10 Tempat Wisata Di Jawa Tengah Paling Hits dan Bersejarah

Posted on

Indonesia merupakan negara kepulauan yang menyimpan banyak keistimewaan, khususnya dari segi potensi wisata. Tiap daerah di Indonesia kerap menonjolkan keunikan masing-masing. Seperti tempat wisata di Jawa Tengah yang terkenal akan Bahasa Jawa yang sangat kental plus keindahan alamnya. Nggak heran kalau daerah ini mampu menarik banyak perhatian wisatawan mancanegara maupun asing.

Tempat Wisata di Jawa Tengah

Nah, kalau kamu lagi merencanakan waktu liburan dan mencari tempat wisata di Jawa Tengah paling hits untuk dikunjungi, artikel ini sangat cocok jadi rujukan. Sebab kamu akan mendapatkan informasi yang kamu butuhkan. Yuk, langsung saja simak ulasan berikut ini.

Candi Borobudur

Candi Borobudur

Tempat wisata di Pulau Jawa paling hits pertama adalah Candi Borobudur. Tidak hanya sekedar hits, namun Borobudur juga masuk dalam jajaran 7 keajaiban dunia. Ini karena dipengaruhi oleh arsitektur bangunan serta sejarahnya. Wah, bangga banget nggak sih ternyata Indonesia memiliki aset wisata yang patut dibanggakan. Bahkan mereka yang datang ke sini tidak hanya wisatawan lokal saja namun ada banyak wisatawan asing juga.

Lokasinya sendiri berada di Jalan Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Borobudur sendiri merupakan candi peninggalan agama Budha dan termasuk dalam kuil Budha terbesar di dunia. Terdiri atas 6 teras yang berbentuk bujur sangkar, dimana pada bagian atasnya terdapat 3 pelataran yang melingkar. Di bagian dindingnya terdapat kurang lebih 2.672 panel relief dengan 504 arca Buddha. Borobudur juga merupakan kuil yang memiliki relief Buddha terlengkap dan terbanyak sedunia.

Bagian stupa utama yang terbesar berada di tengah sekaligus menjadi mahkota bangunan ini. Lalu dikelilingi oleh 3 barisan melingkar yakni 72 stupa berlubang yang bagian dalamnya ada archa Buddha yang sedang duduk bersila dalam posisi Teratai sempurna.

Kalau kamu tertarik datang ke sini, kamu bisa datang hari apa saja karena memang dibuka setiap hari. Namun tentunya kalau saat akhir pekan dan hari libur khusus, Borobudur akan sangat dipenuhi pengunjung. Sementara untuk tiketnya sendiri dibagi menjadi beberapa kategori. Pertama tiket dewasa wisatawan lokal yaitu 50 ribu rupiah, lalu tiket anak wisatawan lokal 25 ribu rupiah, sementara tiket rombongan minimal 20 orang 25 ribu rupiah, tambahan untuk guide fee nya 100 ribu rupiah. Untuk turis asing akan dikenakan biaya yang berbeda ya.

Oya, agar kamu bisa mengikuti jejak sejarah candi Borobudur dan bagaimana kehidupan di candi ini, kamu bisa menjelajahi candi dan melihat relief dindingnya. Mulai dari bagian terbawah dengan berjalan ke arah jarum jam, dilakukan seperti itu terus sampai kamu benar-benar sampai di puncak candi.

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Selain Borobudur, wisata Jawa Tengah berbentuk candi yang sudah mendunia selanjutnya adalah Candi Prambanan atau dikenal juga dengan sebutan Candi Roro Jonggrang. Sebuah kompleks hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 Masehi. Candi ini ternyata dipersembahkan untuk trimurti yakni 3 dewa utama di agama Hindu; Brahma sebagai Dewa Pencipta, Wisnu sebagai Dewa Pemelihara dan Siwa sebagai Dewasa Pemusnah.

Lokasi Candi Prambanan berada di Jalan Raya Solo-Yogyakarta, Nomor 16, Karanggan, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Denah asli Candi Prambanan sendiri berbentuk persegi Panjang yang terdiri atas halaman luar dan 3 pelataran; Jaba atau pelataran luar, Tengahan atau pelataran tengah dan Njeron atau pelataran dalam.

Lalu bagian halaman luarnya adalah area terbuka yang mengeliling pelataran luar berbentuk bujur seluas 390 meter persegi. Dulunya, pelataran ini dikelilingi oleh pagar batu, kalau sekarang sih sudah tinggal reruntuhan saja dan sekarang hanya pelataran kosong.

Di bagian tengah pelataran luar ada pelataran kedua, yaitu pelataran tengah berbentuk persegi Panjang dengan luas 222 meter persegi. Pelataran tengah yang dulu juga dikelilingi oleh pagar batu namun sekarang sudah runtuh. Pelataran ini terdiri dari 4 teras yang berundak, makin ke dalam akan semakin tinggi.

Pada teras pertama yaitu teras paling bawah terdapat kurang lebih 68 candi kecil yang berderet dan berkeliling. Dibagi menjadi 4 baris oleh jalan penghubung antar pintu pelataran. Pada bagian teras keduanya ada 60 candi, teras ketiga ada 53 candi, teras keempat atau teratas ada 44 candi.

Seluruh candi yang ada di pelataran tengah ini memiliki bentuk serta ukuran yang sama dengan luas denah dasar 6 meter persegi dan tinggi 14 meter persegi. Kurang lebih kondisi pelataran tengah sekarang ini sudah dalam keadaan hancur dan yang tersisa hanyalah reruntuhan. Biarpun demikian, Prambanan masih menyimpan jejak sejarah perjalanan umat Hindu.

Kota Lama, Semarang

Kota Lama, Semarang

Kota Lama Semarang juga masuk dalam jajaran tempat wisata Jawa Tengah paling hits dan bersejarah. Pasalnya tempat ni merupakan pusat perdagangan pada abad ke 19-20, di masa tersebut pun dibuat sebuah benteng guna mengamankan warga dan wilayahnya.

Sementara untuk mempercepat jalur perhubungan antar 2 puntung gerbang dari benteng tersebut maka dibuatlah jalan perhubungan dengan jalan utama yang dinamai Heeren Straat, kalau sekarang Jalan Letnan Jendral Soeprapto. Salah satu pintu benteng yang ada hingga sekarang adalah Jembatan Berok atau disebut De Zuieder Por.

Pada masa itu, Pelabuhan Semarang sendiri termasuk dalam Pelabuhan terbesar di Indonesia. Banyak bangunan yang berdiri dengan megah di Kawasan Kota Lama, bangunan tersebut menjadi saksi dan bukit bahwa Semarah pernah Berjaya.

Saat berkunjung ke sini, kamu akan disambut dengan bangunan yang kental akan arsitektur era kolonial saat itu. Ada pula beberapa bangunan yang sangat ikonik seperti salah satunya adalah bangunan Gereja Blenduk yang dibangun pada abad ke 19 dan Jembatan Mberok yang dibangun pada abad ke 17.

Agar bisa masuk ke Kawasan Kota Lama Semarang kamu tidak akan dipungut biaya kok alias gratis. Namun kalau ingin menikmati beberapa fasilitas yang sudah disediakan kamu tentu akan dikenakan biaya, seperti sewa sepeda onthel, sewa vespa, masuk ke museum 3D, dan fasilitas lainnya.

Jadi kalau hanya ingin berfoto di depan bangunan yang unik saja, kamu bisa berkeliling sampai puas di sekitar Kota Lama tanpa harus mengeluarkan biaya.

Lawang Sewu

Lawang Sewu

Next, masih berada di Semarang. Selain Kota Lama,  ada tempat di jawa tengah yang hits lainnya dan menjadi ikon yaitu Lawang Sewu. Selain karena sejarahnya, Lawang Sewu juga terkenal karena keangkerannya. Seba dulunya tempat ini sempat dijadikan sebagai penjara pada masa penjajahan Jepang, ada banyak tahanan yang disiksa dengan sangat kejam. Tapi tenang saja, kejadian tersebut hanya tinggal sejarah saja.

Keunikan Lawang Sewu bisa terlihat dari desain arsitekturnya yang bergaya Eropa. Bahkan untuk bahan bangunannya sendiri didatangkan langsung dari Eropa. Di bagian halaman Gedung terdapat sumur tua yang konon kerap terdengar suara teriakan, ketakutan dan kesakitan. Ada pula sebuah penjara dan bunker yang mempunyai Lorong.

Disamping keangkerannya, Lawang Sewu memang memiliki bentuk bangunan yang keren dan khas. Tak heran bila beberapa orang kerap melakukan foto pre-wedding di sini.

Gumuk Pasir, Jogja

Gumuk Pasir, Jogja

Destinasi wisata Jawa Tengah Gumuk Pasir berada di Jalan Pantai Parangkusumo Rt 10, Grogol 10, Kretek, Parangtritis, Pantai Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Situs Parangtritis Geomaritime Science Park menunjukkan bahwa Gumuk Pasir Parangkusumo termasuk dalam jenis gumuk pasir pesisir atau coastal dunes. Dimana gumuk pasirnya berada di seluruh garis lintang di dunia, dari kutub sampai khatulistiwa.

Sementara di Asia Tenggara hanya ada 3 coastal dunes yang berada di 3 negara yaitu Filipina, Vietnam dan Indonesia. Nah, di Indonesia sendiri ada beberapa gumuk pasir, memanjang di selat Jawa. Namun untuk pembentukan yang signifikan ada di Jogja.

Biarpun sudah tersebar di Indonesia, Vietnam dan Filipina namun hanya Gumuk Pasir yang ada di Jogja saja yang dijadikan sebagai lokasi sandboarding. Dengan biaya 70 ribu rupiah saja, para pengunjung sudah bisa menyewa papan sandboarding. Bahkan harga tersebut pun sudah termasuk pemandu yang siap mengajarkanmu meluncur dari gundukan pasir.

Nah, buat kamu yang suka berfoto dengan objek yang keran, tempat ini benar-benar bisa jadi pilihan. Dijamin deh, alih-alih di Jogja kamu malah terlihat seperti sedang berada di gurun pasir luar negeri.

Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng sudah sangat terkenal sekali dan termasuk dalam wisata terindah di Jawa Tengah. Bukan tanpa alasan, saat ke dieng para pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan alam indah dan udara menyejukkan. Hawanya pun cukup dingin membuat siapapun yang datang ke sini harus menyiapkan pakaian hangat.

Dan tau nggak sih, kalau Dieng sendiri merupakan Kawasan pusat di Jawa Tengah yang mempunyai ciri khas dari segi geologi, sejarah serta pertaniannya. Diapit oleh jajaran perbukitan pada sisi utara dan selatan.

Saat berkunjung ke Dieng, mungkin kamu akan merasa bingung tempat mana yang akan dikunjungi lebih dulu. Pasalnya, wilayah dataran tinggi Dieng ini cukup luas dan banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Ada telaga warna, telaga pengilon, puncak prau, dan lain-lain. Ya minimal kalau memang ingin ke Dieng kamu bisa liburan selama 1 minggu penuh.

Untuk soal penginapan, kamu bisa menentukan sesuai budget yang kamu miliki. Ingin sederhana atau mewah? Atau justru ingin menyatu dengan alam, mendirikan tenda di atas puncak gunung prau yang ada di Dieng? Tentukan dulu ya sebelum liburan ke sini.

Baturraden

Baturraden

Wisata alam Jawa Tengah yang tak kalah menarik selanjutnya adalah Baturraden. Lokawisata ini berada di sebelah selatan Gunung Selamat, tak heran kalau udaranya sangat sejuk dan cenderung bertambah dingin saat malam hari. Panorama alam yang indah pun akan semakin membuatmu betah liburan di Baturraden.

Untuk menuju Baturraden juga terbilang mudah. Kamu bisa naik kendaraan pribadi atau umum, paling nyaman sih memang pribadi. Bila dari purwokerto, jarak yang ditempuh kurang lebih 15 km, saat kondisi jalan lancar bisa ditempuh dalam waktu 15 menit. Sementara itu kalau ingin menggunakan kendaraan umum, kau bisa naik angkutan kota dari terminal di Purwokerto dan turun di terminal lokawisata Barturraden. Kalau ingin lebih praktis bisa naik taksi.

Beberapa lokasi wisata di Baturraden yang bisa kamu jelajahi antara lain Pancuran Pitu Baturraden, Pancuran Telu, Bumi Perkemahan, Kaloka Widya Mandala dan yang lain-lain. Sepertinya sih kalau datang ke Baturraden tak akan cukup 1 hari, jadi sebaiknya kamu rencanakan untuk liburan dalam waktu beberapa hari.

Karimun Jawa

Karimun Jawa

Apakah Karimun Jawa termasuk dalam tempat wisata jawa tengah terbaru? Sepertinya tidak juga, sebab popularitas Karimun Jawa sudah sejak dulu. Dimana tempat wisata ini merupakan sebuah kepulauan yang berada di laut Jawa dan termasuk dalam Kawasan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Luas daratannya mencapai kurang lebih 1.500 hektar dengan perairan kurang lebih 10 ribu hektar.

Kekayaan alam bawah laut dan keindahan pantai di Karimun Jawa menjadi salah satu daya tarik. Bahkan tak sedikit para backpacker sengaja berlibur ke sini dalam waktu yang cukup lama. Soal penginapan, tak perlu khawatir, sebab ada banyak tempat menginap yang disewakan mulai dari harga ekonomis hingga high class. Kamu tinggal pilih yang sesuai budget saja. Atau kalau ingin mendirikan tenda di bibir pantainya juga tak masalah.

Umbul Ponggok

Umbul Ponggok

Umbul Ponggok jawa tengah tempat menarik yang bisa kamu datangi untuk mengisi waktu liburan. Apalagi kalau kamu senang dengan tempat-tempat unik. Pasalnya Umbul Ponggok ini adalah wisata air yang memfasilitasi para pengunjung untuk snorkeling bahkan bisa dibilang wajib banget sih.

Sebab saat snorkeling kalau biasanya yang akan dilihat adalah ikan, di sini kamu akan melihat pemandangan furniture, alat elektronik hingga perkakas rumah tangga. Super unik sekali deh pokoknya!

Air dari kolam Umbul Ponggok pun berasal dari mata air alami, kondisinya masih sangat jernih biarpun dasar kolamnya berpasir. Sesekali mungkin kamu akan melihat ikan-ikan kecil.

Lokasi Umbul Ponggok berada di Jalan Delanggu-Polanharjo, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Harga tiket masuknya hanya 15 ribu saja per orang. Namun tidak termasuk paket penyewaan alat snorkeling, kamera bawah air dan paket diving ya.

Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong

Tempat Wisata di Jawa Tengah paling terakhir adalah Pantai Karang Bolong, salah satu pantai yang menjadi ikon Jawa Tengah. Awalnya pantai ini berlokasi di ruas jalan utama Anyer-Carita yang dikenal sebagai nama Pantai Karang Suraga.

Saat berkunjung ke sini, kita bisa melihat pasir hitam campuran, ada yang kasar dan ada pula yang halus. Berbagai macam aktivitas hiburan saat berada di pantai bisa kamu lakukan seperti berkeliling menggunakan sepeda, berjemur, berenang di pantai, dan banyak lagi.

Sebaiknya kamu jangan lewatkan untuk berkunjung ke goa yang ada di Karang Bolong ya, goa ini terkenal akan sarang burungnya. Memiliki Panjang hingga 30 meter dan lebar 10 meter.

Yuk yang kangen mantai dan kebetulan sedang berada di Jawa Tengah, datang saja ke Pantai Karang Bolong.

Bagaimana, sudah puas dengan ulasan potensi wisata di Jawa Tengah? Untuk explore jawa tengah memang tak akan puas kalau hanya 1 tempat saja. Sebab ada banyak sekali tempat wisata di Jawa Tengah yang harus kamu jelajahi. Mulai dari keajaiban dunia, hingga tempat wisata alamnya, dijamin nggak akan mengecewakanmu. So, nggak usah ragu untuk berkunjung ke sini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *