Tempat Wisata di Kendal

16 Tempat Wisata di Kendal Jawa Tengah Terbaru & Terfavorit

Posted on

Kondisi pandemik COVID-19 membuat banyak rencana liburan ke luar negeri jadi berantakan. Tapi, bukan berarti kamu nggak bisa menikmati liburan lagi, kan masih banyak tempat-tempat di Indonesia yang menawarkan beragam keindahan alamnya, salah satunya adalah tempat wisata di Kendal. Di Kabupaten yang terletak di Jawa Tengah ini, kamu bisa merasakan suasana alam dan kekayaan budayanya yang amat kaya, mulai dari tempat wisata di weleri, sampai wisata di boja.

Tempat Wisata di Kendal

Nah, makanya kali ini kami ingin mengajak kamu buat jalan-jalan ke Kendal dan melihat-lihat 16 tempat wisata di Kendal Jawa Tengah terbaru dan terfavorit tahun 2020.

Curug Semawur

Curug Semawur

Salah satu tempat wisata Jawa Tengah yang paling ramai dikunjungi wisatawan adalah Curug Semawur, yang berada di Desa Blumah, Kecamatan Plantungan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Indonesia. Nggak hanya pada masa liburan saja lho, di hari biasa pun tempat ini banyak dikunjungi oleh orang-orang yang ingin menikmati kesegaran gemerecik air dan indahnya pemandangan hijau alam sekitar curug.

Menurut warga sekitar, Curug Semawur yang memiliki ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut ini tidak pernah kering sepanjang tahun. Curug Semawur sendiri memiliki delapan tingkatan, tingkatan paling atas merupakan air terjun kembar. Dari dasar air terjun, hanya dua tingkat air terjun yang bisa dilihat dengan mata.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Kebumen

Kalau kamu menceburkan diri ke aliran air terjun ini, pasti deh akan merasakan kesegaran yang luar biasa. Stres karena urusan kuliah dan pekerjaan pun pasti langsung hilang.

Meskipun begitu, untuk menuju ke air terjun ini kaki kamu harus menghadapi sedikit tantangan berjalan kaki selama 1,5 jam menuju lokasi. Tapi nggak usah kuatir akan merasa bosan, karena sepanjang perjalanan kamu bisa menikmati pemandangan alam yang nggak kalah cantiknya, seperti perkebunan kopi, dan gunung-gunung kecil.

Pantai Cahaya

Pantai Cahaya

Liburan ke pantai memang tak pernah membosankan, apalagi ke pantai yang satu ini. Pantai Cahaya adalah salah satu tempat wisata Kendal yang sangat terkenal.

Objek wisata Pantai Cahaya yang sebelumnya ditutup selama pandemi Covid-19 dan sekarang sudah mulai dibuka kembali ini, kini mulai ramai dikunjungi wisatawan. Di tengah kondisi New Normal seperti sekarang ini pun pihak pengelola selalu mengimbau kepada para pengunjung yang datang untuk mematuhi protokol kesehatan.

Beberapa wahana yang paling banyak dikunjungi di pantai ini adalah pentas lumba-lumba dan mini zoo. Selain itu, banak orang-orang juga memanfaatkan keindahan suasana pantai untuk berfoto, seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Dengan tiket masuk Rp 10.000, warga dapat menikmati keindahan pantai dan minizoo yang ada di objek wisata Pantai Cahaya. .

Curug Sewu

Curug Sewu

Salah satu obyek wisata Kendal yang bisa kamu kunjungi adalah Curug Sewu. Ini merupakan salah satu tempat wisata andalan Kendal yang berada di Desa Wisata Curugsewu. Air terjun Curug Sewu adalah air terjun tertinggi di Jawa Tengah, dan memiliki ketinggian mencapai 80 meter dengan bentuk yang berundak-undak.

Kamu bisa menikmati keindahan panorama alam sambil foto-foto di sini. Curug Sewu dikelilingi oleh hutan, makanya nggak heran kalau udara di sini segar banget walaupun pada musin kemarau. Sehingga, saat kamu menempuh perjalanan menuju ke Curug Sewu, kamu bisa sekalian menikmati pemandangan yang ada. Ditambah lagi dengan deretan pohon pinus dan perkebunan. Wah, makin betah deh berlama-lama di sana.

Curug Sewu memiliki beberapa undak tingkatan air terjun. Undak tingkat tertinggi memiliki ketinggian 40 meter, tingkat kedua sekitar 15 meter, dan tingkat ketiga 20 meter. Sayangnya, karena arus air yang sangat kuat, para wisatawan yang berkunjung tidak diperbolehkan terlalu dekat dengan Curug Sewu.

Pantai Ngebum

Pantai Ngebum

Pantai Ngebum adalah salah satu pantai wisata kendal yang sering menjadi tujuan para pecinta pantai. Untuk menuju ke Pantai Ngebum, kamu bisa melewati beberapa jalur yang bisa dilewati, baik dengan menggunakan motor maupun mobil.

Pantai Ngebum hanya berjarak sekitar 6 km dari pusat kota Kaliwung. Kamu bisa menikmati pemandangan tambak ikan, pegunungan, sawah, dan tanaman bakau selama perjalanan. Dan kamu bisa sekalian turun untuk berfoto-foto juga lho.

Tiket masuk ke pantainya cuma Rpp 3 ribu saja! Murah banget kan? Kalau kamu membawa kendaraan, kamu harus membayar tambahan parkir sebesar Rp 2 ribu.

Di pantai wisata alam Kendal ini banyak tersedia kursi di pinggir pantai untuk memudahkan pengunjung menikmati ombak yang indah. Pantai ini juga cocok untuk digunakan berenang, dan tersedia juga tempat penyewaan aat pelampung baik untuk anak-anak maupun dewasa.

Curug Glawe

Curug Glawe

Curug Glawe adalah tempat wisata di Kendal yang tidak begitu banyak dikenal orang. Posisinya yang berada cukup terpencil, ditambah akses jalan yang terbatas membuat tak banyak orang yang tahu. Padahal, keindahan air terjun ini luar biasa lho!

Kamu bisa lihat sendiri pada foto di atas, air terjun di Curug Glawe tampak seperti berselimutkan salju. Selain itu, aliran airnya memiliki bentuk yang berbeda dari sekian banyak curug di Jawa Tengah. Aliran air Curug ini berbentuk melebar dan bertingkat dua dengan ketinggian total hampir 40 meter. Kemudian ada tebing yang seolah membentuk dinding yang miring yang melebar dari kanan ke kiri.

Curug ini berada di Dusun Kaliereng , Desa Cening , Kecamatan Singorojo , Kabupaten Kendal , Jawa Tengah.

Kalau kamu sedang tak ingin bermain air, kamu bisa duduk-duduk di bangku kayu yang tersedia di sana sambil menikmati alam dan berfoto-foto. Air terjunnya membentu kolam yang bersatu dengan bebatuan dan tumbuhan. Asri sekali kelihatannya.

Tempat ini benar-benar cocok bagi kamu yang merindukan suasana alam yang masih belum terlalu ramai tersentuh oleh tangan manusia. Ditambah lagi terdengar suara kicauan burung dan angin yang berhembus. Hmm…benar-benar bikin betah dan enggan pulang pasti deh.

Pantai Jomblom

Pantai Jomblom

Ada lagi nih pantai yang keren di Kendal, namanya adalah pantai Jomblom. Bukan Jomblo ya hehehe.

Wisata Pantai Jomblom ini berada di Cepiring Kendal Jawa Tengah, dan bisa dibilang merupakan obyek wisata kota Kendal yang memiliki fasilitas cukup lengkap, di antaranya tempat parkir, tempat istirahat, kamar mandi, tempat memancing, tempat makan, dan lainnya.

Pantai ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan pada hari libur untuk bermain air dan jalan-jalan.

Agrowisata Tirto Arum Baru

Salah satu Wisata kendal terbaru yang sedang banyak dinikmati wisatawan adalah Tempat Tirto Arum Kendal. Lokasi Tirto Arum berada di Jl. Soekarno Hatta KM 2,7, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, dan berjarak sekitar 30 Km atau 45 menit dari Kota Semarang.

Objek wisata ini membawa suasana alam asri dan menyejukkan. Selain kolam, ada juga berbagai wahana seru yang bisa dimainkan di sana, juga fasilitas outbond, seperti rakit, wahana permainan di sawah berlumpur, flying fox, arena futsal dan bola voli. Selain kolam renang, Tirto Arum Baru juga menghadirkan wahana air lainnya yakni menyusuri danau buatan yang mengelilingi penginapan dengan menaiki perahu dayung dan sepeda air.

Harga tiket masuk kolam renang Tirto Arum Baru Kendal untuk hari Senin sampai Sabtu adalah Rp. 15.000, sedangkan untuk hari Minggu yaitu Rp. 18.000.

Curug Penglebur Gongso

Curug Penglebur Gongso

Air terjun yang berada di kaki bukit gunung Ungaran ini bernama Curug Panglebur Gongso, tepatnya di desa Gondag Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal.

Ketinggian air terjun ini tak terlalu tinggi, hanya mencapai sekitar 7 meter saja. Meskipun begitu, air terjunnya sangat indah dan di bawahnya ada kolam yang bisa digunakan untuk berenang dan bermain air. Apalagi di sekitarnya banyak terdapat pepohonan yang makin membuat suasana tambah asri.

Di seberang air terjun juga terdapat bebatuan yang berukuran cukup besar dan sering dijadikan tempat duduk saat berfoto-foto. Kamu bisa melihat contohnya pada foto di atas.

Kamu bisa mengakses Curug Panglebur Gongso melalui tempat wisata di Boja Jawa Tengah dan Limbangan, atau dari arah Sumowono turun menuju Limbangan.

Perkebunan Teh Medini

Perkebunan Teh Medini

Tak hanya curug dan pantai saja yang jadi primadona pariwisata di Kendal, tetapi ada juga perkebunan teh Medini yang luasanya sekitar 386 hektar, yang berada di sisi utara gunung Ungaran, tepatnya di Desa Ngesrep Balong, Kecamatan Limbangan.

Daerah perkebunan teh Medini berhawa dingin karena berada di ketinggian sekitar 2.050 meter dari permukaan laut. Di sekitar perkebunan ini banyak kabut yang indah. Pokoknya kalau kamu foto-foto di sana, serasa ada di atas awan deh!

Makanya, kalau mau berkunjung ke sini, jangan lupa pakai jaket yang tebal dan kaos kaki ya, agak kamu tak kedinginan dan tetap bisa menikmati pemandangan alam yang ada. Oh ya, perkebunan teh Medini ini juga sering jadi spot untuk foto Pre-Wedding dengan konsep alam dan pegunungan.

Desa Wisata Sembrani

Desa Wisata Sembrani

Di Desa Pasigitan dan Desa Leban Kecamatan Boja, lahan bekas galian C disulap menjadi sebuah obyek wisata alam yang indah dan wisata sejarah. Ini membuktikan kalau tidak selamanya bekas penambangan galian C berbahaya dan menyisahkan kerusakan alam. Malah bila diolah dengan kreatif, bisa menjadi obyek pariwisata baru yang menarik minat pengunjung dan bisa menambah penghasilan daerah.

Di tempat ini, pengelola membuka arena berkuda. Selain itu, mereka juga memberdayakan masyakat sekitar dengan dijadikan sebagai karyawan dan membuat kerajinan tangan khas Kendal.

Di obyek wisata di Kendal ini, kamu bisa berkuda dan menikmati pemandangan sekitar. Asyik deh. Jangan lupa mendatangi tempat ini ya.

Pantai Karangmalang

Pantai Karangmalang

Di Kendal, ada sebuah pantai yang memiliki view luar biasa indah, tetapi belum banyak diketahui oleh banyak orang karena akses jalan yang cukup sulit. Namanya adalah pantai Karangmalang yang terletak di Wilayah Kec Kangkung Kab Kendal. Walaupun sekarang sebagian sudah lumayan bagus, tapi sekitar 1 kilometer menuju pantai, kondisinya seperti jalan setapak yang hanya bisa dilalui sepeda motor.

Kondisi pantai Karangmalang masih alami dan bagus. Selain itu, di sekitar pantai yang berpasir tumbuh tanaman ketela, yang dikenal Ketela Kisik. Hampir di sepanjang pantai tumbuh ketela kisik ini.

Coba deh kamu perhatikan foto di atas. Indah sekali bukan, suasana saat matahari terbenam di pantai ini? Apalagi pantainya memang tak terlalu ramai, sehingga bagi kamu yang suka sekali fotografi, bisa memanfaatkannya untuk mengambil momen-momen sunset dengan lebih leluasa.

Danau Banaran Kendal

 

WuiDanau Banaran Kendalh tempat wisata di Kendal yang satu ini pantang banget kamu lewatkan! Beneran rugi kalau ke Kendal dan nggak mengunjungi Danau Banaran.

Kenapa?

Karena danau ini terkenal dengan airnya yang sangat bening dan hampir transparan. Sehingga nggak heran kalau kamu bisa melihat ikan-ikan yang berenang kesana-kemari. Warna air biru dan kehijauan yang dipantulkan dari langit dan pepohonan di sana juga makin menambah keindahan Danau Banaran.

Obyek wisata ini terletak di Desa Bringinsari, Kecamatan Sukorejo. Banyak pengunjung yang datang ke sini bukan hanya untuk menikmati keindahan alam, mereka juga berniat hunting foto untuk diupload ke instagram. Coba deh kamu search di Instagram dengan hashtag #danaubanaran, pasti kamu bisa melihat banyak foto-foto dengan background danau yang indah ini.

Tubing Genting

Kalau kamu menyukai olahraga menantang yang memacu adrenalin, maka kamu wajib mengunjungi tubing Genting ini. Obyek wisata yang dekat dengan kota Semarang ini benar-benar bisa memacu adrenalin kamu. Seru sekali pokoknya!

Tubing Genting berada di dusun Genting, Desa Getas, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Tempat ini menawarkan keseruan river tubing di antara suasana asri dan pemandangan yang indah dengan menyusuri arus sungai Kedung Wali sepanjang hampir 2 km. Yang unik, tebing bebatuan di Tubing Genting berbentuk kotak dan tertata rapi, mirip seperti bangunan candi.

Saat perjalanan menuju Tubing Genting, pemandangannya benar-benar indah deh. Kamu bisa sembari menikmati alam bukit-bukit di Kendal dan udara segar sambil melihat-lihat perkebunan karet.

Pantai Muara Kencan

Pantai Muara Kencan

Pantai Muara Kencan terletak di Jl. Laut, Tegalan, Pidodo Kulon, Kec. Kendal, Kabupaten Kendal. Ombak di pantai ini lumayan besar, jadi kalau kamu tak terlalu pandai berenang, sebaiknya hati-hati. Masih banyak kok aktivitas lain yang bisa kamu lakukan, misalnya saja melukis, bermain pasir, bersepeda, memotret, atau makan di pinggir pantai. Selain itu, di pantai ini kamu juga bisa melihat banyak sekali burung pelikan dan burung camar yang bermain di sekitar pantai.

Tiket masuk ke pantai ini sangat murah, yaitu hanya sebesar Rp 10 ribu saja. Fasilitas yang terdapat di Pantai Muara Kencan sebenarnya cukup lengkap, hanya saja agak terbengkalai karena kurang perawatan. Dengan pengelolaan yang lebih baik, pantai ini pasti akan bisa menyedot wisatawan lebih banyak lagi.

Curug Jeglong Kendal

Curug Jeglong Kendal

Sekarang mari kita mengunjungi Curug Jeglong, yang merupakan air terjun yang berada di perbatasan kabupaten Kendal dan Batang. Karena lokasinya berada di perbatasan, maka nggak heran kalau air terjun ini bisa diklaim oleh kedua kabupaten tersebut.

Dari kota Kendal, kamu harus menempuh jarah sekitar 42 kilometer untuk dapat menikmati tempat wisata yang menawarkan keindahan alam hutan dan curug ini. Oh ya, karena hawa di sini amat dingin , maka sangat disarankan untuk membawa jaket tebal dan baju berlapis ya.

Curug Jeglong cocok deh buat kamu jadikan tempat pelepas stress dan mendinginkan otak, karena pemandangannya yang sangat asri dan alami. Kamu bisa juga menikmati pemandangan dari atas gardu yang disiapkan oleh pengelola. Selain itu, ada juga ayunan dan tempat duduk-duduk santai serta tempat selfie.

Hutan Pinus Nglimut

Hutan Pinus Nglimut

Belum sah rasanya pergi ke Kendal kalau belum mengunjungi Hutan Pinus Nglimut yang terkenal indahnya. Obyek wisata Boja ini memang terkenal dengan keindahan alamnya dan deretan pohon pinus yang bikin suasana makin segar.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Kudus

Tempat wisata ini berada di Gonoharjo, Kecamatan Limbangan, di lereng Gunung Ungaran. Kamu yang membawa kendaraan roda empat nggak perlu kuatir karena Hutan Pinus Nglimut memiliki akses jalan yang cukup mudah untuk dilalui.

Fasilitas di tempat wisata ini pun terbilang sudah cukup lengkap, yaitu  dengan adanya gazebo, toilet, dan mushalla.

Nah, itu tadi informasi tentang 16 tempat wisata di Kendal terfavorit tahun 2020 yang wajib kamu kunjungi setiap liburan ke Kendal. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *