27 Tempat Wisata di Jakarta Untuk Liburan Paling Seru

Posted on

Ke Jakarta tak melulu untuk urusan bisnis, ada pilihan tempat wisata di Jakarta yang wajib mampir setidaknya sekali seumur hidup. Atau mungkin benar Anda sengaja pergi ke Jakarta untuk urusan bisnis atau pekerjaan, tidak masalah jika setelahnya Anda mampir berwisata supaya semakin maksimal saja pergi kesana.

Daftar Tempat Wisata di Jakarta

Mungkin sebelumnya Anda mengira pilihannya akan terbatas karena Jakarta adalah kota besar dengan kesibukkan yang tinggi. namun ternyata, Anda akan diberi pilihan antara Pantai Ancol, Panta Marunda, Ocean Ecopark, Kebun Binatang Ragunan, Waterboom PIK, Pasar Taman Puring, Museum Bahari, Museum Tengah Kebun, Museum Perangko, Dunia Fantasi Ancol, dan masih banyak lagi.

Pantai Ancol

Pantai Ancol

Anda akan diberi pilihan wisata di Jakarta berwujud pantai, yang mana salah satunya adalah Pantai Ancol. Menjadi salah satunya karena masih ada lagi pilihan tempat liburan di Jakarta yang wujudnya pantai.

Sejauh ini Pantai Ancol sering digunakan untuk lokasi acara-acara hiburan. Di sana menjadi pusat berekreasi keluarga sehingga maklumi saja kalau keadaannya ramai saat Anda sampai di sana. Pantai yang satu ini juga terletak tidak jauh dari perkotaan, jadi jangan kira akan seperti saat pergi ke pantai di kota-kota lain yang biasa membutuhkan perjalanan lama.

Untuk lokasinya, catat Jalan Lodan Raya, Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta. Bisa pergi kesana di pagi hari untuk jogging, sore hari untuk bermain air, atau menjelang malam untuk menikmati suasana senja.

Pantai Marunda

Pantai Marunda

Pilihan kedua wisata Jakarta berwujud pantai adalah Pantai Marunda. Destinasi wisata di Jakarta ini mungkin terdengar asing bagi Anda, namun memang benar jadi alternatif destinasi wisata untuk siapa saja yang datang dari luar Jakarta.

Apa yang menjadi pantai ini menarik untuk objek wisata adalah asal mulanya. Dahulu, pantai ini menjadi akses bagi kapal-kapal dari luar daerah maupun dari luar negeri untuk urusan perdagangan. Namun itu dahulu, kini fungsi dari Pantai Marunda sudah berubah menjadi objek wisata. Pasirnya berwarna hitam, siapkan sandal untuk bermain di atasnya. Pantai ini berada di dalam desa Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, DKI Jakarta.

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Setelah opsi-opsi berlibur di pantai, pilihan tempat wisata di Pulau Jawa yang ada di Jakarta lainnya adalah kebun binatang. Mungkin wisata seperti kebun binatang sudah ada di kota Anda berasal, namun mungkin binatang yang ada tak selengkap di Kebun Binatang Ragunan. Kebun Binatang Ragunan juga menjadi salah satu wisata terbaik di Jakarta.

Lokasinya berada di Jalan Harsono Nomor 1, Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Jika Anda membuat itinerary berlibur, sebaiknya jadikan kebun binatang ini sebagai destinasi pertama ketika di Jakarta Selatan.

Total ada 300 jenis binatang yang asalnya berbeda-beda, ada yang dari dalam negeri juga ada yang dari luar negeri. Apa yang bisa dilakukan di sana tak hanya melihat-lihat binatang saja. Kegiatan lain seperti memberi makan, rekreasi, tamasya, berfoto, makan siang, juga bisa dilakukan.

Taman Agrowisata

Taman Agrowisata

Pilihannya masih berupa taman, namun bukan kebun binatang lagi. Taman Agrowisata jadi pilihan tempat rekreasi Jakarta yang direkomendasikan untuk keluarga. Sebab, apa yang ditawarkan objek wisata ini tak hanya nuansa alam saja, melainkan dihadirkan sebagai wisata edukatif.

Anak-anak akan mempelajari banyak jenis buah-buahan endemik asli Indonesia di wisata ini. Begitu juga dengan para orang dewasa, bisa mencicipi langsung. Anda yang jenuh dengan polusi udara di kota-kota besar akan cukup terhibur dengan apa yang ditawarkan Taman Agrowisata. Alamatnya sendiri berada di Jalan Raya Cilangkap Nomor 45, Desa Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Ocean Ecopark

Ocean Ecopark

Berbagai aktivitas bisa dilakukan di destinasi wisata Jakarta ini. Mulai dari hiburan berupa konser, berbelanja barang-barang kesenian, mencicipi kuliner khas Jakarta, semua bisa dilakukan di sini. Bahkan tak menutup kemungkinan untuk menghabiskan waktu setengah hari di wisata ini.

Ada aktivitas utama yang paling banyak dilakukan pengunjung dengan datang ke Ocean Ecopark. Aktivitas tersebut adalah memancing. Memancing di Ocean Ecopark akan menyenangkan karena memang suguhan utamanya adalah area memancing. Anda yang suka memancing bisa segera mencoba, lokasinya berada di Jalan Lodan Timur Nomor 7, Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta.

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah

Jangan sampai Ada tidak mampir ke wisata di Jakarta ini kalau ingin diakui sudah berlibur ke Jakarta. Taman Mini Indonesia Indah adalah wisata yang sangat identik dengan Jakarta, banyak orang sengaja datang ke Jakarta untuk bisa mampir kesana. Diikuti dengan wisata-wisata ikonik lainnya yang juga akan disebutkan dalam daftar ini.

Taman Mini Indonesia Indah atau TMII adalah destinasi wisata baik untuk para orang dewasa, anak-anak, maupun satu keluarga utuh. Banyak spot foto yang keren di sana sehingga jangan sampai lupa bawa kamera. Banyak yang ditawarkan oleh TMII, mulai dari atraksi, wahana, tempat kulineran, dan lainnya. Lokasinya ada di Jalan Taman Mini Indonesia Indah, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Taman Pecenongan

Taman Pecenongan

Kembali ke Jakarta Pusat, karena mungkin sebenarnya Anda datang dari Jakarta Pusat dan sudah mampir ke beberapa wisata di atas. Selama berada di Jakarta Pusat, Anda bisa mampir ke Taman Pecenongan.

Jangan sangka destinasi wisata Jakarta ini akan memberikan kawasan taman yang berisi pepohonan dan bunga-bunga an. Apa yang dicari wisatawan dengan datang kesana adalah untuk kulineran. Mulai dari kuliner asli Jakarta maupun dari luar Jakarta yang masih ada di dalam Indonesia bisa Anda temukan. Jika mulai membuat penasaran, catat lokasinya ada di Jalan Pecenongan Nomor 44, Kebon Kelapa, Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Taman Wisata Alam Mangrove

Taman Wisata Alam Mangrove

Taman Pecenongan tak memberikan Anda visual alam namun memberikan kesempatan berkulineran. Jika Anda sudah tidak tahan lagi untuk bisa melihat suasana alam selama di Jakarta, jadikan saja Taman Wisata Alam Mangrove sebagai tujuan.

Tempat untuk liburan di Jakarta ini direkomendasikan untuk Anda yang sudah berhari-hari di Jakarta dan mulai merasa penat. Apa yang akan dinikmati sama seperti nama dari wisata ini, yaitu sebuah kawasan hutan mangrove.

Wisata yang satu ini berada di daerah Penjaringan, atau dekat dengan Pantai Indah Kapuk. Di sana tak hanya kawasan mangrove saja yang menghias mata, burung-burung menjadikan kawasan ini sebagai habitat sehingga Anda juga bisa melihatnya. Betapa asrinya wisata ini mungkin membuat Anda ingin berlama-lama di sana.

Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol

Selanjutnya ada tempat untuk rekreasi di Jakarta yang bisa diandalkan. Anda yang datang bersama para orang dewasa atau datang bersama keluarga pasti bisa menghabiskan waktu berkualitas bersama dengan cara datang ke wisata di Jakarta ini.

Taman Impian Jaya Ancol sudah lama sekali menjadi objek wisata wajib mampir selama di Jakarta. Bahkan bagi orang Jakarta saja, wisata ini biasa dikunjungi berkali-kali karena memang tak membosankan.

Banyak atraksi dan wahana di dalamnya yang menghibur, mulai dari yang standar hingga yang ekstrim. Banyak pengalaman bisa didapatkan di sana sehingga Anda dengan yang datang bersama Anda akan benar-benar bergembira. Untuk lokasinya, ada di Jalan Lodan Timur Nomor 1, Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta.

Waterboom PIK

Waterboom PIK

Opsi tempat wisata di Jakarta lainnya berwujud waterpark, karena mungkin yang Anda cari untuk mengisi waktu luang di Jakarta adalah aktivitas air. Tak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan rekreasi air karena ada Waterboom PIK yang pasti dekat. Alamatnya ada di Jalan Pantai Indah Barat, Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, DKI Jakarta.

Tema yang diangkat wisata di Jakarta ini adalah urban cool, wahana air yang disediakan cukup lengkap mulai dari untuk anak-anak hingga yang cukup ekstrim untuk dewasa. Nama lain dari wisata ini adalah Waterboom Jakarta, tak perlu bingung jika Anda menemukan nama ini.

Untuk tiket masuknya, dipatok sebesar 120 ribuan untuk anak-anak dan 200 ribuan untuk orang dewasa.

Pasar Taman Puring

Pasar Taman Puring

Setelah asyik dan puas bermain air, saatnya untuk mampir ke Pasar Taman Puring. Letaknya berada di Jalan Kyai Maja, Desa Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Mengapa destinasi berwujud pasar bisa masuk dalam rekomendasi tempat wisata Jakarta kali ini? Sebab pengalaman yang Anda dapat di pasar ini belum tentu bisa didapatkan dari objek wisata lain. Malahan, belum tentu juga bisa didapat di pasar yang ada di kota asal.

Di Pasar Taman Puring Anda bisa menemukan banyak barang-barang legit dengan harga miring. Sangat cocok untuk Anda yang suka belanja atau sedang mencari oleh-oleh. Sebagaimana pasar pada umumnya, tawar-menawar dibolehkan.

Setu Babakan

Setu Babakan

Setu Babakan sebenarnya merupakan wisata Jakarta biasa namun akan jadi wisata istimewa untuk orang-orang dari luar Jakarta. Di Setu Babakan, pengunjung bisa menikmati culture asli Betawi. Bahkan tak hanya dari segi visual dan edukatifnya saja, di sana Anda juga bisa sekaligus menyantap kuliner asli Jakarta.

Setu Babakan ini berada di Jalan Mohammad Kahfi II, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Ada spot foto alam maupun buatan manusia yang bisa dimanfaatkan untuk abadikan momen. Sebab di Setu Babakan, telah dibuat tiga danau buatan untuk menghiasi.

Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan adalah jembatan yang diketahui sudah ada sejak abad ke-17, namun uniknya sampai abad ke-20 ini jembatannya masih berdiri kokoh. Untuk memastikan jembatan peninggalan nenek moyang ini tetap baik-baik saja, sudah tidak digunakan untuk beroperasi lagi. Alhasil, jembatan ini menjadi salah satu tempat wisata Jakarta.

Sebagai lokasi yang bersejarah, Anda bisa memandangnya dan juga bersantai di sekitarnya. Seperti misalnya untuk rekreasi atau tamasya. Lokasinya jembatan peninggalan bersejarah ini berada di daerah Ancol, Kecamatan Pademangan, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat.

Tugu Monumen Nasional

Tugu Monumen Nasional

Apakah sudah terpikirkan di benak Anda untuk mampir ke Monas atau Monumen Nasional? Mungkin mengenal beberapa wisata di Jakarta di atas membuat Anda lupa eksistensi wisata yang satu ini. Tentu sebagai wisata karena biasa dikunjungi oleh siapapun yang berasal dari luar Jakarta.

Bukan hanya sebagai tugu saja, berada di sekitar kawasan wisata ini akan berikan Anda kesempatan untuk berliburan. Ada kesempatan untuk bisa masuk ke dalamnya dan sampai di puncaknya jika memang Anda tertarik. Sedangkan di bagian bawahnya Anda bisa mendapatkan banyak wawasan sejarah. Tugu Monumen Nasional tidak sulit ditemukan, yaitu berada di Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Alive Museum

Alive Museum

Sudah banyak pilihan wisata yang memberikan kesenangan bak untuk Anda yang solo traveler, bersama keluarga, atau bersama teman-teman. Saatnya untuk menambah wawasan atau mencari kesenangan dengan nuansa berbeda dengan cara mengunjungi museum.

Museum pertama yang direkomendasikan adalah Alive Museum. Bukan tambahan wawasan sejarah yang bisa Anda dapat di tempat wisata di Pulau Jawa ini, melainkan hiburan berupa karya seni. Wahana yang ada di museum ini adalah karya 3 dimensi yang akan memberikan Anda foto-foto super unik.

Museum Fatahillah

Museum Fatahillah

Museum Fatahillah sebaiknya dijadikan destinasi wisata Jakarta wajib mampir. Wawasan tentang berdirinya Kota Jakarta bisa diketahui semua nya dengan datang ke museum ini. informasi memang bisa didapatkan melalui internet, namun datang langsung ke sebuah museum dan mempelajari apa yang ada di dalamnya akan jadi pengalaman baru.

Dahulu Jakarta adalah kota yang bernama Sunda Kelapa, lalu ada seorang pahlawan bernama Fatahillah yang diperintah untuk menaklukkannya. Barulah kemudian nama kota ini berubah menjadi Jayakarta. Letaknya ada di Jalan Taman Fatahillah Nomor 1, Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Museum Bahari

Museum Bahari

Masih merasa belum cukup wawasan yang bertambah setelah ke Museum Fatahillah? Kalau begitu, juga tambahkan Museum Bahari sebagai destinasi liburan di Jakarta.

Pasti akan senang mampir ke Museum Bahari karena tak hanya wawasan saja yang bisa didapat. Spot foto dengan nuansa klasik juga bisa didapat. Jangan sampai lupa untuk abadikan momen selama di sana karena memang lingkungan kawasan wisata ini indah dan klasik.

Wawasan kelautan mulai dari zaman kerajaan nusantara, penjajahan, hingga zaman modern, tersimpan semua di museum ini. Benda dan alat-alat sebagai saksi sejarah juga bisa Anda jumpai semuanya. Lokasinya sendiri ada di Jalan Pasar ikan Nomor 1, Penjaringan, Jakarta Utara, DKI Jakarta.

Museum Tengah Kebun

Museum Tengah Kebun

Selanjutnya ada Museum Tengah Kebun yang cenderung memberikan tempat rekreasi daripada penambah wawasan. Meski begitu, di dalamnya telah tersimpan ribuan benda bersejarah yang mungkin belum Anda ketahui eksistensinya sebelumnya.

Cocok dikunjungi bersama keluarga karena tak hanya pengetahuan saja. museum ini memiliki lingkungan yang asri lengkap dengan pepohonan. Menjadikan Museum Tengah Kebun sebagai alternatif rekreasi di Jakarta adalah pilihan yang oke.

Museum Macan

Museum Macan

Jangan mengira Museum Macan adalah museum yang akan memberikan Anda info-info tentang binatang. Macan dalam nama tempat wisata di Jakarta ini adalah sebuah singkatan, yang kepanjangannya adalah Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara.

Bisa terbayang apa yang akan Anda jumpai di dalam wisata ini? Benar sekali, di dalamnya Anda akan terhibur dengan berbagai barang seni. Banyak spot-spot foto yang bisa bernuansa kesenian, baik itu kesenian futuris maupun klasik. Jika ditotal, ada sebanyak 90 karya seni yang ada di dalam wisata ini.

Ada karya seni berupa lukisan, juga ada karya seni kontemporer yang menciptakan suasana berbeda untuk dijadikan spot foto. Kesannya menarik dan menggoda untuk dikunjungi bukan? Catat alamatnya, Jalan Panjang Nomor 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Tiket masuk hanya sebesar 30 ribu untuk anak-anak, 40 ribu untuk pelajar, dan 50 ribu untuk orang dewasa.

Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia

Ada juga Museum Bank Indonesia sebagai alternatif liburan di Jakarta. Wawasan yang bisa didapat di sana adalah pengetahuan tentang sejarah mata uang Indonesia, yaitu rupiah. Bagaimana perkembangannya, bagaimana kisah sejarahnya, hingga uang-uang zaman dahulu pun bisa Anda saksikan langsung.

Memilih Museum Bank Indonesia untuk dikunjungi bersama anak-anak sekolah juga akan menjadi pilihan yang tepat. Sifatnya sudah pasti edukatif dan menjadi destinasi wisata di Jakarta yang pasti. Adapun alamatnya berada di Jalan Lada Nomor 3, Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta. Karena alamatnya ini, Anda yang sedang membuat itinerary perjalanan liburan di Jakarta bisa segera satukan Museum Bank Indonesia dengan destinasi-destinasi lain yang berada di Jakarta Barat.

Museum Perangko

Museum Perangko

Ada museum yang berikan pengetahuan tambahan tentang rupiah, juga ada museum yang berisi koleksi perangko terbesar di Indonesia. meskipun di dalamnya hanya ada koleksi perangko, siapa saja pasti terhibur karena ada banyak sekali perangko di sana. Perangko-perangko yang tercatat dalam sejarah pernah diproduksi di Indonesia.

Berdirinya museum ini adalah di tahun 1983. Museum ini sebenarnya berada di dalam satu kawasan yang sama dengan wisata Jakarta yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu di dalam Taman Mini Indonesia Indah. Karenanya, Anda bisa berkunjung ke wisata ini di Jalan Taman Mini Indonesia Indah, Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Kidzania

Kidzania

Dari namanya saja sudah tercermin bahwa Kidzania adakan jadi tempat rekreasi di Jakarta untuk anak-anak. Bukan wisata sembarang, anak-anak dijamin bisa bergembira dan mendapat pengalaman baru di Kidzania. Malahan, bisa dimanfaatkan untuk mencari info di mana potensi anak. Akan ada permainan profesi yang disediakan dan anak bisa memilih sesuka hati.

Anak akan dilatih untuk berpikir kreatif sekaligus bersenang-senang dengan anak-anak lain. Jangan kaget bila anak susah diajak pulang karena saking senangnya. Adapun alamat wisata Jakarta ini berada di dalam Pacific Place yang berada di tepi Jalan Jendral Sudirman Nomor 52, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Ice Skating Mall Taman Anggrek

Ice Skating Mall Taman Anggrek

Mungkin Anda juga ingin bersenang-senang bersama anak namun tak bisa dilakukan di Kidzania karena Kidzania hanya diperuntukkan anak-anak saja. Jika demikian, coba lah untuk bermain skate es di Mall Taman Anggrek.

Akan jadi pengalaman baru untuk Anda yang sebelumnya pernah. Malahan, dengan berkunjung kesana Anda bisa mendapat skill baru yaitu untuk melakukan ice skating. Pasti bahagia dan Anda bisa menghabiskan waktu berkualitas bersama siapa saja, baik itu keluarga atau teman-teman.

Area yang ditawarkan sangat luas, tak mungkin tidak merasa nyaman bila bermain di sana. Karena tidak akan mengecewakan, bisa langsung saja mengadakan perjalanan ke lokasinya yang berada di Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Trans Snow World

Trans Snow World

Setelah bermain ice skating, Anda juga bisa bermain salju buatan dengan atang ke Trans Snow World. Trans Studio memang tak pernah mengecewakan soal memberikan hiburan. Hiburan yang diberikan pun selalu saja unik dan antimainstream.

Meskipun berwujud salju buatan yang jadi hiburannya, kesan dan pengalamannya akan seperti berada diantara salju asli. Anda harus buktikan sendiri bagaimana rasanya dengan keluarga tersayang atau bersama teman-teman supaya semakin seru.

Planetarium Jakarta

Planetarium Jakarta

Tadinya Anda sudah menemukan tempat wisata di Jakarta berwujud waterboom, museum uang, museum perangko, pantai, dan lainnya, kini saatnya menemukan wisata yang berikan hiburan bertema antariksa.

Planetarium menghadirkan simulasi yang akan membuat Anda merasa sedang berada di antariksa. Wahana-wahana yang diberikan tak membosankan, bahkan banyak pula atraksi bertema antariksa yang unik. Bisa dijadikan spot foto juga bisa diambil kesenangannya saja. Bisa dikunjungi bersama anak-anak juga bisa bersama para orang dewasa karena pasti terhibur.

Menambah pengetahuan antariksa juga bukannya tidak mungkin. Langsung saja catat di mana lokasi tempat wisata di Jakarta ini. lokasinya ada di Jalan Cikini Raya Nomor 73, Cikini, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Sea World Ancol

Sea World Ancol

Sea World Ancol dihadirkan sebagai tempat wisata edukatif. Ada banyak sekali jenis ikan yang ada di wisata ini sehingga tak menutup kemungkinan untuk menambah wawasan. Jika ditotal, Sea World Ancol memiliki 126 jenis ikan. Namun jika di total keseluruhan, ikan yang ada di wisata ini mencapai 20 ribu ekor.

Karena banyak sekali ikan yang ada di sana, tentu Sea World Ancol menjadi wisata di Jakarta yang tak boleh diabaikan. Anda yang sama sekali belum pernah kesana setidaknya mampir satu kali saja seumur hidup. Pasti akan menyenangkan dan mungkin akan membuat Anda ingin mampir lagi setelah pernah kesana.

Tidak hanya untuk memandangi kolam-kolam dan mengenal jenis-jenis ikan saja, banyak aktivita bersama makhluk air di sana yang bisa dilakukan. Wisata di Jakarta ini berada di Jalan Lodan Timur Nomor 7, Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta.

Dunia Fantasi Ancol

Dunia Fantasi Ancol

Pilihan terakhir di daftar ini adalah Dunia Fantasi Ancol. Hampir semua orang yang pergi ke Jakarta dalam rangka berlibur akan mampir ke Dunia Fantasi. Banyak sekali wahana dan atraksi yang disajikan sehingga pasti kegembiraan adalah hasilnya.

Banyak wahana yang bisa ditemui di wisata Jakarta ini namun tidak bisa ditemui di taman rekreasi lain. Pasti akan melelahkan sehingga Anda harus siapkan budget untuk makan siang dan beli jajan di sana.

Dunia Fantasi Ancol bisa dinikmati bersama keluarga karena anak-anak pasti akan terhibur. Namun juga bisa dikunjungi dengan sesama orang dewasa karena banyak wahana menantang. Adapun lokasinya berada di Jalan Lodan Timur Nomor 7, Kota Tua, Ancol, Pademangan, Kota Jakarta Utara.

Sengaja datang ke Jakarta untuk berwisata tetap menjadi pilihan oke. Mampir ke tempat wisata di Jakarta selama di sana pun juga solutif. Pilih beberapa atau semua wisata di atas untuk dikunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *