Tempat Wisata Di Kaimana

7 Tempat Wisata Di Kaimana dengan Keunikannya yang Khas

Posted on

Bila membicarakan soal tempat wisata Papua Barat apa yang terlintas dalam benak mu? Apakah soal keindahan Raja Ampat? Tak salah, memang Raja Ampat sendiri sangat populer bukan hanya di kalangan wisatawan lokal namun juga mancanegara. Hampir tiap tahun daerah tersebut dipenuhi oleh orang-orang yang ingin berlibur. Meskipun saat memasuki musim pandemic jumlah wisatawan sangatlah menurun drastis. Eits, tapi tahukah kamu kalau bukan cuma Raja Ampat saja yang memiliki keindahan alam mempesona. Kamu bisa menemukannya juga di Kaimana, salah satu Kabupaten yang masih berada dalam Kawasan Papua Barat.

Tempat Wisata di Kaimana Papua Barat

Kaimana sendiri kerap dijuluki sebagai “Kota Senja”, ini merupakan gambaran akan pemandangan yang disuguhkan dan bisa dinikmati oleh para wisatawan. Nah traveler, bila pandemic sudah berakhir, bagaimana kalau kita membuat agenda liburan dan menjelajahi tempat wisata di Kaimana? Sekedar melepaskan beban stress karena lockdown selama pandemic, tak ada salahnya kan?Sebagai referensi tempat wisata yang akan dikunjungi, yuk simak ulasan berikut ini!

Wisata Senja

Wisata Senja

Sebelumnya sudah disampaikan bahwa Kaimana memiliki julukan sebagai Kota Senja. Oleh sebab itulah, hal yang harus kamu lakukan pertama kali saat berada di sini adalah wisata Senja. Wisatawan akan disuguhkan dengan view langit dan lembayung, merah merona menjelang sore hari.

Baca Juga: Wisata Fakfak

Bila langit sedang dalam kondisi cerah maka pemandangan matahari senja dengan jelas bisa terlihat. Saking indangnya moment tersebut, seorang musisi bernama Alfian pada tahun 1970 pernah membuat lagu khusus dengan judul “Senja di Kaimana”.

Kolam Sisir

Kolam Sisir

Wisata Kaimana selanjutnya adalah Kolam Sisir, namanya unik ya? Sisir yang kita ketahui mungkin adalah sebuah benda yang biasa digunakan untuk merapikan rambut. Namun berbeda dengan Kolam Sisir yang merupakan tempat pemandian umum.

Sebuah tempat wisata yang menjadi unggulan masyarakat setempat. Air kolam berasal dari mata air alam, kondisinya bersih dan jernih. Sehingga wisatawan bisa dengan bebas berendam di dalam kolam tersebut.

Agar bisa sampai di Kolam Sisir, kamu sudah tak usah kerepotan lagi sebab akses jalannya terbilang bagus untuk dilalui kendaraan bermotor. Rata-rata wisatawan biasanya akan menghabiskan waktu 20-30 menit untuk bisa sampai di Kolam Sisir.

Teluk Triton

Teluk Triton

Traveler, apakah kamu sudah pernah melihat sebuah teluk unik yang berlokasi di Raja Ampat? Dimana teluk tersebut dipenuhi oleh pulau karang serta pepohonan hijau yang menyegarkan udara dan mata. Nah, bila tak sempat ke Raja Ampat, kamu bisa menemukan pemandangan serupa selama berlibur di Kaimana yakni di Teluk Triton.

Cukup banyak orang yang mengatakan bahwa Teluk Triton lebih indah bila dibandingkan Raja Ampat. Hem, benarkan demikian? Yuk kita buktikan dengan datang langsung ke lokasi!

Namun, untuk bisa sampai di Triton, wisatawan harus menyewa kapal motor dari Pelabuhan terdekat. Untuk waktu tempuhnya sendiri biasa menghabiskan waktu 60 menitan.

Danau Kamaka

Danau Kamaka

Wisata di Kaimana selanjutnya masih berkaitan dengan wisata perairan namun kali ini bukan berbentuk pantai atau teluk namun berbentuk danau yang bernama Kamaka. Danau ini memiliki panjang sampai 30 km dan lebar 1 km.

Menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan mempesona. Saat air danau sedang pasang kita bisa melihat air yang berwarna biru kontras dengan pepohonan yang tumbuh di sekeliling danau. Kondisi udara di sini pun sangat bersih dan menyejukkan. Cocok untuk wisatawan yang ingin relaksasi diri dibantu oleh alam.

Namun yang perlu kamu ketahui untuk bisa sampai di sini, kamu membutuhkan sedikit perjuangan. Sebab tak mudah untuk menjangkau Danau Kamaka. Wisatawan harus melakukan perjalanan dengan jarak 7 km dengan akses jalan yang cukup berat.

Tapi, tenang saja, perjuangan selama perjalanan sebanding dengan pemandangan dan suasana alam yang bisa kamu nikmati.

Wisata Alam KM 14

Wisata Alam KM 14

Kabupaten yang berlokasi di leher kepala burung pulau Papua ini ternyata mempunya lokasi wisata yang unik dan menarik yakni Wisata Alam Km 14. Sebuah Kawasan alam yang terjaga keasliannya, menyuguhkan udara yang bersih serta suasana menyejukkan.

Saat berada di sini, sayup-sayup akan terdengar suara burung. Sesekali angin pun menyapu dedaunan dan wajah. Wisata Alam Km 14 biasanya dijadikan sebagai alternatif piknik bersama keluarga atau camping ceria.

Nah bagi traveler yang ingin berkemah harus membawa perlengkapan dan peralatannya sendiri ya sebab di sini belum ada yang menyewakannya. Minimal membawa tenda, jaket untuk menghangatkan serta makanan dan minuman secukupnya.

Lukisan Dinding Batu

Lukisan Dinding Batu

Sebuah lukisan purba berada di sebuah dinding batu, menjadi saksi kehidupan zaman dahulu kala. Konon lukisan pada batu tersebut memang menceritakan sebuah kisah.

Keberadaanya bak etalase alam, membujur di sepanjang satu kilometer pada tebing karang. Atau lebih tepatnya di Kampung Maimai, Kaimana.

Sebuah tempat wisata unik dan wajib dikunjungi. Apalagi bagi yang menyukai wisata sejarah serta adat dan kebudayaan. Kamu bisa meminta tolong warga sekitar untuk menceritakan kisah mengenai lukisan batu tersebut.

Pulau Venu

Pulau Venu

Dan tempat wisata terakhir yang berada di Kaimana Papua Barat adalah Pulau Venu. Nama Venu sendiri merupakan sebuah kata yang diambil dari Bahasa Suku Koiway yang bermakna Pulau Telur. Sesuai dengan hadirnya ratusan penyu yang kerap bertelur di sepanjang hamparan pasir putihnya.

Kabarnya terdapat 3 penyu yang sampai sekarang masih bersarang di Pulau Venu yakni Penyu Hijau, Penyu Sisik, dan Penyu Lekang. Bila beruntung, saat berkunjung ke sini, wisatawan bisa melihat secara langsung bagaimana proses telur penyu menetas dan anak-anak penyu berjalan untuk menuju ke arah lautan lepas. Dijamin ini akan menjadi pengalaman liburan paling mengesankan.

Ada hal unik lain dari Pulau Venu dimana terbangunnya pulau ini ternyata berasal dari tumpukan pasir putih berkerikil dengan lebar kurang lebih mencapai 300 meter dan panjang 700 meter. Bentuk pulaunya pun bila dilihat menggunakan kamera drone akan terlihat seperti sebuah gelang, dan bagian tengahnya terdapat kolam air asin yang pasang surut menyesuaikan dengan kondisi air laut.

Baca Juga: Wisata Teluk Bintuni

Bagi traveler yang ingin menikmati wisata pesisir sembari melihat penyu-penyu menetaskan telurnya, bisa banget nih berkunjung ke Pulau Venu.

Sedikit tips saat hendak berkunjung ke sebuah pulau, kamu harus tau kapan waktu keberangkatan kapal dari Pelabuhan. Sebab biasanya kapal hanya akan berangkat pada jam-jam tertentu saja begitupun dengan penjemputannya. Jadi, mencari informasi selengkap mungkin adalah hal yang perlu dilakukan.

Itulah ulasan singkat mengenai 7 tempat wisata di Kaimana dengan berbagai keunikannya. Bagaimana, tak kalah indah bila dibandingkan dengan Raja Ampat kan? So, kamu tak usah ragu lagi untuk memilih Kaimana sebagai alternatif tempat liburan selama berada di Papua Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *