Tempat Wisata di Jonggol

10 Tempat Wisata di Jonggol Jawa Barat Yang Direkomendasikan

Posted on

Indonesia merupakan negara yang kaya akan tempat wisatanya. Tidak heran bila sector wisata menjadi salah satu penggerak roda perekonomian. Di tiap daerahnya ada saja tempat wisata yang instagramable dan wajib dikunjungi. Termasuk tempat wisata di Jonggol. Salah satu daerah yang berada di Kawasan Bogor ini bisa menjadi pilihanmu untuk berwisata bersama keluarga atau teman.

Daftar Rekomendasi Tempat Wisata di Jonggol

Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Jonggol yang wajib banget kamu kunjungi! Simak yuk!

Curug Cipamingkis

Curug Cipamingkis

Nah, kalau kamu sangat menyukai wisata alam maka curug Cipamingkis yang berada di Desa Warga Jaya ini harus kamu kunjungi. Sekedar memanjakan mata dengan pemandangannya yang masih asri serta menenangkan pikiran karena suasananya yang tenang.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Sentul

Di Curug Cipamingkis ini terdapat air terjun yang memiliki ketinggian hingga 20 meter. Akan sangat membuat nyaman sebab kondisi air nya pun begitu jernih. Untuk bisa masuk ke Kawasan curug, kamu akan dikenakan biaya antara 10 ribu sampai dengan 20 ribu rupiah.

Di samping itu, suasana alamnya, konon Cipamingkis juga memiliki mitos tersendiri. Bahkan tidak hanya satu, melainkan 3 mitos yang sudah sangat melekat dengan curug Cipamingkis.

Mitos yang pertama berkaitan dengan kisah asmara atau percintaan. Konon kalau kamu yang masih jomblo alias single datang ke Curug Cipamingkis lalu mandi di bawah air terjun dengan mengucap niat ingin berjumpa jodoh. Maka keinginan tersebut akan segera dikabulkan. Wah, boleh dicoba nih buat kamu para jomblo yang sudah nggak sabar bertemu jodoh. Hehe..

Sementara untuk mitos selanjutnya, berkaitan dengan penghuni curug tersebut. Begitu kamu masuk ke Kawasan curug, sudah otomatis kita akan melihat pepohonan. Selain itu, aura mistis pun akan cukup terasa. Konon di sini terdapat jelmaan ular naga paduan dari Pangeran Langit atau biasa disebut sebagai Dewi Ular.

Terakhir, mitos yang berkaitan dengan Curug Cipamingkis merupakan salah satu mitos yang konon pernah dialami juga oleh pengunjung curug. Biarpun belum terlalu jelas siapa dan kapan, namun kabar tersebut sangat sunter beredar. Seorang pengunjung Curug secara tidak sengaja bertemu dengan makhluk gaib yang memiliki mata berbinar kemerahan dan tajam, makhluk tersebut menatap si pengunjung. Karena hal tersebut, si pengunjung merasa kalau dirinya dirasuki oleh kekuatan yang sangat kuat sehingga membuatnya memiliki daya tarik khusus terhadap lawan jenis.

Yah, itu sih hanya mitos ya. Di balik mitos tersebut, Curug Cipamingkis tetap sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi!

Curug Ciherang

Curug Ciherang

Selain Curug Cipamingkis, ada juga curug lain yang berada di Jonggol yaitu Curug Ciherang. Tempat wisata Jonggol ini hampir tiap hari dipenuhi oleh wisatawan, apalagi saat hari libur. Bila dari Cipamingkis, jaraknya hanya 1 km saja. Jadi, kalau kamu ingin mengunjungi 2 curug ini sekaligus, sangat bisa sekali!

Agar kamu bisa menikmati suasana alamnya dengan nyaman, sebaiknya datang pada pagi hari. Saat wisatawan belum banyak yang datang ke tempat wisata Jonggol ini.

Curug Ciherang memiliki daya tarik tersendiri. Selain suasana alamnya tentu saja fasilitas serta spot foto yang menarik menjadi alasan lain kenapa wisatawan berkunjung ke sini.

Lanskap Curug yang berlokasi di ketinggian mempunyai pemandangan alam yang indah. Ini menjadi inspirasi pihak pengelola untuk membangun sebuah rumah kayu unik di atas pohon besar. Dari rumah pohon, kamu dapat melihat pemandangan alam dengan sangat jelas. Apalagi saat kabut tipis mulai turun, tentu suasana alam semakin terasa.

Selain rumah pohon, ada juga jembatan gantung yang bisa kamu jadikan spot foto instagramable. Spot ini menjadi salah satu yang terfavorit khususnya untuk anak muda, selain bisa melewati jembatan tentu saja berfoto harus dilakukan.

Merasa kurang puas berfoto? Mungkin kostum kamu harus diganti? Nah, kalau kamu pecinta korea, kamu bisa menyewa pakaian tradisional korea atau Hanbok di sini. Ini menjadi pilihan wisatawan perempuan. Sehingga saat berfoto akan lebih unik dan estetik.

Bila tidak cukup dalam waktu 1 hari kamu menikmati Curug Ciherang, kamu bisa kok menambah hari dan menggelar tenda untuk menginap di area Curug Ciherang yang cukup luas. Bila tidak membawa tenda, bisa juga menyewa penginapan yang sederhana di sekitar Kawasan wisata.

Gimana, tertarik berkunjung ke Curug Ciherang? Yuk langsung saja, rencanakan liburanmu dari sekarang!

Gunung Batu

Gunung Batu

Tempat wisata di Jawa Barat daerah Jonggol selanjutnya adalah Gunung Batu. Biarpun tidak seterkenal dengan tempat wisata Jonggol lainnya, namun keberadaan Gunung Batu semakin memperkaya tempat wisata di daerah ini. Sangat rugi juga bila tidak kamu kunjungi.  Apalagi bila kamu sangat menyukai wisata alam.

Lokasi Gunung Batu ada di Desa Sukaharja, Sukamakmur, terletak di ketinggian 875 Mdpl. Kamu dapat mendaki hingga puncak gunung dan menikmati pemandangan alam yang indah dari puncak. Bagi kamu pendaki pemula pun tak perlu khawatir sebab Gunung Batu terbilang mudah untuk dilalui bahkan oleh para pendaki pemula. Namun sangat disarankan untuk tidak datang saat musim hujan ya, karena kondisi jalan kemungkinan akan cukup licin dan bisa menyulitkan kamu.

Tertarik untuk mengunjungi Gunung Batu? Kalau iya, jangan lupa siapkan kebutuhanmu untuk pendakian nanti ya. Bawa makanan dan minuman secukupnya, kalau diperlukan bawa juga obat-obatan pribadi. Karena lokasinya tidak terlalu tinggi, kamu bisa mencapai puncak dalam waktu 30 menit. Jadi, tak perlu menggelar tenda untuk menginap. Tapi, bila memang kamu ingin menginap dan bermalam di Gunung Batu juga bisa sekali kok.

Di samping itu, sebelum kamu masuk ke area Gunung Batu, kamu harus menyiapkan biaya masuk terlebih dahulu yaitu 15 ribu rupiah per orang. Lalu, untuk mendaki benar-benar sampai puncak akan dikenakan tambahan 5 ribu rupiah. Sementara untuk parkir kendaraan 15 ribu rupiah. Bila ingin menginap dan mendirikan tenda akan dikenakan tambahan lagi 5 ribu rupiah.

Saat kamu berkemah di Gunung Batu, sebaiknya hati-hati dengan kera ya. Amankan persediaan makanan agar tidak diambil. Sebab biasanya kera hitam dengan ekor Panjang atau biasa disebut lutung datang ke area perkemahan untuk mencari makanan.

Situ Rawa Gede

Situ Rawa Gede

Masih dengan tema wisata alam, tempat wisata di Jonggol selanjutnya adalah Situ Rawa Gede. Kamu yang orang Jonggol sudah pernah ke sini belum? Kalau belum, langsung agendakan saja kapan kamu mau berlibur ke Situ Rawa Gede.

Tempat wisata di Jonggol Jawa Barat ini lokasinya ada di Desa Warga Jaya, Sukamakmur, Jonggol. Danau ini terbilang cukup luas, sehingga kamu bisa puas berkeliling dan mencari spot foto yang menurutmu instagramable dan cocok ditaruh di feed Instagram kamu. Pemandangan sekitar danaunya terbilang cukup asri. Harmonisasi antara danau dan bukit hijau tentunya akan membuat kamu makin betah.

Di Situ Rawa Gede juga terdapat perahu kecil yang bisa kamu sewa. Nah, kamu bisa berkeliling menjelajahi situ menggunakan perahu tersebut.

Bila ingin mencoba aktivitas lain yang tak kalah menarik, cobalah untuk mampir ke kolam ikan terapi. Kamu memang tak dapat berenang di kolam ini, tapi kamu dapat merilekskan bagian kaki di dalam kolam. Caranya dengan merendam kaki, nanti akan ada ikan yang menghampir.

Atau bila ingin berendam, kamu bisa coba ke kolam rendam. Kolamnya terbilang cukup unik sebab berada di bawah air terjun yang kecil. Kolamnya akan menampung air yang mengalir dari air terjun yang jatuh. Sehingga bisa dipastikan kalau kolamnya sangat alami dan airnya akan terasa segar.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Situ Rawa Gede? Yuk langsung saja agenda liburanmu bersama keluarga, pasangan atau teman untuk berkunjung ke sini. Selain ke Situ, kamu juga dapat berkunjung ke tempat wisata yang berada tidak jauh dari Situ Rawa Gede.

Taman Wisata Penangkaran Rusa

Taman Wisata Penangkaran Rusa

Tempat wisata di Jonggol Bogor selanjutnya adalah Taman Wisata Penangkaran Rusa. Lokasinya tentu saja di Jonggol. Wisata ini sangat cocok sekali untuk dikunjungi bersama keluarga saat akhir pekan atau hari libur lainnya. Namun tentunya saat hari libur akan lebih ramai dibandingkan hari biasa.

Di sini, kamu dapat melihat penangkaran rusa. Kamu juga dapat berinteraksi langsung dengan cara memberikannya makan dan berswafoto. Bagi anak-anak tentu ini adalah momen paling menyenangkan, sekaligus bisa menjadi cara mereka belajar mengenai aneka binatang yang ada.

Di penangkaran rusa juga terdapat banyak spot foto yang menarik dan bisa menghiasi feed Instagram kamu. Sehingga jangan lupa untuk membawa kamera ya agar kamu bisa mengabadikan setiap moment liburanmu selama berada di penangkaran rusa ini.

Hutan Pinus Cipamingkis

Hutan Pinus Cipamingkis

Hutan Pinus Cipamingkis, tempat wisata di Jonggol Bogor yang terbilang sangat murah. Untuk masuknya saja akan dikenakan biaya tidak lebih dari 50 ribu rupiah, bahkan 50 ribu itu bisa untuk 4 orang – 5 orang.

Berlokasi di Jalan alternatif Jonggol – Cipanas. Sehingga kamu yang mengarah ke Cipanas atau pulang dari Cipanas, bisa mampir sebentar untuk menikmati suasana alam di tempat wisata ini. Karena seperti namanya yaitu Hutan Pinus Cipamingkis, dimana sudah dipastikan pasti kita akan melihat pemandangan pinus yang berjajar dan menjulang.

Udara yang sejuk tentu akan sangat memanjakan paru-paru. Tidak jauh dari lokasi hutan pun, terdapat tempat wisata lainnya yaitu Curug Cipamingkis. Jadi, kalau kamu baru saja dari Curug, bisa sekalian saja datang ke Hutan Pinusnya. Nah, karena udara di Kawasan ini juga terbilang dingin maka sangat disarankan agar kamu membawa jaket. Apalagi kalau kamu ingin camping, tentu saja perlengkapan camping harus sangat disiapkan.

Telaga Wisata Citra Indah City

Telaga Wisata Citra Indah City

Wisata Alam Jonggi, Telaga Citra Indah City. Berlokasi di Kawasan perumahan Citra Indah City, tak heran bila nama telaganya sama dengan nama kompleknya. Untuk lokasi tepat dari telaga ini berada di Bukit Menteng, Sukamaju, Jonggol, Bogor.

Nuansa telaga nya dibuat seperti danau sehingga terbilang unik dan instagramable. Bila kamu ingin menikmati suasana alam dengan budget terbatas maka telaga wisata citra indah city sangat direkomendasikan sebab kamu tidak akan dikenakan biaya masuk. Namun tentunya kalau untuk parkir, kamu akan dibebankan kurang lebih 2 ribu rupiah saja.

Bila merasa lelah dan lapar, kamu pun tak perlu merasa khawatir sebab di sekitar telaga ada cukup banyak pedagang kaki lima yang berjualan. Kamu bisa sekalian berwisata kuliner dengan harga yang murah meriah.

Pemandian Sodong

Pemandian Sodong

Pemandian Sodong merupakan tempat wisata daerah Jonggol yang sangat cocok dijadikan sebagai destinasi keluarga. Lokasinya berada di Jalan Raya Klapanunggal, Ligarmukti, Klapanunggal, Bogor, Jawa Barat. Hal yang menjadi keunikan dari tempat wisata pemandian. Sodong ini adalah sumber airnya yang masih alami.

Bila kamu ingin berkunjung ke Pemandian Sodong, sangat disarankan agar kamu datang di pagi hari. Saat belum banyak pengunjung yang datang. Sebab semakin siang tempat pemandian tersebut akan semakin padat, apalagi di akhir pekan atau hari libur nasional lainnya. Saat berkunjung Pemandian Sodong jangan lupa membawa pakaian ganti ya! Kalau ingin membawa makanan dan minuman sendiri juga tentu lebih bagus.

Wisata Jonggol Garden

Wisata Jonggol Garden

Tempat rekreasi di Jonggol yang terbilang cukup hits adalah Jonggol Garden. Tempat ini sering dikunjungi oleh wisatawan millennial alias anak muda yang berburu tempat wisata instagramable. Ada banyak tempat atau spot foto yang memang bisa menghiasi feed Instagram kamu.

Sementara itu, untuk bisa masuk ke Tempat Wisata Jonggol Garden sendiri tidak terlalu mahal. Kisaran 10-15 ribu saja. Terbilang murah dong, apalagi nantinya kamu akan disuguhi pemandangan yang luar biasa. Bila sudah tiba di lokasi, kamu pun sangat disarankan untuk mencicipi beberapa makanan khas Bogor. Harganya terjangkau sehingga bisa sekaligus berwisata kuliner. Yuk, agendakan untuk berlibur ke Wisata Jonggol Garden.

Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari

Sudah pernah berkunjung ke taman buah terbesar di Indonesia? Atau bahkan sebenarnya kamu belum tahu kalau ada taman buah terbesar? Nah, kalau belum tahu sekarang kita cari tahu dengan cara mengunjungi langsung tempat wisata di Jonggol ini. Lokasinya berada di Jalan Raya Cileungsi – Jonggol, sehingga bisa dibilang letaknya cukup strategis dan mudah dikunjungi.

Bahkan kalau ingin naik kendaraan online pun kamu tidak perlu kesulitan untuk mencari dan mendapatkannya. Sebab lokasi Taman Buah Mekarsari masih berada di wilayah perkotaan jadi akomodasi pun tidak perlu kamu khawatirkan.

Di Taman Buah Mekarsari, kamu dapat berkeliling melihat beraneka ragam buah yang ditanam dari mulai Jambu, Jeruk, Semangka dan banyak lagi. Bila musim panen tentu itu menjadi hal paling menggembirakan sebab pengunjung bisa memetik buahnya dan membawanya pulang.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Puncak

Bagi kamu yang ingin berwisata keluarga, Taman Buah Mekarsari bisa menjadi pilihan paling tepat. Anak-anak bisa belajar mengenai tanaman, mulai dari mengenal namanya, mengetahui rasanya, hingga memetiknya sendiri. Nah, karena area wisata taman buah cukup luas sehingga sangat disarankan untuk kamu bisa menggunakan kacamata atau topi untuk melindungi dari sinar matahari yang cukup terik.

Nah, itulah 10 Tempat wisata di Jonggol yang paling direkomendasikan dan wajib banget kamu kunjungi saat berada di Jonggol. Sebenarnya selain dari 10 tempat di atas, masih banyak tempat wisata Bogor bernuansa alam yang bisa kamu kunjungi. Sangat disarankan sekali saat kamu berlibur ke Bogor sebaiknya jelajahi semua daerah di Bogor agar kamu bisa menemukan tempat-tempat wisata alam yang tersembunyi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *