Tempat Wisata Di Karanganyar

18 Tempat Wisata Di Karanganyar Paling Hits Dikunjungi

Posted on

Tempat Wisata Di Karanganyar – Karanganyar merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Jawa Tengah. Nah, tau nggak sih apa yang menjadi ciri khas dari kabupaten ini? Kalau melihat dari julukannya yaitu Intrapantani atau singkatan dari Industri, Pertanian, Perdagangan dan Pariwisata, sudah jelas kalau Karanganyar memiliki ciri khas akan suasana alamnya. Suhu udara yang sejuk dan pemandangan yang masih asri bisa kamu nikmati saat berkunjung ke sini. So, nggak ada salahnya kalau kamu menjadikan karanganyar sebagai destinasi wisata.

Tempat Wisata di Karanganyar

Traveller, wisata di Karanganyar tuh ada banyak banget apalagi yang bernuansa alam. Jadi bakal bener-bener cocok deh untuk kamu kunjungi! Kalau kamu masih bingung masalah tempat mana yang akan dikunjungi, mending simak yuk 18 tempat wisata di Karanganyar paling hits dikunjungi berikut ini.

Air Terjun Parang Ijo

Air Terjun Parang Ijo

Obyek Wisata Karanganyar pertama yang nggak boleh kamu lewatkan adalah air Terjun Parang Ijo. Lokasinya ada di Girimulyo da yang paling penting mudah dijangkau sebab aksesnya sudah cukup bagus bahkan berbeda dengan air terjun lain yang kebanyakan tersembunyi. Kalau sudah sampai di air terjun, tentu hal yang harus kamu lakukan adalah menikmati kesegaran airnya dong. Sembari dikelilingi oleh suasana alam menyejukkan, tentu ini akan jadi liburan yang mengesankan.

Eits, nggak hanya air terjun aja! Kamu juga bisa coba menguji adrenaline dengan menaiki wahana flying fox yang dibuat oleh pihak pengelola wisata. Sambil meluncur, semilir angin akan mengibas-ngibas wajahmu, di atas ketinggian pun akan terlihat jelas indahnya pemandangan Parang Ijo.

Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu

Masih bernuansa alam dan berkaitan dengan air, tempat wisata yang tak kalah hits dengan Parang Ijo adalah Grojogan Sewu. Lokasinya ada di Jalan Raya Tawangmangu, Beji, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Ada alasan kenapa dinakanan Grojogan Sewu, nama tersebut berasal dari Bahasa Jawa yang kalau diartikan adalah air terjun seribu. Dimana aliran air yang turun memang cukup besar dan bersih. Kondisi alam sekitarnya pun sangat asri.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Jepara

Tempat wisata di Jawa Tengah ini amat sangat hits, bahkan di waktu tertentu pengunjung yang datang kerap membludak. Wahhh, kalau kaya gini sih kamu harus datang lebih pagi agar bisa menikmati dengan nyaman pesona alam dan air terjunnya. Namun yang harus kamu tau, sebelum benar-benar sama di lokasi, kamu harus bersiap untuk menaiki kurang lebih 1.200 anak tangga.

Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog

Hem, karanganyar memang kaya akan potensi wisata air terjunnya ya. Setelah 2 air terjun yang sudah dijelaskan sebelumnya, masih ada lagi air terjun hits yang direkomendasikan untuk kamu kunjungi yaitu Air Terjun Jumog. Sebenarnya sih untuk soal lokasi nggak terlalu jauh dari Grojogan Sewu. Lebih tepatnya berlokasi di Jalan Dk Barjo, Gandu, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Apa yang bisa dinikmati saat berada di Jumog? Ya, tentu saja pesona alam dan kesegaran air terjun.

Sebelumnya, Jumog nggak seterkenal air terjun Grojongan Sewu atau Parang Ijo. Namun berkat bantuan sosmed dan para milenial yang senang mengabadikan moment dan membagikannya di sosmed, Jumog lambat laun mulai hits di kalangan wisatawan.

Air Terjun Pringgodani

Air Terjun Pringgodani

Air terjun Pringgodani merupakan tempat wisata di Karanganyar yang cocok banget kamu jadikan tempat piknik entah bareng teman atau keluarga. Bila dari terminal bus Tawangmangu, jaraknya hanya 4 km saja. Namun yang akan menguras keringat adalah saat melakukan perjalanan menuju lokasi air terjunnya. Kamu harus berjalan kaki dulu, nggak jarang loh wisatawan yang menyerah dan memutuskan balik lagi. Atau biasanya hanya sampai Sendang Pengantin dan menikmati pesona air terjun dari atas ketinggian.

Gunung Lawu

Gunung Lawu

Sudah pernah menaklukan wisata di Karanganyar Jawa Tengah satu ini? Gunung Lawu biasanya sanga diminati oleh para pendaki, baik pemula atau masih baru. Menaklukan sebuah puncak dengan berjalan kaki selama berjam-jam adalah suatu pencapaian. Betul atau benar?

Untuk lokasinya sendiri Lawu terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, dimana di sisi baratnya adalah Karanganyar. Nah, untuk akses yang sering dilalui oleh pendaki biasanya via Cemoro Kandang. Oiya, Lawu sebenarnya mempunyai 3 puncak yaitu Hargo Domilah, Dalem dan Hargo Dumilah. Masing-masing puncak memiliki keindahan alam yang sama menakjubkannya kok.

Saat malam 1 Suro biasanya Lawu akan ramai didaki. Ya mungkin karena adanya ritual tertentu. Tapi kalau untuk kamu sih, sebaiknya melihat pada cuaca, kalau cuaca sedang kurang bersahabat sebaiknya jangan mendaki dulu. Sedikit tips juga, sebelum mendaki jangan lupa persiapkan perlengkapan dan peralatan yang kamu butuhkan ya. Mulai dari makanan dan minuman secukupnya, tenda (bila mau menginap), dan lain-lain.

Bukit Sekipan

Bukit Sekipan

Bukit Sekipan merupakan wisata karang anyar terhits selanjutnya yang lagi-lagi akan menyuguhkan pesona alam luar biasa menakjubkan. Sebuah bukit yang menawarkan paket liburan lengkap bahkan bisa dibilang sebagai tempat wisata terpadu loh. Sebab di bukit sekipan ini ada banyak sekali wahana yang bisa kamu nikmati, mulai dari waterboom, area taman bermain, outbound dan masih banyak lagi. Selain wahana permainan yang tentunya akan disukai anak-anak, ada pula miniature ka’bah. Di sini wisatawan bisa melakukan simulasi lempar jumrah, dan aktivitas lain yang berkaitan dengan wajib haji. Ini akan menjadi liburan menyenangkan yang penuh edukasi.

Buat kamu yang sudah memiliki anak,mengajaknya ke Bukit Sekipan bisa menjadi alternatif liburan paling menyenangkan. Mereka bisa bermain sambil belajar tanpa merasa terbebani. Iya nggak? Yuk diatur saja kapan mau datang ke sini.

Tenggir Park

Tenggir Park

Nggak hanya bukit Sekipan, ada wisata terpadu lain di Karanganyar yang juga hits dan direkomendasikan untuk wisata keluarga yaitu Tenggir Park yang berlokasi di Kaki Gunung Lawu. Wah kalau melihat dari lokasinya sih bisa dipastikan kalau Tenggir Park memiliki nuansa alam yang indah dan udara yang segar. Tapi nggak hanya itu saja, ternyata di sini juga terdapat Waterpark dengan konsep kekinian loh.

Ada pula berbagai macam fasilitas wahana permainan menyenangkan sekaligus spot-spot foto instagramable yang akan memanjakan lensa kamera kamu. Seperti sepeda layang, rumah pohon, rumah honai khas Papua, dan lain-lain. So, kayaknya sih nggak perlu ragu lagi ya buat datang ke Tenggir Park.

Candi Cetho

Candi Cetho

Candi Cetho adalah peninggalan dari Kerajaan Majapahit. Lokasinya ada di Desa Gumeng, Dusun Cetho. Sebuah tempat yang sangat bersejarah mengingat sudah berdiri ratusan tahun lamanya. Bila dilihat secara keseluruhan, candi Cetho mempunya 11 teras yang rata-rata berada di atas tanah berundak. Nilai artisticnya pun sangat melekat dipadukan dengan nuansa alam yang masih asri, semakin menyempurnakan keberadaan candi tersebut. Bahkan karena berada di ketinggian 1.496 Mdpl udaranya pun masih terasa sangat sejuk.

Candi Sukuh

Candi Sukuh

Candi Sukuh sebenarnya bukan wisata baru di Karanganyar, sebab sudah ada sejak lama. Namun memang baru hits saat ada sosial media. Nah, untuk lokasinya ada di Desa Gumeng, Tambak, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Uniknya, bentuk bangunan Candi Sukuh berbeda dengan kebanyakan candi kuno yang ada di Indonesia. Dimana bentuk bangunan malah terlihat mirip seperti bangunan Suku Inca yang ada di Peru dan Suku Maya di Meksiko.

Di sekitar bangunan candi pun kamu bisa menemukan banyak patung yang terbilang sangat erotis. Namun memiliki arti tersendiri yaitu melambangkan kesuburan.

Agrowisata Amanah

Agrowisata Amanah

Wisata Karanganyar Solo berikutnya yang tak kalah hits dengan tempat wisata sebelumnya adalah Agrowisata Amanah. Berlokasi di Kawasan Tawangmangu, atau lebih tepatnya di Jalan Raya Solo, Tawangmangu, Km 34, RT 01/03, Karang Wetan, Karang Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar.

Agrowisata amanah menjadi salah satu tempat terfavorit untuk wisata keluarga. Sebab ada berbagai macam permainan menarik yang sangat cocok untuk orang dewasa dan juga anak-anak. Mulai dari area outbound, tempat belajar mengenai perkebunan, pertanian hingga peternakan. Ya pokoknya cocok banget deh untuk kamu yang ingin mengajak anak liburan yang edukatif, disini anak benar-benar bisa belajar sambil bermain dengan sangat menyenangkan.

Astana Giribangun

Astana Giribangun

Astana Giribangun merupakan sebuah komplek pemakaman yang dimiliki keluarga besar Presiden RI yang ke-2 yakni Bapak Soeharto. Seperti yang sudah diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia kalau bapak Soeharto merupakan presiden dengan masa jabatan terpanjang. Sehingga memiliki kesan dan kenangannya tersendiri untuk seluruh masyarakat.

Bila kamu termasuk salah satu orang yang merasa sangat terkesan dengan sejarah beliau, kamu bisa coba berkunjung ke Astana Giribangun. Ya, sekedar untuk berziarah dan mengenang jasa-jasanya selama menjadi presiden. Selain dapat melihat makam Bapak Soeharto, kamu juga bisa menemukan makam anggota keluarganya seperti Ibu Tien, dan beberapa orang lainnya.

Perkebunan Teh Kemuning

Perkebunan Teh Kemuning

Next, ada perkebunan Teh Kemuning atau biasa disebut sebagai Kawasan puncak dari Kabupaten Karanganyar. Kalau saat ke Bogor kamu akan menemukan Kawasan Puncak yang menawarkan panorama alam eksotis berupa kebun teh, maka tak jauh berbeda dengan Perkebunan Teh Kemuningan.

Selain bisa menikmati keindahan alam dan udara yang sejuk, kamu bisa menemukan Rumah Tek Ndoro Donker yang sangat hits sekali di kalangan kawula muda. Beberapa spot foto alami yang instagramable pun benar-benar bisa memanjakan lensa kamera kamu. So, jangan lupa siapkan kamera dengan baterai yang penuh ya agar kamu bisa foto-foto sampai puas banget!

Telaga Madirda

Telaga Madirda

Karanganyar memang nggak pernah kehabisan menyuguhkan tempat wisata hitsnya. Seperti Telaga Madirda yang berlokasi di Ngargoyoso, Kecamatan Tawamangu dan termasuk dalam objek wisata tersembunyi yang ada di Kabupaten Karanganyar. Tapi, biarpun tersembunyi bukan berarti tidak diketahui ya. Berkat sosial media, popularitas Telaga Madirda semakin meningkat pesat dan tak pernah sepi dari pengunjung.

Bagi kamu yang ingin melepas penat dan lelah, berkunjung ke Telaga Madirda mungkin bisa menjadi solusi. Yap, soalnya di sini kamu bisa menikmati kesejukan udara dataran tinggi yang khas. Pemandangan alamnya pun bisa memanjakan mata.

Kalau berdasarkan penuturan masyarakat sekitar, Telaga Madirda adalah telaga keramat yang kerap digunakan untuk melakukan ritual keagamaan khususnya untuk penganut Hindu. Sebab di Telaga Madirda terdapat sebuah batu yang dulunya dijadikan sebagai tempat bertapa dan melahirkan Retno Anjani atau ibu dari tokoh pewayangan Hanoman.

Agrowisata Sondokoro

Agrowisata Sondokoro

Masih belum cukup dengan agrowisata yang sudah dijelaskan sebelumnya? Oke, kalau begitu kamu bisa coba mengunjungi Agrowisata Sondokoro yang juga termasuk dalam tempat wisata hits di Karanganyar. Ada berbagai wahana permainan yang akan menemanti liburan kamu selama di sini.

Seperti waterboom, flying fox, area outbound dan banyak lagi. Nah, untuk wahana paling populernya sendiri adalah Kereta Tua yang bisa dikendarai pengunjung berkeliling di Kawasan Agrowisata Sondokoro.

Pemandian Sapta Tirta Pablengan

Pemandian Sapta Tirta Pablengan

Pemandian Sapta Tirta Pablengan berlokasi di Desa Pablengan atau lebih tepatnya di Jalan TP Joko Songo Pablengan, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar. Seperti namanya, pemandian ini mempunyai 7 buah mata air yang mana tiap mata airnya mampu memberikan khasiat. Wah, unik juga ya.

Bahkan katanya sumber mata air keeempat yang ada pada pemandia ini atau disebut juga sebagai air urus usus diklaim bisa membantu menyembuhkan gatal dan penyakit rematik. Benar atau tidaknya, mending kamu coba saja sendiri.

Di samping itu untuk mata air yang ketujuh dipercaya bisa membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit yang berkaitan dengan organ dalam tubuh misalnya penyakit liver, TBC, ginjal, diabetes dan yang lainnya.

Waduk Lalung

Waduk Lalung

Tempat wisata di Karanganyar selanjutnya adalah Waduk Lalung, tempat ini sangat pas untuk dijadikan sebagai spot menikmati keindahan matahari terbenam. Langit jingga yang lambat laun akan berubah menjadi gelap menjadi momen yang harus kamu nikmati.

Waduk Lalu sendiri sebenarnya difungsikan sebagai tempat untuk penampungan air dan pengendali irigas di Kabupaten Karanganyar. Di sini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai area memancing.

Bukit Hope

Bukit Hope

Kamu dan pasangan ingin mencari tempat wisata romantis di Karanganyar? Yuk datang ke Bukit Hope, ini bisa menjadi pilihan terbaik. Bukit Hope menyuguhkan pemandangan alam yang indah sekaligus udara menyegarkan. Ada banyak pula spot foto instagramable yang bisa kamu temukan misalnya saja spot yang bertuliskan I love You. Romantis banget nggak sih? Hehe

Tubing Goasari Ngargoyoso

Tubing Goasari Ngargoyoso

Oke, tempat wisata yang terakhir dan termasuk dalam wisata Karanganyar terhits selanjutnya adalah Tubing Goasari Ngargoyoso. Sebuah tempat wisata yang berlokasi di Kawasan Desa Puntukrejo, benar-benar sangat hits di kalangan masyarakat Karanganyar. Kamu yang menyukai aktivitas susur sungai, wajib banget deh datang ke sini. Yap, sebab di sini kamu benar-benar menikmati kesegaran air di Goasari secara langsung.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Kendal

Selama susur sungai, kamu juga akan diberikan berbagai macam perlengkapan keamanan. Seperti, helm dan pelampung. Ada pula pemandung yang akan menemani kamu sampai susur sungai selesai sampai akhir. Pastinya akan sangat seru deh, apalagi kalau kamu melakukannya bersama teman-teman.

Yap traveller itulah 18 tempat wisata di Karanganyar yang paling hits dikunjungi oleh wisatawan. Mulai dari wisata air, wisata gunung sampai dengan wisata candi kuno yang sangat bersejarah dan nggak menghilangkan kesan alamnya. So, tempat mana nih yang menjadi pilihan kamu? Langsung aja pilih dan rencanakan waktunya ya, kapan kamu akan berkunjung kalau perlu rencanakan juga dengan siapa kamu akan berkunjung. Jangan sendiri banget, kan keliatan jomblonya hehe.. happy travelling ya guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *