted on

Ada deretan tempat wisata di Jakarta Barat yang harus Anda tahu eksistensinya. Sebab dengan mengetahuinya, apapun urusan Anda selama di Jakarta Barat bisa sambil berwisata. Pada kesempatan kali ini Anda akan mengetahui apa saja tempat wisata di Jakarta Barat beserta alamatnya.

Tempat Wisata di Jakarta Barat

Di Jakarta Barat Anda bisa menemukan tempat rekreasi, wisata edukatif, juga wisata kuliner. Mulai dari Hutan Kota Srengseng, Taman Cattleya Jakarta, Tribecca Park, Mini Water Park Jakarta, Gereja Sion, Masjid Raya KH. Hasyim Ashari, Museum Arsip Nasional, Museum Tekstil, hingga Kota Tua Jakarta.

Hutan Kota Srengseng

Hutan Kota Srengseng

Hutan Kota Srengseng jadi pilihan pertama objek wisata di Jakarta Barat. Karena wujudnya sebagai hutan kota, di wisata ini udara yang menyegarkan bisa dihirup. Apalagi jika Anda sudah berhari-hari di Jakarta dan mulai jenuh dengan kesibukan dan polusinya, menghirup udara segar untuk memperbaiki sistem pernapasan bisa jadi solusinya.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Kepulauan Seribu

Ada tiket masuk yang harus dibeli sebab fasilitas di Hutan Kota Srengseng sudah cukup lengkap. Tak hanya untuk berjalan-jalan diantaranya saja supaya bisa menghirup udaranya yang segar. Di sana memang sudah disediakan jogging track, namun juga ada taman bermain untuk anak-anak.

Untuk lokasinya, ada di Jalan Haji Kelik, Kecamatan Srengseng, Kota Jakarta Barat. Pastikan anda berbekal minuman dan snack (jika diperlukan) supaya bisa bersantai di sana.

Taman Cattleya Jakarta

Taman Cattleya Jakarta

Masih ada lagi taman kota yang bisa dimanfaatkan untuk mencari udara segar di tengah ibukota. Hutan Kota Srengseng dan Taman Cattleya Jakarta bisa sama-sama dikunjungi supaya semakin banyak tempat wisata di Jakarta Barat yang sudah Anda lihat langsung. Namun menjadikan salah satunya sebagai opsi juga tidak masalah.

Wujudnya sebagai taman, bukan hutan. Karenanya, apa yang jadi fokus adalah pemandangan visual yang menarik. Meskipun visualnya bagus dan bisa untuk berfoto-foto, udara yang menyegarkan dan suasana asri tetap didapatkan oleh wisatawan. Di taman ini juga ada perairan yang semakin membuat asri saja nuansanya. Adapun lokasinya berada di Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Kota Jakarta Barat.

Tribeca Park

Tribeca Park

Anda masih tertarik untuk berwisata taman namun juga ingin yang ada hiburan selingannya. Kalau demikian, maka yang sebaiknya dipilih adalah Tribecca Park. Tribecca Park juga menjadi salah satu pilihan objek wisata di Jakarta Barat malam hari. Cocok untuk Anda yang sudah selesai beraktivitas dari pagi sampai sore hari dan menginginkan hiburan di malam hari.

Tribecca Park sendiri sebenarnya masih menjadi satu kesatuan dengan kawasan mall, yaitu Taman Anggrek yang di dalamnya pun banyak hiburannya. Tribecca Park ini ada di bagian halamannya dan memiliki luas sekitar 1,5 hektar.

Ada banyak pepohonan yang menghias suasana malam hari di sana. Apa yang dilakukan di sana bisa saja berbelanja, kulineran, atau sekedar jalan-jalan malam.

Pasar Bunga Rawabelong

Pasar Bunga Rawabelong

Anda mungkin ingin yang segar-segar sambil beraktivitas atau ketika perjalanan ke tempat rekreasi Jakarta Barat lainnya menggunakan mobil. Apa yang disarankan adalah untuk mampir ke Pasar Bunga Rawabelong.

Anda memang bisa membeli bunga-bunga segar di sana, namun juga bisa sekedar memanjakan mata dengan melihat banyaknya bunga-bunga yang dijual. Tidak satu atau dua toko saja yang akan Anda temukan, melainkan banyak toko sekaligus karena wisata di Jakarta Barat ini berwujud pasar.

Besar kemungkinannya Anda akan tergoda dengan cantiknya jenis bunga di sana, atau mungkin tertarik karena saking banyaknya bunga segar di sana. Langsung saja kunjungi lokasinya, yaitu ada di Jalan Sulaiman, Kelurahan Sukabumi Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat.

Pancoran China Town

Banyak hal bisa dilakukan selama Anda berada di Pancoran China Town. Alatnya sendiri ada di Jalan Pancoran Nomor 4, Kelurahan Glodok, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat, DKI Jakarta. Layak untuk dikunjungi saat Anda memang berada di Taman Sari.

Karena banyak aktivitas bisa dilakukan di sana, Pancoran China Town juga bisa disebut sebagai salah satu tempat rekreasi Jakarta Barat. Apa yang bisa dilakukan mulai dari sekedar jalan-jalan sambil menikmati suasana khas Cina, menikmati kuliner asli Tiongkok, makan siang dengan makanan asli Indonesia, beli oleh-oleh, hingga mampir ke klenteng yang legendaris.

Klenteng yang tepat berada di dalam Pancoran China Town adalah Vihara Dharma Bakti. Merupakan salah satu klenteng tertua dan agaknya jangan sampai lupa mampir saat berada di wisata Jakarta Barat ini.

Splash Swimming Pool

Splash Swimming Pool

Jalan-jalan di Pancoran China Town atau taman-taman di atas mungkin membuat Anda lelah dan gerah. Jadikan Splash Swimming Pool sebagai tempat rekreasi di Jakarta Barat selanjutnya untuk dikunjungi.

Berenang atau bermain air di Splash Swimming Pool pada waktu sore hari sampai matahari terbenam akan memberikan pengalaman baru untuk Anda dan siapa saja yang bersama Anda. Benar-benar tak mengecewakan, jadikan salja alternatif untuk melepas gerah selama di Jakarta Barat. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan pengalaman baru ini, datang saja dulu ke Perumahan Taman Semanan Indah yang ada di Jalan Dharma Pratama, Cengkareng, Jakarta Barat.

Mini Water Park Jakarta

Mini Water Park Jakarta

Mungkin Anda lebih tertarik untuk bermain air di pagi atau siang hari, sebba agenda di sore hari selama di Jakarta Barat sudah terisi. Jika benar demikian, maka jadikan saja Mini Water Park Jakarta sebagai objek wisata di Jakarta Barat selanjutnya. Sebagaimana water park pada umumnya, akan ada banyak wahana air yang disediakan sehingga bisa membuat anak-anak bersenang-senang.

Sama seperti kolam renang sebelumnya yang berada di dalam perumahan, water park di Jakarta Barat ini juga berada di dalam perumahan. Lebih tepatnya berada di Perumahan Villa Meruya Blok D1, Jalan Taman Palem Raya, Meruya Selatan, Kembangan.

Telah disediakan sebanyak tiga kolam untuk berbagai usia. Kolam yang pertama khusus untuk wahana, kolam yang kedua khusus untuk anak-anak, dan yang terakhir adalah untuk orang dewasa.

Kolam Renang Semanan Cengkareng

Kolam Renang Semanan Cengkareng

Masih ada lagi tempat rekreasi di Jakarta yang wujudnya kolam renang. Jadi, kalau di total Anda akan mendapatkan tiga pilihan wisata kolam renang atau water park. Opsi selanjutnya ini adalah Kolam Renang Semanan Cengkareng.

Sebelumnya memang sudah ada kolam renang yang ada di daerah Semanan, namun ada satu lagi pilihannya. Kolam Renang Semanan Cengkareng menawarkan kolam dengan wahana air yang cukup lengkap. Bisa dikunjungi bersama keluarga maupun sahabat, wisata di Jakarta Barat ini berada di Cengkareng.

Gedung Candra Naya

Gedung Candra Naya

Ada bangunan khas Tionghoa yang dijadikan sebagai wisata Jakarta Barat. Nama wisata ini adalah Gedung Candra Naya, hadir sebagai bangunan cagar budaya dengan memiliki cerita sejarah yang panjang.

Karena dihadirkan sebagai cagar budaya, sebaiknya pengunjung tidak sembarangan ketika mengunjunginya. Alasan mengapa Gedung Candra Naya direkomendasikan dalam daftar objek wisata Jakarta Barat ini adalah karena memiliki bangunan yang unik, sebagai cagar budaya, dan memungkinkan dijadikan tempat bersantai.

Istana Dadap Restaurant

Istana Dadap Restaurant

Setelah seharian berlibur di Jakarta Barat, memang ada dua pilihan untuk mengakhiri agenda liburan ini. bisa dengan mampir ke kolam renang yang telah direkomendasikan sebelumnya, juga bisa dengan makan malam di restoran khas masakan Sunda.

Cocok untuk Anda yang merasa kurang lengkap bila belum berwisata kuliner. Karenanya, mampir saja ke Istana Dadap Restaurant yang semuanya masakannya dijamin tidak akan mengecewakan.

Lokasinya ada di Jalan Daan Mogot KM 10 Nomor 151, Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Kota Jakarta Barat. Pesan menu apa saja yang belum pernah Anda coba sebelumnya supaya jadi pengalaman baru.

Masjid Raya KH. Hasyim Asyari

Masjid Raya KH. Hasyim Asyari

Ada dua wisata religi yang akan dibahas selanjutnya, yaitu wisata religi Islam dan Kristen yang kini dijadikan cagar budaya. Pilihan yang pertama adalah Masjid Raya KH. Hasyim Asyari. Hadir sebagai masjid dengan bangunan unik dan megah.

Sebenarnya masjid ini masih cukup baru, yaitu baru selesai dibangun pada tanggal 2017. Arsitektur yang digunakan untuk membangun diadopsi dari kebudayaan asli Betawi. Jadikan masjid ini sebagai destinasi untuk Anda yang Islam dan mencari tempat beribadah selama di Jakarta Barat. Alamatnya berada di Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat.

Gereja Sion

Gereja Sion

Gereja Sion juga biasa disebut sebagai Gereja Portugis. Wajar karena bangunan dari gereja ini menggunakan arsitektur khas Portugis. Gereja kuno ini berada di Jalan Lembah Batu Nomor 17, Kota Tua, Kecamatan Pinangsia, Jakarta Barat.

Meskipun gereja ini sudah sangat tua, yaitu sejak zaman kolonial, gereja ini masih berdiri dengan kokoh tanpa ada kerusakan. Saking besarnya, Gereja Sion bisa menampung hingga seribu orang.

Bentara Budaya Jakarta

Bentara Budaya Jakarta

Alternatif liburan di Jakarta Barat selanjutnya adalah wisata bernuansa budaya. Menjadikan Bentara Budaya Jakarta sebagai tempat rekreasi Jakarta Barat adalah ide yang bagus, apalagi jika bersama keluarga atau anak-anak.

Wisata yang satu ini alamatnya berada di Jalan Palmerah Selatan Nomor 17, Palmerah, Kota Jakarta Barat. Jika Anda beruntung, saat datang di sana bisa saja sedang diadakan pertunjukkan budaya yang menghibur. Tidak hanya budaya Betawi saja yang diperkenalkan wisata di bawah naungan Kompas ini, melainkan budaya-budaya yang ada di Indonesia. Karenanya, Bentara Budaya Jakarta adalah pilihan wisata edukatif selama Anda di Jakarta Barat.

Sky Rink

Sky Rink

Wisata dengan aktivitas melelahkan mungkin yang Anda cari. Berenang sudah cukup membosankan sehingga Anda mencari aktivitas lain selagi di Jakarta Barat. Jika ini yang Anda rasakan maka coba saja ice skating di Sky Rink.

Sky Rink adalah wisata di Jakarta Barat yang letaknya di dalam mall, tepatnya berada di dalam Mall Taman Anggrek. Lokasinya ada di Jalan Letjen S. Parman, Tanjung Duren Selatan, Grogol, Jakarta Barat.

Wisata ini bisa Anda kunjungi bersama anak-anak maupun bersama para sahabat, karena keduanya akan sama-sama merasakan keseruan maksimal.

Museum Arsip Nasional

Museum Arsip Nasional

Lokasinya berada di Jalan Gajah Mada Nomor 111, Kelurahan Krukut, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. Selain hadir sebagai wisata edukatif berwujud museum, Anda yang memilih museum ini sebagai wisata Jakarta Barat juga akan diuntungkan dengan bangunannya. Bangunannya berarsitektur kuno sehingga bisa dijadikan spot foto.

Perlu diketahui bahwa bangunan ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Banyak info dan wawasan bisa diserap dari dalam museum ini sehingga sangat edukatif. Halamannya juga dihias dengan banyak tanaman dan bunga-bunga sehingga semakin asri saja suasananya.

Museum Trisakti

Museum Trisakti

Ada wisata edukatif lagi yang bisa dijadikan alternatif tempat wisata di Jakarta Barat. Museum Trisakti ini berada di dalam Kampus A Universitas Trisakti. Meskipun berada di dalam kawasan institusi pendidikan, museum ini dibuka untuk umum sehingga Anda juga bisa mampir kesana.

Apa yang ada di dalam Museum trisakti adalah kisah sejarah dan benda-benda sisa sejarah pada peristiwa kelam yang terjadi pada tahun 1998 silam. Banyak korban yang berjatuhan pada peristiwa itu sehingga foto-foto dan benda-benda peninggalannya diabadikan di museum ini. Bagaimana kisah sejarah dari peristiwa ini juga bisa diketahui dari sana.

Museum Tekstil

Museum Tekstil

Ada Museum Tekstil yang letaknya di Jalan Aipda Ks Tubun, Tanah Abang, Petamburan, Kota Bambu Selatan, Palmerah, Jakarta Barat. Jika Anda sampai di lokasi yang benar, maka yang akan Anda lihat adalah bangunan khas zaman kolonial dengan pintu yang sangat besar.

Keramik yang ada di dalam museum ini juga unik, sebagaimana bangunan zaman kolonial pada umumnya. Apa yang ada di dalamnya bisa menambah wawasan sekaligus menginspirasi.

Sebab, apa yang akan Anda jumpai di museum ini adalah banyak sekali jenis kain yang tersebar dari seluruh daerah di Indonesia. Apakah mulai membuat Anda penasaran? Langsung saja kunjungi untuk memuaskan rasa haus penasaran ini.

Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta

Tidak mungkin bila daftar tempat wisata di Jakarta ini tidak memasukkan Kota Tua sebagai pilihannya. Kota Tua adalah salah satu tempat wisata di Jakarta yang populer. Rasanya siapa saja ingin pergi ke Kota Tua setelah sampai di Jakarta. Sakan-akan ke Jakarta akan percuma saja bila tidak mampir ke wisata Jakarta ini.

Sejarahnya, dahulu kawasan wisata ini digunakan untuk pusat perdagangan Asia. Kota Tua aktif menjadi pusat perdagangan pada abad ke-16. Saat berada di sana, Anda akan merasakan suasana kuno atau seperti di masa lampau. Anda juga bisa mencicipi kuiner di sekitarnya, entah makan berat atau sekedar snack saja.

Wajar saja, bangunan di sana sangat mencerminkan zaman kuno sehingga suasananya pun akan didapat dengan mudah. baik wisatawan dari luar Jakarta maupun warga lokal Jakarta, sama-sama memfavoritkan Kota Tua sebagai objek wisata Jakarta Barat.

Sudah cukupkah pilihantempat wisata di Jakarta Barat ini? langsung saja agendakan liburan selama di Jakarta Barat dengan pilihan-pilihan di atas. Entah itu kawasan hutan kota atau taman yang menyegarkan pernapasan, waterpark atau kolam renang supaya badan lebih bugar, atau wisata edukatif seperti museum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *