Tempat Wisata di Karawang

18 Tempat Wisata di Karawang Mulai yang Alami Hingga Buatan

Posted on

Catat apa saja tempat wisata di Karawang supaya Anda bisa bikin itinerary selama liburan ke Karawang. Atau mungkin Anda sengaja mampir ke Karawang untuk urusan tertentu, bisa sekalian mampir ke salah satu atau beberapa wisata di sana untuk cuci mata. Inilah pentingnya mengetahui apa saja objek wisata di Karawang.

Daftar Tempat Wisata di Karawang

Ada pantai Tanjung Baru, pantai Tanjung Pakis, Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok, Monumen Rawagede, Danau Kalimati, Situ Kamojing, Green Canyon, Waterboom, hingga banyak pilihan air terjun. Mulai dari wisata alam, wisata berwujud buatan manusia, hingga wisata yang kental akan sejarah, berikut adalah 18 tempat wisata Karawang yang bisa dipilih untuk dituju.

Pantai Tanjung Baru

Pantai Tanjung Baru

Tidak sulit untuk menemukan objek wisata di Karawang ini karena selain cukup populer, di mana-mana ada banyak keterangan arah menuju pantai ini. karena menjadi satu pantai yang populer, rasanya memang akan belum lengkap jika berlibur ke Karawang namun belum mampir ke pantai ini.

Ada daya tarik tersendiri yang dimiliki pantai ini sehingga sebaiknya dipertimbangkan untuk dimasukkan dalam daftar itinerary perjalanan ke Karawang. Di Pantai Tanjung Baru sengaja ada jasa persewaan  kuda dengan pengawasnya. Tak menutup kemungkinan bagi para wisatawan untuk berkuda di pinggir pantai. Malahan, karena ombaknya yang cukup tenang, kuda-kuda yang diawasi dan diantarkan oleh pemiliknya siap-siap saja jika harus melangkahkan kaki ke perairannya.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Bandung

Pasirnya berwana abu-kevoklatan, sifatnya juga lembut. Aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di pantai ini beragam. Mulai dari bersantai, bermain air, bermain pasir, fotografi, hingga olahraga.

Pantai Tanjung Pakis

Pantai Tanjung Pakis

Berbeda dengan Pantai Tanjung Baru, Pantai Tanjung Pakis ini sifatnya lebih alami dari semua pantai yang disebutkan dalam daftar ini. Alaminya Pantai Tanjung Pakis dibuktikan dengan masih adanya sisa-sisa pohon, daun, dan aktivitas-aktivitas alam lainnya yang masih terlihat. Di sana juga ada bongkahan perahu bekas yang biasa dijadikan spot foto. Jangan terlalu berekspektasi besar, apa yang dimaksud ini hanya perahu sederhana.

Pantai Tanjung Pakis berada di Tanjungpakis, Pakisjaya, Pakisjaya, Kabupaten Karawang. Warna pasirnya coklat keabuan, sama seperti pantai-pantai lain yang ada di Karawang. Jangan heran jika ketika sampai sana nanti Anda kesulitan menemukan warung untuk memenuhi kebutuhan, karena sekali lagi pantai ini masih cukup alami. Jika Anda mantap untuk mengunjungi pantai ini, maka untuk berjaga-jaga bawa saja perbekalan dari kota.

Pantai Samudera Baru

Pantai Samudera Baru

Selanjutnya ada objek wisata Karawang pantai yang disebut dengan pantai Samudera Baru. Lebihnya pantai yang satu ini adalah memiliki hamparan pasir yang bersih dan halus, sehingga mau aktivitas apapun di pantai dengan kaki telanjang tetap akan aman-aman saja. Karena hal ini pula, Anda bisa melakukan banyak hal ketika berada di Pantai Samudera Baru.

Warna pasir pantainya adalah abu-abu muda, lebih banyak terlihat cerah daripada terlihat gelap. Ombaknya cukup tenang, sehingga akan aman-aman saja bila mengajak anak-anak ke pantai ini. Hal lain tentang pantai ini yang juga sebaiknya diketahui salah menjadi yang paling difavoritkan bagi banyak orang daripada dua pantai di atas.

Tidak menutup kemungkinan untuk mengunjungi semua pantai yang ada di Karawang, namun jika Anda tak memiliki banyak waktu di Karawang, Anda bisa-bisa saja langsung datang ke pantai ini. Untuk diketahui, Pantai Samudera Baru adalah pantai yang berada di Sungaibuntu, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang.

Curug Cigentis

Curug Cigentis

Wisata di Karawang selanjutnya selain berwujud pantai adalah air terjun. Nantinya Anda akan menemukan tiga lagi air terjun di Karawang sebagai pilihannya, namun yang pertama adalah Curug Cigentis yang berada di Desa Mekar Buana.

Curug Cigentis menyajikan wisata berupa air terjun yang tidak luas. Meskipun areanya tidak luas, air terjun ini cukup tinggi dan dikelilingi dengan tebing yang bisa dipanjat tanpa peralatan khusus. Inilah yang menjadi daya tarik dari Curug Cigentis.

Wisata ini berada di Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang. Di kawasan yang sama Anda juga akan menjumpai wisata lainnya yang akan disebutkan di point selanjutnya.

Curug Cikarapyak

Curug Cikarapyak

Curug Cikarapyak adalah salah satu air terjun dari Karawang yang pendek namun memiliki debit air yang tinggi. Saking derasnya, siapa saja yang pengunjungnya diharapkan untuk berhati-hati. Selain berhati-hati, wisatawan objek wisata Karawang ini juga harus mau bertransportasi sejauh 42 an kilometer dari pusat Kota Karawang untuk sampai di sini.

Setelah sampai di tempat wisata, wisatawan tidak langsung melihat air terjun ini. Adapun yang harus dilakukan adalah menempuh perjalanan selama beberapa menit dulu dengan berjalan. Curug Cikarapyak berada di Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang. Karena berada di satu kecamatan dengan air terjun yang sebelumnya, Anda juga bisa mampir ke dia objek wisata di Karawang ini.

Curug Cipanundaan

Curug Cipanundaan

Curug Cipanundaan pasti berhasil memuaskan traveller yang mengutamakan kealamian suatu wisata daerah Karawang. Cukup jauh berbeda dengan dua air terjun sebelumnya, mungkin Anda pun tak akan percaya sedang berada di Karawang setelah sampai di wisata ini.

Curug Cipanundaan mempunyai pemandangan yang sangat alami, asri, dan tentunya masih menawarkan udara yang segar untuk dihirup. Ukuran air terjunnya besar, debit airnya juga besar. Setelah sampai di tempat parkir, Anda masih harus berjalan kaki sekitar satu kilometer dengan menerobos semak-semak dan pepohonan untuk sampai di the hidden gem ini.

Adapun lokasi Curug Cipanundan berada di Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru, Karawang. Lagi-lagi ada wisata air terjun yang bisa ditemukan di Desa Kutamaneuh.

Curug Bandung

Curug Bandung

Berbeda desa dengan Curug Cipanundaan dan Curug Cikarapyak, namun berada di desa yang sama dengan Curug Cigentis. Curug Bandung berada di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Karawang. Meski begitu pariwisata Karawang ini masih berada di kecamatan yang sama dengan tiga air terjun lainnya.

Curug Bandung bisa disebut sebagai surganya Karawang. Saking cantik dan alaminya, Anda pasti beruntung jika datang di sana saat air deras-derasnya. Sebab, apa yang akan Anda lihat adalah terjunan air yang justru menyerupai kain karena saking jernihnya. Langsung saja mampir ke destinasi wisata Karawang ini jika Anda berada di sekitaran Kecamatan Tegalwaru.

Situ Kamojing

Situ Kamojing

Jika wisata-wisata sebelumnya mengharuskan Anda bertransportasi sejauh 40 an kilometer dari pusat kota, Anda hanya butuh perjalanan sejauh 22 kilometer saja untuk sampai di tempat wisata Karawang ini. Namanya Situ Kamojing, bisa dijadikan alternatif untuk Anda yang datang ke Karawang untuk staycation di sekitar alam.

Situ Kamojing berada di Desa Kamojing, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang. Karena memiliki pemandangan yang alami dan menyegarkan, Situ Kamojing biasa dipilih untuk lokasi syuting. Anda pun bisa memaksimalkan agenda liburan di sana sebab memang ada banyak aktivitas bisa dilakukan.

Selain bisa menginap, di daerah Situ Kamojing ini Anda juga bisa bersantai atau menikmati kuliner khas Karawang di restoran-restorannya.

Danau Kalimati

Danau Kalimati

Lebih dekat daripada Situ Kamojing, Anda juga bisa memilih Danau Kalimati sebagai tempat wisata di Jawa Barat pilihan saat berada di Karawang. Danau Kalimati hanya terpisah belasan kilometer saja dari pusat Kota Karawang, sehingga perjalanan tak akan terlalu lama.

Apa yang bisa dinikmati di Danau Kalimati adalah pemandangan danau yang segar di mata maupun di pernapasan. Aktivitas yang banyak dilakukan wisatawan dengan datang ke tempat wisata Karawang ini adalah menikmati kuliner. Sebab, di sekitar danau ini memang banyak rumah makan. Karenanya, wisatawan bisa menikmati kuliner khas Karawang dengan pemandangan alami sebuah danau. Danau Kalimati berada di Desa Walahar, Kecamatan Klari, Karawang.

Danau Cipule

Danau Cipule

Danau Cipule tidak lebih jauh dari Danau Kalimati ika sama-sama ditarik dari pusat Kota Karawang. Danau Cipule ini berada di Jalan Demang, Desa Mulyasari, Kecamatan Ciampel, Karawang, Jawa Barat.

Daya tarik dari danau ini adalah ada sebuah pulau buatan di tengah danau yang disebut sebagai Pulau Cinta. Ditambah lagi, wisatawan bisa menuju ke pulau ini dengan sebuah perahu kabel baja yang jelas unik daripada perahu tempat wisata pada umumnya.

Sebenarnya Danau Cipule adalah perairan hasil dari pertambangan pasir. Namun karena di tengah jalan penambangan kawasan ini justru memiliki pemandangan yang indah, dibukalah kawasan ini menjadi objek wisata Karawang.

Green Canyon

Green Canyon

Objek wisata di Karawang ada yang berwujud ngarai. Kini Anda tak perlu lagi perjalanan ke luar negeri untuk bisa menikmati pemandangan ngarai dengan sungai di bawahnya. Datang saja ke Green Canyon untuk melihat langsung betapa eksotisnya ngarai asli dari Pulau Jawa, tepatnya di Jawa Barat.

Ngarai sebagai salah satu objek wisata ini terbentuk karena adanya erosi tanah. Di bawahnya ada aliran sungai kecil yang berwarna paduan antara hijau dan biru. Jika Anda tertarik untuk membuktikan pesonanya maka datang saja ke Kampung Tonjong Roke, Desa Medalsari, Kecamatan Pangkalan, Loji, Karawang, Jawa Barat.

Candi Jiwa

Candi Jiwa

Ternyata di Karawang juga ada objek wisata berupa peninggalan di zaman kerajaan Nusantara. Jika berbicara soal ukuran, candi ini tidak kecil namun juga tidak cukup besar. Sebagai salah satu peninggalan zaman kerajaan, tentu saja Candi Jiwa ini menjadi salah satu destinasi wisata di Karawang. Candi Jiwa terletak di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang.

Monumen Rawagede

Monumen Rawagede

Wisata Karawang edisi sejarah selanjutnya setelah Candi Jiwa adalah Monumen Rawagede. Monumen Perjuangan Rawagede terletak di Desa Balongsari, Kecamatan Rawamerta, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Diketahui pembangunan monumen ini bertujuan untuk mengenang tewasnya 200 an warga sipil yang dahulu bersembunyi untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. kental akan cerita sejarah, di dekat monumen ini pula digunakan sebagai makam dari warga sipil yang tewas tersebut. Untuk diketahui dan supaya mudah mencarinya, Monumen Rawagede dikelilingi persawahan dan sedikit pemukiman.

Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok

Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok

Satu lagi monumen sebagai tempat wisata di Karawang, yaitu Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok. Monumen ini berada di Jalan Raya Rengasdengklok, Rengasdengklok Selatan, Kabupaten Karawang.

Wujud dari monumen ini adalah berupa tugu yang dikelilingi dengan pagar rantai. Di antara pagar dan tugu, ada batu dengan tulisan teks proklamasi. Meskipun ada sebagai wisata bertema sejarah, pengunjung monumen ini akan mendapat bonus berupa pemandangan alam yang menyegarkan mata. Cocok untuk Anda yang ingin cuci mata dan menambah pengetahuan sejarah selama di Karawang.

Waterboom Kampung Wisata Curug Cigentis

Waterboom Kampung Wisata Curug Cigentis

Tadinya Anda sudah tahu ada satu objek wisata di Karawang yang bernama Curug Cigentis. Masih di kawasan yang sama dengan wisata alam tersebut, Anda juga masih bisa mengunjungi Waterboom Kampung Wisata Curug Cigentis.

Wisata ini cocok untuk Anda yang belum cukup puas dengan mengunjungi Curug Cigentis saja. Atau mungkin, ternyata bermain air di air terjun tersebut kurang memungkinkan untuk dilakukan. Dengan demikian, waterboom yang masih dalam satu kawasan adalah solusinya.

Waterboom ini memang menawarkan wahana yang sederhana namun sudah cukup untuk memuaskan atau memberikan keseruan pada anak-anak. Alamat spesifik dari tempat rekreasi di Karawang ini adalah berada di Desa Mekar Buana, Kecamatan Tegalwaru. Tiket yang dibutuhkan bisa dibeli seharga 15 sampai 20 an ribu rupiah saja.

Taruma Leisure Waterpark

Taruma Leisure Waterpark

Jika selama di Karawang Anda mencari objek wisata berupa waterpark, maka pilih saja Trauma Leisure Waterpark. Sebenarnya di point sebelumnya ada Waterboom Kampung Wisata Curug Cigentis yang dihadirkan sebagai waterpark, hanya saja seadanya. Jika Anda mencari waterpark yang bisa diandalkan untuk habiskan waktu dengan anak-anak atau keluarga, maka langsung saja menuju Taruma Leisure Waterpark.

Wahana yang diberikan cukup lengkap dan bisa berikan keseruan ekstra. Sangat cocok untuk Anda dan keluarga yang ingin habiskan waktu seharian di sana. Biaya tiket untuk masuk ke objek wisata di Karawang ini adalah 50 sampai 65 ribu rupiah. Lokasi wisata ini ada di dalam Perumahan Grand Taruma, Jalan Raya Tol Sukamakmur, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Vihara Sian Djin Ku Po

Vihara Sian Djin Ku Po

Mencari spot foto yang tak bisa didapatkan dari semua daftarwisata di Karawang sebelumnya? Maka datang saja ke Vihara Sian Djin Ku Po. Seperti vihara pada umumnya, di sana Anda akan menjumpai bangunan tempat beribadah yang memiliki arsitektur Cina.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Cirebon

Didominasi warna merah, jarak tempat wisata Karawang ini dari pusat kota hanya sejauh 4 kilometer saja. Salah satu daya tarik dari wisata ini adalah pembangunannya. Bahwasannya, ternyata Vihara Sian Djin Ku Po ini sudah tua karena dibangun pada tahun 1770. Adapun siapa yang membagunnya adalah rombongan dari marga Lauw, Khouw, dan Tjiong. Vihara Sian Djin Ku Po berada di Jalan Mohammad Toha, Desa Tanjung Mekar, Kecamatan Karawang Barat, Karawang.

Puncak Sempur

Puncak Sempur

Mungkin gaya liburan yang Anda inginkan adalah liburan di suatu kota, ada aktivitas geraknya, dan berada di sebuah dataran tinggi tujuannya. Jika benar demikian, maka datang saja ke Puncak Sempur. Dari tempat parkir sampai ke puncak tentu Anda harus berjalan menanjak terlebih dahulu.

Medannya tak seberat gunung asli yang biasa dipilih untuk didaki, Puncak Sempur berada di Cintalaksana, Tegalwaru, Kabupaten Karawang.

Pasti ada salah satu atau beberapa tempat wisata di Karawang di atas yang berhasil menarik perhatian Anda. Jika benar, catat saja di mana alamatnya supaya saat sampai di Karawang nanti Anda bisa langsung menuju kesana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *