Tempat Wisata Di Keerom

10 Tempat Wisata Di Keerom Paling Mempesona

Posted on

Traveler, apakah kamu berniat untuk liburan ke Papua? Bila iya, bagaimana kalau kamu berkunjung ke Keerom? Kabupaten yang berada di Kabupaten Papua ini memiliki tempat wisata yang akan membuatmu takjub! Ya, tempat wisata Papua memang sebenarnya tak pernah mengecewakan sih. Apalagi sebagaina wilayahnya yang berada di dataran tinggi, membuat Papua kaya akan wisata alam.

Tempat Wisata di Keerom

Lantas, bagaimana dengan wisata di Keerom apakah ada yang direkomendasikan karena keunikannya? Tentu saja ada! Nah, agar kamu tak penasaran langsung saja simak yuk ulasan berikut ini.

Kota Arso

Kota Arso

Bila berkunjung ke Keerom tentu tak lengkap rasanya bila kamu belum berkunjung ke Ibukotanya terlebih dahulu yakni Kota Arso. Selain dijadikan sebagai pusat pemerintahan, lokasi ibu kota Keerom ini ternyata berbatasan langsung dengan Papua Nugini loh traveler.

Baca Juga: Wisata Jayawijaya

Kamu akan disambut dengan suasana kota yang begitu asri. Udaranya pun terasa menyejukkan, cocok sekali untuk kamu yang merindukan udara bersih bebas dari polusi. Nah, saat berada di sini, jangan lewatkan untuk menikmati makanan khas setempat ya traveler, namanya adalah bubur Papeda. Kalau sudah sampai di kota asalmu, dijamin kamu akan sulit menemukannya.

Kampung Wisata Yowoung

Kampung Wisata Yowoung

Wisata Keerom selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Kampung Wisata Yowoung. Lokasinya ada di distrik Arso Barat. Termasuk dalam destinasi prioritas yang sengaja dikembangkan oleh pihak Dinas Pariwisata, Kabupaten Keerom.

Di sini kamu dapat mencoba berbagai macam aktivitas berkebun seperti yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Beberapa aktivitas tersebut diantaranya menanam kayu gaharu hingga menikmati buah naga hasil petik sendiri.

Kampung Wisata Yowoung memang dikembangkan dengan cukup baik dan cocok jadi sarana edukasi menyenangkan.

Taman Wisata dan Rekreasi “Waisamba”

Taman Wisata dan Rekreasi Waisamba

Kata siapa di Papua tak ada kolam renang? Kamu bisa menemukannya di Waisamba atau lebih dikenal dengan sebutan Kolam Renang Yewe. Merupakan sebuah kolam renang yang sumber airnya berasal dari mata air pegunungan Gudang Garam.

Ada berbagai fasilitas cukup lengkap yang sudah disediakan oleh pihak pengelola tempat wisata. Misalnya saja seperti pondo istirahat / gazebo yang berada di masing-masing sisi kolam. Adapulau fasilitas penyewaan pelampung serta aula serbaguna yang bisa disewa dengan tarif terjangkau.

Untuk tiket masuknya sendiri bisa dibilang cukup terjangkau. Anak-anak hanya dikenakan biaya 10 ribu rupiah saja dan dewasa hanya 20 ribu rupiah saja. Selain itu, bila kamu menggunakan kendaraan roda empat maka akan dikenakan biaya tambahan untuk parkir yaitu 5 ribu rupiah dan untuk kendaraan roda dua 2 ribu rupiah.

So, jangan ragu lagi untuk berkunjung ke Kolam Renang Yewe ya traveller! Sembari berenang kamu bisa menikmati pemandangan pegunungan yang begitu asri. Airnya pun menyegarkan sebab berasal dari sumber mata air pegunungan langsung.

Gua Maria Sandurun Sanggaria Yaner Fowor

Gua Maria Sandurun Sanggaria Yaner Fowor

Wisata Keerom Gua Maria Sandurun Sanggaria Yaner Fowor berlokasi di Kota Arso, ibu kota dari kabupaten keerom. Sehingga untuk menuju ke tempat wisata ini, akan sangat dimudahkan sekali. Namun untuk masuk ke gua maria tersebut tak gratis ya traveler, kamu harus membayar tiket masuk sebesar 20 ribu rupiah.

Selain itu, kamu tak perlu khawatir dengan jam buka atau jam tutup lokasi wisata ini. Sebab dibuka selama 24 jam. Jadi, kamu bisa datang kapan saja.

Air Terjun Wulukubun

Air Terjun Wulukubun

Air terjun pintu angin atau disebut juga sebagai Air Terjun Wulukubun adalah salah satu air terjun yang masih terjaga keasliannya, belum banyak terjamah oleh tangan manusia. Sebenarnya air terjun ini tak terlalu besar, namun yang menjadi daya tarik adalah pemandangan sekitar dan suasana alamnya.

Air Terjun Selani

Air Terjun Selani

Masih bernuansa air terjun, tempat wisata di Keerom yang direkomendasikan selanjutnya adalah Air Terjun Selani. Air terjun alami yang lagi-lagi masih terjaga keasliannya dan belum banyak terjamah oleh manusia. Saat kamu berkunjung kesini, kamu harus menjadi wisatawan yang baik ya. Kamu harus ikut serta menjaga keasrian alam Selani dengan tak membuang sampah sembarangan.

Danau Love dan Bukit Hijau

Danau Love dan Bukit Hijau

Danau Love atau biasa disebut juga sebagai Bukit Hijau merupakan tempat wisata yang berlokasi di Kampung Yokiwa. Atau lebih tepatnya berada di Distrik Sentani Timur. Akses untuk menuju lokasi ini akan lebih dekat bila kamu berangkat dari pusat Keerom.

Dinamakan danau love karena memang bentuk danau ini menyerupai love atau hati. Selain itu, danaunya juga dikelilingi oleh perbukitan hijau yang membentuk hati. Sehingga semakin terlihat jelas saja bagaimana bentukan danau apalagi bila dilihat dari atas ketinggian.

Gereja GKI Eklesia Dukwia

Gereja GKI Eklesia Dukwia

Salah satu spot wisata terfavorit yang biasa dikunjungi oleh wisatawan yang beragama kristen. Tempat ini adalah rumah ibadah atau Gereja GKI Eklesia Dukwia. Sudah berdiri sejak tahun 1992 dan diinisiasi oleh para kepala keluarga Kristen yang berasal dari Jawa Timur. Dimana mereka melakukan transmigrasi pada tahun 1992 ke Papua.  Gereja yang bisa menjadi pilihan wisata religi.

Masjid Agung Nurul Huda Arso II

Masjid Agung Nurul Huda Arso II

Next, bila wisata sebelumnya sarat akan makna spiritual untuk umat kristiani maka selanjutnya cocok untuk kamu yang beragama islam. Sebab wisata religi ini adalah Masjid Agung Nurul Huda Arso II. Layaknya masjid secara umum, masjid ini dapat dikunjungi oleh siapapun. Khususnya pada hari jumat akan semakin ramai diisi oleh para pria yang menggelar ibadah jumat.

Pura Jagatnatha

Pura Jagatnatha

Dan tempat wisata selanjutnya adalah sebuah Pura. Lagi-lagi menawarkan wisata religi yang akan menggali nilai spiritualitas. Kali ini diperuntukan untuk wisatawan yang beragama Hindu.

Di Keerom terdapat sebuah pura bernama Jagatnata. Pura yang biasa dijadikan sebagai tempat berkumpulnya para tokoh dan juga sesepuh umat Hindu yang berada di Arso. Tak hanya sebagai tempat ibadah, namun di dalam pura ini kamu dapat melihat berbagai macam alat music kesenian yang dipergunakan saat acara-acara tertentu saja.

Baca Juga: Wisata Lanny Jaya

Biarpun masyarakat Papua masih banyak yang menjalankan hidup secara tradisional. Namun bukan berarti nilai spiritual mereka tak terbentuk. Religius masyarakatnya bisa dilihat dari beragam agama dan tempat ibadah yang berdiri di Papua. Menandakan bahwa Indonesia adalah negara menerima dan saling menghormati perbedaan. Baik dari segi ras, suku, Bahasa, dan budaya.

Oke traveler, itulah 10 tempat wisata di Keerom yang paling mempesona versi republik wisata! Menjelajahi kepulauan Papua memang akan membuat kita semakin tersadar bahwa Indonesia memang benar-benar kaya. So, kapan dong kamu akan berkunjung ke sini? Setelah pandemic berakhir yuk ajak teman-temanmu untuk menikmati waktu liburannya di salah satu kepulauan terbaik milik Indonesia ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *