Tempat Wisata Di Kebumen

15 Tempat Wisata Di Kebumen Terbaru yang Kekinian

Posted on

Hemm, kalau ke berkunjung ke Jawa Tengah sih memang nggak usah diragukan soal potensi wisatanya. Pasalnya di tiap Kawasan pasti punya keunikan wisata masing-masing. Termasuk Kebumen yang akan dibahas kali ini. Apakah sudah pernah ke Kebumen belum? Atau sedang berencana untuk liburan ke sini dan masih mencari tahu tempat wisata di Kebumen yang kekinian? Kalau begitu, simak artikel ini sampai beres ya!

Rekomendasi Tempat Wisata di Kebumen

Traveller, saat berkunjung ke suatu Kawasan dan ingin berwisata tentu kita harus membuat perencanaan matang. Khususnya untuk list destinasi wisata yang akan dikunjungi. Nah, sekarang mari kita simak ulasan mengenai tempat wisata di Kebumen berikut ini.

Pantai Logending

Pantai Logending

Wisata Kebumen memang identic dengan wisata Pantai, ada cukup banyak pantai yang bisa dikunjungi dan termasuk kekinian plus sangat hits dikalangan para wisatawan. Misalnya saja, Pantai Logending yang berlokasi di Desa Argopeni, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Karanganyar

Kerap disebut sebagai pantai Ayah dan menjadi salah satu wisata keluarga terfavorit untuk masyarakat setempat. Wah, berarti saat musim liburan pantai Logending akan cukup penuh dengan keluarga yang sedang mengisi liburan.

Lantas, apa sih yang bisa dinikmati di Pantai Logending?

Sudah jelas suasana pantainya dong. Ada pula perahu wisata yang berjejer di bibir pantai, jumlahnya kurang lebih 40 perahu wisata dan ini dikelola langsung oleh masyarakat setempat lewat paguyuban. Kapasitas muatannya sendiri ada yang 40 orang dan 60 orang. So, bila datang bersama rombongan tentu saja paling enak menyewa perahunya bersama-sama sehingga harga pun bisa lebih murah. Di samping itu, kamu juga bisa banget bermain dengan pasir pantai, membuat istana pasir, dan lain-lain.

Kalau soal jarak, bila dari pusat Kota Kebumen mungkin terbilang jauh yaitu 53 Km. Sementara untuk rute layanan perahu wisata dari Pantai Logending ke lokasi yang ada di dekat jembatan Bodo dan membatasi Kabupaten Kebumen dan Cilacap jaraknya 13 Km.

Pantai Menganti

Pantai Menganti

Pantai Menganti merupakan wisata di Kebumen yang lagi-lagi bertemakan pantai. Lokasinya berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai Menganti sangat hits dan kekinian, keindahan alamnya kerap menjadi daya tarik yang diandalkan. Eits tapi nggak hanya itu saja, sebuah cerita mitos yang beredar pun kerap membuat wisatawan merasa penasaran. Konon dulunya ada seorang panglima perang yang berasal dari Kerajaan Majapahit, lalu menjalin asmara dengan seorang perempuan. Namun sayangnya tak direstui. Lalu, pada suatu hari mereka membuat janji di Pantai Menganti, sayangnya si perempuan tak kunjung datang.

Di samping cerita tersebut, Menganti memang sangat direkomendasikan sekali untuk kamu kunjungi. Apalagi saat sore hari, pemandangan matahari terbenam dan langit jingga membuat suasana pantai makin romantic.

Curug Silancur

Curug Silancur

Wisata Alam Kebumen Curug Silancur berlokasi di Pujegan, Wadasmalang,Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Berkat suasana alamnya yang masih asri membuat Silancur menarik perhatian wisatawan lokal maupun asing. Hemm, nggak heran ya kalau Silancur selalu ramai. Tapi, kamu juga harus tau kalau untuk bisa mencapai lokasi curugnya, kamu harus menguras keringat terlebih dahulu dengan berjalan kaki.

Biarpun begitu, rasa lelah pasti akan terbayar dong dengan pemandangan air terjun berketinggian 20 meter yang langsung jatuh pada batu perban di bagian bawah. Wahhh, pasti airnya sangat menyegarkan sekali nih. Biar nggak penasaran, langsung saja bermain air di bagian kolamnya ya.

Goa Jatijajar

Goa Jatijajar

Tempat wisata di Kebumen Goa Jatijajar atau yang berlokasi di Jalan Jatijajar, Palamarta, Jatijajar, Ayah, Kabupaten Jawa Tengah merupakan tempat paling seru untuk kamu yang sangat menyukai aktivitas susur sungai. Keindahan di dalam goanya sangat tak biasa, sementara untuk tingginya mencapai 12 meter dan kedalamannya mencapai 250 meter. Sebelum masuk, kamu harus membayar tiket masuk yang sangat murah sekali, hanya 5 rupiah saja per orang!

Ada berbagai macam spot foto menarik yang sangat bisa memanjakan lensa kameramu. Makanya jangan lupa isi baterai kamera sampai penuh sebelum kamu datang ke Goa Jatijajar agar bisa berfoto sepuasnya. Oke?

Air Terjun Superman’s Big Sister

Air Terjun Superman’s Big Sister

Konon sih wisata daerah Kebumen satu ini sangat menyeramkan tapi rugi bila tak dikunjungi, kok bisa? Yap, ini karena air terjun Big Sister merupakan air terjun yang mempunyai tinggi puluhan meter dan uniknya lokasi air terjun berada di dalam gua. Bahkan untuk bisa mencapai air terjunnya, kamu harus melakukan susur goa terlebih dahulu selama 5 jam. Sehingga wisatawan sangat disarankan menggunakan perlengkapan khusus saat hendak melakukan perjalanan. Seperti baju Coverall dan juga rompi pelampung.

Hmm, kok harus pakai rompi pelampung? Ini karena medan yang kamu tempuh akan berlumpur plus berair sampai ke pinggang.

Saki berat medan yang harus dilalui, ditambah penerangan yang minim, nggak sedikit loh pengunjung menyerah saat sudah di tengah jalan dan memutuskan untuk kembali ke mulut goa. Tapi, biarpun begitu sebenarnya kamu tak perlu khawatir soal keamanan ya. Goa ini tergolong aman untuk disusuri, kamu pun akan ditemani oleh pemandung agar tidak tersesat atau terjadi apa-apa. Umumnya pemandung berasal dari penduduk local sekitar yang memang sudah tau bagaimana kondisi goanya.

Gimana, tertantang untuk menyusuri goa agar bisa menikmati kesegaran air terjun Superman Big Sister? Kalau penasaran, sebaiknya selain biaya, siapkan fisik kamu juga ya!

Puncak Gunung Duwur

Puncak Gunung Duwur

Masih kurang menantang dengan aktivitas susur goa? Oke, bagaimana kalau melakukan pendakian gunung untuk menaklukan puncak Gunung Duwur? Lokasinya ada di Desa Watukelir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Sangat cocok untuk para pendaki pemula sebab tingginya hanya mencapai 500 Mdpl. Dari atas ketinggian Puncak Gunung Duwur, kamu bisa melihat keindahan alam yang disuguhkan dengan sangat jelas. Pemandangan Samudera Hindia di bagian selatan pun bisa terlihat.

Sementara itu, untuk bisa sampai puncak tentu kamu harus berjalan kaki dulu kurang lebih 1 jam. Kalau yang sudah terbiasa mendaki mungkin 30 menit juga sampai. Untuk kondisi medannya tanah dan berbatu. Sehingga akan lebih baik kamu menggunakan sepatu outdoor khusus pendakian.

Arung Jeram Padegolan

Arung Jeram Padegolan

Obyek Wisata Kebumen Arung Jeram Padegolan berlokasi di Desa Sedang Dalem, Kecamatan Prembun, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Kamu yang ingin memacu adrenaline dengan melakukan arung jeram, bisa datang ke sini secara berkelompok. Karena nggak mungkin dong bermain arung jeram sendirian hehe akan lebih seru kalau ramai-ramai. Selain basah-basahan, selama menyusuri sungai kamu pun akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah. Semakin menyempurnakan keberadaanmu yang sedang liburan di alam.

Sedikit tips saat kamu akan bermain arung jeram, jangan lupa membawa pakaian ganti ya karena sudah dipastikan bajumu akan basah. Datanglah secara berkelompok dan mengambil paket kelompok, biasanya harga akan lebih murah.

Benteng Van Der Wijck

Benteng Van Der Wijck

Benteng Van Der Wijck berlokasi di Jalan Sapta Marga Nomor 100, Gombong, Sidayu Tengah, Kecamatan Gombong, Kabupaten Jawa Tengah. Sebuah tempat wisata di Kebumen yang bisa dibilang wisata sejarah sebab di sini kita bisa menemukan bangunan bersejarah yang merupakan peninggalan masa Belanda dulu. Masih berdiri kokoh sampai sekarang, nggak heran kalau menjadi daya tarik wisatawan ya.

Warna bangunannya merah, dibangun secara khusus untuk barang militer dan ditujukan agar bisa meredam perlawanan pasukan bangsa Indonesia, yaitu pasukan Pangeran Diponegoro. Namun, untuk saat ini di sekitar komplek bentengnya sudah menjadi sekolah Calon Tamtama dan juga barak militer TNI AD.

Kamu tertarik untuk berkunjung? Nah, kalau dari pusat kota, jaraknya sekitar 35 km. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi agar perjalanan lebih nyaman.

Cagar Alam Geologi Karangsambung

Cagar Alam Geologi Karangsambung

Next, wisata Kota Kebumen yang kekinian dan bertemakan alam selanjutnya adalah Cagar Alam Geologi Karangsambung yang berlokasi di Jalan Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Selain berwisata, para pengunjung pun bisa dapat berbagai macam informasi baru. Sebab di Cagar Alam ini terdapat berbagai jenis batuan dan merupakan yang terlengkap di seluruh dunia. Nggak heran kalau peneliti asing pun kerap datang untuk melakukan penelitian. Dijamin kamu akan merasa takjub dengan adanya fenomena geologi yang terjadi ketika terjadi patahan, siklin, crack, antiklin dan yang lainnya.

Pantai Petanahan

Pantai Petanahan

Hemm, wisata pantai di Kebumen memang banyak sekali ya apalagi yang hits dan kekinian. Setelah sebelumnya sudah disebutkan beberapa pantai, masih ada lagi nih pantai yang bisa kamu kunjungi, yaitu Pantai Petanahan yang berlokasi di Desa Karanggadung, Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Ada sebuah cerita melegenda yang sangat erat dan sudah tersebar di Kalangan masyarakat. Konon dulu ada seorang perempuan bernama Dewi Sulastri, ia adalah istri dari seorang abdi yang ada di Puncung Kembar, yaitu Raden Sujono. Suatu hari saat Sujonon bertugas, sang istri diculik oleh Joko Puring. Ia membawanya ke Pantai Karanggadung dan memaksa untuk menikahinya. Ya, entah benar atau tidak namun cerita ini sudah tersebar luas.

Oiya, sebelum kamu menikmati pesona pantai Petahana, kamu harus menyiapkan biaya untuk tiket masuknya ya. Murah kok, hanya 3 ribu rupiah saja per orang dan 2 ribu rupiah untuk anak-anak. Murah sekali kan? Pastinya murah dong, yuk langsung saja rencanakan kamu akan datang ke sini!

Pemandian Air Panas Krakal

Pemandian Air Panas Krakal

Ingin merilekskan tubuh dengan berendam di pemandian air panas? Yuk langsung saja datang ke Pemandian Air Panas Krakal yang berlokasi di Kabupaten Kebumen. Buka dari pukul 7 pagi sampai dengan 5 sore. Sudah dilengkapi dengan fasilitas area bermain anak sehingga bagi orang dewasa yang membawa anak nggak perlu khawatir lagi untuk mengawasi.

Sudah disediakan juga kamar VIP yang masing-masingnya terpisah oleh beton. Jumlahnya kurang lebih ada 6 buah, ada pula bangku Panjang untuk pengunjung. Sementara fasilitas umum yang lain, standar seperti tempat wisata pada umumnya.

Jadi, nggak usah ragu untuk datang ke sini ya! Sekedar merilekskan otot dan pikiran dan menikmati liburan sejenak di tengah hiruk pikuk hari yang cukup sibuk. Apalagi kalau bersama keluarga, ini tentunya akan menjadi momen sangat menyenangkan sekali.

Pantai Suwuk Kebumen

Pantai Suwuk Kebumen

Pariwisata kebumen satu ini cukup sering dikunjungi oleh para milenial yang ingin berburu foto instagramable. Namanya adalah Pantai Suwuk, berlokasi di Suwuk, Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Hampir setiap hari nggak pernah sepi dari pengunjung, apalagi saat musim liburan bisa dipastikan Suwuk sangat padat pengujung.

Nggak hanya fasilitas yang sudah dilengkapi dan dikelola dengan baik. Berbagai wahana permainan pun semakin membuat liburanmu menyenangkan. Seperti waterboom yang sudah dilengkapi pesawat Garuda Boeing 737 dan menjadi daya tarik wisatawan. Berbagai spot foto instagramable pun memang sangat bisa memuaskan para pengunjung. Hasil foto yang menarik tentu jadi hal paling diinginkan dong agar bisa membagikannya di sosial media.

Pantai Lampon

Pantai Lampon

Masih belum puas dengan wisata pantai di atas? Oke mari kita lanjut mengeksplor pantai Lampon yang berlokasi di Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Lampon kerap menjadi wisata andalan untuk masyarakat sekitar saat musim liburan. Karena nggak terlalu luas, membuat Lampon kerap sepi dari pengunjung.

Namun berkat bantuan sosmed, Lampon semakin terkenal dan hits. Kalau biasanya pasir di sebuah pantai berwarna putih, maka berbeda dengan Lampon yang mempunyai warna pasir coklat.

Bukit Langit Kebumen

Bukit Langit Kebumen

Bukit Langit Kebumen berlokasi di Jalan Karanganyar, Giripurno, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Sebuah destinasi wisata di Kebumen yang akan menyuguhkan pesona alam menyegarkan. Selain itu popularitasnya pun sudah sangat terkenal sekali, berkat bantuan sosial media, Bukit Langit Kebumen jadi sangat hits dan tak pernah sepi dari pengunjung. Berbagai macam spot foto bertema alam akan memanjakan lensa kamera mu. Makanya kamu harus berfoto sampai puas ya agar tak merasa rugi.

Kurang lebih sama dengan Bukit Pranji, wisatawan saat berkunjung ke Langit Kebumen juga bisa menikmati keindahan matahari terbit dan juga matahari tenggelam. Atau bila ingin melakukan camping dengan menggelar tenda pun bisa sekali. Nah, kalau kamu ingin menikmati panorama alam sunset dan sunrise, kamu bisa datang saat sore hari lalu bermalam dan bangun dipagi hari.

Wisata Alam Jembangan

Wisata Alam Jembangan

Masuk ke tempat wisata alam hanya membayar 3 ribu rupiah saja tapi sudah bisa menikmati suasana alam yang menyegarkan, emang bisa? Bisa bangettt, kamu bisa langsung datang saja ke Wisata Alam Jembangan yang berlokasi di Sukadana, Jembangan, Poncowarno, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Tempat ini adalah wisata terpadu yang punya 3 site utama yang bisa dinikmati oleh semua pengunjung.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Klaten

Salah satunya adalah telaga hijau yang bersebelahan langsung dengan hutan yang sangat alami. Ada Pula waduk pejengkolan serta jembatan gantung, kamu harus banget nih berjalan di atas jembatannya. Kamu pun bisa berkeliling menggunakan perahu air agar bisa menikmati keindahan telaga jembangan. Gimana? Tertarik untuk berkunjung ke Jembangan? Kalau dari pusat Kota Kebumen jaraknya kurang lebih 20 km, bisa ditempuh menggunakan kendaraan dalam waktu 30 menitan.

Oke traveller, bagaimana? Apakah 15 tempat wisata di kebumen yang kekinian di atas ada yang menarik perhatianmu dan ingin sekali kamu kunjungi? Yuk, langsung saja dipilih dan masukan ke list destinasi wisata lalu tentukan waktunya kapan kamu akan mengeksplor tempat wisata tersebut!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *