Tempat Wisata di Jakarta Utara

18 Tempat Wisata di Jakarta Utara Dengan Pemandangan Eksotis

Posted on

Jangan sampai Anda merasa jenuh selama di Jakarta karena tidak tahu apa saja pilihan tempat wisata di Jakarta Utara. Terlebih untuk Anda yang memang sudah punya rencana berlibur ke Jakarta, tentu harus tahu apa saja pilihan wisata di sana. Membuat itinerary berlibur dengan memasukkan beberapa wisata akan membantu Anda.

Berbagai Pilihan Tempat Wisata di Jakarta Utara

Dibanding Jakarta bagian lainnya, akan ada cukup banyak dan lengkap pilihan wisata di Jakarta Utara. Muladi dari

Eco Park Jakarta Utara

Eco Park Jakarta Utara

Eco Park Jakarta Utara bisa dijadikan wisata edukatif juga bisa sebagai tempat rekreasi di Jakarta Utara. Sebab di sana Anda dan keluarga atau teman-teman akan melakukan perjalanan panjang untuk menyerap hiburan dan wawasan yang disuguhkan. Apa yang ditawarkan Eco Park Jakarta Utara untuk para pengunjungnya?

Begini pengalaman yang akan Anda dapat, setelah membeli tiket masuk Anda akan diberi pilihan apakah akan berkeliling dengan sepeda kayuh atau berjalan kaki saja. Setelahnya Ada akan mengelilingi kawasan Eco Park ini yang di dalamnya ada beraneka sayuran, buah-buahan, dan beberapa satwa. Di sini lah edukasi akan diberikan pada pengunjung.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Jakarta Timur

Sebagai wisata dengan kawasan perhutanan atau perkebunan, Anda bisa memanfaatkan udara bersihnya untuk menyejukkan diri. Pasti bisa bugar kembali setelah pulang dari Eco Park Jakarta Utara. Wisata ini berada di kawasan Ancol, lebih tepatnya di Jalan Lodan Timur Nomor 7, Ancol, Kecamatan Pademangan, Kota Jakarta Utara.

Taman Suaka Margasatwa Muara Angke

Taman Suaka Margasatwa Muara Angke

Jika Anda menilai Eco Park Jakarta Utara kurang menyejukkan atau kurang asri, ada pilihan objek wisata di Jakarta Utara yang pasti asri. No debat. Namanya adalah Taman Suaka Margasatwa Muara Angke. Daya tarik utama dari tempat rekreasi di Jakarta Utara ini adalah kawasan mangrove.

Di wisata ini, pengunjung bisa berkeliling di kawasan mangrove di atas jembatan yang dibangun di atas kawasan air. Ya, namanya saja tanaman mangrove, pastilah membutuhkan perairan untuk bisa tetap hidup. Selain udara yang sejuk dan bersih, di sini pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan yang benar-benar asri.

Selain pemandangan yang serba hijau, apa yang ada di Muara Angke ini juga binatang-binatang. Seperti misalnya monyet dan biawak. Lokasinya ada di Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Kota Jakarta Utara. Nantinya dalam daftar ini Anda akan menjumpai banyak wisata di daerah Penjaringan. Karenanya, jadikan saja Taman Suaka Margasatwa Muara Angke ini sebagai destinasi wisata.

Taman Waduk Pluit

Taman Waduk Pluit

Setelah tempat rekreasi Jakarta Utara yang wujudnya semi hutan, kini Anda akan diberi pilihan deretan wisata berwujud taman. Wisata berwujud taman akan pas untuk Anda yang memang punya kesibukan atau urusan di Jakarta Utara dan merasa mulai jenuh.

Taman kota terletak tidak jauh dari kesibukkan atau penginapan Anda, jadi semakin pas saja bila dijadikan alternatif. Taman pertama yang direkomendasikan adalah Taman Waduk Pluit. Udara di sekitar Taman Waduk Pluit terasa lebih sejuk daripada ketika Anda sedang di perkotaan.

Selain rindang, di sana juga ada waduk yang siap menghias visual supaya tidak jenuh melihat kemacetan terus-menerus. Apa yang harus dilakukan setelah sampai adalah menggelar tikar dan duduk di tepian waduk. Bersantai sejenak atau tamasya sambil makan siang mungkin membuat Anda tertarik. Adapun alamatnya berada di Jalan Pluit Timur raya Nomor 12, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Kota Jakarta Utara.

Taman Hutan Kota Penjaringan

Taman Hutan Kota Penjaringan

Masih di Kecamatan Penjaringan, pernyataan sebelumnya benar adanya bahwa akan ada banyak pilihan objek wisata di Jakarta Utara yang berada di Penjaringan. Kali ini pilihannya masih taman, yaitu Taman Hutan Kota Penjaringan.

Letak taman kota ini berada di Jalan Kepanduan Nomor 2, Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.menyuguhkan kawasan semi hutan yang asri karena banyaknya pepohonan yang ada. Selain banyak, pohon-pohon di sana juga sudah tumbuh besar sehingga akan semakin nyaman saja rasanya berada di sana.

Mampir ke Taman Hutan Kota Penjaringan saat matahari terik-teriknya akan menjadi pilihan yang oke. Sebab mungkin saja di siang hari Anda bingung untuk menuju kemana, Taman Hutan Kota Penjaringan bisa jadi alternatifnya.

Taman Jogging Kelapa Gading

Taman Jogging Kelapa Gading

Dari namanya, bisa dikatakan bahwa wisata Jakarta Utara ini memang diperuntukkan siapa saja yang ingin jogging selama di Jakarta Utara. Tak mengherankan bila akan ada banyak orang jogging yang Anda jumpai di sana, sebab memang itu fungsinya.

Karena hadir sebagai taman jogging, Taman Jogging Kelapa Gading diwujudkan sebagai taman asri dengan track jogging di tengahnya. Di tepiannya telah disediakan kursi-kursi untuk siapa saja yang ingin istirahat.

Meski begitu Anda yang tidak jogging tetap boleh-boleh saja masuk ke dalamnya untuk menikmati pemandangan hijau taman. Untuk alamatnya, berada di Jalan Raya Boulevard Blok GT 3, Kelapa Gading Timur, Kecamatan Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara.

Pantai Marunda

Pantai Marunda

Sudah cukup puaskah dengan deretan tempat wisata Jakarta Utara berwujud taman atau kawasan hutan? Jika sudah, saatnya beralih ke objek wisata Jakarta Utara yang wujudnya perairan. Ada dua pantai yang dimiliki Jakarta, salah satunya terletak di Jakarta Utara dan namanya adalah Pantai Marunda.

Pantai Marunda bisa jadi alternatif untuk memuaskan kerinduan pada pantai. Ya, karena mungkin saja setelah berhari-hari di Jakarta Utara Anda mulai rindu dengan pantai di kota asal.

Apa yang diberikan Pantai Marunda bukan lah pantai eksotis dengan pasir putih. Melainkan pantai dengan hamparan pasir berwarna gelap dan ombak yang tenang. Di sana akan ada atraksi-atraksi menarik sebagai gantinya. Apa saja atraksinya akan Anda temukan di poin selanjutnya.

Lokasi masuk pantai yang biasa dikunjungi untuk melihat sunset ini adalah berada di Jalan Akses Rumah Si Pitung, Marunda, Cilincing, Kota Jakarta Utara.

Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa

Selagi Anda berada di Pantai Marunda, jangan lupa untuk mampir juga ke Pantai Marunda. Wujudnya memang pelabuhan pada umumnya, sebuah tempat umum yang di dalamnya banyak kapal-kapal parkir. Namun apa yang didapat dari tempat wisata Jakarta Utara ini tentu jadi pengalaman berbeda. terlebih untuk Anda yang selama ini belum pernah mampir ke pelabuhan.

Pelabuhan Sunda Kelapa juga masih memiliki bagian-bagian sisa sejarah. Dulunya pelabuhan ini dipakai untuk akses perdagangan di zaman kerajaan Nusantara. Pastikan anda juga mampir kesini saat berada di Jakarta Utara, letaknya berada di Jalan Maritim Raya, Ancol, Kecamatan Pademangan, Kota Jakarta Utara.

Museum Bahari

Museum Bahari

Masih ada dua lagi wisata di Jakarta Utara yang letaknya tidak jauh dari Pantai Marunda, yaitu Museum Bahari dan Rumah si Pitung. Mari kita bahas Museum Bahari terlebih dahulu. Mungkin di kota asal Anda juga ada Museum Bahari, namun museum kelautan yang ada di Jakarta Utara ini sifatnya wajib mampir.

Sebab, di dalamnya Anda akan menyaksikan berbagai benda dan kisah sejarah tentang Pelbauhan Sunda Kelapa dan bagaimana kapal-kapal yang berada di sana. Di dalamnya juga ada miniatur kapal, mulai dari kapal klasik zaman dahulu hingga kapal modern.

Apa yang membuat Museum Bahari selalu saja ramai bukan hanya wawasan yang bisa diberikan. Melainkan juga karena bangunannya yang khas. Sesaat sampai di wisata ini Ada akan melihat bagunan klasik khas zaman kolonial Belanda. Karenanya, berfoto-foto di dalamnya adalah apa yang mungkin Anda inginkan. Untuk lokasinya, ada di Jalan Pasar Ikan Nomor 1, Penjaringan, Kota Jakarta Utara.

Rumah Si Pitung

Rumah Si Pitung

Masih di sekitar Pantai Marunda, ada Rumah Si Pitung yang telah resmi menjadi salah satu pilihan objek wisata di Jakarta Utara. Apa yang akan dilihat wisatawan adalh rumah kayu khas Bugis. Kepercayaan masyarakat adalah bahwa dulunya rumah ini merupakan milik legendaris asli Betawi, si Pitung.

Boleh masuk di dalamnya, dan apa yang ada di dalamnya adalah berbagai dekorasi khas Betawi. Juga ada pakaian adat Betawi asli yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya. Rumah Si Pitung ini letaknya di dekat Pantai Marunda, yaitu di Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol

Kalau Taman Impian Jaya Ancol, jangan sampai Anda tidak mampir kesana. Dijamin bahagia setelah pulang dari sana karena tujuannya adalah memberikan pengunjung kesempatan untuk terus bersenang-senang. Cocok untuk kamu yang mulai lelah dengan rutinitas atau membutuhkan hiburan untuk keluarga.

Saking banyaknya wahana yang ada dan banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan, objek wisata di Jakarta Utara ini memiliki luas hingga 500 an hektar. Harga tiketnya pun juga sepadan dengan kegembiraan yang diberikan. Alamatnya jelas mudah dicari, yaitu berada di Jalan Lodan Timur Nomor 7, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Seaworld Ancol

Seaworld Ancol

Masih berada di dalam satu kawasan dengan wisata sebelumnya, ada opsi liburan dengan wisata yang lebih spesifik yaitu Seaworld Ancol. Apa yang akan didapatkan pengunjung dengan datang ke Seaworld Ancol adalah wawasan tentang makhluk hidup yang tinggal di air. Bukan hanya wawasan saja, pengunjung bisa melihat langsung bagaimana wujudnya.

Apa yang diberikan Seaworld Ancol sangatlah maksimal, cocok sebagai hiburan keluarga atau dijadikan tempat rekreasi di Jakarta Utara. Mulai dari lorong yang samping dan atasnya adalah kolam ikan, kesempatan untuk memberi makan ikan langsung, memegang beberapa jenis satwa air, dan melihat langsung berbagai satwa air yang sifatnya langka. Letaknya berdekatan dengan pusat Taman Impian Jaya Ancol, yaitu berada di Jalan Lodan Timur Nomor 7, Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara.

Dunia Fantasi

Dunia Fantasi

Selain Taman Impian Jaya Ancol, Anda sekeluarga atau bersama teman-teman bisa dapatkan hiburan dari Dunia Fantasi. Hampir serupa yang ditawarkan oleh Dunia Fantasi, namun Dufan memiliki lebih banyak pilihan wahana. Mulai dari wahana yang menghibur untuk anak-anak hingga wahana ekstrim yang menantang adrenalin juga ada. Semua lengkap di sana dan patsi bisa betah seharian berada di sana.

Pastikan Anda memiliki kondisi fisik sehari bila ingin berlibur di sana, sebab Anda bisa saja sakit saat pulang setelah bersenang-senang di sana jika kondisi badan tidak fit. Untuk alamatnya, ada di Jalan Lodan Timur Nomor 7, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Atlantis Water Adventure

Atlantis Water Adventure

Sudah cukup dengan wahana-wahana darat, kini saatnya mengambil keseruan dengan memainkan wahana air. Ada satu waterpark di Jakarta Utara yang melegenda dan tidak pernah mengecewakan pengunjung, namanya adalah Atlantis Water Adventure. Hadir sebagai waterpark yang sangat besar, ada banyak pilihan wahana yang diberikan. Karena masih satu kawasan dengan Taman Impian Jaya Ancol, alamatnya berada di Jalan Lodan Timur Nomor 7, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Aqua Fun Jakarta

Aqua Fun Jakarta

Wahana di waterpark kurang memuaskan? Anda punya pilihan untuk bermain dengan permainan di atas laut langsung. Jika alasannya cukup menantang Anda maka datang saja ke Aqua Fun Jakarta. Banyak tantangan seru yang ditawarkan, lokasinya ada di Kompleks Taman Impian Jawa Ancol, Jalan Pantai Nusa Dua, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Waterboom Jakarta Utara

Waterboom Jakarta Utara

Satu lagi pilihan waterpark di Jakarta Utara yang menjadi alternatif jika sudah atau tak sempat ke Atlantis Water Adventure. Waterboom kali ini berada di Penjaringan, jadi bisa dipilih jika memang Anda sedang berada di Penjaringan.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Jakarta Selatan

Wahana yang diberikan cukup lengkap, mulai dari yang khusus anak-anak hingga yang untuk orang dewasa. Harga tiketnya masuk sehingga bisa lebih irit. Alamatnya berada di Jalan Pantai Indah Barat Nomor 1, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara.

Alive Museum Ancol

Alive Museum Ancol

Saatnya untuk mendapatkan opsi tempat wisata di Jakarta berwujud museum. Bukan ilmu pengetahuan atau wawasan yang bisa ditambah jika datang ke museum ini, melainkan pengalaman visual yang menyenangkan. Bagaimana tidak, apa yang diberikan Alive Museum adalah berbagai pilihan karya seni, ilusi, media digital, dan masih banyak lagi yang nuansanya seni. Datang saja ke Jalan Ancol Beach City, Pademangan, Jakarta Utara untuk buktikan sendiri.

Kampung Luar Batang

Kampung Luar Batang

Deretan terakhir dalam daftar objek wisata Jakarta Utara ini adalah perkampungan. Mulai dari Kampung Luar Batang yang sudah ada sejak abad ke-16. Karena sudah ada sejak waktu itu, maka apa yang akan Anda rasakan nanti adalah nuansa zaman dahulu. Banyak bangunan yang masih asli sehingga menjadi spot foto. Di dalamnya juga ada Makam Habib Husein, sehingga banyak yang jadikan Kampung Luar Batang sebagai wisata religi. Lokasinya ada di dalam Kecamatan Penjaringan.

Kampung Tugu

Kampung Tugu

Berada di pinggiran Batavia atau Jakarta, perkampungan ini juga punya keunikan sehingga layak dijadikan destinasi wisata. Kampung Tugu sebenarnya merupakan tempat tinggal bagi komunitas tugu, namun di dalamnya juga ada gereja tugu yang memiliki kisah sejarah karena sudah lama ada. Lokasinya ada di Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

Itulah beberapa opsi tempat wisata di Jakarta Utara. Untuk dimasukkan dalam itinerary perjalanan, mana yang akan Anda pilih? Masing-masing sudah diberi info alamatnya sehingga akan lebih mudah disusun dalam itinerary.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *