Tempat Wisata di Jepara

16 Tempat Wisata di Jepara yang Wajib Kamu Kunjungi

Posted on

Bagi kamu yang berencana untuk liburan ke tempat wisata di Jepara pada masa libur akhir tahun nanti, pasti membutuhkan inspirasi tempat wisata di Jepara mana saja yang sebaiknya dikunjungi agar liburan kamu makin berkesan.

Tempat Wisata di Jepara

Makanya, coba simak yuk artikel berikut ini agar kamu tahu 16 tempat wisata di Jepara yang wajib kamu kunjungi saat liburan.

Pantai Ombak Mati

Pantai Ombak Mati

Mungkin ada di antara kamu yang bertanya, “kok namanya pantai ombak mati ya?”

Hal ini karena ombak di pantai ini hampir sama sekali tidak ada, makanya diberi nama Pantai Ombak Mati.

Pantai Ombak Mati merupakan tempat wisata di Jawa Tengah yang terletak di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara. Pantai sepanjang kurang lebih 2 km ini memiliki pasir putih yang sangat menawan dan pohon-pohon pandan di sepanjang pinggir pantai.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Kebumen

Ada juga ayunan yang bisa kamu jadikan tempat untuk berfoto seperti foto di atas. Indah banget yah, apalagi saat berpadu dengan birunya langit yang cerah. Tempat wisata Jepara ini cocok banget deh buat kamu yang ingin berlibur ke pantai, tapi nggak ingin berdesak-desakkan dengan terlalu banyak orang.

Kepulauan Karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa

Wah kalau kepulauan yang satu ini bisa dibilang bukan hanya terkenal di Indonesia, tapi juga sampai ke mancanegara. Bahkan banyak turis asing yang menyengaja datang ke Indonesia khusus untuk mengunjungi kepulauan Karimunjawa.

Jadi, Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan kurang lebih 1.500 hektar dan perairan 110.000 hektar, Karimunjawa sekarang kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara. Nggak heran sih, soalnya memang indah banget pemandangan tempat wisata di Jepara yang satu ini!

Oh ya, sedikit cerita sejarah nih dibalik pembeian nama Karimunjawa. Jadi menurut legenda lokal, Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Nyamplungan. Saat itu, Sunan Muria memerintahkan Amir Hasan ke sebuah pulau yang terlihat kremun-kremun atau kabur dari puncak Gunung Muria untuk mengembangkan ilmu agamanya. Karena terlihat kremun-kremun, akhirnya pulaunya dinamai “Karimunjawa” hingga kini.

Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Bahkan ada beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah elang laut dada putih, penyu sisik, dan penyu hijau.

Ombak di Karimunjawa tergolong tak berbahaya, dan dibatasi oleh pantai yang kebanyakan adalah pantai pasir putih halus. Indah sekali deh pokoknya. Coba saja kamu lihat pada foto di atas. Pasti benar-benar bikin liburan berkesan ya!

Beberapa tempat wisata alam yang ada di Jepara, di antaranya adalah:

Pantai Ujung Gelam, Pantai Batu Topeng, Pantai Barakuda, Pantai Nirwana, di Desa Karimunjawa, Pantai Bobi, Legon Lele, Bukit Love, Bukit Nyamplungan, dan masih banyak lagi.

Pantai Teluk Awur

Pantai Teluk Awur

Jepara sangat terkenal dengan keindahan pantainya. Salah satunya adalah Pantai Teluk Awur yang terletak di desa Telukawur, kecamatan Tahunan, kabupaten Jepara.

Destinasi wisata Jepara terbaru yang berupa pantai ini sangat banyak disukai karena selain indah dan laut yang cukup tenang, sekarang tempatnya sudah jauh lebih bersih dibandingkan dengan dulu, sehingga keindahan pasir putihnya semakin terlihat. Kamu bisa duduk-duduk di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan laut dan udara pantai yang segar.

Tiket masuk ke pantai Teluk Awur ini juga murah banget, bahkan gratis kalau di hari-hari kerja. Berikut daftar harganya:

  • Tiket masuk hari senin-kamis : gratis
  • Tiket masuk hari jum’at-minggu : Rp 2.000/orang
  • Tiket masuk hari libur nasional atau tanggal merah : Rp 2.000/orang
  • Harga parkir motor gratis
  • Harga parkir mobil Rp 5.000

Selain cocok jalan-jalan di atas pasir putihnya, kamu juga bisa piknik di pinggir pantai sambil santai menikmati suasana obyek wisata Jepara yang indah ini. Kamu pun bisa melihat pemandangan aneka pohon mangrove yang selain untuk penahan abrasi juga sebagai peneduh di pantai Teluk Awur.

Oh ya, ada juga lho mitos yang beredar di kalangan masyarakat sekitar, yang  menyebutkan bahwa air Teluk Awur mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Air ini sangat bersih, jernih, dan bebas dari kapal atau perahu nelayan. Ombaknya juga sangat aman untuk aktivitas mandi dan berenang. Kamu juga bisa juga menyewa wahana seperti Flying Fish Boat, Banana Boat, dan Jet ski untuk mengarungi pantai.

Pulau Panjang

Pulau Panjang

Di Jepara, ada satu pulau yang tak berpenghuni, dan hanya terdapat penjual makanan dan aksesoris saja, namanya adalah Pulau Panjang. Tapi, justru pulau ini sering digunakan sebagai tempat camping.

Alamnya memang sangat asri, dan pemandangan lautnya juga berwarna biru dengan air yang jernih.

Tempat wisata Jepara terbaru di Pulau Panjang ini sebenarnya nggak menerapkan harga tiket masuk yang mahal,Tapi kalau kamu ingin menginap di pulau, tarif perahu menjadi dua kali lipat, soalnya operator perahu harus bolak–balik untuk menjemput kembali kamu nantinya.

Berikut harga tiket masuk di Pulau Panjang:

  • Tiket masuk Pulau Panjang : Rp8.000
  • Sewa Tenda : mulai Rp50.000
  • Jasa menyeberang perahu pulang pergi untuk menginap : Rp40.000

Yang paling asyik, kamu juga bisa menikmati keindahan laut dengan bersnorkeling di sini. Perairannya yang dangkal memungkinkan kamu bisa menikmati keindahannya, walaupun kamu nggak jago berenang. Ombaknya juga nggak terlalu besar. Bahkan dari perairan yang dangkal di pinggir pantai, kamu bisa melihat ikan kecil yang berenang saking jernihnya air. Keren deh. Jangan lupa mengabadikan dengan mengambil foto atau videonya ya.

Pantai Empu Rancak

Pantai Empu Rancak

Obyek wisata di Jepara lainnya yang memiliki hamparan pasir putih indah adalah Pantai Empu Rancak yang terletak di desa Karang Gondang, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara. Pantai dengan air laut yang jernih ini pasti bakalan bikin kamu betah berlama-lama di sini. Apalagi sambil menikmati udara pantai dan deburan ombak.

Harga tiket masuk di Pantai Empu Rancak ini juga terjangkau banget kok. Di hari Senin-Kamis kamu bisa masuk dengan gratis, sedangkan untuk hari Jum’at sampai Minggu, tiketnya mulai dari Rp 3 ribu untuk motor sampai Rp 40 ribu untuk bus besar.

Di pantai Empu Rancak ini juga ada gapura dan gazebo khas Jepara, bangku taman dan berjemur yang terbuat dari semen dengan motif ukiran, payung-payung khas Jawa, dan bangunan mushola yang menyerupai masjid Agung Demak dengan menara Kudus.

Hamparan pasir putih pantai Empu Rancak ini juga masih sangat bersih dan belum tercemar dengan sampah atau kotoran lainnya. Jadi aman deh untuk bermain-main di sana. Kamu juga akan menemui banyak pecahan batu karang dan terumbu karang yang menghiasi pinggiran pantai.

Mau mengambil foto keindahan sunset atau sunrise? Bisa banget, dan hasilnya memang luar biasa indah. Nggak nyesel deh kalau ngebela-belain menunggu waktu sunrise dan sunset karena hasil foto kamu pasti akan indah banget.

Pulau Mandalika

Pulau Mandalika

Obyek wisata selanjutnya yang akan kita bahas adalah Mandalika, sebuah pulau kecil di Laut Jawa. Untuk menuju pulau ini bisa menggunakan perahu nelayan dan memerlukan waktu tempuh hanya 30 menit saja.

Mandalika adalah kepulauan yang bisa dilihat jelas dari Benteng Portugis di daerah Keling – Jepara, yang hanya berjarak 500 meter dari bibir tebing Benteng Portugis.

Kepulauan ini indah banget dan di pinggir-pinggir laut terdapat bebatuan besar yang sering dijadikan tempat beroto-foto.

Pantai Tegalsambi

Pantai Tegalsambi

Pantai lainnya yang ada di Jepara adalah Pantai Tegalsambi yang sudah terkenal di seluruh warga Kabupaten Jepara, dan banyak juga wisatawan dari luar kota, bahkan wisatawan mancanegara. Karena itu, nggak heran kalau di pantai ini fasilitasnya sudah cukup lengkap, di antaranya ada Masjid, tempat Parkir Mobil, Toilet belum berarsitektur Jepara, Warung makan, Dermaga, Hotel, dan Villa.

Pantai Tegalsambi memiliki pasir coklat yang terlihat sangat indah. Seperti kamu bisa lihat di foto, pantai ini juga merupakan spot yang sangat indah untuk menikmati keindahan matahari terbenam.

Pantai ini benar-benar merupakan destinasi wisata yang keren banget deh, apalagi kalau kamu senang hunting tempat-tempat indah buat hobi fotografi kamu.

Pantai Kartini

Pantai Kartini

Pantai Kartini adalah objek wisata pantai di Jepara yang letaknya hanya 2,5 dari pendopo Kantor Bupati Jepara. Salah satu wahana yang paling terkenal dan menjadi ikon pantai Kartini adalah Kura-kura Ocean Park. Kamu bisa lihat bangunannya pada foto di atas.

Pantai Kartini juga sudah memiliki fasilitas yang lengkap, seperti Mushala, Penginapan, Warung Makanan, Tempat parkir memadai

Tempat Penjualan sovenir, dan WiFi.

Pantai Tirto Samudro

Pantai Tirto Samudro

Pantai Tirto Samudro memiliki nama lain, yaitu Pantai Klein Scheveningen atau yang dikenal oleh masyarakat umum dengan sebutan Pantai Bandengan. Pantai ini terletak di kota Jepara, Jawa Tengah.

Banyak pengunjung memburu momen matahari terbit dan terbenam di pantai berpasir putih ini. Selain itu, pantai Tirto Samudro juga sering menjadi lokasi festival layang-layang dan ajang motor cross.

Pantai Tirto Samodra memiliki beberapa wahana, yaitu Wave House, Banana Boat, Jetski, Water Flying Fish, Water Hoverboard, Water Jetpack, Water, Flyboard, Water Skiin, Donut buoy, Duck Buoy, ATV, Kano, Sandal Raksasa, Taman Karang, Lapangan Woodball, Lapangan Golf, Kid’s Park, dan lainnya.

Fasilitas di pantai Tirto Samudro ini juga sudah sangat lengkap, yaitu ada Mushala, Penginapan, Toko Souvenir, Warung Makan, Tempat Parkir, dan

Tempat penjualan cenderamata.

Pantai Pungkruk

Pantai Pungkruk

Wah, kalau kamu main ke Jepara, jangan sampai deh melewatkan kunjungan ke Pantai Pungkruk yang merupakan tempat wisata kuliner terbesar di Jawa Tengah. Disebut seperti itu karena tempat kulinernya yang luas berada di pantai.

Selain itu, pemandangannya pun memang sangat indah. Belum lagi hamparan pasirnya. Wuih, pasti bikin kamu nggak tahan deh untuk langsung bermain pasir di sana.

Air Terjun Jurang Nganten

Air Terjun Jurang Nganten

Setelah kita mengunjungi beberapa pantai di Jepara, sekarang saatnya kita mengunjungi Air Terjun Jurang Nganten yang terletak di Desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara. Berbeda dengan air terjun lainnya yang agak landai, Air terjun Nganten adalah terjunan air yang mengucur pada dinding bukit yang tegak.

Air terjun yang Berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Jepara ini memang menawarkan keindahan alam yang masih asri dan sangat indah. Suasana di sekitar air terjun juga cukup tenang dan damai. Cocok deh buat kamu yang sedang membutuhkan tempat refreshing untuk menenangkan pikiran.

Selain menikmati keindahan, kamu bisa bisa menggunakan momen ini untuk berfoto-foto di bawah pancuran air terjun.

Air Terjun Grenjengan Dowo

Air Terjun Grenjengan Dowo

Masih di seputaran dunia air terjun, sekarang kita akan mengunjungi wisata alam Jepara, yaitu Air Terjun Grenjengan Dowo yang terletak di Dudakawu, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara. Air terjun ini masih terbilang asri dan belum terlalu banyak terjamah tangan manusia. Tapi soal keindahannya, jangan diragukan lagi deh. Benar-benar mempesona!

Karena obyek wisata yang satu ini belum diketahui terlalu banyak orang, maka suasananya masih betul-betul asri dan airnya pun sangat jernih. Kamu bisa menikmati mendengarkan suara gemerincik air terjun sambil bersantai menikmati bekal makanan atau sekadar berfoto-foto di bebatuannya.

Tapi kamu harus ekstra hati-hati saat akan mengunjungi daerah objek wisata Air Terjun Grenjengan Dowo ini, soalnya jalurnya cukup ekstrim dan terjal. Selain sebagai tempat wisata, Air Terjun Grenjengan Dowo merupakan sumber mata air yang biasa dimanfaatkan oleh warga masyarakat desa setempat.

Air Terjun Songgo Langit

Air Terjun Songgo Langit

Air Terjun Songgo Langit adalah air terjun yang lokasinya terletak di Desa Bucu, sekitar 30 km sebelah utara dari pusat kota Jepara. Air terjun yang indah ini memiliki ketinggian 80 meter dan lebar 2 meter.

Walaupun boleh dikunjungi wisatawan, tetapi kamu tidak boleh berenang di sini karena ada peringatan dilarang berenang yang dipasang setelah banyak korban tenggelam akibat terjebak di palung sedalam 8 meter.

Yang unik dari tempat ini adalah, kamu bisa menemukan banyak jenis kupu-kupu. Wah indah betul ya. Air terjun ditambah beraneka kupu-kupu. Mantap sekali pasti keindahan suasananya.

Air Terjun Banyu Anjlok

Air Terjun Banyu Anjlok

Air Terjun Banyu Anjlok adalah air terjun yang terletak di Samosari, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara. Air Terjun masih sangat asri karena aksesnya yang ekstrem membuat hanya yang mereka yang bernyali besar saja yang berani ke air terjun tersebut.

Awal mula pemberian nama Banyu Anjlok adalah karena konon dulu warga tidak ada yang tahu bawa di Desa Samosari ada air terjun. Lalu ketika ada sesorang sedang mencari kayu bakar, tiba-tiba ia mendengar suara sesuatu. Nah, ketika ia dekati arah suara tersebut, ternyata ada banyu yang anjlok (air yang berjatuhan). Maka sejak saat itu, Air terjun ini dinamakan Banyu Anjlok.

Air Terjun Kalen Wates

Air Terjun Kalen Wates

Air Terjun Kalen Wates biasa disebut juga Air Terjun Jabung. Ini adalah air terjun yang terletak di Desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara, dan merupakan salah satu air terjun yang terindah di Jepara.

Air terjun ini memiliki akses yang cukup mudah dan tidak terlalu terjal bila dibandingkan air terjun yang lainnya. Selain itu, bebatuannya cukup lebar sehingga memudahkan pengunjung yang ingin berfoto-foto di sana.

Danau Blingoh

Danau Blingoh

Salah satu destinasi wisata Jepara yang harus kamu kunjungi adalah Danau Blingoh yang terletak di antara hutan dan bukit yang hijau. Danau ini berwarna kehijauan dan memiliki tebing yang mengelilingi sebagian area danaunya.

Danau Blingoh merupakan salah satu objek wisata di desa Blingoh, kecamatan Donorojo, kabupaten Jepara. Lokasi tepatnya Danau Blingoh berada di Dukuh Lembah.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Kudus

Objek wisata di Jepara yang satu ini juga menjadi lokasi favorit para fotografer yang ingin memotret kecantikan tempat ini.

Nah, itu tadi 16 tempat wisata di Jepara yang pastinya akan jadi destinasi liburan kamu saat mengunjungi kota tersebut. Semoga informasi ini berguna ya. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *