Tempat Wisata di Karang Baru Aceh Tamiang

18 Tempat Wisata di Karang Baru Aceh Tamiang

Posted on

Tempat Wisata di Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang itu begitu melimpah. Dalam ulasan kali ini juga akan ditemukan beberapa objek wisata di sekitar Karang Baru yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Berbagai destinasi wisata di Aceh ini begitu apik karena belum tersentuh tangan-tangan jahil. Kamu yang berhasil tiba di tempat ini pastinya akan sangat bersyukur karena tak banyak orang yang bisa menikmatinya.

Tempat Wisata di Karang Baru Aceh Tamiang

Daripada berlama-lama berikut beberapa referensi tempat wisata di Karang Baru Aceh Tamiang yang harus kamu kunjungi:

Istana Karang

Istana Karang

Mungkin kita tak menduga bila Karang Baru memiliki istana nan megah. Namun demikian benar adanya dimana salah satu kecamatan di Aceh Tamiang ini miliki bangunan yang ikonik.

Sesuai dengan namanya, Istana Karang ini adanya di Desa Tanjung Karang, Kecamatan Karang Baru. Usut punya usut ternyata bangunan bersejarah ini adalah peninggalan Kerajaan Karang di Aceh Tamiang.

Baca Juga: Wisata Takengon

Salah satu lokasi yang paling banyak dicari tentu saja satu ruang tembus pendang. Dimana di dalamnya terdapat gendang raksasa yang bentuknya mirip bedug.

Taman Rekreasi Aceh Tamiang

Taman ini ada di Desa Bundar, Kecamatan Karang Baru dan menjadi tempat yang banyak dipilih oleh warga sekitar untuk beraktivitas. Uniknya bila taman kota pada umumnya buka 24 jam maka taman ini tidak demikian karena baru buka pukul 11.00 WIB.

Dan waktu terbaik untuk berkunjung pada sore hari pastinya. Di beberapa titik terdapat spot foto yang cukup menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Di taman ini juga ada ragam kuliner yang bisa melengkapi canda tawa. Soal harga tak perlu khawatir karena ramah kantong.

Taman Cucu Kakek

Taman Cucu Kakek

Objek wisata yang satu ini memiliki nama unik berupa Taman Cucu Kakek. Usut punya usut diawal taman ini disiapkan seorang kakek untuk para cucunya.

Namun lambat laun juga diminati warga sekitar dan menjadi ramai seperti sekarang. Untuk menikmati keindahan tidak dikenakan tiket alias gratis.

Hanya saja bila ingin menggunakan fasilitas yang ada baru dikenakan biaya, semisal main bebek air. Tempat wisata keluarga ini ada di Desa Bandar Baru, Kecamatan Bendahara, Kabupaten Aceh Tamiang.

Kuala Paret

Kuala Paret

Ingin melihat sungai dalam bentuk tak biasa maka datanglah ke Aceh Tamiang. Persisnya ada di Desa Kaloy, Kecamatan Tamiang Hulu.

Di desa ini terdapat destinasi wisata unik berupa sungai dengan karang disepanjang jalur aliran sungai. Objek wisata ini juga lebih dikenal sebagai Kuala Paret, dimana bukan hanya mata yang akan mendapat pengalaman berbeda.

Lebih dari itu juga telinga karena aliran sungai membentuk suara yang begitu khas. Sesuatu yang bisa jadi tidak akan ditemukan di sungai pada umumnya.

Pantai Kuala Ketapang

Pantai Kuala Ketapang

Aceh Tamiang bisa jadi satu wilayah yang beruntung dimana berbagai destinasi bisa ditemukan ditempat ini. Baik itu pegunungan, sungai, gua hingga pantai.

Berbicara tentang pantai di Aceh Tamiang ada beberapa yang menjadi favorit. Salah satunya adalah pantai Kuala Ketapang.

Pantai dengan pasir warna kecoklatan ini memiliki bibir pantai sepanjang 3 kilometer hingga membuat siapa saja bebas beraktivitas. Pantai Kuala Ketapang ada di Kampung Majid Sungai Iyu, Kecamatan Bendahara.

Pantai Alur Nunang

Pantai Alur Nunang

Di Aceh Tamiang ada satu pantai yang begitu indah bernama Pantai Alur Nunang. Hanya saja akses jalan yang belum begitu baik menjadi tempat ini tidak populer.

Kalau kamu suka mengeksplore hal baru maka tak ada salahnya untuk menuju pantai yang ada di Desa Alur Nunang di Kecamatan Banda Mulia. Butuh perjuangan untuk tiba ditempat yang satu ini.

Memberi kesan eksklusif pastinya bila kamu bisa menjejakkan kaki. Apalagi mengabadikan dalam frame foto tanpa ada pengunjung lain. Di jamin layaknya benar-benar serasa berada di pantai pribadi.

Air Terjun Sangka Pane

Air Terjun Sangka Pane

Seperti yang saya sebutkan diatas bahwa Aceh Tamiang miliki sungai yang istimewa. Hal ini salah satunya terlihat dari adanya Air Terjun Sangke Pane yang ada di Desa Cempega, Kecamatan Bandar Pusaka.

Air yang sangat jernih, kualitas udara yang baik dan keindahan yang memukau. Paket lengkap dan menjadi daya tarik tersendiri saat berkunjung ke wilayah yang satu ini.

Untuk tiba di lokasi pun butuh perjuangan pastinya. Salah satu rintangan di depan mata adalah jarak yang lumayan jauh. Dimana jaraknya dari pusat kota mencapai 50 kilometer.

Air Terjun Tujuh Tingkat

Air Terjun Tujuh Tingkat

Masih tentang air terjun saat ada di Aceh Tamiang terdapat Air Terjun Tujuh Tingkat. Lokasinya ada Desa Selamat, Kecamatan Tengulun.

Sesuai dengan namanya Air Terjun Tujuh Tingkat pastinya miliki 7 tingkatan. Yang mana satu dengan yang lain membentuk keindahan.

Tempat wisata ini miliki fasilitas yang cukup baik karena warga secara swadaya telah melakukan penataan. Harga tanda masuk ke objek wisata ini pun tidak mahal karena hanya beberapa lembar uang Rp 1.000,- an saja.

Air Terjun Kembar

Air Terjun Kembar

Tenggulun itu kaya akan air terjun dan berikutnya yang begitu apik adalah Air Terjun Kembar. Lokasi persis ada di Kampung Tenggulun, Kecamatan Tenggulun.

Dinamakan demikian karena memang dalam satu tempat terdapat 2 air terjun yang identik atau biasa disebut kembar. Suasana yang ada pun begitu menyegarkan hingga membuat betah berlama-lama.

Bukit Kerang

Bukit Kerang

Satu tempat wisata yang kaya sejarah dan bisa saja membuat decak kagum mereka yang datang adalah bukit kerang. Bagaimana tumpukan kerang yang begitu banyak akan menyerupai bukit.

Bukit Kerang ini ada di Desa Jabu Labu, Kecamatan Bendahara. Berdasar informasi yang ada jutaan kerang ini telah ada sejak zaman dulu atau persisnya pada peradaban manusia purba.

Sangat cocok bagi mereka yang ingin memperlajari sesuatu. Liburan bukan hanya sekadar jalan-jalan tapi juga ada informasi baru yang masuk.

Pemandian Air Panas Kaloy

Pemandian Air Panas Kaloy

Lelah beraktivitas dan ingin santai sejenak maka datanglah ke Pemandian Air Panas Kaloy, yang ada di Desa Kaloy, Kecamatan Tamiang Hulu. Bukan hanya me-refresh badan agar kembali segar tapi juga mata dan pikiran karena ada pemandangan indah.

Pemandian Air Panas Kaloy ini kaya akan kandungan belerang yang aman untuk tubuh. Tak jarang mereka yang datang ke tempat ini miliki keluhan atas penyakit kulit.

Sesaat berendam dan dilakukan secara rutin maka kulit menjadi mulus kembali. Penasaran bukan, tak ada salahnya untuk turut serta mencoba terapi alami ini.

Sungai Gunung Pandan

Sungai Gunung Pandan

Masih di Tenggulun terdapat Sungai Gunung Pandan yang begitu mempesona. Di tempat ini menjadi wahana pemandian terbuka jadi jangan kaget bila ditemukan banyak orang main.

Selain itu juga sering kali digunakan sebagai tempat outbond dan camping. Kamu yang ingin datang dan menikmati waktu lebih lama pun boleh mendirikan tenda di tempat ini.

Satu tempat yang masih asri dan bersih. Memberi kesan berada di alam bebas yang belum tersentuh manusia dengan keserakahannya.

Istana Benua Raja

Istana Benua Raja

Di Aceh Tamiang ternyata bukan hanya ada satu istana. Di kota ini juga akan ditemukan istana lain yang bernama Istana Benua Raja yang ada di Desa Benua Raja, Kecamatan Rantau.

Lokasinya tidak jauh dari Istana Karang jadi sangat disarankan dalam satu waktu kunjungi keduanya. Memiliki ciri khas berupa arsitektur gaya Belanda dan cat warna kuning menjadi penanda yang begitu mencolok.

Istana Benua Raja biasanya ramai pada akhir pekan dimana warga ingin menghabiskan waktu untuk bersantai.

Gua Walet

Gua Walet

Kita pasti tahu khasiat akan sarang burung walet tapi bisa jadi kita tidak pernah tahu asal usulnya seperti apa. Buat yang penasaran maka disarankan untuk datang ke Gua Walet yang ada di Desa Kaloy, Kecamatan Tamiang Hulu.

Di tempat ini dengan leluasa pengunjung bisa melihat aktivitas burung walet. Meski kurang terawat seperti dulu tapi keindahan gua ini tetap menjadi sesuatu yang khas.

Gua Pintu Kuari

Gua Pintu Kuari

Selain ada Gua Walet saat ada di Aceh Tamiang masih ada Gua Pintu Kuari. Bila gua sebelumnya ada di Tamiang Hulu maka Gua Pintu Kuari ini ada di Desa Selamat, Kecamatan Tenggulun.

Di gua ini terdapat situs yang merekam tentang aktifitas zaman dulu. Selain ada situs pra sejarah juga terdapat situs budaya yang begitu elok. Mungkin kita tak menyangka zaman dulu sudah ada pengetahuan sejauh ini.

Tempatnya lumayan jauh dari pusat kota Aceh Tamiang. Namun kalau dari pusat kecamatan Tenggulan tidaklah terlalu jauh.

Tangsar Alur Biak

Tangsar Alur Biak

Ingin bermain dengan air bersama seluruh anggota keluarga maka datanglah ke Tangsur Alur Biak. Berada di alam bebas dan tetap harus waspada karena bisa jadi air tiba-tiba deras.

Objek wisata air yang begitu mempesona karena keindahan alam ini berada di Desa Bengkelang, Kecamatan Bandar Pusaka. Berada di tempat ini akan memberi rasa damai dan tentram karena siapapun akan merasa menyatu dengan alam.

Pemandian Dam Kampung Selamat

Pemandian Dam Kampung Selamat

Masih berbicara tentang tempat pemandian umum di Aceh Tamiang selain ada Tangsur Alur Biak pastinya ada Pemandian Dam Kampung Selamat. Sesuai dengan namanya tempat nuansa alam ini ada di Kampung Selamat, Kecamatan Tenggulun.

Nuansa alam yang tak kalah menarik dengan yang lain ini selalu penuh pada akhir pekan. Dimana banyak keluarga berdatangan untuk santai sejenak sembari memanjakan diri.

Wisata Lapangan Golf

Wisata Lapangan Golf

Bagi mereka yang cukup punya duit atau ingin satu wisata berkelas kelas maka bisa mencoba yang satu ini. Dimana di Aceh Tamiang terdapapat Wisata Lapangan Golf yang berada di Kampung Pertamina, Kecamatan Rantau.

Wisata Lapangan Golf ini memiliki view yang begitu baik hingga masyarakat Aceh Tamiang pun memasukkan lokasi ini sebagai bagian dari tempat wisata. Tak biasa memang tapi bagi mereka yang datang bukan saja akan sehat karena olahraga tapi juga karena kondisi alam yang sangat baik.

Baca Juga: Wisata Pidie

Di Aceh Tamiang terdapat begitu banyak objek wisata berbasis alam yang sangat sayang untuk dilewatkan. Meski untuk tiba dilokasi butuh perjuangan tapi tidak akan menyurutkan siapa saja yang ingin menjejakkan kaki.

Apalagi melihat keindahan yang ada membuat siapa saja ingin mengajak yang lain untuk berkunjung. Selain beberapa nama tempat wisata di Tamiang diatas masih ada destinasi menarik lain yang bisa disambangi lebih jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *