19 Tempat Wisata di Kediri Terbaik, Kota Tahu yang Terkenal

Posted on

Bagi Anda yang sedang ingin mengunjungi tempat wisata di Kediri tentu membutuhkan panduan atau paling tidak rencana yang matang bukan? Dengan perencanaan yang matang, Anda tidak ana kebingungan harus kemana ketika sedang berada di Kediri. Kediri sendiri merupakan sebuah kota di Jawa Timur yang menyimpan banyak keindahan tempat wisata. Sehingga melihat-lihat keindahan Jawa Timur melalui Kota Kediri akan membantu Anda menghilangkan stres yang ada.

Adanya banyak objek wisata di Kediri akan membuat Anda bisa lebih menikmati hari. Diantara objek wisata tersebut ada Gunung Kelud, Gunung Klotok, Gunung Maskumambang, Bukit Gandrung, Bukit Ongakan, Air Terjun Dolo, Air Terjun Irenggolo, Goa Selomangleng, Goa Maria Pohsarang, Kebun Bunga Matahari dan masih banyak lagi. Semua bisa Anda kunjungi setiap saat kapanpun Anda inginkan.

Tempat Wisata di Kediri

Untuk menemukan tempat wisata Kediri dengan mudah, Anda bisa memilih dari daftar yang ada berikut ini. Melalui daftar rekomendasi yang ada, Anda bisa membuat rencana wisata dengan lebih matang. Berbagai pilihan destinasi wisata Kediri yang disajikan bisa Anda pilih mulai dari wisata alam seperti gunung, air terjun, goa dan sebagainya.

Gunung Kelud

Gunung Kelud

Membicarakan berbagai macam tempat wisata di Kediri tentu tak bisa jauh dari wisata pegunungan. Salah satu gunung yang populer di Kediri adalah Gunung Kelud. Gunung Kelud merupakan sebuah gunung berapi yang paling aktif di Jawa Timur. Gunung yang berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Blitar dan Malang ini mempunyai pemandangan yang sangat indah.

Baca Juga: Wisata Jombang

Jika Anda mengunjungi wisata ini, Anda dapat melihat indahnya kawah yang dimiliki oleh Gunung Kelud. Kawah yang membentuk danau ini akan terlihat hijau dan begitu sejuk di pandangan mata. Bukan hanya berwarna hijau, kawah ini juga akan berubah warna menjadi terlihat kuning kecoklatan saat musim kemarau tiba. Saat disini, Anda akan menyukai jalan yang harus Anda lewati karena hampir menyerupai panjangnya di jalan tembok besar China.

Gunung Klotok

Gunung Klotok

Objek wisata Kediri yang satu ini juga menawarkan keindahan gunung untuk Anda nikmati. Gunung Klotok merupakan salah satu gunung yang terkenal dipakai untuk wisata mendaki jika Anda berada di Kediri. Wisata pendakian andalan dari Kediri ini berlokasi di Setono Gedong, Kediri, Jawa Timur.

Baca Juga: Wisata Jombang

Saat mendaki di Gunung Klotok, Anda akan menemukan Watu Bengkah yang merupakan  puncak dari gunung dan biasa ditempati untuk pengibaran bendera merah putih pada HUT Kemerdekaan RI. Selain terdapat area aktivitas outdoor di sekitar gunung, Anda juga akan merasakan Sumber Lo. Apa itu? Sumber Lo adalah sumber mata air Lo yang menawarkan kesegaran khas dari air asli pegunungan.

Gunung Maskumambang

Gunung Maskumambang

Gunung Maskumambang merupakan salah satu gunung yang dibuka menjadi wisata Kediri Jawa Timur. Gunung ini menawarkan pemandangan yang begitu asri karena dikelilingi oleh bukit-bukit terusan dari jajaran perbukitan Gunung Wilis dengan rapi. Pemandangan alam yang begitu eksotis bisa Anda abadikan dalam jepretan foto abadi karena mudahnya mencapai puncak yang tidak begitu tinggi.

Untuk menikmati tracking, Anda bisa mencoba berjalan melewati anak tangga yang disediakan. Saat sudah berada di puncak, Anda akan menikmati indahnya pemandangan Kota Kediri yang begitu mempesona. Bahkan Anda juga berziarah di makam Astana Boncolono yang juga berada di puncak gunung ini.

Bukit Gandrung

Bukit Gandrung

Bukit Gandrung menjadi salah satu tempat rekreasi di Kediri yang sangat sayang untuk dilewatkan. Bukit yang menawarkan pemandangan perbukitan hutan hijau ini dilengkapi dengan berbagai macam spot menarik yang bisa Anda abadikan dalam jepretan foto. Fasilitas gazebo yang dihadirkan akan membuat Anda bisa bersantai dengan nyaman.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati fasilitas gardu pandang yang akan membantu Anda melihat pemandangan alam dari atas bukit yang tinggi. Udara sejuk nan segar yang ada tentu membuatmu betah menenangkan diri di bukit ini.

Bukit Ongakan

Bukit Ongakan

Tempat wisata di Kediri yang juga berbentuk bukit ini berada di Area Hutan Besowo, Kepung, Kediri. Bukit yang mempunyai ketinggian 860 mdpl ini juga mempunyai sebutan Bukit Kura-kura Ongakan karena memiliki pemandangan pemandangan bukit berjajar yang mirip dengan punggung kura-kura.

Menurut cerita yang beredar, bukit ini dulunya dipakai sebagai tempat untuk melihat aktivitas Gunung Kelud. Jika Anda berkunjung ke bukit ini, Anda akan melihat pemandangan yang begitu menawan. Selain, bukit ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai spot foto menarik dan juga banyak gazebo untuk bersantai dengan nyaman.

Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo

Air terjun Dolo merupakan sebuah objek wisata di Kediri yang menawarkan keindahan alam luar biasa. Wisata yang berada di Jugo, Mojo, Hutan Blimbing, Kediri ini mengharuskan Anda masuk ke kawasan hutan Gunung Besuki. Hal ini dikarenakan tempatnya beara di ketinggian 1800 mdpl.

Di tempat ini, Anda akan menikmati bagaimana sensasi sejuk nan segar dari udara yang ada. Selain itu, air di air terjun ini juga terlihat jernih sehingga bisa Anda pakai untuk bersenang-senang di dalam air. Siapapun pasti akan betah berlama-lama di tempat tenang ini.

Air Terjun Irenggolo

Air Terjun Irenggolo

Air terjun ini masih berlokasi di Jugo, Mojo, Kediri sehingga dekat dengan air terjun Dolo. Tempat wisata di Jawa Timur yang satu ini hadir dengan keindahan alam yang begitu mengagumkan. Anda bisa menikmati bagaimana nyamannya camping di area yang sudah disediakan khusus untuk Anda.

Untuk sampai di air terjun ini, Anda harus melewati jalan setapak sekitar 200 meter dengan pemandangan lereng Gunung Wilis yang mengagumkan. Air terjun yang mempunyai lintasan seperti anak tangga ini memiliki tinggi kurang lebih 80 meter. Area di sekitar air terjun ini juga dipakai untuk prosesi adat Sesaji Tirto Husodo saat bulan Suro.

Goa Selomangleng

Goa Selomangleng

Salah satu tempat wisata Kediri yang sedang hits saat ini adalah Goa Selomangleng. Goa yang berada di Pojok, Mojoroto, Kediri ini disebut Selomangleng karena letaknya yang berada di Kaki Gunung Klotok. Nama Selomangleng diambil dari kata selo yang berarti batu. Sedangkan mangleng berarti miring. Sehingga goa ini berbentuk batu miring di permukaan tanah.

Di bagian luar goa ini, ada beragam relief dengan bentuk menarik. Selain itu, ada pula bongkahan batu yang berserakan dan juga batu yang dipahat. Yang menarik, saat memasuki goa ini Anda akan mencium aroma dari dupa yang terasa sangat menyengat.

Goa Maria Pohsarang

Goa Maria Pohsarang

Goa Maria Pohsarang juga biasa disebut dengan Puhsarang atau Gua Maria Lourdes Pohsarang. Sebagai destinasi wisata Kediri yang populer, goa ini juga merupakan tempat ziarah umat Katolik yang terdapat di Indonesia. Goa ini berada di Komplek Gereja Pohsarang, Semen, Kediri.

Karena termasuk wisata religi, goa ini banyak dikunjungi oleh umat Katolik untuk berziarah. Meski begitu, banyak juga masyarakat non Katolik yang mengunjungi goa ini hanya untuk menikmati keindahan alam yang ditawarkannya. Goa yang menjadi replika dari Goa Maria Lourdes yang ada di negara Paris, Perancis ini memiliki panorama yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Kebun Bunga Matahari

Kebun Bunga Matahari

Kebun bunga matahari juga bisa Anda temukan di Kediri. Wisata di Kediri yang menawarkan keindahan bunga matahari yang penuh energi ini berada di Pojok, Mojoroto, Kota Kediri. Lahan yang ditanami bunga matahari sejak tahun 2014 ini mulai mekar dan menarik para wisatawan sejak tahun 2016.

Bunga matahari yang ada di kebun ini terdiri dari 3 jenis, yaitu Big Smile, Early Russian, dan Sunspot. Kualitas tumbuhan pun juga sangat bagus karena punya biji yang berukuran besar dan juga tidak sedikit. Wisata yang tidak jauh dari Goa Selomangleng ini akan membuat Anda merasa lebih baik karena panorama alam yang begitu indah.

Konto River Rafting

Konto River Rafting

Konto River Rafting wisata Kediri merupakan wisata arung jeram yang menawarkan keseruan bersama kelompok Anda. Berada di Desa Kediri Siman, Kabupaten Kediri, wisata sungai ini juga mempunyai fasilitas outdoor yang lengkap. Fasilitas outdoor yang dihadirkan bisa menjadi pelengkap wisata air Anda yang memicu adrenalin.

Anda bisa menikmati serunya bermain high ropes, flying fox, escape for island, paintball, airsoft guns hingga trust fall yang dihadirkan untuk Anda. Arung jeram yang ditawarkan sepanjang kurang lebih 6 kilometer ini akan terasa begitu menyenangkan dengan adanya bebatuan besar serta tebing-tebing yang ada di kawasan sekitar.

The Kandangan River

The Kandangan River

Satu lagi spot asyik untuk arung jeram di wisata Kediri Jawa Timur, yaitu The Kandangan River. Sungai yang berada di Kacangan, Kandangan, Kediri ini berada di lokasi yang sangat strategis. Anda bisa menjangkau wisata ini dengan mudah karena tak jauh dari kota.

Arung jeram di sungai ini akan memberikan pengalaman seru dan juga memicu adrenalin untuk Anda. Derasnya aliran sungai yang ada akan terasa sangat lengkap dengan pemandangan sekitar yang bisa menyejukkan mata. Tempat ini sangat cocok didatangi bagi Anda yang menyukai wisata alam ekstrim.

Candi Surawana

Candi Surawana

Candi Surawana merupakan tempat rekreasi di Kediri yang kental akan sejarah. Candi yang terletak di Canggu, Badas, Kediri ini memiliki nama asli Wishnubhawanapura. Dibangun pada sekitar abad ke-14, candi ini dipakai untuk seorang raja bernama Bhre Wengker yang berasal dari kerajaan Wengker di bawah kekuasaan Majapahit.

Relief yang ada pada candi ini melukiskan tentang kisah Sri Tanjung, Arjunawiwaha dan juga kisah Bubuksah dan gagak Aking. Melalui pemugaran yang dilakukan, banyak kisah-kisah tersembunyi yang ditemukan. Sejarah yang dimiliki oleh candi ini begitu besar sehingga Anda tidak boleh melewatkan untuk berkunjung ke candi.

Candi Tegowangi

Candi Tegowangi

Candi Tegowangi merupakan tempat wisata di Kediri yang tidak ketinggalan dengan kekayaan budayanya. Situs sejarah yang terletak di Candirejo, Tegowangi, Plemahan, Kediri ini mempunyai jarak sepanjang sekitar 4 km dari pusat kota Kediri. Jadi Anda bisa menemukan lokasi ini dengan mudah karena letaknya yang strategis.

Dalam kitab Negarakertagama, dijelaskan bahwa candi ini adalah tempat pendermaan Bhre Matahun. Sehingga bisa diketahui jika candi ini telah berdiri sejak tahun 1400 pada masa Kerajaan Majapahit. Candi yang terbuat dari batu bata dan batu andesit ini mempunyai panorama yang indah dipandang.

Candi Setono Gedong

Candi Setono Gedong

Candi Setono Gedong merupakan sebuah objek wisata di Kediri yang berada di Jalan Dhoho, Setono Gedong. Jika Anda berkunjung di wisata ini, Anda akan merasakan ketenangan jiwa yang tidak bisa dijelaskan. Selain sebagai tempat liburan, candi ini juga bisa dijadikan tempat untuk belajar budaya.

Candi yang mempunyai susunan batu yang tertata sejajar membentuk undakan saat masuk ke dalam candi ini juga mempunyai pendopo yang berukuran besar. Bentuk bangunan candi ini memang berbentuk seperti pendopo bergaya Jawa atau joglo. Pondasi bangunan ini adalah bagian batu candi dari Kerajaan Kediri.

Monumen Simpang Lima Gumul

Monumen Simpang Lima Gumul

Bangunan populer yang berada di Tugurejo, Ngasem, Kediri ini merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang sangat populer. Monumen ini begitu terkenal karena bentuknya mirip dengan Arc de Triomphe yang berada di Paris, Prancis. Meski aslinya Simpang Lima Gumul ini adalah persimpangan pertemuan antara lima ruas jalan.

Lantai dasar bangunan ini mempunyai 3 buah tiang tumpuan yang mempunyai tinggi hingga 3 meter. Dengan luas sekitar 804 meter persegi dan tinggi 25 meter, monumen ini menjadi ikon Kota Kediri. Anda akan mendapatkan jepretan yang menarik jika mengambil foto di lokasi ini.

Monumen Syu Dahanapura

Monumen Syu Dahanapura

Monumen Syu Dahanapura adalah tempat wisata Kediri yang berada di daerah Mojoroto. Bangunan ini tepatnya berada di bundaran kecil persis di depan bekas rumah Dinas Residen Kediri. Anda akan melewati bangunan ini ketika berkunjung ke Kediri karena letaknya yang strategis.

Bangunan ini merupakan simbol dari pemerintahan tertinggi di Jawa yang setingkat karesidenan. Selama berlangsungnya Perang Pasifik, tempat pemerintahan tertinggi ini menjadi tempat yang sangat penting. Anda akan mendapatkan foto yang estetik jika mengambil gambar wisata di tempat ini.

Petilasan Sri Aji Joyoboyo

Petilasan Sri Aji Joyoboyo

Masih berbau dengan sejarah, destinasi wisata Kediri Petilasan Sri Aji Joyoboyo ini terletak di Menang, Pagu, Kediri. Anda akan menemukan nilai sejarah yang tinggi jika berkunjung di tempat ini karena bangunan ini merupakan pengingat untuk mengenal kebesaran Sang Prabu Joyoboyo.

Prabu Joyoboyo merupakan sosok besar yang sangat terkenal dengan ramalannya yang disebut dengan Jongko Joyoboyo. Saat Anda memasuki gerbang, Anda akan bertemu dengan kisah tentang pemugaran situs. Sehingga tempat wisata ini sayang untuk dilewatkan.

Kediri’s Photograph Museum

Kediri’s Photograph Museum

Kediri Photography Museum adalah salah satu objek wisata di Kediri yang hadir untuk memanjakan mata Anda. Museum yang berada di Ngronggo, Kediri ini menyimpan segala sesuatu yang berkaitan dengan fotografi. Sehingga Anda yang mencintai dunia fotografi harus datang ke tempat ini.

Saat masuk ke museum ini, Anda akan melihat karya-karya terbaik mengenai sejarah Kota Kediri. Semua sejarah yang berkaitan dengan Kota Kediri divisualisasikan lewat gambar menakjubkan dalam museum ini. Bahkan Anda juga akan melihat koleksi kamera dari zaman dahulu kala hingga zaman modern seperti sekarang.

Baca Juga: Wisata Malang

Semua tempat wisata di Kediri tersebut akan memenuhi kebutuhan wisata Anda dengan pengalaman yang lain daripada yang lain. Melalui berbagai macam wisata yang dihadirkan, Anda bisa memilih wisata manapun yang sesuai dengan selera. Jadi, sudah siap untuk berkunjung ke Kediri?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *