Tempat Wisata Di Jayapura

10 Tempat Wisata Di Jayapura Paling Indah

Posted on

Traveler pasti kamu pernah mendengar nama Jayapura? Kota terbesar yang ada di Papua ini memang populer dibandingkan beberapa daerah lain di Papua. Letaknya pun cukup unik, berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik serta negara tetangga yakni Papua New Guinea. Pesona alamnya pun sangat menawan, patut diacungi jempol. Danau-danau perbukitan memberikan kesan tersendiri. Tak heran ada banyak tempat wisata di Jayapura yang sangat populer, khususnya yang bertemakan alam.

Tempat Wisata di Jayapura

Apakah kamu tertarik untuk menjelajahi tempat wisata di Jayapura? Kalau iya, yuk cari tahu destinasi wisata mana yang akan kamu kunjungi lebih dulu!

Puncak Ifar

Puncak Ifar

Wisata Jayapura yang pertama merupakan tempat terfavorit para penikmat ketinggian yaitu Puncak Ifar. Disamping nuansa alamnya, Puncak Ifar ternyata memiliki nilai historical tersendiri. Dimana saat masa perang dunia ke-2, seorang jenderal bernama Mac Arthur memimpin pasukan dari Puncak Ifar.

Ada sebuah tugu yang diberi nama Mac Arthur. Tugu tersebut menjadi pengingat bangsa Indonesia akan masa perang dunia yang telah terlewati.

Baca Juga: Wisata Intan Jaya

Dan sekarang Puncak tersebut dijadikan sebagai markas TNI, Rindam XVII Cenderawasih. Dari atas puncak, kamu dapat melihat keindahan pemandangan pesisir Kota Jayapura. So, siapkan kamera untuk mengabadikan pemandangan tersebut yak karena belum tentu kamu bisa datang ke tempat ini lagi!

Danau Sentani

Danau Sentani

Objek wisata di Jayapura selanjutnya adalah Danau Sentani, danau yang sangat populer di Papua dan merupakan ikon wisata dari Kota Jayapura. Lokasi danaunya berada di atas ketinggian, dikeliling oleh hamparan sabana yang hijau.

Oleh sebab itulah, danau Sentani memiliki hawa yang dingin dan udara yang menyegarkan. Benar-benar bisa memberikan pengalaman liburan berbeda untuk wisatawan yang datang ke sini.

Salah satu waktu terbaik yang direkomendasikan untuk menikmati keindahan Jayapura yaitu saat sore hari menjelang malam hari. Dimana akan muncul moment matahari terbenam alias sunset, pemandangan semakin eksotis dan suasana semakin romantic.

Namun kamu tak disarankan untuk berkunjung ke Sentani pada malam hari sebab faktor keamanan.

Pantai Tablanusu

Pantai Tablanusu

Wisata di Papua juga ada yang bertemakan pantai loh traveler! Nah, pantai yang bisa kamu kunjungi untuk menghabiskan waktu liburan adalah Pantai Tablanusu. Pesisir papua satu ini sangat mempesona dan mampu menghipnotis wisatawan dengan keindahan alam khas pantainya.

Bila kamu berangkat dari kota Jayapura, kemungkinan kamu akan menghabiskan waktu tempuh selama 2 sampai 3 jam. Di samping itu, kalau soal wisatawan yang datang ke sini terbilang belum banyak sehingga belum terlalu ramai alias cenderung sepi. Cocok bangat untuk kamu yang suka dengan suasana pantai yang menenangkan.

Teluk Youtefa

Teluk Youtefa

Masih berkaitan dengan wisata air, kali ini kamu bisa berkunjung ke wisata Jayapura Teluk Youtefa. Salah satu alternatif tempat wisata yang bisa dijadikan tempat untuk menikmati keindahan alam pesisir Jayapura.

Lokasinya berada di kawasan Enggros sehingga kamu bisa melihat pemandangan gugusan pulau kecil saling dihubungkan oleh jembatan. Hamparan laut biru pun semakin melengkapi pemandangan yang dapat kamu lihat selama berada di Teluk Youtefa.

Puncak Jayapura City

Puncak Jayapura City

Menjadi kota terbesar yang ada di Papua, membuat teluk Jayapura mempunyai keindahan yang menakjubkan dan mempesona. Apalagi saat malam hari, kota-kota Jayapura akan semakin indah dengan hiasan lampu serta pantulan permukaan air laut.

Kamu bisa menikmati pemandangan tersebut dari atas ketinggian yakni di Puncak Jayapura City. Sembari menikmati suasana malam dan panorama perkotaan Jayapura pun bisa kamu lihat dari atas puncak.

Pantai Pasir Enam

Pantai Pasir Enam

Kalau belum puas berkunjung ke pantai Tablanusu, kamu bisa berkunjung ke Pantai Pasir Enam yang juga berada di Jayapura. Pantai pasir putih yang tak lepas dari pemandangan alam hijaunya sebab dikelilingi oleh perbukitan hijau yang asri.

Sama seperti Tablanusu, Pasir Enam sendiri belum terlalu ramai dikunjungi. Sehingga cocok sekali untuk kamu yang ingin mengusir kepenatan. Kamu tak akan terganggu oleh lalu-lalang orang.

Pantai Yacoba

Pantai Yacoba

Dari Pasir Enam kamu masih bisa menikmati vitamin sea di lokasi lain yakni di Pantai Yacoba. Alternatif pilihan wisata pesisir di Jayapura ini lokasinya ada di bali tebing sehingga belum banyak orang yang mengetahui dan cukup sulit dijangkau.

Namun biarpun begitu, keindahan panorama alam yang disajikan dijamin tak akan mengecewakanmu. Hamparan pasir putih, laut lepas dengan warna yang biru, angin sepoi, suara deburan ombak, benar-benar bisa kamu nikmati dengan nyaman. Tak terlalu banyak pengunjung membuatmu seolah sedang berada di pantai miliki pribadi.

Kali Biru Genyem Jayapura

Kali Biru Genyem Jayapura

Kali Biru Genyem jayapura merupakan wisata Jayapura selanjutnya yang dapat kamu pilih untuk liburan. Bila dari pusat kota kemungkinan kamu akan menempuh perjalanan selama 2 jam. Cukup lama ya? Tenang, selama perjalanan kamu tak akan dibuat bosan kok dengan pemandangan alam yang indah dan asri.

Apalagi bila sudah benar-benar sampai di Kali Biru Genyemnya, dijamin kamu akan semakin terpesona. Dimanjakan dengan kecantikan view Kali Biru Genyem, warna airnya jernih kebiruan bak sedang di negeri dongeng.

Bukit Salib Doyo Lama

Bukit Salib Doyo Lama

Kondisi alam Jayapura yang berbukit ternyata memberikan keunikan tersendiri apalagi untuk tempat-tempat wisatanya. Ada banyak bukit indah yang bisa kamu masukan dalam list destinasi wisata selama berada di Papua. Salah satunya adalah Bukit Salib Doyo Lama yang berada di atas ketinggian dengan bentangan Sabana Hijau.

Matamu akan terpana melihat keindahan bak lukisan 3D tersebut. Hawa yang dingin serta udara yang sejuk pun semakin menyegarkan pikiran saja. Jayapura memang tak pernah mengecewakan kalau soal pesona alamnya!

Air Terjun Cyclop

Air Terjun Cyclop

Dan destinasi wisata di Jayapura yang terakhir wajib banget kamu kunjungi adalah Air Terjun Cyclop. Bagi yang butuh tempat untuk menyegarkan pikiran, di sinilah tempatnya! Lokasi air terjun berada di Kawasan cagar alam dan mempunyai sumber mata air alami yang bersumber langsung dari Gunung Cyclop.

Tak heran bila kamu mencoba airnya akan terasa sangat menyegarkan. Ditambah lagi dengan udara yang sejuk dan pemandangan alamnya. Lengkap sudah, penat akan segera hilang.

Baca Juga: Wisata Dogiyai

Hal yang perlu kamu ketahui sebelum datang ke sini adalah soal akses jalan yang cukup menantang. Kamu harus melewati tanjakan terjal sampai medan bebatuan. Bagi yang memiliki jiwa petualang tinggi tentu ini bukan jadi masalah, iya tidak?

Oke traveler, itulah 10 tempat wisata di Jayapura paling indah yang bisa kamu kunjungi atau bisa dibilang wajib banget! Sebab rugi sekali deh kalau kamu tak mengunjungi salah satu tempat di atas saat berada di di Jayapura. So, langsung saja pilih tempat yang menurutmu cocok untuk didatangi dan jangan lupa ajak teman-temanmu juga agar perjalanan wisata semakin menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *