Tempat Wisata di Jombang

18 Pilihan Tempat Wisata di Jombang Untuk Dikunjungi

Posted on

Mencatat apa saja pilihan tempat wisata di Jombang akan membantu Anda mendapatkan agenda liburan yang terencana. Memilih Jombang sebagai destinasi wisata adalah pilihan yang oke. Sebab meskipun bukan salah satu kota wisata yang populer di Indonesia, Jombang tetap bisa menyuguhkan beraneka ragam wisata untuk siapa saja yang ingin berlibur.

Pilihan tempat wisata Jombang beraneka sesuai dengan jenisnya. Mulai dari wisata air terjun, goa, sumber air, tebing yang estetik, pemakaman, gereja, klenteng, taman kota, hingga alun-alun, semuanya ada. Beberapa diantaranya adalah Air Terjun Sanggar, Air Terjun Grenjeng, Air Terjun Sekelip, Goa Sriti Wonosalam, Goa Sigolo-golo, Wana Air Sumberboto, Wana Wisata Panglungan, Sendang Tlimo, Sumber Penganten Jombang, Klenteng Hon San Kiong, dan masih banyak lagi lainnya.

Daftar Tempat Wisata di Jombang

Berikut adalah belasan pilihan tempat wisata di Jawa Timur yang berada di Kota Jombang beserta penjelasan singkat dan alamatnya. Pilih segera wisata mana yang ingin dikunjungi.

Air Terjun Sanggar

Air Terjun Sanggar

Daftar tempat wisata Jombang kali ini akan diawali dengan Air Terjun Sanggar. Cukup populer di kalangan wisatawan dari dalam maupun dari luar Jombang, bukan berarti Anda yang belum pernah kesini tidak harus mencobanya. Memang kemungkinan besar wisata ini akan ramai pengunjung ketika Anda datang. Namun tenang saja, karena wisata ini cukup luas, tidak akan ada yang berdesak-desakan.

Air Terjun Sanggar memiliki aliran air yang tidak terlalu deras sebenarnya. Apa yang membuatnya cantik adalah bentuk tebing yang benar-benar tak beraturan. Justru membuat air yang melewatinya menjadi estetik tersendiri dan layak dijadikan objek wisata.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Jember

Suasananya masih sangat asri, banyak pepohonan besar di wisata ini. Salah satu wisata di Jombang ini berada di Desa Jarak, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Tips untuk berwisata di wisata Wonosalam Jombang ini adalah membawa alas kaki berupa sandal. Sebab Anda akan berjalan dari tempat parkir ke air terjun melewati tanah dan tebing yang licin.

Air Terjun Grenjeng

Air Terjun Grenjeng

Selain Air Terjun Sanggar, juga ada Air Terjun Grenjeng yang eksistensinya sama-sama populer. Sangat bisa dikatakan Air Terjun Grenjeng adalah wisata alam Jombang yang sangat wajib dikunjungi.

Air terjun melebar sehingga memiliki areal kolam yang cukup luas. Airnya sangat jernih melintasi tebing yang tidak terlalu tinggi. Siapa saja yang membawa baju ganti pasti tertarik untuk menceburkan diri ke kolamnya karena saking jernihnya. Disampingnya juga ditumbuhi pepohonan rindang sehingga semakin alami saja suasananya.

Tempat wisata di Jombang ini berada di Desa Jenisgeleran, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Air Terjun Sekelip

Air Terjun Sekelip

Pilihan terakhir wisata alam Jombang berwujud air terjun adalah Air Terjun Sekelip. Air Terjun Sekelip bak the hidden paradise milik Kota Jombang yang akan membuat wisatawan takjub dengan keindahannya.

Apa yang ada di tempat wisata Jombang ini adalah air terjun yang tinggi dan mengalir dengan debit yang kencang. Wisatawan diharapkan untuk ekstra hati-hati ketika ingin bermain di areal kolamnya, sebab debit air yang mengalir memang kencang dan ditakutkan aliran air ini membawa bebatuan yang bisa melukai siapa saja yang ada di bawah.

Tebing berwarna coklat dengan minim tumbuh-tumbuhan menjadi background air yang sedang mengalir. Jangan lupa ambil foto ketika melihat indahnya air terjun ini. Juga jangan lupa membawa alas kaki sandal supaya tidak tergelincir di tanahnya yang basah. Air terjun ini juga berada di Wonosalam Jombang, tepatnya berada di Desa Wonokerto.

Goa Sriti Wonosalam

Goa Sriti Wonosalam

Wisata di Jombang ini juga masih berada di Kecamatan Wonosalam. Bisa dijadikan destinasi wisata berikutnya setelah sebelumnya mampir ke Air Terjun Sekelip. Sebagaimana goa pada umumnya, berwujud kawasan bebatuan dengan stalagmit dan stalaktit yang saling berhimpitan.

Nama lain dari wisata ini adalah Goa Burung Walet, jadi jika Anda menemukan nama ini dan bukannya Goa Sriti Wonosalam, tak perlu bingung. Tetesan air dari bagian atap goa yang masih terus berlangsung membuat semakin banyak stalagmit dan stalaktit yang terbentuk di goa ini dari waktu ke waktu. Untuk lokasinya, ada di Dusun Sidolegi, Desa Sumberjo, Kecamatan Wonosalam, Kota Jombang.

Goa Sigolo-Golo

Goa Sigolo-Golo

Goa Sigolo-Golo menawarkan udara yang lembab meskipun cahaya matahari yang bersinar sedang sangat terik. Lagipula, intensitas cahaya yang masuk ke kawasan goa ini sebenarnya masih sedikit atau jarang. Berada di dalam goa ini akan membuat Anda merasa sejuk.

Sebelum sampai di kawasan goanya yang memiliki banyak bagian tebing curam, Anda harus berjalan menyusuri anak-anak tangga terlebih dahulu. Untuk Anda yang tidak terbiasa berjalan jauh, sebaiknya bawa bekal ketika berada di kota. Goa Sigolo-Golo ini berada di Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Kota Jombang. Juga menjadi salah satu wisata Wonosalam Jombang yang direkomendasikan untuk Anda.

Kedung Cinet

Kedung Cinet

Jika Anda mencari tempat wisata pantai di Jombang maka sebaiknya kunjungi Kedung Cinet. Kedung Cinet ini berada cukup dekat dengan pantai, namun sudah bukan berada di dalam kawasan Jombang lagi. Lagipula, apa yang ditawarkan Kedung Cinet ini dijamin tidak akan membuat kecewa siapa saja yang datang.

Tebing, bebatuan, dan aliran air sungai yang tidak lebar adalah apa yang akan Anda lihat. Tebing-tebingnya tidak terlalu tinggi dan memiliki bentuk yang sangat cantik, semakin menyempurnakan pemandangan pepohonan yang ada di sekitarnya. Terkadang airnya berwarna hijau pekat sehingga bisa memberikan tampilan visual perpaduan natar coklat dan hijau yang sempurna.

Jika Anda tertarik untuk membuktikan keindahannya, bisa datang langsung ke lokasinya yang berada di Dusun Pojok Klitih, Desa Plandaan, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Jombang.

Kedung Sewu

Kedung Sewu

Apa yang ditawarkan Kedung Sewu hampir mirip dengan Kedung Cinet. Hanya saja, tebing yang ada di wisata Jombang ini melebar, tidak berdiri tegak. Dengan demikian, untuk berjalan-jalan di wisata ini Anda harus hati-hati supaya yang diinjak adalah tebing yang sesungguhnya, bukannya kubangan air.

Tebing yang diinjak terkadang berwarna putih, terkadang berwarna coklat. Di tepiannya ditumbuhi pepohonan yang tidak terlalu tinggi. Jadi, apa yang akan Anda nikmati nanti adalah wisata semi-gersang namun tetap cantik. Lokasinya ada di Desa Perhutani, Kecamatan Kabuh, Kota Jombang.

Wana Air Sumberboto

Wana Air Sumberboto

Mungkin, setelah menyimak beberapa pilihan Jombang wisata di atas Anda sudah merasa cukup. Sebagai wisatawan Anda harus berhadapan dengan keinginan bermain air namun tetap harus berhati-hati supaya tetap selamat. Masih ada wisata Jombang lainnya yang ditujukan untuk siapa saja yang ingin benar-benar bermain air.

Nama wisatanya adalah Wana Air Sumberboto, menyajikan kawasan perairan dengan fasilitas lengkap sehingga pasti aman dicoba. Bukan hanya berwujud kawasan perairan untuk bermain saja, apa yang ada di Wana Air Sumberboto juga merupakan kawasan pepohonan rindang sehingga suasananya sejuk.

Jangan lupa untuk bawa baju ganti jika liburan ala aktivitas air yang diinginkan, lokasinya berada di Jalan Raya Kejapanan, Dusun Mojowarno, Desa Perhutani, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang. Lokasi ini tidak jauh dari pusat kota Jombang.

Wana Wisata Panglungan

Wana Wisata Panglungan

Wana Wisata Panglungan juga menjadi tempa wisata di Jombanga yang wajib mampir. Wisata alam Jombang ini menawarkan kawasan alam yang luas sehingga akan ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan wisatawannya. Aktivitas yang paling sering dijumpai di wisata ini adalah bersepeda. Bersepeda dengan medan yang ringan sampai yang menantang, bisa didapatkan di wisata ini. Cocok untuk Anda yang memang punya hobi bersepeda.

Pemandangan alamnya masih asli ditambah dengan panorama pegunungan, pasti bisa rileks berada di wisata ini. Lokasinya berada di Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Jombang,

Sendang Tlimo

Sendang Tlimo

Jika Anda mencari wisata Jombang Ploso, maka opsinya adalah Sendang Tlimo. Bagai lokasi syuting film historical, apa yang akan Anda lihat di wisata ini adalah aliran air diantara tebing yang bentuknya seperti ukiran. Karena dipenuhi dengan pepohonan tinggi dan tanaman menggantung yang liar, view yang ada jauh berbeda dengan wisata-wisata lain di Jombang.

Sendang Tlimo memang wajib dikunjungi oleh siapa saja yang datang ke kota ini untuk berwisata. Anda mungkin akan sangat tertarik untuk melakukan fotografi dadakan karena saking cantiknya.

Abadikan juga momen Anda ketika di wisata ini. sesekali cobalah sumber mata air di wisata ini, sangat menyegarkan dan terasa dingin karena masih alami. Sendang Tlimo ini adalah wisata Jombang yang letaknya berada di Dusun Perhutani, Desa Kabuh, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang. Karena berada di kawasan hutan, sebaiknya gunakan alas kaki sandal supaya lebih aman.

Sendang Made Jombang

Sendang Made Jombang

Masih bernuansa ‘sendang’, pilihan yang selanjutnya adalah Sendang Made Jombang. Apa yang Anda dapatkan di Sendang Made Jombang adalah sumber mata air yang jernih dan diketahui tidak pernah surut selama ini. meskipun musim kemarau datangnya berbulan-bulan, tidak ada verita sejarah air di Sendang Made Jombang ini surut.

Selain sumber air, sekitarnya masih ada bangunan-bangunan kuno yang sudah ditinggalkan. Nuansa magis boleh jadi yang dirasakan pengunjung, namun fokus wisata ini adalah menawarkan pemandangan alam dengan suasana yang asri. Lokasinya berada di Desa Made, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang.

Sumber Penganten Jombang

Sumber Penganten Jombang

Sumber Penganten Jombang adalah alternatif tempat wisata Jombang berikutnya. Apa yang ditawarkan pada pengunjungnya adalah kolam kuno yang masih ada airnya. Untuk bisa menikmati airnya yang alami sehingga terasa dingin, Anda akan menuruni anak tangga terlebih dahulu sebagaimana akan masuk ke dalam kolam modern umumnya.

Kawasannya masih asri, dilengkapi dengan pepohonan. Letak dari wisata ini adalah di Kecamatan Jogoroto, Jombang.

Candi Ngrimbi Jombang

Candi Ngrimbi Jombang

Candi Ngrimbi atau Candi Rimbi adalah satu-satunya wisata kompleks candi yang berada di Jombang. Candi yang satu ini merupakan salah satu peninggalan Kerajaan majapahit pada masa itu. Tidak ada salahnya untuk mampir, alamatnya berada di Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Kota Jombang.

Makam Gunung Kuncung Jombang

Makam Gunung Kuncung Jombang

Makam Gunung Kuncung Jombang adalah kawasan wisata berwujud makam istimewa yang dikelilingi kawasan yang sejuk. Bukan kawasan pemakaman dengan banyak sekali makam yang akan Anda kunjungi, melainkan makam seseorang yang dianggap paling sakti pada masanya yang ada di sini. Karena wujudnya ini, tak jarang orang sengaja datang untuk berziarah.

Terlepas dari kegiatan berziarah, datang untuk sekedar menikmati kawasan alamnya juga tetap oke. Karena di wisata ini benar-benar udara yang sejuk yang akan Anda hirup. Wajar saja, karena memang lokasinya berada di Gunung Kuncung yang berada di Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Gereja Mojowarno Jombang

Gereja Mojowarno Jombang

Berikutnya adalah wisata religi yang dihadirkan sebagai bangunan gereja yang megah dan memiliki arsitektur kuno. Hal ini cukup wajar, sebab telah diketahui bahwa Gereja Mojowarno Jombang telah dibangun sekitar tahun 1881. Anda bisa menyaksikan sendiri betapa megahnya bangunan gereja ini.

Karena pada saat itu Indonesia belum merdeka, gereja ini menjadi sumber perkembangan agama Kristen semasa kolonial Belanda. Lokasi gereja Jawa tertua di Indonesia ini berada di Jalan Merdeka Nomor 2, Dusun Mojodukuh, Desa Mojowangi, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang.

Klenteng Hong San Kiong

Klenteng Hong San Kiong

Opsi wisata di Jombang berikutnya masih berupa wisata religi, tepatnya berwujud sebuah klenteng untuk beribadah. Sebagaimana klenteng pada umumnya, memiliki dekor ala Tionghoa dan mayoritas warna interiornya berwarna emas dan merah.

Kono Klenteng Hon San Kiong yang berada di Jalan Raya Wangkal Gudo, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang ini sudah ada sejak abad ke-17. Saking lamanya, wisata ini tetap menarik karena bangunanya masih asli. Jangan sampai Anda tidak mampir ke wisata ini.

Wisata Pujasera Kebon Rojo Jombang

Wisata Pujasera Kebon Rojo Jombang

Untuk Anda yang belum tahu, Pujasera adalah singkatan dari pusat jajanan serba ada. Jadi, saat mengunjungi wisata Jombang ini apa saja yang Anda butuhkan pasti ada. Entah itu oleh-oleh, kuliner khas Jombang, kerajinan tangan, dan benda lainnya kemungkinan besar ada di wisata ini.

Bisa dikunjungi di pagi, siang, dan malam hari pun bisa. Malahan, wisata ini memang jadi salah satu wisata malam Kota Jombang. Lokasinya cukup nyaman dan suasananya cukup sejuk baik di siang maupun malam hari, dengan siapa saja Anda ke wisata ini pasti akan merasa betah. Lokasinya berada di Jalan KH. Wahid Hasyim, Kota Jombang.

Alun Alun Kota Jombang

Alun Alun Kota Jombang

Wisata di Jombang terakhir yang jadi pilihan adalah Alun Alun Kota Jombang. Alun alun ini bisa dijadikan destinasi wisata malam atau sekedar ingin menghabiskan sore hari selama di Jombang. Banyak aktivitas bisa dilakukan di sini, seperti misalnya sekedar menikmati jalanan kota Jombang, bersantai, hingga mencicipi jajanan khas Kota Jombang dari pedagang yang ada di sana.

Juga menjadi pilihan objek wisata yang oke untuk Anda yang tidak ingin perjalanan jauh, sebab wisata ini terletak di pusat Kota Jombang. Lebih tepatnya lagi, berada di Jalan Diponegoro Nomor 1-3, Desa Kaliwungu, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Mojokerto

Kini Anda sudah tahu apa saja opsi tempat wisata di Jombang. Saatnya untuk menentukan wisata mana saja yang akan dikunjungi nanti saat sampai di Jombang. Apakah Anda lebih tertarik pergi ke wisata air terjunnya, wisata kedung, goa, atau taman kota, semuanya pasti memberikan pengalaman berlibur yang mantap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *