Tempat Wisata Di Karangasem

11 Tempat Wisata Di Karangasem Bali Yang Populer

Posted on

Menjelajahi tempat wisata di Bali memang tak akan cukup bila hanya dalam waktu satu hari saja. Kamu kemungkinan harus menghabiskan selama 1 minggu atau bahkan lebih untuk bisa mengunjungi beberapa tempat.

Salah satu daerah yang juga harus kamu sambangi adalah Karangasem, sebuah kabupaten yang berada di Bali dan menyimpan banyak sekali hal-hal yang mengagumkan. Seperti wisata Karangasem yang beragam mulai dari wisata pantai, pegunungan, spiritual, dan lain-lain.

Sebagian besar masyarakatnya pun masih memegang adat dan tradisi warisan nenek moyang hingga sekarang. Bahkan ada beberapa yang hanya bisa ditemukan di Karangasem seperti tradisi geret pandan yang ada di Desa Tenganan, kegiatan tersebut biasa digelar selama 2 hari.

Tempat Wisata Karangasem

 

Oleh sebab itulah, bila traveller sedang berada di Bali atau berencana ke Bali, tak ada salahnya untuk datang ke Karangasem. Sebab ada banyak sekali destinasi tempat wisata di Karangasem yang dijamin membuatmu merasa terpukau, berikut adalah beberapa diantaranya. Langsung saja, simak yuk ulasan berikut ini.

Pantai Blue Lagoon

Pantai Blue Lagoon

Bali merupakan daerah di Indonesia yang banyak dikunjungi oleh turis asing. Alasan mereka memilih Bali sebagai tempat liburan adalah karena pantai-pantainya yang menawan, bahkan berbeda dengan pantai lain yang ada di dunia. Seperti Pantai Blue Lagoon yang berlokasi di Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali.

Pengunjung yang berkunjung kesini kebanyakan adalah warga negara asing, adapun warga local bisa dibilang tak terlalu banyak. Keindahan pemandangan Blue Lagoon sangat memanjakan mata, sangat bersinar dengan warna-warna alami seperti biru yang merupakan warna laut dan langit, hijau dari pepohonan, hingga warna putih bersih dari hamparan pasir pantainya. Angin sepoi sedikit memberikan kesejukan di tengah udara pantai yang terik.

Baca Juga: Wisata Jembrana

Pantai ini sangat terkenal karena spot snorkeling nya. Keindahan alam bawah laut yang dihuni oleh terumbu karang dan ikan-ikan menjadi daya tarik tersendiri. Bila beruntung, saat menyelam kita menjumpai moorish idol, ikan sapu-sapu, kura-kura hingga hiu karang. Sangat disarankan untuk melakukan snorkelling saat ombak sedang reda guna menghindari arus yang terlalu kuat. Mengingat lokasi Blue Lagoon berada di Selat Badung.

Nah untuk perlengkapan snorkeling nya, kamu bisa membawa sendiri atau menyewanya. Kalau sewa harganya 25 ribu per item, kalau paket lengkap harganya 75 ribu sudah mendapatkan masker kaca, kaki kata dan pelampung.

Pura Besakih

Pura Besakih

Selain karena pantainya, Bali juga terkenal karena banyaknya pura yang dibangun. Sampai-sampai diberikan julukan sebagai pulau seribu pura. Bila sedang berada di Karangasem, kamu bisa berkunjung ke Pura Besakih. Lokasinya berada Jalan Gunung Mas, Desa Besakih, Rendang, Kabupaten Karangasem Bali.

Wisata Karangasem Bali ini bukan hanya sekedar tempat wisata, sebab Besakih memilih sejarah dan keberadaanya tentu dianggap penting oleh masyarakat Bali. Pura ini juga merupakan yang terbesar di Bali, dibangun di atas lahan seluas 20 hektar. Mempunyai 46 pura besar dan kecil yang dibagi kedalam 3 bagian yaitu Pura Penyungsungan Jagat ada 20 pura, Pura Kawitan ada 17 pura dan Pura Dadya ada 9 pura. Latar belakang pemandangan Pura Besakih adalah Gunung Agung Bali, pemandangannya nampak terlihat jelas. Begitu gagah apalagi disandingkan dengan sebuah pura.

Bagi yang ingin berkunjung ke sini, sebaiknya kamu menyiapkan uang cash untuk membayar tiket masuknya ya. Tak mahal kok hanya 30 ribu rupiah per orang. Sementara bila membawa kendaraan akan dikenakan biaya tambahan 5 ribu rupiah untuk motor dan 10 ribu rupiah untuk mobil. Harga tersebut sewaktu-waktu bisa berubah ya, tergantung kebijakan dari pihak pengelola tempat wisata.

Tirta Gangga Karangasem

Tirta Gangga Karangasem

Karangasem Bali sangatlah istimewa apalagi dengan kehadiran tempat wisatanya. Seperti Tirta Gangga, sebuah taman kerajaan yang bila kamu kunjungi tentu akan memberikan pengalaman liburan yang baru sekaligus menyenangkan. Apalagi bila kamu datang bersama keluarga atau teman.

Taman wisata ini dulunya adalah sebuah taman air miliki kerajaan Karangasem yang dibangun pada tahun 1946 oleh seorang Raja bernama Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung. Penamaan Tirta Gangga sendiri memiliki arti; Tirta bermakna air suci dan Ganggang sebuah nama sungai suci di India.

Pembangunan Tirta Gangga dilakukan di atas lahan seluas 1.2 hektar yang memanjang dari arah timur ke barat dan berada di area persawahan. Letaknya pun berada di kaki Gunung Agung, sehingga tak heran bila udaranya sangat menyejukkan. Wisatawan dijamin akan betah menghabiskan waktu di sini. Suasana tenang dan damai, sangatlah pas untuk merileksasikan pikiran apalagi bila sedang penat dan lelah.

Gunung Agung

Gunung Agung

Bagi para penikmat ketinggian, saat berkunjung ke suatu daerah pasti yang dicari adalah pegunungannya, betul tidak? Nah, kalau sedang berada di Bali, kamu bisa menjadikan Gunung Agung sebagai tujuan pendakian. Apalagi gunung ini merupakan yang tertinggi di Bali, ketinggiannya kurang lebih 3.031 meter di atas permukaan laut. Bila berhasil sampai puncak tentu akan menjadi kebanggan tersendiri.

Bagi pemula sangat tidak disarankan untuk mendaki sendirian. Sebab perjalanannya akan cukup berat. Kemungkinan kamu harus menghabiskan waktu seharian penuh untuk melakukan perjalanan, sebelum sampai di puncak. Rasa lelah sudah pasti akan terasa, namun akan segera tersamarkan begitu benar-benar sampai puncak. Bak sedang berada di atas awan, pemandangan Bali secara keseluruhan dapat terlihat jelas. Pemandangan alamnya pun sangat menawan. Udara yang segar tanpa adanya polusi bisa memanjakan paru-paru agar mendapat pasokan oksigen yang bersih.

Masyarakat Bali memiliki kepercayaan bahwa Gunung Agung merupakan pusat dari bumi sehingga harus dijaga. Sejak terjadinya letusan pada tahun 1963, warga sekitar hingga sekarang sangat rutin menggelar upacara penyucian Gunung Agung seperti Upacara Wana Kertih. Digelar dalam rangka memohon agar alam tetap lestari dan harmonis, terjaga dari bencana.

Bukit Asah

Bukit Asah

Wisata Karangasem Bukit Asah merupakan tempat wisata di Bali yang juga kan menyuguhkan pemandangan dari atas ketinggian. Biarpun tak setinggi Gunung Agung, namun Bukit Asah juga bisa menjadi alternatif pilihan bagi traveller yang ingin berkemah dan menikmati pemandangan sunset serta pantai bali. Sebab letaknya berada di tebing atas laut.

Banyak wisatawan lokal maupun asing yang menghabiskan waktu liburan di sini selama satu malam. Bila ingin kemah, wisatawan bisa menyewa tenda berukuran besar atau kecil. Jadi, tak perlu repot membawa tenda dan merakitnya saat sampai di sana. Kamu hanya perlu membayar biaya sewa saja, tenda sudah terpasang dengan kuat.

Kontur tanah Bukit Asah cukup rata, sehingga nyaman sekali bila berbaring di atas tanah menggunakan tenda. Menjelang pagi hari, sebaiknya tak melewatkan momen matahari terbit. Langit yang tadinya gelap perlahan-lahan akan semakin terang karena kemunculan matahari.

Taman Soekasada Ujung Water Palace

Taman Soekasada Ujung Water Palace

Mencari tempat wisata di Karangasem yang instagramable banget namun tak lepas dari nuansa alamnya? Kamu bisa berkunjung ke Taman Soekasada Ujung Water Palace. Lokasinya ada di Taman Ujung, Br. Dinas, Tumbu, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem.

Dulunya Kawasan wisata ini merupakan sebuah istana. Namun sekarang sudah disulap menjadi area wisata yang lengkap dengan berbagai macam fasilitasnya seperti kolam renang, taman bermain, dan lain-lain. Pemandangannya pun sangat memanjakan mata, kita bisa melihat gunung hingga lautan.

Ada banyak spot foto instagramable yang akan kamu jumpai saat berada di Taman Soekasada Ujung Water Palace. Misalnya saja seperti jembatan putih yang penuh dengan rambatan bunga bougenville berwarna merah menawan. Kamu bisa berfoto di atas jembatan tersebut. Ada pula kolam utama yang di bagian tengahnya terdapat bangunan putih yaitu Bali Gili yang biasa digunakan untuk tempat peristirahatan keluarga raja. Di dalam Balai Gli terdapat ruangan dan beberapa foto hitam putih kerajaan Karangasem beserta orang Belanda.

Berkeliling di taman ini akan memberikan pengalaman liburan yang berbeda. Apalagi bila kamu ingin tahu bagaimana sih area istana sebenarnya.

Pantai Bias Tugel

Pantai Bias Tugel

Pantai Bias Tugel merupakan pantai kecil yang ada di Bali. Biarpun kecil tempat wisata ini bisa sedikit menghiburmu dikala penat, sebab suasananya sangat menenangkan dipadukan dengan pemandangan yang indah. Salah satu keunikan dari pantai ini adalah keberadaan laguna kecil yang kerap dijadikan kolam renang alami oleh wisatawan yang berkunjung ke sini.

Nama Bias Tugel sendiri diambil dari Bahasa Bali; Bias artinya pasir, Tugel artinya terpotong atau potongan. Dinamakan demikian karena memang area pantainya tak terlalu luas, bagian kanan dan kiri diapit batu karang cukup besar, berbentuk potongan seperti teluk kecil.

Keunikan lain yang dimiliki Pantai Bias Tugel yaitu adanya waterblow atau air laut yang muncrat ke atas karena benturan gelombang. Kamu bisa melihatnya sekitar 50 meter, berada di sebelah kanan pantai.

Pantai Candidasa

Pantai Candidasa

Wisata Karangasem Bali Pantai Candidasa adalah pantai yang mempunya warna pasir unik yaitu putih keabuan. Terlihat semakin cantik karena adanya hamparan batu koral. Pemandangan lautan biru dengan cuaca tropis pun siap memanjakan siapapun yang ingin menghabiskan waktu liburannya di sini.

Ombak yang tak terlalu besar, berpadu dengan angin sepoi. Suasana terasa lebih sejuk meskipun cukup terik. Menjelang sore hari, ada moment matahari terbenam yang membuat Candidasa semakin menawan. Lokasi Candidasa cukup mudah untuk dijangkau dan dekat dengan pemukiman warga. Oleh sebab itulah kalau soal akses jalan serta fasilitas lainnya sudah terbilang nyaman. Sehingga sangat cocok sekali untuk wisatawan yang ingin mengunjungi pantai di Bali dengan mudah.

Tak jauh dari Candidasa, kamu pun bisa menjumpai beberapa penginapan yang nyaman mulai dari harga murah hingga tinggi. Soal fasilitas tentu akan menyesuaikan dengan harga. Beberapa pasangan yang baru saja menikah kerap menginap tak jauh dari Candidasa agar bisa honeymoon sembari menikmati suasana pantai yang romantis.

Savana Tianyar

Savana Tianyar

Savana Tianyar, tempat wisata dengan hamparan padang rumput yang eksotis. Mengingatkan kita akan suasana Afrika, namun kali ini lokasinya ada di Karangasem Bali. Areanya sangatlah luas, sejauh mata memandang kita akan melihat ilalang dan rerumputan yang akan berubah warna sesuai kondisi musimnya. Kalau sedang kemarau akan terlihat kekuningan, kalau sedang musim hujan akan menghijau kembali.

Lokasi Savana Tianyar juga tak jauh dari Gunung Agung Bali. Pemandangan gagah gunung tersebut bisa kita lihat dari kejauhan. Saat berfoto akan semakin sempurna, nampak padang rumput dipadukan dengan pemandangan gunung. Benar-benar instagramable. Kamu pun bisa menjumpai banyak kuda apalagi datang saat pagi hingga siang hari. Kalau ingin menunggangi kuda tersebut, tentu tak bisa sembarangan. Kamu harus meminta izin dan menjualnya pada si pemilik kuda.

Bagaimana, tertarik untuk liburan di Savana Tianyar? Bagi yang suka dengan wisata instagramable, sebaiknya sih jangan melewatkan tempat satu ini untuk masuk ke dalam list wisatamu!

Danau Yeh Malet

Danau Yeh Malet

Difungsikan menjadi kolam penampungan air hujan, kini danau Yeh Malet mulai sangat populer sebab ada banyak sekali spot instagramable. Beberapa orang yang sempat datang ke sini mengatakan bahwa Yeh Malet mirip seperti di Jepang, ada pula yang mengatakan seperti di Eropa. Kok bisa?

Ini karena Danau Yeh Malet banyak ditumbuhi oleh eceng gondok yang berbunga cantik, warnanya ungu putih. Benar-benar indah, bahkan kamu pun mungkin seperti merasa sedang berada di luar negeri. Apalagi dengan adanya bukit yang mengelilingi danau, Yeh Malet semakin mempesona.

Sebuah tanaman eceng gondong di tengah sungai dirangkai menjadi sebuah kata I Love You, sangat romantic ya apalagi bila berkunjung dengan pasangan. Mungkin eceng gondok tersebut bisa menjadi cara menyatakan perasaan hehe.

Bila ingin mendapatkan foto terbaik, sangat disarankan agar kamu menggunakan outfit yang sesuai. Misal karena cuaca cukup terik mungkin bisa menggunakan pakaian bertema summer? Menggunakan warna cerah dan kain yang mudah menyerap keringat. Jangan salah, outfit yang dikenakan juga akan berpengaruh loh pada hasil foto yang semakin memukau.

Maha Gangga Valley

Maha Gangga Valley

Maha Gangga Valley merupakan wisata Karangasem Bali yang berkonsep pedesaan di tengah sawah. Sehingga sangat direkomendasikan untuk wisatawan yang ingin staycation. Letaknya tak terlalu jauh dari Tirta Gangga, jadi kalau kamu ingin menginap di sini selepas dari Tirta Gangga tentu bisa sekali.

Salah satu keunikan dari Maha Gangga Valley adalah kamarnya yang berbentuk seperti gubuk atau seperti rumah adat papua yaitu Honai. Namun biarpun begitu kondisi di dalam kamar tersebut sudah cukup modern dan pastinya akan membuat nyaman wisatawan.

Saat pagi hari, kamu bisa berjalan-jalan, menikmati suasana sekitar dan matahari terbit. Ada sebuah jembatan kayu dengan desain yang unik, kalau membawa kamera jangan lupa berfoto untuk mengabadikan moment ya. Selain itu, ada pula sebuah sarang burung berbentuk unik dengan latar belakang pemandangan sawah, spot foto yang sangat instagramable.

Baca Juga: Wisata Klungkung

Agar bisa semakin merasakan suasana pedesaan, wisatawan bisa sejenak bermain air sungai yang begitu jernih sembari menikmati suasana alam yang asri. Setelah lelah berjalan-jalan, wisatawan akan disuguhi sarapan yang khas Bali banget. Wahh, benar-benar super cozy nggak sih kalau bisa liburan di sini? Nggak usah ragu lagi deh untuk mengajak teman atau keluarga datang ke Maha Gangga Valley.

Traveler, itulah 11 tempat wisata di Karangasem yang bisa kamu kunjungi saat berada di Bali. Ada banyak tempat yang menarik dan bisa membuatmu terpesona bahkan betah berlama-lama. Yuk mulai rencanakan waktu liburanmu sekarang, jangan lupa buat itinerary wisatamu dengan detail ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *