Tempat Wisata di Jakarta Pusat

18 Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Instagramable Terhits

Posted on

Untuk melepas penat dan rasa bosan selama di Jakarta, Anda bisa mengunjungi tempat wisata di Jakarta Pusat. Meskipun di kota ini banyak kesibukkan dilakukan, tetap saja ada pilihan wisata yang diberikan. Tidak hanya satu atau dua wisata saja yang jadi pilihan. Mengetahui apa saja pilihannya akan membantu Anda dalam memilih.

Tempat Wisata di Jakarta Pusat

Ada wisata berwujud taman di Jakarta Pusat juga ada wisata yang wujudnya museum sebagai wisata edukatif. Anda yang suka kulineran pun akan menemukan opsinya juga daftar tempat wisata di Jakarta Pusat ini. mulai dari Taman Ismail Marzuki, Taman Menteng, Taman Situ Lembang, Tugu Proklamasi, Monumen Nasional, Batavia Lama, Perpustakaan Nasional Indonesia, Pusat Kuliner GBK, Grand Indonesia, hingga Senayan City. Simak apa saja pilihan selengkapnya berikut.

Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki

Destinasi yang direkomendasikan pertama adalah salah satu taman di Jakarta Pusat. Akan ada beberapa nama taman yang akan Anda temukan dalam daftar ini, dan salah satunya adalah Taman Ismail Marzuki. Taman ini berada di Jalan Cikini Raya Nomor 73, Cikini, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Taman Ismail Marzuki adalah pilihan yang tepat jika Anda datang dari luar Jakarta dan ingin menyaksikan kemegahan ibukota. Namanya memang taman, namun bukan pepohonan asri yang menjadi fokusnya. Di Taman Ismail Marzuki Anda bisa berfoto-foto di depan gedungnya karena spotnya adalah bangunan dengan arsitektur futuris.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Kepulauan Seribu

Bersantai di sela kesibukan pun juga bisa. Anda butuh lokasi makan siang yang tak biasa? Bisa saja memilih satu dari deretan restoran di sekitar taman ini. tak jarang pula Taman Ismail Marzuki dijadikan lokasi untuk acara-acara hiburan.

Taman Menteng

Taman Menteng

Masih di Menteng, jika benar Anda sedang berada di Kecamatan Menteng dan cari yang menyegarkan mata dan pernapasan, maka sebaiknya mampir ke Taman Menteng. Taman Menteng menyajikan kawasan yang futuris namun asri.

Ya, di sana Anda akan melihat bangunan kaca yang sangat modern. Namun, apa yang disekitarnya adalah taman dengan warna hijau yang kental sehingga bisa memanjakan mata. Pasti bisa menghibur karena mungkin tujuan anda mencari objek wisata di Jakarta Pusat adalah karena sudah jenuh.

Bersantai di Taman Menteng akan menyenangkan, apalagi jika memang Anda membutuhkan lokasi untuk bisa rekreasi sejenak dari rutinitas yang ada. Juga jangan lupa ambil foto-foto selama berada di sana, karena bangunan yang ada di Taman Menteng ini cukup ikonik. Taman di Kecamatan Menteng ini berada di Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Taman Suropati

Taman Suropati

Taman di Jakarta Pusat ini alamatnya berada di Jalan Taman Suropati Nomor 5, Menteng, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Lagi-lagi berada di Kecamatan Menteng, kalau begitu bisa sekalian dikunjungi jika anda sudah mampir ke dua wisata Jakarta Pusat di atas.

Wisata seperti taman merupakan wisata yang paling pas untuk kota skala Jakarta. Mayoritas penduduknya memiliki kesibukan yang padat sehingga membutuhkan penyegar yang bisa mengembalikan pikiran. Oleh karena itu, wajar jika Anda menemukan banyak taman di Jakarta Pusat.

Sebagai salah satu tempat wisata dijakarta Pusat, tentu saja taman ini memberi suguhan. Suguhan yang diberikan Taman Suropati untuk pengunjungnya adalah pepohonan besar yang rindang, kawasan yang cukup luas untuk banyak wisatawan, hingga banyaknya kursi untuk pengunjung yang ingin tinggal lebih lama.

Di tengah taman ada air mancur dan kolam dengan ukuran cukup besar, sudah membuat nuansanya semakin asri saja. lokasi taman ini berada di Jalan Taman Suropati Nomor 5, Kelurahan Menteng, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat.

Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang

Pilihan terakhir taman di Jakarta Pusat adalah Taman Situ Lembang. Catat alamatnya karena bisa jadi merupakan taman terbaik versi Anda, alamatnya berada di Jalan Lembang Terusan Nomor D59, Menteng, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Alasan mengapa taman ini bisa jadi taman terbaik versi Anda adalah lebih asri daripada taman-taman sebelumnya. Akan ada banyak warna hijau yang menghias visual Anda karena memang banyak pepohonan di sana. Di bagian tengah juga ada danau yang memaksimalkan panorama asri yang dimiliki wisata di Jakarta Pusat ini.

Di tepiannya sudah disediakan kursi-kursi, mendukung Anda yang ingin sedikit lebih lama berada di sana. Ada juga pedagang kaki lima dan warung-warung makanan yang bisa menemani bersantai atau rekreasi Anda di taman ini.

Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti

Tentunya bukan hanya pilihan taman di Jakarta Pusat saja yang ada di dalam daftar ini. dalam rekomendasi tempat wisata di Jakarta Pusat ini Anda juga akan diberi pilihan wisata edukatif, yang mana salah satu wujudnya adalah museum.

Museum di Jakarta Pusat lumayan banyak, dan justru akan jadi surga bagi para pencari wisata edukatif. Museum pertama yang direkomendasikan adalah Museum Taman Prasasto. Letaknya berada di Jalan Tanah Abang Nomor 1, Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Apa yang ditawarkan museum ini mungkin akan membuat Anda puas dalam memenuhi kebutuhan update liburan di sosial media. Sebab, di museum ini Anda akan menjumpai banyak patung-patung dengan bentuk yang beragam. Ditambah lagi bangunan dari museum ini juga klasik sehingga bisa dijadikan spot foto.

Memang menyuguhkan patung-patung, patungnya berada di kawasan taman. Alhasil, Anda visual Anda akan semakin terpuaskan saja melihatnya. Udara di sekitar sana juga cukup menyejukan.

Museum Sumpah Pemuda

Museum Sumpah Pemuda

Setelah Museum Taman Prasasti, ada juga opsi Museum sumpah Pemuda. Anda harus tahu bahwa museum ini buka setiap hari kecuali hari Senin, jadi jangan sampai Anda pergi ke sana di hari Senin. Jam bukanya adalah jam 8 pagi sampai 4 sore.

Lokasinya sendiri berada di Jalan Kramat Raya Nomor 106, Kwitang, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Seperti nama dari museum ini, Anda akan menjumpai banyak sejarah dari peristiwa Sumpah Pemuda. Serap semua ilmu yang ada di sana sebagai bekal, karena museum ini menyajikan wawasan dengan maksimal. Entah dengan tulisan, peraga, dan benda-benda peninggalan sejarah.

Museum Gajah

Museum Gajah

Nama lain dari Museum Gajah adalah Museum Nasional. Alasan mengapa memiliki nama lain ini adalah karena di bagian depannya ada patung gajah dengan ukuran standar. Lagi-lagi pilihan tempat rekreasi di Jakarta Barat berwujud museum. Namun, pengalaman yang didapat akan berbeda dari dua museum sebelumnya.

Museum Gajah memiliki halaman yang sangat luas dan mengasyikkan untuk dieksplorasi. Di depan bangunan berwarna putih besar, ada sebuah kolam air mancur dengan patung gajah. Setelahnya Anda bisa masuk ke dalam bangunan utama dan mulai menyaksikan benda-benda bersejarah. Di tengah bangunan juga ada taman yang bisa memanjakan mata pengunjung setelah menyerap ilmu yang ada.

Untuk lokasinya, museum ini letaknya di Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 12, Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat. Lag-lagi tempat wisata di Jakarta berada di Kecamatan Gambir. Bisa disetujui bahwa memang kumpulan tempat-tempat wisata di Jakarta Pusat banyak yang ada di Gambir dan Menteng.

Tugu Proklamasi

Tugu Proklamasi

Setelah tempat-tempat wisata di Jakarta Pusat berwujud museum, kini Anda akan diberi pilihan wisata dengan wujud sebuah tugu. Benar sekali, bukan hanya tugu Monumen Nasional saja yang bisa dikunjungi selama berada di ibukota, melainkan juga ada Tugu Proklamasi yang kental dengan kisah sejarah.

Tugu ini berada di Jalan Proklamasi Nomor 10, Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat. Akan ada deretan patung besar di sana sebagai cerminan peristiwa Proklamasi yang terjadi pada tahun 1945 silam. Di sekeliling kawasan wisata ini sudah ditumbuhi pepohonan besar yang membuatnya semakin menyejukkan saja bagi wisatawannya.

Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal

Usai sudah pilihan objek wisata di Jakarta Pusat yang wujudnya taman dan wisata edukatif. Deretan wisata yang akan diberikan kali ini adalah wisata religi dengan menawarkan bangunan yang megah dan unik. Akan ada dua wisata yang seperti ini yang mana salah satunya adalah Masjid Istiqlal.

Masjid Istiqlal sangat lah ikonik selama ini, Anda bisa menyetujui pernyataan ini setelah sampai di tempat ini. Anda sebagai umat Islam bisa sambil melaksanakan ibadah ketika di masjid ini, untuk Anda yang bukan bisa datang untuk menyaksikan langsung kemegahan bangunannya.

Lokasi dari masjid yang super megah ini berada di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Anda tidak akan tersesat karena dari jauh pun bisa terlihat kemegahan masjid ini sehingga Anda bisa langsung menuju ke halamannya.

Gereja Katedral

Gereja Katedral

Ada wisata religi berwujud masjid, juga ada yang berwujud gereja. Apa yang ditawarkan Gereja Katedral sebagai pilihan wisata di Jakarta cukup sama dengan yang ditawarkan Masjid Istiqlal, yaitu merupakan wisata yang menawarkan kemegahan suatu bangunan. Gereja ini memiliki arsitektur gothic yang kental. Tidak masalah untuk mengambil foto sebanyak mungkin ketika berada di sana. Karena siapapun pengunjungnya pasti akan tergoda untuk foto dengan latar belakang gereja ini.

Lokasinya berada di Jalan Katedral Nomor 7B, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat. Ternyata jarak antara Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral tidaklah jauh karena masih dalam satu kecamatan, pastikan Anda mampir ke kedua wisata di Jakarta ini supaya semakin banyak kenang-kenangannya.

Pasar Baru

Pasar Baru

Siapa saja yang sedang berliburan pasti ingin beli oleh-oleh untuk orang tersayang di rumah. Jika Anda sedang mencari oleh-oleh maka datang saja ke Pasar Baru. Tidak hanya untuk Anda yang cari oleh-oleh saja, Anda yang memang suka belanja pun akan menjadikan Pasar Baru sebagai surga.

Sebab, rasanya apapun sudah tersedia di pasar yang berdiri sejak tahun 1820 ini. Pasar ini juga memiliki arsitektur khas kolonialisme sehingga semakin menarik saja untuk dikunjungi.

Monumen Nasional

Monumen Nasional

Belum lengkap daftar objek wisata di Jakarta Pusat kalau belum disebutkan Monumen Nasional. Monumen Nasional sangat ikonik untuk Jakarta sendiri maupun untuk Indonesia dalam skala internasional.

Apa yang bisa dilakukan di Monumen Nasional cukup banyak. Anda bisa sekedar rekreasi atau bersantai saja karena Monas juga merupakan tempat rekreasi di Jakarta Pusat.

Bisa juga dengan masuk ke dalam tugunya untuk menyaksikan sejarah. Apa yang paling menarik adalah untuk naik ke puncaknya dengan fasilitas yang tersedia. Karena dengan demikian, pengunjung bisa melihat langsung Jakarta dari ketinggian.

Batavia Lama

Batavia Lama

Batavia Lama adalah tempat wisata di Jakarta yang cocok untuk Anda yang suka dengan nuansa klasik. Dari nama objek wisata di Jakarta Pusat ini saja sudah tercermin sebuah keklasikan maksimal, sebab Batavia adalah nama Jakarta yang dahulu dan itu pun masih disatukan dengan kata ‘lama’.

Apa yang disuguhkan kepada pengunjung adalah bangunan-bangunan klasik campuran Indonesia dengan zaman kolonialisme dahulu. Dahulu memang kawasan ini dijadikan pusat pemerintahan oleh Belanda. Tak hanya dari bangunannya saja, nuansa di sana memang masih kental dengan zaman dahulu.

Banyak sekali spot foto yang bisa Anda gunakan di sana, semuanya klasik tanpa ada campur tangan gaya modern. Pasti tak mengecewakan dengan memilih Batavia Lama sebagai tempat wisata selama di Jakarta. Untuk lokasinya sendiri, berada di daerah Pinangsia, Kecamatan Taman Sari.

Perpustakaan Nasional Indonesia

Perpustakaan Nasional Indonesia

Ada juga tempat wisata di Jakarta yang wujudnya adalah perpustakaan. Bisa dijadikan destinasi wisata edukatif karena banyak pilihan buku-buku yang hanya tersimpan di perpustakaan ini saja dan tidak ada perpustakaan lainnya.

Perpustakaan Nasional Indonesia sangat cocok untuk Anda yang suka baca buku. Bangunannya sangat besar, koleksi buku yang ada di dalamnya pun juga banyak. Perpustakaan milik Pemerintahan Indonesia in buka setiap hari kecuali hari Sabtu dan Minggu. Hanya buka sampai jam 5 sore saja, lokasinya ada di Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 11, Gambir, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat.

Pusat Kuliner GBK

Pusat Kuliner GBK

Pusat Kuliner GBK diperuntukkan Ada yang suka kulineran atau sekedar cari makan siang di sela agenda berlibur. Letaknya tak jauh dari Stadion Gelora Bung Karno, yaitu berada di Gelora Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Pusat Kuliner JTS Kemayoran

Pusat Kuliner JTS Kemayoran

Jika di Pusat Kuliner JTS Kemayoran Anda tak menemukan makanan atau minuman yang diinginkan, maka alternatifnya adalah Pusat kuliner JTS Kemayoran. Alamatnya berada di Jalan Garuda Nomor 1, Kemayoran, Jakarta Pusat. Telah tersedia banyak sekali pilihan kuliner, mulai dari yang sifatnya nasional, makanan khas Jakarta, hingga makanan khas daerah lain.

Lenggang Jakarta Monas

Lenggang Jakarta Monas

Di Lenggang Jakarta Monas Anda akan menemukan Betawi Store sebagai salah satu pusat oleh-oleh di Jakarta. Karenanya, di tempat wisata Jakarta ini Anda bisa kulineran, beli oleh-oleh, atau sekedar bersantai. Lokasinya berada di Jalan Medan Merdeka, Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Grand Indonesia

Grand Indonesia

Wisata mall juga direkomendasikan, khusus untuk Anda yang suka dengan hiburan modern yang biasa tersedia di dalam pusat perbelanjaan. Wajib mampir ke Grand Indonesia jika demikian adanya, lokasinya ada di Jalan M.H. Thamrin Nomor 1, Mlati, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Jakarta Barat

Punya banyak pilihan untuk bersenang-senang selama di Jakarta Pusat pasti akan mengasyikan. Sebab, dengan bebas Anda bisa memilih tempat wisata di Jakarta Pusat mana yang paling ingin dikunjungi sesuai selera dan mood. Pastikan perbekalan sudah cukup dan semua keperluan liburan cukup supaya semakin nyaman saja nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *