Tempat Wisata di Jayawijaya

5 Tempat Wisata Di Jayawijaya ini Paling Wajib Dikunjungi

Posted on

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang terkenal akan keindahan alamnya yang beragam. Mulai dari ujung barat sampai timur. Nah, kali ini kamu akan diajak untuk menjelajahi tempat wisata Papua, salah satu kepulauan yang berada di ujung timur Indonesia.

Tempat Wisata di Jayawijaya

Di Papua terdapat satu kabupaten yang bernama Jayawijaya, nah kabupaten ini kamu akan menjumpai banyak destinasi wisata alam yang khas. Berikut adalah tempat wisata di Jayawijaya paling wajib kamu kunjungi. Yuk simak!

Telaga Biru / Kali Biru

Telaga Biru

Apakah kamu sedang mendambakan suasana alam yang alami? Yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan dan sangat menenangkan? Kamu bisa datang ke Telaga Biru atau Kali Biru. Wisata Jayawijaya yang berlokasi di distrik Maima atau bila dari Kota Wamena jaraknya kurang lebih 12 km.

Baca Juga: Wisata Jayapura

Bagi suku Dani, masyakrata asli yang tinggal di Kawasan tersebut, telaga ini mempunyai nilai sejarah yang begitu penting. Mereka percaya pada sebuah mitos turun temurun sejak zaman nenek moyang. Mitos tersebut mengenai seorang manusia yang dipercayai merupakan nenek moyang asli Suku Dani. Manusia tersebut tak bertelinga dan muncul dari Telaga Biru.

Bentuk Telaga Birunya sendiri adalah bulat dan muncul secara alami. Airnya jernih berwarna hijau kebiruan. Bagi para penikmat fotografi, datang ke Telaga Biru dijamin akan sangat memanjakan kameramu.

Sumber Air Garam Putagina

Sumber Air Garam Putagina

Sumber Air Garam Putagina merupakan wisata wamena yang berlokasi di distrik Asotipo. Keberadaan sumber air garam ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat setempat. Sebab olahan garam yang dihasilkan akan dipergunakan untuk menciptakan rasa pada masakan yang mereka olah. Proses pengolahan garam pun dilakukan secara tradisional dan sudah dilakukan sejak masyarakat belum paham mengenai garam toko seperti sekarang.

Kolam air garam yang akan kamu jumpai memiliki air yang jernih, seperti air pada umumnya. Rasa asin pun akan terasa saat kamu mengecap rasa air danau tersebut. Hal lain yang menjadikan wisata ini unik karena lokasinya yang dekat dengan sungai air tawar. Jaraknya hanya 12 meter saja dan berada di bawah kaki gunung.

Adapun untuk bisa mencapai lokasi ini, kamu bisa menempuhnya menggunakan kendaraan bermotor roda dua atau roda empat. Atau bisa juga naik angkutan umum dengan membayar ongkos 20 ribuan. Untuk bisa melihat kolam danaunya kamu tak akan dikenakan tiket masuk, namun kamu harus meminta izin terlebih dahulu pada masyarakat setempat ya. Tata krama dan kesopanan adalah nomor satu saat kamu memasuki wilayah orang lain.

Danau Habema

Danau Habema

Danau Habema adalah wisata wamena Jayawijaya selanjutnya yang bisa kamu kunjungi. Lokasinya berada di Kawasan konservasi Jayawijaya atau lebih tepatnya berada di Kawasan Taman Lorentz. Sebuah tempat wisata yang menawarkan keindahan panorama alam masih terga.

Untuk letak danaunya sendiri berada pada ketinggian 3.225 meter di atas permukaan laut. Saat berkunjung ke sini kamu akan disambut dengan udara yang segar dan bersih. Pemandangan alam nya pun sangat memanjakan mata.

Adapun perjalanan yang harus kamu tempuh untuk bisa sampai di lokasi wisata adalah dengan melakukan perjalanan darat sejauh 42 km, biasanya waktu yang dihabiskan bila menggunakan kendaraan bermotor kisaran 2 sampai 3 jam.

Pastikan kalau kendaraan yang kamu gunakan dalam kondisi prima. Sebab jalan yang akan kamu lalui akan cukup menguji adrenaline, dimana ada banyak kelolakan. Dan bagi wisatawan asing, sebelum datang ke sini harus membuat surat izin terlebih dahulu di Kantor Balai Taman Nasional Lorentz yang berada di Jalan SD Percobaan Potikelek.

Bila kamu ingin mendapatkan momen terbaik di Danau Habema sangat direkomendasikan untuk memulai perjalanan pada pagi hari agar terhindari dari kondisi cuaca yang berubah-ubah.

Jangan lupa juga untuk membawa kamera ya! Agar kamu bisa mengabadikan pemandangan danau dan sekitarnya.

Wisata Alam Distrik Kurulu

Wisata Alam Distrik Kurulu

Saat berkunjung ke Papua, kamu harus menyiapkan waktu yang panjang ya. Sebab ada banyak sekali tempat wisata yang harus kamu kunjungi. Nah, wisata di Jayawijaya yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Wisata Alam Distrik Kurulu.

Sebuah wisata alam yang menyajikan berbagai keindahan alam khas Papua. Kamu juga akan diajak untuk melakukan susur gua dan melihat adat kebudayaan mumifikasi jasad kepala suku atau panglima kepala suku perang, dan banyak lagi.

Keindahan tebing-tebing gunung batu pun terpampang dan sangat eksotis. Di samping itu, kamu bisa lebih dekat dengan kehidupan masyarakat papua. Mempelajari bagaimana kehidupan sehari-hari mereka hingga Bahasa yang digunakan. Lokasi wisata alam di sini juga termasuk daerah yang berawa, sehingga kamu yang hobi memancing bisa melakukannya di sini.

Adapun untuk bisa sampai di lokasi ini, kamu bisa menempuh menggunakan kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat. Atau bisa juga menggunakan kendaraan umum KL jurusan Wamena-Kurulu yang berjenis Star Wagon.

Sedikit tips saat kamu berkunjung ke Papua. Bila lokasi wisata yang kamu kunjungi adalah bertemakan alam maka sangat dianjurkan untuk menggunakan sepatu outdoor. Sehingga perjalanan wisatamu akan nyaman.

Kampung Wisata Suroba

Kampung Wisata Suroba

Dan tempat wisata Wamena Jayawijaya Papua yang terakhir adalah Kampung Wisata Suroba. Merupakan sebuah tempat wisata yang menyajikan berbagai macam penginapan model tradisional. Ya, bangunan homestay namun bergaya tradisional dan sedikit sentuhan modern. Benar-benar unik dan nyaman sekali. Atap nya pun terbuat dari rerumputan alang-alang atau biasa disebut sebagai rumah Hanoi.

Makin unik, saat kamu hendak menginap di sini dan baru saja sampai di penginapan, kamu akan disambut dengan tarian tradisional secara khusus.

Nah, kalau soal biaya penginapan sendiri bisa dibilang beragam. Ada yang harganya ekonomis sampai dengan highclass. Biasanya mulai dari 400 ribu per malam dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Ada dapur umum, toilet, kamar mandi, buah tangan, dan banyak lagi.

Di samping menginap dan menikmati suasana perkampungan di Papua, kamu pun bisa berjalan-jalan ke beberapa tempat seperti ke kebun labu china, mengunjungi artshop, dan banyak lagi.

Baca Juga: Wisata Deiyai

Wisatawan juga biasanya akan ditawari paket wisata tertentu. Ada yang sudah include dengan penampilan kesenian daerah ada yang belum. Biasanya kalau kamu ingin mendapatkan paket lengkap, harganya dibandrol dari kisaran 900 ribu sampai 4 jutaan, tergantung jenis paket yang diambil.

Oke traveler, itulah 10 tempat wisata di Jayawijaya yang paling wajib kamu kunjungi karena keunikannya. Bagaimana dari kelima tempat di atas, mana yang ingin kamu kunjungi? Atau ingin mengunjungi semuanya? Bisa sekali dong! Yuk langsung saja tentukan jadwal liburanmu, buat itenary perjalanan nya dan jangan lupa ajak teman-temanmu juga agar liburan semakin menyenangkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *