18 Tempat Wisata di Jakarta Selatan Sebagai Hiburan Saat Weekend

Posted on

Akan kurang bila Anda sudah berada di Jakarta Selatan namun belum tahu apa saja pilihan tempat wisata di Jakarta Selatan. Di Kota Jakarta Selatan memang kebanyakkan kesibukannya adalah aktivitas kantor yang padat. Jika Anda juga punya kesibukan ini, pastikan Anda tetap bisa refreshing dengan cara berlibur ke wisata-wisatanya.

Tempat Wisata di Jakarta Selatan

Beberapa taman yang ada di Jakarta Selatan bisa jadi alternatif liburan, ada juga pilihan lainnya yang bisa memberikan keseruan. Beberapa pilihan tempat wisata di Jakarta Selatan adalah Taman Anggrek Ragunan, Taman Mataram, Taman Ayodya, Setu Babakan, Pusat Primata Schmutzer, Museum Harry Darsono, Museum Satria Mandala, Museum Layang-Layang, The Escape Hunt, Kid City Transmart Cilandak, Kidzania Pacific Place, dan masih banyak lagi di daftar berikut.

Taman Anggrek Ragunan

Taman Anggrek Ragunan

Akan diawali dengan Taman Anggrek Ragunan yang masih dalam satu kawasan dengan Kebun Binatang Ragunan. Lokasi tepatnya berada di Jalan Kebagusan Raya Nomor 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Anda mungkin sudah bisa menebak hiburan apa yang ditawarkan Taman Anggrek Ragunan sebagai salah satu tempat rekreasi di Jakarta Selatan.

Benar sekali, semua yang ada di sana adalah tanaman anggrek. Banyak sekali jenisnya sehingga akan ada berbagai warna sebagai suguhan visualnya. Anda juga bisa belajar jenis-jenis anggrek di wisata ini. Tempatnya memiliki udara yang sejuk dan menyegarkan, bisa untuk memperbaiki sistem pernapasan setelah sebelumnya terus berkutat dengan polusi udara.

Taman Mataram

Taman Mataram

Setelah taman anggrek, ada juga pilihan objek wisata Jakarta Selatan yang bernama Taman Mataram. Taman yang ada di Jakarta Selatan ini layak dipilih Anda yang sedang mencari tempat untuk rekreasi atau sekedar bersantai. Pagi hari di Jakarta Selatan sebaiknya tidak dihabiskan di penginapan saja, coba lah mampir ke Taman Mataram ini untuk mendapatkan udara segar atau berolahraga.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Jakarta Barat

Lokasinya ada di Jalan Mataram Nomor 1, Selong, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta  Selatan. Masih adakah pilihan wisata berwujud taman lainnya?

Taman Tabebuya

Taman Tabebuya

Tentu saja ada pilihan lain taman yang ada di Jakarta Selatan, pilihannya masih ada tiga dan salah satunya adalah Taman Tabebuya. Bisa dikatakan Taman Tabebuya menjadi taman yang paling ramai dari semua taman yang akan datau telah disebutkan. Di sana ada danau buatan yang membuat nuansanya semakin asri saja.

Rerumputannya selalu bersih dan telah dibuat fasilitas-fasilitas sederhana untuk membuat pengunjung lebih nyaman. Alamatnya berada di Jalan Mohammad Kahfi Nomor 1, Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan.

Taman Ayodya

Taman Ayodya

Pilihan selanjutnya atau menjadi pilihan tempat wisata di Jakarta nomor empat kali ini adalah Taman Ayodya. Suasana di Taman Ayodya cukup tenang untuk Anda yang ingin mengembalikan ketenangan pikiran. Sambil menenangkan diri, Anda bisa bersantai di tepian danau buatan yang ada di taman ini.

Taman Ayodya tidak cukup jauh dari kesibukan Kota Jakarta Selatan, karena alamatnya hanya berada di Jalan Lamandau III, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Bisa bawa perbekalan dari rumah atau penginapan supaya tetap nyaman meski harus berlama-lama.

Taman Spathodea

Taman Spathodea

Satu lagi saja pilihan objek wisata Jakarta Selatan berwujud taman dalam daftar ini. Kali ini nama wisatanya adalah Taman Spathodea. Spathodea sendir adalah salah satu nama bunga, dijadikan sebagai nama karena memang taman ini cukup cantik untuk dinikmati.

Di tengah taman ada kolam buatan, pengunjung bisa bersantai sendiri maupun bersama teman-teman yang datang bersama di tepiannya. Suasananya cukup asri dan tenang karena taman ini belum terlalu ramai. Ada trek jogging dan taman bermain anak, Anda yang harus bepergian dengan anak-anak bisa mampir ke taman ini. Perlu diketahui, taman yang berada di Gang Kriep Nomor 13, Jagakarsa, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan ini adalah salah satu paru-paru kota Jakarta.

Kampung Main Cipulir

Kampung Main Cipulir

Kampung Main Cipulir bisa Anda sebut sebagai pilihan taman lainnya di Jakarta Selatan, sebab wujudnya memang cenderung seperti taman. Namun demikian, tetapi ada perbedaan antara Kampung Main Cipulir dengan wisata-wisata berwujud taman yang sebelumnya disebutkan.

Di Kampung Main Cipulir ada taman bermain untuk anak-anak. Karena demikian, Anda yang datang ke Jakarta Selatan bersama anak-anak bisa menjadikan wisata ini sebagai salah satu tujuan dalam itinerary. Apakah benar Anda membuat itinerary perjalanan?

Jika iya, maka pastikan Anda tahu di mana lokasi wisata ini. adapun lokasinya adalah berada di Jalan Masjid Nurul Yaqin Nomor 1A, Kota Jakarta Selatan.

Setu Babakan

Setu Babakan

Pilihan wisata yang selanjutnya adalah Setu Babakan. Alamat tempat rekreasi di Jakarta Selatan ini adalah berada di Desa Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan. Mengapa Setu Babakan disebut sebagai tempat rekreasi adalah karena di sana pengunjung bisa melakukan banyak wisata, akankah itu aktivitas darat atau aktivitas perairan.

Aktivitas perairan yang dimaksud adalah untuk naik kapal sederhana dan mengitari danaunya. Aktivutas darat yang dimaksud adalah untuk bersantai di tepi danaunya, rtamasya dengan membawa perbekalan, dan lainnya. Anda juga bisa makan siang atau kulineran di Setu Babakan karena sudah tersedia banyak pilihan warung dan restoran. Memilih Setu Babakan untuk bersantai atau rekreasi dalam waktu lama adalah pilihan yang tepat. Sebab di sana Anda akan mendapatkan udara segar yang menyejukkan.

Pusat Primata Schmutzer

Pusat Primata Schmutzer

Ternyata Jakarta Selatan punya wisata edukatif yang akan memberikan wawasan tentang primata. Anda memang tidak akan melihat langsung hewan primata di sana, namun apa yang disuguhkan untuk pengunjungnya dirasa sudah cukup menghibur sekaligus edukatif.

Pusat Primata Schmutzer punya bagian-bagian yang banyak dipilih oleh pengunjung, beberapa bagian tersebut antara lain perpustakaan, diorama satwa, teater pemutaran film dokumenter, dan lainnya. Dengan tiket masuk yang terjangkau, Anda yang kesan bersama anak-anak atau orang dewasa pasti akan terhibur.

Ketahui lokasinya supaya Anda bisa langsung mampir kesana saat sampai di Jakarta Selatan. Alamat pusat wisata yang satu ini berada di Jalan Harsono RM Nomor 1, Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Nantinya Anda akan menjumpai lebih banyak tempat wisata di Jakarta Selatan yang juga berada di Pasar Minggu. Ketahui apa saja itu supaya bisa semakin maksimal saja liburan ketika berada di daerah Pasar Minggu.

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Opsi destinasi wisata di Jakarta Selatan yang selanjutnya adalah di Kebun Binatang Ragunan. Kebun binatang ini memiliki banyak sekali jenis flora, juga ada beberapa jenis fauna yang melengkapi sebuah kebun binatang sehingga punya daya tarik lebih.

Kebun binatang ini juga sangat besar, luas totalnya mencapai 140 an hektar. Karenanya, wajar bila di dalamnya terdapat banyak sekali satwa. Cocok untuk Anda yang punya waktu luang seharian untuk berliburan. Ajak teman atau keluarga Anda bersama supaya sama-sama terhibur. Untuk alamatnya berada di Jalan Harsono Nomor 1, Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan.

Museum Harry Darsono

Museum Harry Darsono

Harry Darsono salah seorang nama perancang busana yang memulai karirnya sejak tahun 1970 an. Apa yang telah ia buat sejauh ini telah dipamerkan di sebuah museum, yaitu Museum Harry Darsono. Di sana Anda bisa melihat langsung gaun, topi, dan pakaian-pakaian lain yang dirancang sendiri oleh Harry Darsono.

Lokasi museum ini berada di Jalan Cilandak Tengah Nomor 71, Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan. Boleh-boleh saja mengabadikan momen selama di sana karena siapa saja pasti akan tergoda untuk melakukannya. Jadilah saksi karya-karya perancang busana terkenal dari Indonesia dan dapatkan inspirasi dari sana.

Museum Satria Mandala

Museum Satria Mandala

Beberapa koleksi persenjataan dan pesawat terbang bisa Anda saksikan langsung di Museum Satria Mandala. Malahan tidak hanya itu saja, museum ini juga memiliki ruangan khusus para jenderal dan di dalamnya ada koleksi, ruang diorama, dan koleksi kendaraan lapis baja. Semua yang bernuansa militer akan Anda temukan di museum ini.

Bisa sebagai wisata edukatif juga bisa berikan hiburan karena benda-benda yang telah dikoleksi di sini. Untuk alamatnya berada di Jalan Jendral Gatot Subroto Nomor 14, Kuningan Barat, Mampang, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Di bagian depan museum ini ada bangkai pesawat terbang yang cukup besar.

Museum Layang-Layang

Museum Layang-Layang

Ingin berada di tempat rekreasi di Jakarta Selatan? Kalau begitu, pilihan lain setelah beberapa tempat yang telah disebutkan di atas adalah Museum Layng-Layang. Di Museum Layang-Layang Anda bisa berfoto dengan spot yang menggemaskan. Sebab di bagian atas, akan ada banyak layang-layang yang telah dipasang dengan penataan sempurna.

Cocok untuk dikunjungi bersama anak-anak karena di sana penuh warna. Juga bisa dikunjungi bersama teman-teman sebagai alternatif pelepas penat. Lokasinya ada di Jalan Haji Kamang Nomor 38, Pondok Labu, Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Patung Dirgantara

Patung Dirgantara

Memang hanya berupa patung, namun juga menjadi salah satu alternatif objek wisata di Jakarta Selatan. Lokasinya berada di Jalan Jendral Gatot Subroto, Menteng Dalam, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan. Bisa menjadi spot foto atau untuk memenuhi kebutuhan update sosial media selama di Jakarta Selatan jika benar Anda mampir kesana.

Pondok Indah Waterpark

Pondok Indah Waterpark

Pilihan tempat wisata Jakarta Selatan yang selanjutnya adalah sebuah waterpark. Waterpark tidak pernah mengecewakan untuk diambil keseruannya. Apalagi jika anda kesana bersama teman-teman, pasti akan pulang dengan rasa bahagia bercampur lelah.

Di Jakarta Selatan ada waterpark yang diberi nama Pondok Indah Waterpark. Wahananya lengkap, dari yang sederhana hingga yang menantang. Waterpark ini berada di dalam satu kawasan dengan Mall Pondok Indah, yang berada di Jalan Metro Pondok Indah, Pinang, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Beberapa wahana yang difavoritkan antara lain Tube Slide sebagai wahana yang menantang, Whizzard Slide, dan Flow River untuk Anda yang ingin coba simulasi selancar.

The Escape Hunt

The Escape Hunt

Anda mungkin sudah merasa cukup puas dengan objek wisata Jakarta Selatan yang edukatif berwujud museum atau wisata menyegarkan seperti taman kota. Kini Anda diberi pilihan wisata Jakarta Selatan untuk bersenang-senang secara maksimal.

Nama wisatanya adalah The Escape Hunt, berada di Jalan Kemang Raya Nomor 15, angka, Kecamatan Mampang, Jakarta Selatan. Wisata ini bisa dinikmati anak-anak maupun orang dewasa. Apa yang didapat pengunjung adalah experience untuk memecahkan suatu misteri yang tidak membosankan. Anda juga akan menemukan banyak spot menarik sehingga akan tergoda untuk mengambil foto.

Kid City Transmart Cilandak

Kid City Transmart Cilandak

Deretan tempat rekreasi di Jakarta Selatan selanjutnya akan diisi dengan wisata-wisata yang diperuntukkan anak-anak. Salah satunya adalah Kid City Transmart Cilandak. Sebagaimana Transmart Studio pada umumnya, di dalamnya akan ada banyak wahana dan permainan dari yang tujuannya menghibur saja hingga yang edukatif.

Sebenarnya tidak hanya untuk anak-anak saja, orang dewasa juga bisa bersenang-senang di sana. Cocok untuk Anda dan para sahabat yang ingin mengenang masa kecil. Untuk lokasinya, berada di dalam Transmart Carrefour. Pusat perbelanjaan ini berada di Jalan Jendral Ahmad Yani Nomor 83, Cempaka Putih Timur, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Playparq Kemang

Playparq Kemang

Ada taman yang bisa membuat anak-anak eksplorasi sebebas mungkin dan akan terhibur dengan wahana yang disediakan. Wahana yang ada memang cukup terbatas, namun sudah pasti cukup untuk memberikan hiburan. Ada wahana outdoor dan juga indoor, tetap bersenang-senang apapun cuacanya saat Anda berada di sana.

Playparq Kemang ini berlokasi di Jalan Kemang Timur Nomor 72, Bangka, Kecamatan Mampang, Kota Jakarta Selatan. Tempat wisata di Jakarta ini bisa jadi alternatif ketika Anda harus mengajak anak-anak ketika ke kota ini namun telah membuat mereka penat dengan aktivitas Anda.

Kidzania Pacific Place

Kidzania Pacific Place

Saatnya untuk memaksimalkan pengalaman bahagia untuk anak dengan mengantarkan mereka ke Kidzania Pacific Place. Dari semua pilihan objek wisata Jakarta Selatan untuk anak-anak di atas, Kidzania Pacific Place memiliki wahana yang paling banyak dan pilihan aktivitas yang lebih banyak.

Seperti nama dari wisata ini, Kidzania yang berada di dalam Pacific Place yang dibahas. Ada permainan profesi-profesi an yang bisa diandalkan untuk mencari bakat anak. Jika ditotal, ada 100 pilihan permainan profesi yang semuanya memiliki tutor dan peralatan masing-masing. karenanya, Anda tak perlu mengawasi anak terlalu ketat. Anda bisa bersantai karena tutor dan pengaman yang telah disediakan.

Jika Anda tertarik mencobanya, maka datang saja ke alamatnya yang berada di Jalan Jendral Sudirman Nomor 52, Senayan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Jangan sampai anak-anak tidak mampir ke Kidzania jika sudah ke Jakarta Selatan.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Jakarta Pusat

Mulai dari yang bisa menyuguhkan suasana asri dengan udara segar hingga yang bisa memberikan hiburan berwujud wahana, semua ada. Ada wisata yang diperuntukkan anak-anak, untuk dewasa, dan ada juga yang bisa diambil keseruannya baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Pastikan Anda tidak merasa bosan atau jenuh ketika berada di Jakarta Selatan dengan cara memilih salah satu atau beberapa objek wisata Jakarta Selatan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *