Tempat Wisata di Jawa Barat

21 Tempat Wisata di Jawa Barat Yang Paling Ngehitz

Posted on

Jawa Barat merupakan salah satu daerah yang ada di Indonesia. Lokasinya yang dikelilingi oleh pegunungan membuatnya terkenal akan cuaca sejuk dan pemandangan alam yang indah. Hal ini yang membuat sektor wisata alam di Jawa Barat jadi sangat terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Daftar Tempat Wisata Jawa Barat

Nah, untuk kamu yang berencana liburan ke Jawa Barat, berikut adalah 21 tempat wisata di Jawa Barat Paling Wajib Dikunjungi. Simak yuk!

Gunung Puntang

Gunung Puntang

Wisata Pegunungan Jawa Barat, Gunung Puntang. Berlokasi di Bandung Selatan, Jawa Barat. Merupakan bagian dari gunung Malabar. Disini, kamu bisa menikmati pemandangan alam dan udara yang sejuk. Nah, bagi yang senang mendaki, wajib sekali untuk bisa sampai ke titik puncak Gunung Puntang yang dinamakan, Puncak Mega. Ketinggiannya mencapai 2223 Mdpl, bisa ditempuh dalam waktu 3 jam dan melewati 5 pos.

Rasa lelah akan terbayarkan dengan hamparan alam dan udara yang segar. Kalau kamu berniat untuk kemah, jangan lewatkan pemandangan matahari terbitnya ya! Siapkan juga perlengkapan seperti tenda, cooking set portable, jaket, sarung tangan, kaos kaki, dan persediaan makanan secukupnya.

Ranca Upas

Ranca Upas

Tempat wisata Jawa Barat selanjutnya masih berlokasi di Bandung Selatan yaitu Ranca Upas, jaraknya tidak jauh dari Gunung Puntang. Merupakan Kawasan bumi perkemahan yang memang dikelola oleh perhutani. Rancaupas juga masih satu lokasi dengan kolam cimanggu, situ patenggang, dan kawah putih. Sehingga selain Ranca Upas, beberapa tempat wisata lainnya bisa kamu kunjungi.

Wisatawan yang berkunjung, biasanya memang sengaja datang ke Ranca Upas untuk berkemah. Area nya juga luas, sehingga bisa menampung banyak orang. Tidak heran bila tempat ini kerap digunakan sebagai lokasi Jambore berbagai organisasi. Suasana alam yang masih terjaga tentu menjadi daya tarik tersendiri. Nah, kalau kamu tidak membawa alat kemah, tidak perlu khawatir. Karena di Ranca Upas, sudah disediakan tempat penyewaan berbagai macam alat kemah yang dibutuhkan.

Ada juga penangkaran rusa yang bisa kamu masuki. Selagi menunggu malam, kamu bisa berjalan-jalan dan berinteraksi dengan rusa secara langsung tanpa dibatasi pagar. Kamu bisa membeli makanan rusa terlebih dahulu sebelum masuk ke penangkaran. Sangat menyenangkan, apalagi kalau berkemah Bersama keluarga.

Pangandaran

Pangandaran

Tempat wisata di pulau Jawa selanjutnya adalah Pantai Pangandaran. Merupakan salah satu pantai yang ada di Jawa Barat dan cukup terkenal, apalagi dengan keindahan alamnya. Lokasinya ada di Kabupaten Pangandaran, atau pemekaran dari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Bagi kamu yang anaknya tuh pantai banget, ya tentu saja harus berkunjung ke pantai ini.

Pemandangan alam yang indah dan terawat, dipadukan dengan deburan ombak, membuat suasana pantai semakin nyaman. Ada juga pemandangan kapal nelayan saat menuju sore, menandakan bahwa masyarakat sekitar memang bermata pencaharian sebagai nelayan.

Nah, biasanya saat kita mengunjungi tempat wisata, akan ada spot yang paling direkomendasikan. Kalau di Pangandaran sendiri, ada 3 spot; Pantai Pananjung, Pantai Timur dan tempat berbelanja souvenir. Kalau kamu ingin menginap, kamu bisa mendirikan atau tenda. Atau menyewa penginapan di sekitar pantai. Harga murah hingga paling mahal, tentunya ada. Jadi kamu bisa sekali menyesuaikan dengan budget yang sudah ditentukan.

Sementara itu, untuk rute perjalanan menuju Pantai Pangandaran akan tergantung dari mana kamu berangkat. Bila titik keberangkatan dari Jakarta, kamu bisa naik bus dari kampung rambutan, langsung menuju Pangandaran. Ada bus AC, ada juga non AC dengan waktu tempuh kurang lebih 7 jam bila perjalanan lancar.

Curug Cibeureum, Bogor

Curug Cibeureum, Bogor

Dari Bandung Selatan, kita beralih ke Bogor yang masih ada di daerah Jawa Barat. Di Bogor kamu bisa mengunjungi wisata alam Curug Cibeureum, atau kalau dalam Bahasa Indonesia sih Air Terjun Cibeureum. Objek Wisata Jawa Barat ini, berada tepat di Kawasan Taman Nasional Gunung Gede. Sehingga kalau kamu memang senang mendaki, kamu bisa langsung saja mendaki setelah dari Curug. Tapi untuk menuju puncak Gede dan melakukan perjalanan, tentunya bisa memakan waktu sampai 2 hari.

Kembali lagi ke Curug Cibereum. Di sini kamu bisa menikmati kesegaran udara alam yang masih terjaga. Saat perjalanan menuju Curug pun, kamu bisa menikmati keindahan alam langsung dari dekat. Jarak tempuh menuju Curug kurang lebih 2.7 km, biasanya memakan waktu 1 jam dengan jalan santai. Tidak perlu takut tersesat, karena sudah ada jalur khusus untuk menuju Curug. Sampai di Curug, jangan lewatkan untuk menikmati kesegaran air curugnya ya.

Gunung Gede

Gunung Gede

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya. Kalau Gunung Gede masih satu Kawasan dengan Curug Cibeureum. Sehingga kalau kamu mau langsung mendaki setelah menikmati air terjun, bisa terus melanjutkan perjalanan saja.

Sekilas tentang Gunung Gede. Ini adalah salah satu tempat wisata terindah di Jawa Barat dan termasuk gunung berapi yang masih aktif. Ketinggiannya mencapai 2.958 Mdpl. Kondisi alamnya masih asri dan terjaga, tak heran kalau udaranya pun masih sangat sejuk. Saat melakukan perjalanan menuju puncak, kamu akan disambut oleh rimbun pepohonan seperti hutan pada umumnya.

Sebelum benar-benar mencapai puncak, kamu akan disambut dengan padang Edelweis. Tepatnya pada ketinggian 2.750 Mdpl. Banyak pendaki yang menggelar tenda dan bermalam di sini. Bagi yang senang berfoto, tentu Eidelweis bisa jadi spot paling menarik. Tapi kamu harus hati-hati ya, jangan sampai sengaja memetik bunga ini, karena itu termasuk larangan saat mendaki ke Gunung Gede.

Bila sudah sampai di puncak, kamu juga akan melihat pemandangan kawah Merapi Gunung Gede. Karena aroma belerangnya cukup menyengat, sangat dianjurkan untuk menggunakan masker ya. Kamu juga harus berhati-hati untuk menghindari kecelakaan selama di puncak.

Nah, bagi kamu yang memang berniat untuk sampai puncak, ada beberapa peralatan dan perlengkapan yang wajib dibawa. Makanan dan minuman secukupnya, tenda, matras, pakaian ganti, jaket, sarung tangan, masker, jas hujan atau ponco, senter, botol air minum, dan obat-obatan.

Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu

Tempat rekreasi di Jawa Barat yang bisa dikunjungi oleh siapa saja selanjutnya adalah Tangkuban Perahu. Berlokasi di Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Lebih tepatnya berjarak 20 km dari Kota Bandung. Destinasi wisata ini menjadi sangat popular karena beberapa alasan.

Pertama, konon katanya Tangkuban Perahu ini ada karena sebuah kisah yang sangat legendaris dan sudah banyak diketahui. Yaitu tentang Sangkuriang yang jatuh cinta pada ibunya sendiri, Dayang Sumbi. Dimana saat itu, Sangkuriang bersikeras untuk menikahi Dayang Sumbi. Namun tentunya tidak mudah, sebab Dayang Sumbi memberikan syarat yang tidak akan bisa terpenuhi, yaitu membuat perahu dalam waktu 1 malam.

Karena syarat yang diberikan tidak bisa terpenuhi, akhirnya Sangkuriang kesal dan menendang perahu yang masih dalam proses pembuatan. Perahunya terbalik lalu berubah menjadi sebuah gunung. Tidak heran kalau dinamakan Tangkuban Perahu. Tangkub dalam Bahasa Indonesia artinya terbalik dan parahu artinya perahu.

Alasan lain kenapa Tangkuban Perahu menjadi wisata favorit yaitu karena pesona kawah ratunya. Kamu bisa melihat pemandangan kawah seperti mangkuk raksasa. Selain kawah ratu, ada juga kawah domas yang jaraknya 1.2 km dari Tangkuban Perahu. Karena bau belerangnya cukup menyengat, jangan lupa membawa masker penutup hidup ya.

Bila kamu membawa anak kecil, usahakan harus tetap berada di bawah pengawasan mu. Jangan membiarkannya berjalan-jalan sendirian, apalagi saat berada dekat Kawasan kawah.

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan

Wisata Jawa Barat, Gunung Papandayan. Mempunyai ketinggian hingga 2.665 Mdpl sehingga sangat ramah untuk para pendaki pemula. Jalannya juga sudah dibuat rapi, bahkan hingga memasuki pintung pendakian pun, jalan yang ditempuh sudah terbuat dari aspal dan sangat mudah untuk dilalui oleh siapapun. Biasanya para pendaki bisa menghabiskan waktu perjalanan selama 2 sampai 3 jam.

Ada beberapa pesona alam yang bisa kamu dapatkan saat mengunjungi Papandayang, yaitu:

  • Kawah Belerang

Sama seperti gunung berapi yang aktif pada umumnya. Papandayan mempunyai pesona kawah aktif yang hingga sekarang masih mengeluarkan asap dari belerang. Kawahnya tidak terlalu luas dan sudah dibatasi oleh pembatas, menandakan bahwa pengunjung harus berhati-hati dan dilarang melewati batas karena berbahaya.

  • Padang Edelweis

Selain kawah belerang, pesona alam lain yang ada Papandayan adalah padang edelweiss. Khususnya di Tegal Alun, kamu bisa menikmati hamparan pemandangan edelweiss. Hal yang perlu diingat, kamu jangan memetik edelweiss sembarangan ya.

  • Hutan Mati

Hutan mati adalah ikon khas dari papandayan. Banyak pengunjung yang berfoto di hutan mati karena memang background alam yang sangat mendukung. Akan terlihat pemandangan pohon cantigi yang sudah mati dan hanya menyisakan batang kering menciptakan keindahan alamnya tersendiri.

Di samping itu, kalau saat mendaki gunung lain kamu akan kesulitan menemukan toilet. Maka berbeda dengan Papandayan, beberapa toilet sudah dibangun untuk wisatawan yang berkunjung. Jadi, untuk kamu yang ingin menikmati pendakian santai dan bisa dilalui oleh pemula, yuk ke Papandayan.

Taman Safari

Taman Safari

Tempat liburan di Jawa Barat, bernuansa alam yang bisa dikunjungi saat berwisata dengan keluarga adalah Taman Safari. Kawasan yang memang dibuat khusus untuk penangkaran satwa liar. Kemudian dikembangkan menjadi lokasi wisata yang boleh dikunjungi siapa saja.

Kamu bisa bersafari menggunakan mobil, melihat satwa liar yang tidak dikurung. Kamu bisa memilih, mau naik mobil pribadi atau naik bus yang sudah disediakan. Selain melihat satwa liar, kamu juga bisa menikmati beberapa wahana permainan seperti roller coaster, dan yang lainnya. Kalau ingin berkeliling sambil menunggangi kuda atau gajah juga bisa kamu lakukan, namun tentunya akan ada biaya tambahan untuk melakukan aktifitas tersebut.

Curug Cikaso

Curug Cikaso

Curug Cikaso, merupakan tempat wisata terindah di Jawa Barat, tepatnya yang ada di daerah Sukabumi, Dusun Ciniti, Cibitung. Menyuguhkan pemandangan 3 air terjun sekaligus, sehingga curug Cikaso menjadi salah satu curug yang alirannya cukup deras. Air mengalir dari hulu menuju daerah Sukabumi Utara.

Sayangnya, Cikaso belum banyak dikenali oleh wisatawan. Padahal disini kamu bisa menikmati keindahan alam dan kesegaran air, sekaligus bermain arung jeram. Namun tidak bisa dilakukan sendiri ya, kamu harus didampingi oleh ahli. Tentunya juga yang sudah memahami bagaimana kondisi arus di sepanjang sungai Cikaso.

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Cikaso, ada beberapa tips untuk kamu. Pertama, jangan berkunjung saat musim hujan untuk menghindari aliran air yang sangat deras dan kondisi jalan yang licin. Kedua, pastikan kalau kamu menggunakan sepatu gunung. Ketiga, bawalah jas hujan dan pakaian ganti. Keempat, bila berkunjung dengan keluarga dan membawa anak kecil, kamu harus mengawasinya secara ekstra.

Curug Puncak Manik

Curug Puncak Manik

Destinasi Wisata Jawa Barat yang masih berada di Sukabumi selanjutnya adalah Curug Puncak Manik. Keindahan alam yang bisa kita lihat dari Bukit Panenjoan membuat Curug Puncak Manik menjadi sangat viral. Tidak heran kalau banyak wisatawan muda berkunjung. Tujuannya, tentu untuk menikmati air terjun sekaligus mengambil gambar yang instagramable banget.

Nah, untuk kamu yang ingin berkunjung ke Curug Puncak Manik, kamu harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 1 jam. Sehingga jangan lupa untuk membawa bekal minuman atau makanan secukupnya. Sebab kamu tidak akan menemukan penjual makanan bila sudah sampai di area curug,

Situ Patenggang

Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang, merupakan tempat rekreasi di Jawa Barat yang jaraknya kurang lebih 7 km dari Kawah Putih. Di sini kamu bisa menikmati suguhan pemandangan alam yang sangat terjaga. Kamu juga akan melihat hamparan kebun teh hijau yang biasa dijadikan sebagai objek foto.

Kamu tidak bisa berenang di situsnya, namun kamu bisa mengelilingi situ menggunakan perahu kecil. Suasana yang sejuk dan menenangkan bisa kamu nikmati selagi berada di atas perahu. Harus hati-hati juga ya agar keseimbangan perahu tetap terjaga.

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya atau biasa disingkat dengan sebutan Tahura. Berlokasi di Dago Pakar, Jawa Barat. Kesejukan udara serta pemandangan alam yang indah, membuat Tahura sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin merilekskan pikiran sejenak. Fakta lainnya, Tahura juga ternyata merupakan taman hutan raya pertama di Indonesia. Terdapat 2500 jenis tanaman di hutan ini.

Bukan hanya tanaman, namun beberapa spot wisata yang ada di dalam Tahura juga sebaiknya kamu kunjung. Ada Monumen Ir. H. Djuanda, gua jepang dan goa belanda yang memiliki sejarahnya tersendiri, air terjun dago, air terjun omas, air terjun lalay, museum dan juga prasasti.

Kamu bisa menikmati spot wisata yang ada sekaligus mengenal kembali jejak sejarah bangsa Indonesia. Khususnya saat berkunjung ke gua Jepang dan Belanda. Dimana kedua gua tersebut sudah jelas ada sejak masa penjajahan. Sangat historical sekali kan?

Kebun Teh Rancabali

Kebun Teh Rancabali

Objek wisata Jawa Barat memang kebanyakan kental akan nuansa alam. Salah satunya adalah kebun teh Rancabali. Faktanya juga Jawa Barat merupakan penghasil teh terbesar di Indonesia.

Nah, di Rancabali kamu bisa menikmati hamparan pemandangan kebun teh dan juga aneka pepohonan hijau. Selain itu, bila kamu ingin mengetahui lebih jauh mengenai teh, mulai dari proses penanaman hingga perawatan, kamu bisa melakukannya disini. Cocok sekali untuk liburan Bersama keluarga, jadi selain refreshing tentunya bisa belajar dan menambah pengetahuan.

Stone Garden

Stone Garden

Stone Garden atau Kebun Batu berada di Padalarang, Bandung, Jawa Barat. Penamaan Kawasan wisata ini karena memang sesuai dengan tempatnya. Dimana saat berkunjung, kita akan disambut oleh dataran luas yang dipenuhi bebatuan. Uniknya, bebatuan yang ada tersimpan di antara pepohonan dan rumput.

Sekilas mengenai stone garden, tempat liburan di Jawa Barat ini adalah sebuah wisata geopark yang memang terbentuk akibat sebuah danau purba. Usianya pun sudah mencapai 27 tahun lebih. Beberapa peneliti atau ilmuwan mempercayai kalau di wilayah tersebut, pernah terjadi sebuah gempa vulkanik. Sehingga terbentuklah bebatuan yang tak beraturan.

Biarpun hanya sekedar batu, tapi keunikannya mampu menarik perhatian para pengunjung. Apalagi yang menyukai fotografi. Stone garden bisa menjadi objek foto yang instagramable sekali.

Leuwi Jurig

Leuwi Jurig

Wisata Alam Jawa Barat Leuwi Jurig merupakan salah satu tempat wisata yang cukup mirip dengan Grand Canyon yang berlokasi di Amerika. Di sini, kita bisa menikmati pesona pemandangan air sungai yang sangat jernih, diapit oleh tebing bebatuan. Sehingga menciptakan kesan natural yang sangat alami. Tidak heran kalau banyak wisatawan yang datang ke Leuwi Jurig untuk sekedar berfoto karena pemandangannya yang indah.

Lokasi wisata Leuwi Jurig ini berada di Desa Bojong, Bungbulang, Garut. Akan lebih baik kalau kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju lokasi agar tidak bingung mencari kendaraan umum.

Curug Batu Templek

Curug Batu Templek

Curug Batu Templek, merupakan salah satu curug yang berlokasi di daerah Pasir Impun, Bandung Barat, Jawa Barat. Pemandangan lanskap air terjun yang unik bisa kamu nikmati. Sebenarnya, itu merupakan retakan yang disebabkan oleh lempeng bumi. Sementara letakannya tersebut juga diakibatkan karena adanya pergerakan tektonik. Akibatnya air pun keluar dari sela bebatuan, lalu ditumbuhi rumput hijau pada beberapa bagiannya. Sangat natural sekali.

Siapapun bisa mengunjungi Curug Batu Templek, termasuk kamu. Namun sangat disarankan bila ingin berkunjung, gunakan kendaraan pribadi roda rua alias motor. Sebab akses jalannya tidak terlalu besar dan masih sangat terbatas. Bahkan bila dibandingkan dengan curug lain, Batu Templek masih terbilang sepi pengunjung.

Balai Penelitian Tanaman dan Sayuran

Balai Penelitian Tanaman dan Sayuran

Balai Penelitian Tanaman dan Sayuran atau biasa disebut Balitas, merupakan sebuah Lembaga penelitian yang berlokasi di Lembang, Jawa Barat. Termasuk dalam tempat pengembangan tanaman yang terbesar di Indonesia. Karena berlokasi di dataran tinggi, tidak heran kalau Balitsa ini memiliki udara yang sejuk.

Nah, untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke Balitsa bisa datang pada pukul 08.00 s.d 17.000. Namun untuk harinya akan dibatasi ya, hanya sabtu dan minggu saja. Sementara itu untuk spot wisata favorit yang biasanya disenangi oleh wisatawan adalah pohon pinus yang berjajar rapih. Sangat instagramable untuk dijadikan objek foto.

Tebing Keraton

Tebing Keraton

Ingin menikmati pemandangan kota Bandung dari ketinggian 1.200 Mdpl? Kamu bisa coba berkunjung ke tebing keraton. Dari atas tebing, kamu akan disuguhi pemandangan alam yang indah. Salah satunya hamparan Tahura alias Taman Hutan Raya dengan latar belakang Tangkuban Perahu. Udaranya pun masih cukup sejuk, bisa membuatmu rileks sejenak.

Nah, kalau kamu ingin berkunjung ke Tebing Keraton kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan online. Kamu bisa dipandu menggunakan maps ke Kampung Pakar, Desa Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat. Bila ingin menikmati matahari terbenam, sebaiknya datang pada sore hari.

Hutan Kota Babakan Siliwangi

Hutan Kota Babakan Siliwangi

Tempat liburan di Jawa Barat yang berlokasi di Bandung memang cukup banyak. Apalagi yang bernuansa alam, dari alam hingga buatan seperti Hutan Kota Babakan Siliwangi. Berlokasi di Jalan Tamansari Nomor 73, sudah ada sejak masa penjajahan Belanda. Artinya bukan hanya nuansa alam yang bisa dinikmati namun kita juga bisa flashback pada rekam jejak sejarah yang ada.

Di Hutan Kota Babakan Siliwangi ini terdapat beraneka macam satwa jinak yang hidup bebas. Ada juga berbagai macam spesies tanaman. Beberapa organisasi atau Lembaga tertentu biasanya menjadikan Babakan Siliwangi sebagai tempat untuk melakukan kegiatan outdoor.

Kampung Batu

Kampung Batu

Kampung Batu adalah salah satu tempat pariwisata di Jawa Barat yang juga bernuansa alam. Sangat cocok untuk dikunjungi Bersama keluarga, apalagi bila membawa anak-anak. Selain berlibur, anak-anak bisa juga belajar untuk lebih mandiri dengan melakukan aktivitas outbound. Ya, ini karena fasilitas outbound di Kampung Batu bisa dan aman dinikmati oleh anak. Mulai dari flying fox, loop bridge hingga Panjang dinding ada di sini.

Selain outbound, ada juga area kolam renang yaitu Tektona Waterpark. Kamu bisa menikmati air kolam dengan adrenaline ombak buat, ada juga arus buat. Kalau tidak mau berenang, kamu bisa coba aktifitas lain, yaitu memancing di danau yang ada di Kampung Batu. Ada juga aktivitas Bertani atau berkebun yang bisa dilakukan anak-anak. Liburan jadi semakin menyenangkan dan bermanfaat sekali kan?

Bila kamu merasa lelah dan lapar, kamu bisa langsung saja istirahat di Restoran Dapur Neng. Ada berbagai macam aneka makanan khas sunda yang bisa kamu nikmati.

Nah, di samping fasilitas wahana permainan yang ada. Kampung Batu juga merupakan habitat dari beberapa fauna jinak seperti Kelinci, Rusa, dan juga Marmut.

Arung Jeram Cikapundung

Arung Jeram Cikapundung

Lokasi wisata Jawa Barat yang terakhir dan sangat wajib kamu kunjungi adalah Arung Jeram Cikapundung. Cocok sekali untuk kamu yang seang memacu adrenaline dan bermain air. Panjang sungainya mencapai 28 km, namun untuk arung jeram hanya digunakan 4 km saja. Mulai dari Kampung Padi hingga berakhir di dekat air PDAM Sabuga.

Bukan hanya arung jeram saja. Kamu juga bisa coba melakukan river board, menaiki papan karet perorangan. Tentunya tidak kalah memacu adrenaline seperti arung jeram biasanya ya. Kamu akan mengapung pada sebuah papan karet mengikuti arus sungai Cikapundung. Selama menyusuri sungai, kamu akan disuguhi pemandangan alam dan udara yang cukup sejuk.

Ada beberapa tips saat akan bermain arung jeram. Pertama, siapkan fisik sebab kamu akan banyak bersentuhan dengan air. Kedua, bawa pakaian gantinya, karena nanti pakaianmu akan basah. Terakhir, biarpun arung jeramnya dinilai aman namun kamu juga harus tetap berhati-hati dengan menggunakan pelampung.

Nah, itulah 21 tempat wisata di Jawa Barat yang wajib kamu kunjungi. Sebelum berlibur jangan lupa siapkan budget liburan mu ya, jangan sampai kehabisan di jalan. Tentukan juga lokasi tujuannya agar kamu bisa tau nantinya akan menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Karena beberapa tempat ada yang dianjurkan menggunakan kendaraan pribadi alasannya tentu karena angkutan umum yang sangat jarang ditemukan. Terakhir, bila berniat untuk menginap, cobalah untuk mencari penginapan secara online terlebih dahulu agar memastikan perjalananmu bisa terlaksana tanpa ada hambatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *