18 Tempat Wisata di Jakarta Timur Untuk Keluarga

Posted on

Selama berada di Jakarta Timur, sebaiknya Anda tahu apa saja opsi tempat wisata di Jakarta Timur. Karena jika sudah tahu apa saja pilihannya, Anda jadi punya alternatif aktivitas untuk menghabiskan waktu selama di sana. Bukan hanya itu saja, Anda yang sudah berhari-hari berada di kota ini dan mulai merasa jenuh bisa segera mampir ke wisata yang ada.

Tempat Wisata di Jakarta Timur

Untuk sekelas Kota Jakarta, kabar baik jika ternyata Anda mendapatkan opsi wisata alam. Ada wisata alam berwujud danau yaitu Danau Elok, Telaga Wiladatika, taman kota di Jakarta Timur seperti Taman Agrowisata, Taman Legenda Dinosaurus, Taman Aquarium, Indraloka Family Park, Museum Pengkhianatan PKI, Museum Fauna Indonesia, Museum Keprajuritan Indonesia, hingga Taman Mini Indonesia Indah. Kenal satu per satu wisatanya supaya Anda tahu mana yang harus dituju.

Danau Elok Jakarta Timur

Danau Elok Jakarta Timur

Sebagaimana danau pada umumnya, Danau Elok adalah salah satu tempat rekreasi di Jakarta Timur yang berwujud alam. Karena berwujud danau, Anda dan siapa saja yang datang bersama Anda bisa bersantai di tepiannya, entah untuk menggelar tikar, memasang hammock, atau duduk-duduk di kursi yang telah disediakan.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Jakarta Selatan

Di tepian danau ini sudah banyak ditumbuhi pepohonan, yang membuat nuansanya semakin asri saja. betah berlama-lama di tepian danau ini jadi kemungkinan, jangan lupa bawa bekal supaya semakin betah saja di sana. Untuk lokasinya, ada di Jalan Penggilingan Nomor 16, Penggilingan, Kecamatan Cakung, Kota Jakarta Timur.

Telaga Arwana Cibubur

Telaga Arwana Cibubur

Setelah danau, pilihan tempat wisata di Jakarta Timur selanjutnya berwujud telaga. Namanya adalah Telaga Arwana Cibubur, alamatnya ada di Jalan Jambore, Kecamatan Cibubur, Jakarta Timur. Lebih banyak aktivitas bisa dilakukan di tepi telaga yang satu ini.

Aktivitas sederhana seperti tamasya atau bersantai jadi pilihannya, kulineran juga bisa dilakukan karena ada warung-warung sekitar, dan juga bisa ATV di tepiannya karena ada jasa persewaannya. Suasananya asri, udaranya cukup menyegarkan sehingga bisa dijadikan alternatif ketika Anda mulai penat dengan macet dan polusi.

Taman Wiladatika

Taman Wiladatika

Deretan tempat wisata di Jakarta Timur selanjutnya akan diisi dengan taman-taman. Salah satu taman kota di Jakarta Timur yang wajib Anda kunjungi adalah Taman Wiladatika. Untuk skala Kota Jakarta, wisata seperti taman sifatnya cukup favorit. Dan mungkin Anda juga akan setuju dengan pernyataan ini setelah berhari-hari berada di Jakarta.

Lokasinya berada di Jalan Jambore Nomor 1, Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur. Di Cibubur Anda akan menjumpai wisata-wisata di Jakarta Timur lainnya yang juga direkomendasikan. Apa saja itu akan segera Anda ketahui.

Kembali ke bahasan mengenai Taman Wiladatika, di taman ini ada kawasan luas yang asri dan menyejukkan. Di bagian tengah terdapat kolam air mancur yang cukup besar sehingga pengunjung bisa bersantai di tepiannya.

Taman Agrowisata Cilangkap

Taman Agrowisata Cilangkap

Selain Taman Wiladatika yang ada di Cibubur, pilihan selanjutnya adalah Taman Agrowisata Cilangkap. Jika benar Anda sungguh penat atau jenuh dengan kesibukan selama di Jakarta Timur, Taman Agrowisata Cilangkap ada tidak untuk mengecewakan Anda. Apa yang didapat di sana benar-benar waktu berkualitas atau quality time.

Akan menyenangkan untuk dikunjungi bersama keluarga, namun juga tetap pas bila bersama para sahabat. Akan ada taman yang cenderung seperti kawasan hutan yang akan Anda jumpai di sana. Ada kesempatan untuk bermain-main di dalamnya juga memetik berbagai buah-buahan dan tanaman. Banyak aktivitas alam bisa dilakukan di sana sehingga Anda pasti setuju bahwa Taman Agrowisata Cilangkap ini merupakan salah satu tempat rekreasi di Jakarta Timur.

Taman Bambu

Taman Bambu

Anda mencari tempat untuk bisa jogging di pagi hari atau menghabiskan kala senja dengan nuansa alam? Pilihannya adalah Taman Bambu Jakarta Timur. Sebagai salah satu taman kota di Jakarta Timur, Anda akan diuntungkan dengan taman yang penataannya rapi. Pepohonan dan tanaman kecil-kecil telah tertata dengan baik sehingga memanjakan visual.

Kebanyakkan aktivitas yang dilakukan di sana adalah jogging dan olahraga ringan. Namun, pergi ke taman ini sambil menikmati kopi atau teh di sore hari juga bisa jadi pilihannya. Alamat taman yang satu ini ada di Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Cukup dekat dengan kawasan Taman Mini Indonesia Indah yang memiliki banyak pilihan wisata di dalamnya.

Taman Legenda Dinosaurus

Taman Legenda Dinosaurus

Pilihan tempat rekreasi di Jakarta Timur selanjutnya adalah Taman Legenda Dinosaurus. Hadir sebagai objek wisata yang menawarkan suguhan visual dan spot foto yang keren. Sebab, apa yang ada di dalam objek wisata ini adalah miniatur-miniatur dinosaurus dengan keterangan.

Anak-anak pasti akan betah berlama-lama di wisata ini, begitu juga dengan Anda yang suka melihat miniatur-miniatur satwa zaman purba. Letak dari kawasan wisata ini berada di dalam area TMII yang berada di Ceger, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Taman Akuarium Air Tawar

Taman Akuarium Air Tawar

Banyak hal bisa Anda jumpai dan temukan di Taman Akuarium Air Tawar. Bisa dijadikan objek wisata di Jakarta Timur yang edukatif sekaligus untuk rekreasi. Objek wisata ini menyuguhkan ruang karantina, lorong gurame, pojok reptilia, akuarium nusantara, auditorium, dan masih banyak lagi.

Ada juga bagian dari tempat wisata di Jakarta Timur ini yang digunakan untuk menampung hasil tangkapan para nelayan untuk kemudian diperjualbelikan. Anak-anak dan orang dewasa akan mendapatkan pengalaman yang tak biasa dengan mengunjungi objek wisata di Jakarta Timur ini.

Tempat wisata ini juga masih dalam satu kawasan dengan Taman Mini Indonesia Indah, alamat tepatnya berada di Jalan Taman Mini Indonesia Indah, Ceger, Cipayung, Kota Jakarta Timur.

Taman Anggrek Indonesia Permai

Taman Anggrek Indonesia Permai

Ada tempat hunting di Jakarta Timur yang akan membuat Anda puas mengambil foto. Apa yang ditawarkan oleh Taman Anggrek Indonesia Permai pada pengunjungnya adalah tanaman-tanaman anggrek yang cantik dan beragam.

Alamatnya berada di Jalan Pinang Ranti Nomor 78, Pinang Ranti, Kecamatan Makasar, Kota Jakarta Timur. Di tempat wisata ini, selain mendapatkan spot foto dengan latar belakang bunga-bunga anggrek, Anda juga akan mendapatkan nuansa asri menyejukkan yang bisa dimanfaatkan untuk perbaikan sistem pernapasan setelah sebelumnya Anda terus bertemu dengan polusi udara.

Indraloka Family Park

Indraloka Family Park

Sebuah taman kota di Jakarta Timur tak melulu soal kawasan dengan pepohonan rindang dan kursi saja, taman yang akan jadi opsi selanjutnya ini memiliki taman bermain anak yang pilihannya lengkap. Karena permainan yang diberikan cukup lengkap, Indraloka Family Park layak dijadikan alternatif liburan selama di Jakarta Timur.

Selagi anak-anak bermain dengan permainan di sana, orang dewasa bisa menunggu sambil bersantai dengan nuansa asri yang disuguhkan. Untuk alamatnya berada di Jalan Mandor Hasan Nomor 45, Ceger, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Alamatnya ini dekat dengan kawasan Taman Mini Indonesia Indah, jadi Anda bisa tambahkan wisata ini dalam itinerary perjalanan jika juga memilih Taman Mini Indonesia Indah.

Snow Bay Waterpark

Snow Bay Waterpark

Setelah berjalan-jalan di beberapa wisata  di Jakarta Timur di atas, Anda juga bisa memilih wisata yang wujudnya waterpark. Wisata taman air terkadang memberikan keseruan maksimal, entah Anda sedang di Jakarta Timur bersama sahabat atau bersama keluarga. Lagipula memang Snow Bay Waterpark adalah salah satu waterpark terbaik di Jakarta.

Apa yang ditawarkan Snowbay Waterpark bukan waterpark biasa, di dalamnya banyak tersedia wahana-wahana air yang ada untuk anak-anak juga ada yang untuk orang dewasa. Lokasi dari waterpark ini berada di Kompleks TMII, yaitu di Jalan Taman Mini Indonesia Indah, Pinang Ranti, Kecamatan Makasar, Kota Jakarta Timur.

Istana Anak-Anak Indonesia

Istana Anak-Anak Indonesia

Masih ada lagi tempat wisata di Jakarta Timur yang siap memberikan hiburan pada anak-anak. Istana Anak Anak Indonesia sebenarnya juga biasa disebut dengan Istana Anak TMII, sebab pada dasarnya wisata Jakarta Timur ini masih satu kawasan atau milik Taman Mini Indonesia Indah.

Apa yang ditawarkan objek wisata ini adalah hiburan edukatif untuk anak-anak. Di dalamnya ada banyak sekali jenis-jenis permainan anak, mulai dari yang sifatnya nasional hingga permainan khas dari daerah. Anak-anak bisa bermain dan belajar karena di sana pada momen tertentu juga diadakan acara-acara yang menghibur.

Letak dari tempat rekreasi di Jakarta Timur ini tidak jauh-jauh dari pusat TMII, yaitu berada di Jalan Taman Mini Indonesia Indah, Ceger, Cipayung, Kota Jakarta Timur.

Museum Pengkhianatan PKI

Museum Pengkhianatan PKI

Pilihan tempat wisata di Jakarta bagian timur yang selanjutnya adalah dar deretan museum. Akan ada banyak museum yang bisa Anda kunjungi selama di Jakarta Timur, yang mana salah satunya adalah Museum Pengkhianatan PKI.

Di museum ini Anda bisa melihat mobil yang menjadi peninggalan para pahlawan revolusi, pakaian terakhir mereka, museum paseban, pos komando, rumah penyiksaan, lubang buaya, dan masih banyak lagi yang bertemakan peristiwa pengkhianatan PKI. Akan menjadi wisata edukatif yang bisa menambah wawasan kenegaraan, jika Anda tertarik bisa datang langsung ke lokasinya di Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur.

Museum Serangga dan Taman Kupu

Museum Serangga dan Taman Kupu

Tertarik untuk mengunjungi tempat hunting di Jakarta Timur yang unik dan menggemaskan? Coba saja datang ke Museum Serangga dan Taman Kupu yang juga berhasil memberikan wisata edukatif.

Sebab di sana Anda akan mengenal semakin banyak jenis-jenis serangga dan kupu-kupu. Apa yang membuat wisata ini memberikan tempat hunting adalah karena disuguhkan pula miniatur serangga dan kupu-kupu. Jika ditotal ada 500an jenis serangga dan kupu-kupu yang bisa Anda kenal dari sana. Ada 250 jenis kupu-kupu, 150 jenis kumbang, dan 100 jenis serangga. Alamatnya ada di Jalan Hankam Raya Nomor 39, Ceger, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Museum Fauna Indonesia

Museum Fauna Indonesia

Alamatnya masih dalam satu kawasan dengan Taman Mini Indonesia Indah, lebih tepatnya berada di Jalan Taman Mini Indonesia Indah, Ceger, Cipayung, Kota Jakarta Timur.

Di dalamnya Anda bisa melihat miniatur satwa-satwa sehingga akan menjadi wisata edukatif untuk anak-anak. Pasti tak menyesal memilih Museum Fauna Indonesia sebagai destinasi wisata, sebab yang disuguhkan museum ini benar-benar keren dan bisa dijadikan banyak pilihan spot foto.

Museum Keprajuritan Indonesia

Museum Keprajuritan Indonesia

Tempat rekreasi di Jakarta Timur selanjutnya masih berwujud museum, yaitu Museum Keprajuritan Indonesia. Anda pasti setuju bahwa museum ini juga merupakan salah satu tempat hunting di Jakarta Timur. Sebab, saat sampai di sana nanti Anda akan melihat bangunan unik yang wujudnya hampir seperti benteng di masa kolonial.

Di dalamnya ada berbagai jenis pakaian perang, miniatur benteng, diorama, replika senjata, gambar-gambar bernuansa keprajuritan, dan patung. Wawasan yang bisa diserap di museum ini adalah ilmu keprajuritan. Penjelasan diberikan secara detail sehingga memberikan inspirasi kepada para pengunjungnya. Alamatnya berada di Jalan Raya Taman Mini, Kelurahan Ceger Kecamatan Cipayung, Kota Jakarta Timur.

Museum Migas Graha Widya Patra

Museum Migas Graha Widya Patra

Ada benda-benda peraga pertambangan dan pengeboran yang disimpan di dalam Museum Migas Graha Widya Patra. Seperti misalnya menara bor di tahun 1930 an, kilang minyak tua, pompa bensin engkol, dan masih banyak lagi.

Jika Anda mencari wisata Jakarta Timur untuk rekreasi sekaligus edukasi, maka yang Anda kunjungi adalah Museum Migas Graha Widya Putra. Museum ini berada di Jalan Taman Mini Indonesia Indah, Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Kota Jakarta Timur.

Skyworld TMII Jakarta Timur

Skyworld TMII Jakarta Timur

Lokasinya ada di Jalan Taman Mini Raya, Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Menjadi salah satu hiburan di dalam kawasan Taman Mini Indonesia Indah yang pasti membuat Anda bisa pulang dengan kegembiraan.

Seperti nama dari objek wisata Jakarta Timur ini, apa yang ditawarkan adalah area-area miniatur antariksa yang memberikan Anda spot untuk berfoto. Lebih lengkap tentang tempat wisata di Jakarta ini, memiliki planetarium, theater 5 dimensi, permainan laser tag, dan juga mempunyai taman air. Anak-anak pasti akan senang diajak ke Skyworld TMII ini, juga orang dewasa yang pasti bisa mendapat hiburan cukup unik selama di Jakarta Timur.

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah rasanya wajib untuk dikunjungi. Cukup ikonik dengan Kota Jakarta, kapan lagi bisa mengunjungi wisata sekeren TMII kalau tidak ketika di Jakarta Timur?

Apa yang disuguhkan Taman Mini Indonesia Indah pada pengunjungnya adalah hiburan, edukasi, dan wahana-wahana yang pasti seru untuk dicoba. Lokasinya ada di Jakarta Timur, tak akan sulit ditemukan sebab hadir sebagai kawasan wisata seluas 150 hektar.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Jakarta Pusat

Di sana Anda akan melihat istana yang megah, sebagai penanda bahwa Anda telah sampai di TMII. Di dalamnya ada banyak bangunan-bangunan kecil-kecil yang memberikan hiburan berbeda-beda. Untuk tiket masuknya, Anda hanya perlu bayar sekitar 20 ribu saja per orang.

Jika sudah tahu apa saja pilihan tempat wisata di Jakarta Timur maka Anda bisa langsung memilih dan menuju ke lokasinya. Dari belasan tempat wisata di atas, mana yang akan Anda kunjungi terlebih dahulu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *