27 Tempat Wisata di Jawa Timur Paling Direkomendasikan

Posted on

Berwisata di Jawa Timur jangan sampai tidak tahu apa saja tempat wisata di Jawa Timur. Jawa Timur memang cukup luas sehingga banyak wisata yang bisa ditemukan di setiap kabupaten. Entah itu wisata alam yang sudah terkenal skala internasional hingga peninggalan zaman kerajaan Nusantara, masih ada juga wisata-wisata buatan di zaman modern.

Beberapa objek wisata di Jawa Timur yang akan dibahas dalam daftar ini adalah Taman Nasional Meru Betiri, Teluk Biru,Teluk Kletekan, Pulau Bawean, Gili Labak, Pantai Rowo Indah, Pantai Banyu Tibo, Pantai Kedung Tumpang, Pantai Jonggring Saloko, Pantai Sukamade, Taman Nasional Baluran, Taman Wisata Gunung Bromo, Air Terjun Coban Rondo, House Of Sampoerna, Candi Penataran, dan masih banyak lagi.

Tempat Wisata di Jawa Timur

Di bawah ini akan dibahas satu per satu supaya Anda bisa menemukan tempat wisata di Jawa Timur mana saja yang terbaik bagi Anda.

Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri

Objek wisata Jawa Timur yang pertama adalah Taman Nasional Meru Betiri, akan ada banyak wisata-wisata di dalam taman nasional ini. Namun secara keseluruhan, Taman Nasional Meru Betiri adalah kawasan alam yang indah sehingga direkomendasikan. kebanyakkan memang santai, namun Anda juga bisa menikmati kawasan wisata yang wujudnya daratan.

Beberapa fauna yang berhabitat asli di taman nasional ini antara lain landak, kera ekor panjang, dan ajak, dan penyu. Juga ada beberapa flora Langkah di dalamnya, salah satunya adalah Balanophora fungosa.

Dengan topografi yang agak rumit, wisata alam Jawa Timur ini memiliki dataran, bukit, pegunungan, hingga pantai-pantai tersembunyi yang beberapa diantaranya akan dibahas di daftar selanjutnya. Saking luasnya, taman nasional ini berada di tiga kabupaten sekaligus, diantaranya Kabupaten Jember, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Pesanggaran.

Teluk Biru

Teluk Biru

Dinamai seperti namanya, tempat wisata di Pulau Jawa ini berwujud sebuah teluk dengan pemandangan alam yang cantik dan air pantai yang berwarna biru jernih. Ada dua jalur yang bisa dipilih untuk datang ke wisata alam Jatim ini, yaitu dengan melakukan trekking selama kurang lebih 1 jam atau naik kapal menghadapi ombak selama kurang lebih 15 menit.

Seperti hidden gems nya Jawa Timur, Anda tidak akan dikecewakan dengan pemandangannya. Teluk Biru juga biasa disebut dengan nama Selanggrong, semua warga lokal di sekitarnya tahu wisata ini. Lokasinya berada di Senggrong, Purworejo, Kabupaten Banyuwangi. Teluk ini masih berada dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo.

Teluk Kletekan

Teluk Kletekan

Masih dengan wisata alam Jatim berupa teluk, Teluk Kletekan menjadi salah satu surga bagi siapa saja yang suka snorkeling atau diving. Sebab memang di dalam kawasan Pantai Kletekan ada banyak flora dan fauna yang unik untuk diamati. Dengan demikian, sengaja menyewa peralatan menyelam atau membawanya dari rumah tidak akan mengecewakan setelah digunakan masuk di dalam perairannya.

Jika tidak untuk melakukan dua aktivitas tersebut, Anda juga bisa bersantai di pinggirannya dengan menikmati pemandangannya yang tak kalah menarik dengan pantai-pantai lain.

Pulau Bawean

Pulau Bawean

Pulau Bawean sudah cukup menjadi salah satu surga di Provinsi Jawa Timur. Dengan pemandangannya yang cantik dan nuansanya yang sangat tropis, ada danau di dalamnya tempat di mana para wisatawan bisa menikmati air, seperti misalnya berenang.

Secara keseluruhan, pinggiran pulau ini dikelilingi pasir pantai yang putih bersih. Diperlukan perjalanan menggunakan perahu atau kapal dari pulau utama untuk bisa sampai.

Gili Labak

Gili Labak

Gili Labak berada di Pulau Poteran, masih berada di kawasan Provinsi Jawa Timur. Sangat cantik pemandangannya, juga bisa melakukan apa saja di kawasan wisata ini. Pantai yang bersih airnya, tidak ada ombak tinggi nan besar, dan dilengkapi dengan pepohonan sebagai pembukanya.

Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo

Sepertinya deretan pantai memang jadi pilihan yang banyak sehingga Anda bisa bebas memilihnya. Jika dibahasakan bahasa lokal, arti dari kata ‘banyu tibo’ adalah air yang jatuh. Semakin wajar karena pantai ini memang memiliki air terjun yang tidak terlalu tinggi. Pantai ini berada di Kabupaten Pacitan.

Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang

Berada di Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, juga jangan sampai tidak mampir kesini jika Anda di Jawa Timur. Pantai ini menyuguhkan hal berbeda dari pantai pada umumnya. Minim pasir, namun banyak bebatuan yang indah.

Pantai Jonggring Saloko

Pantai Jonggring Saloko

Apa yang menarik di Pantai Jonggring Saloko adala pantai dengan batu yang sangat besar sehingga siapa saja bisa naik ke atasnya. Setelah naik di batu ini, pengunjung bisa merasakan langsung sisa-sisa ombak yang menghantam batu ini. menyegarkan dan menyenangkan, lokasinya objek wisata alam Jatim ini di Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

Pantai Klayar

Pantai Klayar

Mungkin Anda sudah pernah mendengar nama pantai ini, atau mungkin sudah cukup sering mendengarnya? Wajar saja, sebab Pantai Klayar menjadi salah satu pantai yang sudah eksis sejak lama di Jawa Timur. Rasanya kurang jika berwisata alam di Jawa Timur namun belum mampir ke pantai ini.

Dari segi ukuran, pantai ini memang luas dengan bibir pantai yang panjang. Ada teluk dengan ukuran kecil di sana sehingga wisatawan bisa menikmati perairan lautnya dengan lebih dekat. Warna pasirnya coklat muda, dan memiliki air yang masih jernih. Jangan lupa bawa perlengkapan mandi karena mungkin Anda tertarik untuk bermain air di sana. Lokasinya ada di Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.

Pantai Gondo Mayit

Pantai Gondo Mayit

Selanjutnya adalah Pantai Gondo Mayit, pantai yang berada di Desa Tambak Rejo di Kabupaten Blitar. Pantai ini sangat tropis jika dilihat dari atas, sebab gradasi warna yang ada diwujudkan dari tanaman dan pepohonan di kawasan sebelum pantai, kemudian warna coklat karena pasir pantainya, dan diakhiri dengan gradasi warna biru dari perairannya.

Warna coklat di pasirnya adalah coklat muda, sangat eksotis. Nama pantai ini jika dibahasakan bahasa lokal adalah ‘pantai bau mayat’, semakin manis saja sensasinya karena sudah diperingatkan di awal bahwa pantai ini memiliki ombak yang berbahaya. Wajar saja, saat Anda di sana nanti akan melihat ombak-ombak yang tinggi dan besar bersahutan.

Pantai Sukamade

Pantai Sukamade

Daftar wisata di Jawa Timur ini masih dengan wisata pantai. Bedanya, pantai ini membutuhkan niat, tenaga, dan kemauan untuk melakukan perjalanan menantang pada pengunjungnya. Meskipun perjalanan dari tempat parkir ke pantai cukup menantang, setelah sampai akan terjawab sudah lelahnya karena disajikan pemandangan pantai yang sangat cantik.

Namun ada hal lainnya yang lebih menarik di pantai ini. Pantai Sukamade adalah tempatnya para penyu menetas dan membuat rumah di daratan. Untuk bisa melihat populasinya wisatawan harus datang pada malam hari. Namun itu pun tidak boleh sembarangan, karena sinar lampu dari senter akan membuat penyu-penyu stres dan akhirnya bersembunyi.

Kalaupun tidakmemungkinkan untuk masuk antai di malam hari, tenang saja karena Anda juga bisa masuk kesana di pagi, siang, atau sore hari. Sebab yang ditawarkan adalah pemandangan pantai cantik dengan ombak yang pas-pasan. Lokasinya ada di dalam Taman Nasional Meru Betiri, namun tepatnya berada di Jalan Sukamade Nomor 99, Dusun Sukamade, Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Pantai Plengkung

Pantai Plengkung

Warga Indonesia, termasuk Anda, jangan sampai tidak tahu dengan salah satu wisata alam Jatim pantai yang sudah dikenal warga Internasional. Pantai Plengkung memiliki ombak yang tinggi sehingga biasa dijadikan lokasi lomba berselancar tingkat mancanegara. Banyak atlet selancar di luar negeri yang sudah tahu betul bagaimana serunya berselancar di pantai ini. Pada suatu masa, pantai ini bisa memberikan ombak hingga setinggi 9 meter.

Nama lain dari Pantai Plengkung adalah G-Land, dan nama inilah yang paling diketahui orang dari luar. Sebab, ombak-ombak dari pantai ini bisa membentuk huruf G. Selain menyajikan ombak yang besar dan tinggi, Anda tetap bisa berlibur di sini meskipun tidak untuk berselancar. Alasannya, pantai ini juga menyediakan bibir pantai yang bersih, masih alami dengan pepohonan dan tanaman yang ada di sekitarnya. Untuk lokasinya, pantai ini merupakan salah satu pantai yang berada di Taman Nasional Alas Purwo yang berada di dalam Kabupaten Banyuwangi.

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran sebagai wisata di Jawa Timur terlalu cantik untuk tidak dikunjungi, apalagi bagi para wisatawan domestik, harus sesekali mampir ke salah satu wisata terindah ini. Taman nasional ini memiliki luas hingga 25 ribu hektar. Tentu apa yang ada di dalamnya sangatlah beragam, baik itu flora maupun fauna.

Salah satunya adalah Gunung Bauran, juga ada kawasan mangrove sebagai kawasan basah dan memiliki hawa yang lebih menyegarkan daripada bagian lainnya. Beberapa fauna yang tinggal di sini antara lain banteng, macan tutul, rusa, kijang, anjing hutan, dan kerbau liar.

Untuk berwisata yang aman, Anda bisa langsung mengunjungi pos-pos yang disediakan. Pos wisata yang di dalamnya terdapat habitat rusa, ayam hutan, dan merak. Taman nasional ini berada di Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Taman Wisata Gunung Bromo

Taman Wisata Gunung Bromo

Namanya Taman Wisata Gunung Bromo, sehingga di dalamnya masih ada wisata-wisata yang lebih spesifik untuk dipilih. Adapun beberapa spot wisata yang ada di dalam kawasan Taman Wisata Gunung Bromo antara lain Bukit Cinta, Bukit Kingkong, Bukit Teletubbies, Pura Luhur Poten, Pasir Berbisik, Kawah, Desa Ngadisari,dan beberapa penanjakan.

Semuanya merupakan bentang alam, sehingga di mana saja Anda memilih tetap akan mendapatkan spot foto yang berlatar belakang alam dan memiliki udara yang menyegarkan. Untuk bisa berfoto-foto dengan kuda dan berlatar belakang gunung yang megah, Anda bisa memilih Pasir Berbisik sebagai destinasinya.

Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo

Sudah sering mendengar nama Ranu Kumbolo? Ranu Kumbolo juga menjadi referensi wisata alam di Jawa Timur karena kecantikannya. Lebih tepatnya, wisata ini sebenarnya merupakan surganya para pendaki. Pendaki mana saja dari Indonesia yang ingin mendapatkan surga ini harus bersedia mendaki Gunung Semeru, sebagai salah satu gunung di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Ranu Kumbolo sendiri merupakan sebuah danau yang berada di atas Gunung Semeru, salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa. Karena berada di atas, pemandangannya sangat lah cantik, seperti halnya danau yang berada di antara perbukitan. Bagi para pendaki, Ranu Kumbolo adalah destinasi untuk mendirikan tenda dan bermalam disana. Anda yang bukan seorang pendaki tetap bisa-bisa saja menikmati wisata ini, nantinya di pintu utama Anda bisa memulai pendakian dengan pemandu.

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Mungkin memang benar Anda sudah paham betul apa itu Kawah Ijen, namun jika belum pernah kesana coba lah untuk mampir. Sejauh ini tidak ada yang kecewa setelah mengunjungi tempat wisata Jawa Timur ini.

Untuk bisa menuju ke Kawah Ijen, harus dilakukan perjalanan menanjak terlebih dahulu. Saat perjalanan pun Anda juga bisa menikmati pemandangan bentangan alam yang cantik, dengan demikian bisa dikatakan bahwa Kawah Ijen nya adalah bonus dari perjalanan yang dilakukan. Juga bisa disebut dengan Blue Fire, sebab yang akan dilihat wisatawan di sana adalah bongkahan belerang dengan warna biru menyala di malam hari.

Memang bisa dinikmati di siang atau pagi hari, namun sinar matahari akan memancarkan cahayanya sehingga kurang cantik. Oleh karena itu wisatawan disarankan untuk memulai perjalanan di dini hari, seperti jam 1 atau 2 pagi, supaya bisa tetap menikmati kecantikan warna biru menyala di Kawah Ijen ini.

Kawah ini berada di Gunung Ijen, gunung yang berada di perbatasan antara Banyuwangi dengan Bondowoso.

Gua Gong

Gua Gong

Sesekali Anda harus mampir ke wisata yang wujudnya goa. Melihat langsung indahnya stalagmit dan stalagtit hasil dari aktivitas alam mungkin akan membuat Anda terhibur. Apalagi Gua Gong ini bukanlah gua biasa sebagai tempat wisata di Jawa Timur.

Alasan mengapa Gua Gong ini bukanlah gia biasa adalah karena merupakan gua tercantik se Asia Tenggara. Saat masuk ke pintu gua memang wisatawan akan merasakan sensasi magis, namun secara visual sangat lah cantik di dalamnya. Sebagian besar batu yang ada di dalam gua ini, yang telah terbentuk jutaan yang lalu, bisa mengeluarkan bunyi yang merdu.

Bahkan, jika sebuah gong dipukul di dalamnya, gua ini akan memberikan gema yang beraturan. Karenanya, tak heran jika gua ini pernah dijadikan lokasi konser empat negara. Gua yang cantik ini berada di Jalan Salam, Salam, Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo

Mungkin wisata berwujud pantai, gua, atau apa saja yang telah disebutkan sebelumnya bukanlah yang Anda cari dalam referensi wisata alam di Jawa Timur. Air terjun bisa jadi solusinya, rasa-rasa berlibur di air terjun memang berbeda dengan wisata lainnya. Apalagi untuk Anda yang memang suka bermain air dengan pemandangan alam sekitar, ditambah lagi butuh udara yang masih bersih karena sejauh ini sudah cukup dengan polusi udara, akan sangat menarik jika mampir ke air terjun.

Air terjun pertama yang direkomendasikan dalam daftar ini adalah Air Terjun Coban Rondo. Bisa dikatakan air terjun ini masih alami, namun juga sudah sedikit bukan karena sudah didirikan wahana-wahana yang bisa memaksimalkan pengalaman pengunjung. Meski begitu, tetap saja Anda yang butuh pengalaman berada di alam tetap akan mendapatkannya.

Ukuran air terjun ini besar dan tinggi, kawasan wisatanya pun juga cukup luas. Terkadang kera turun kesini untuk mendapatkan kesegaran air terjun. Udara di sana masih sangat menyejukkan. Namun di sisi lain Anda juga bisa menikmati mancakrida yang memberikan Anda fasilitas untuk mencoba flying fox, panjat pohon, serta banyak wahan lainnya. Alamatnya berada di Jalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur.

Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura

Air terjun berikutnya dalam daftar wisata alam Jawa Timur ini berada di Probolinggo. Di bagian pintu masuknya Anda akan menjumpai patung Gajah Mada yang cukup besar, dan hal ini bukanlah kesengajaan atau dibagun secara cuma-cuma. Kisah yang dipercayai di tengah masyarakat adalah bahwasannya dahulu Patih Gajah Mada sebagai salah satu orang skati pada saat itu selalu bertama di sini. Namun sayangnya, sampai sekarang ia dikatakan menghilang di air terjun ini dan tak pernah kembali lagi.

Terlepas dari kisah yang dimiliki, di wisata alam di Jawa Timur ini Anda bisa menikmati air terjun yang mengalir diantara bukit-bukit batu. Bukit batu yang dipenuhi dengan lumut sehingga tampak sangat natural. Untuk lokasinya, berada di Desa Sapih, Branggah, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Candi Penataran

Candi Penataran

Masuk ke deretan destinasi wisata Jawa Timur berwujud situs purba dan peninggalan kerajaan Nusantara. Jika Anda bersedia mampir ke Kota Blitar, maka jangan sampai tidak mampir ke Candi Penataran. Candi ini berlokasi di daerah Penataran, Kecamatan Nglegok, Kota Blitar, Jawa Timur.

Kawasan candi yang cukup luas dan dihias dengan pemandangan alam yang masih asri adalah apa yang akan didapat wisatawan. Ada beberapa candi di kawasan ini, mulai dari candi naga sebagai pintu utamanya hingga petirtaan yang berada di paling ujung.

Diketahui candi di Blitar ini dulunya digunakan oleh tiga generasi sekaligus. Di dalam candi-candinya ada banyak relief yang salah satunya menceritakan bahwa penduduk di situ dulu sudah bekerja sama dengan bangsa Amerika. Jika Ada cukup beruntung, Anda yang datang di saat malam bulan purnama bisa menyaksikan langsung pertunjukan seni. Seniman lokal hingga mancanegara akan berpartisipasi dalam pesta seni ini.

Situs Purbakala Trowulan

Situs Purbakala Trowulan

Situs Purbakala Trowulan adalah wisata Jawa Timur yang menjadi bukti atas adanya zaman sebelum zaman modern seperti sekarang ini. Alamatnya berada di Jalan Candi Wringin Lawang Nomor 26, Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

Sejarah menceritakan bahwa kawasan situs purbakala ini dulunya merupakan ibukota dari Kerajaan Majapahit, salah satu kerajaan bercorak Hindu terbesar di Jawa kala itu. Dengan demikian, datang ke tempat wisata di Jatim ini Anda akan mengetahui bagaimana sistem pemukiman pada saat itu. Mulai dari gapura, kolam, hingga penataran yang kuno dan tradisional, bisa dilihat langsung di wisata ini.

Museum Angkut

Museum Angkut

Coba mampir ke Malang untuk bisa menikmati langsung serunya berwisata di Museum Angkut. Wisata di Jawa Timur ini memiliki beberapa kawasan yang berbeda-beda nuansanya sehingga wisatawan bisa bebas memilih mana saja. Apa yang diberikan wisata ini adalah replika-replika benda kuno, seperti mobil klasik misalnya. Sebab utamanya museum ini dibangun untuk menyuguhkan transportasi-transportasi dari berbagai daerah dan masa.

Karenanya, berfoto-foto di sana adalah hal yang jangan sampai terlupakan. Untuk lokasinya, ada di Jalan Terusan Sultan Agung Nomor 2, Ngaglik, Batu, Jawa Timur. Masih ada satu lagi wisata di Jawa Timur yang berada di Batu.

Jatim Park

Jatim Park

Saat ini juga mungkin Anda sudah kenal dengan tempat wisata di Jatim berupa Jatim Park. Salah satu wisata yang ada di Malang ini memang bisa memberikan keseruan yang extraordinary sehingga bisa jadi andalan. Sengaja datang ke Jawa Timur untuk bisa mampir ke sini adalah hal yang sangat wajar.

Lebih tepatnya berada di Batu, Anda bisa memilih antara Jatim Park 1, Jatim Park 2, atau Jatim Park 3. Mampir ke ketiganya pun oke-oke saja karena hiburan yang diberikan berbeda antara satu sama lain. Ada yang lebih banyak menghadirkan wahana, ada yang menyuguhkan dinosaurus replika untuk berfoto-foto, juga ada yang memiliki banyak kawasan alam seperti taman. Untuk lokasinya, ketiganya berada di Jalan Oro Oro Ombo.

Wisata Bahari Lamongan

Wisata Bahari Lamongan

Mungkin dalam daftar tempat wisata di Jatim ini yang paling Anda cari adalah waterpark. Jika demikian, maka coba saja mampir ke Lamongan untuk mengunjungi Wisata Bahari Lamongan. Pasti menyenangkan menghabiskan waktu bersama keluarga di waterpark ini. Terlebih wisata Jatim ini terletak dekat dengan pantai, yaitu Pantai Tanjung Kodok.

Lokasinya berada di Jalan Raya Paciran, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Jika Anda berada di tempat yang tepat, Anda akan melihat ornamen kepiting yang besar di pintu masuknya.

Gumul Paradise Island

Gumul Paradise Island

Satu lagi waterpark sebagai pilihan destinasi wisata Jawa Timur untuk seru-seruan bersama keluarga atau sahabat, namun kali ini berada di Kediri. Namanya adalah Gumul Paradise Island, sebagai waterpark terbesar yang ada di Kediri dengan fasilitas yang lengkap.

Siapa saja bisa bersenang-senang di sana, sebab telah diberikan banyak pilihan kolam lengkap dengan banyak pilihan wahana. Selain permainan dan wahana, di sana juga sudah disediakan foodcourt, gazebo, mushola, dan fasilitas lainnya. Alamatnya berada di Desa Tugurejo, Kecamatan Gampengrejo, Kota Kediri, Jawa Timur.

House Of Sampoerna

House Of Sampoerna

Tempat wisata di Pulau Jawa ini berada di Kota surabaya, tidak jauh dari pusat perkotaan sehingga Anda yang memang sedang berada di Surabaya disarankan untuk mampir ke wisata ini. Alamatnya berada di Taman Sampoerna Nomor 6, Krembengan Utara, Kecamatan Pabean Cantian, Kota Surabaya.

Museum ini tidak hanya menceritakan bagaimana sejarah dari industri rokok Sampoerna, melainkan juga menceritakan bagaimana keadaan Surabaya di masa lalu yang memang menarik untuk diketahui. Karena ukurannya yang besar, telah disediakan transportasi gratis supaya pengunjung tidak terlalu lelah.

Surabaya North Quay

Surabaya North Quay

Rasanya belum lengkap jika membahas daftar tempat wisata di Jawa Timur namun belum menambahkan wisata malam. Ada salah satu wisata di Surabaya yang akan sangat cantik di malam hari sehingga dijadikan sebagai rekomendasi wisata malam selama di Jawa Timur.

North Quay ini wujudnya hampir mirip seperti karnaval, di sana Anda bisa menemukan wahana-wahana dari yang sederhana hingga yang cukup menantang. Kuliner malam juga bisa-bisa saja didapatkan karena sudah tersedia. Adapun lokasi dari wisata ini adalah berada di dalam Gedung Terminal Gapura Surya Nusantara, tepatnya berada di lantai dua dan tiga.

Gedung ini sendiri berada di Perak Utara, Kecamatan Pabean Cantian, Kota Surabaya, Jawa Timur. Baik di dalam gedung maupun di perjalanan menuju gedung, Anda akan melihat banyaknya lampu-lampu cantik sebagai penerang jalan.

Sudah terbukti ada cukup banyak pilihan yang bisa dijadikan tempat wisata di Jawa Timur. Sebagian besar memang berwujud wisata alam, namun juga tetap ada wisata di perkotaan sebagai selingan atau ketika Anda hanya mempunyai waktu sedikit untuk berada di Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *