18 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu Nan Memukau

Posted on

Tempat wisata di Kepulauan Seribu diperuntukkan Anda yang datang atau sudah berada di Jakarta dan menginginkan wisata pantai. Di pulau ini akan ada banyak pantai indah menawan yang sudah menunggu. Jangan kaget pula bila dalam daftar tempat wisata Pulau Seribu ini apa yang Anda temukan kebanyakan adalah wisata pantai dan pulau.

Daftar Tempat Wisata di Kepulauan Seribu

Pulau atau pantai seperti apapun bisa Anda temukan di Kepulauan Seribu tempat wisata. Ada pulau dengan resort, pulau dengan jembatan cantik, spot untuk menikmati matahari terbenam dan lainnya.

Adapun pilihannya antara Pantai Pulau Bira, Pantai Pulau Air, Pantai LIPI, Pantai Pulau Perak, Pantai Tidung Kecil, Pantai Pulau Dolphin, Danau Asmara, Jembatan Cinta, Saung Sunset, dan masih banyak lagi. Selengkapnya destinasi Pulau Seribu ada di daftar berikut.

Pantai Pulau Bira

Pantai Pulau Bira

Wisata berwujud pantai menjadi opsi pertama sekaligus paling banyak rekomendasinya dalam daftar ini. Tempat wisata di Kepulauan Seribu yang pertama ini adalah pantai di Pulau Bira. Suasana alam di pulau yang satu ini masih sangat asri, pantainya pun juga memiliki ombak yang tenang.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Jakarta Utara

Wisatawan seperti apakah yang seharusnya mampir ke Pulau Bira? Anda yang datang ke Kepulauan Seribu dan mencari wisata yang tenang dan private sangat disarankan untuk mampir ke pulau ini.

Memilih pulau ini sebagai destinasi Pulau Seribu juga akan menguntungkan karena akses. Dari daratan Jakarta, Anda bisa pesan tiket pesawat yang langsung menuju ke pantai ini. Ditambah lagi, di sana sudah ada bungalow untuk Anda yang ingin berlama-lama atau staycation. Memilih Pulau Bira untuk berbulan madu juga menjadi pilihan terbaik.

Pantai Pulau Air

Pantai Pulau Air

Setelah Pulau Bira, Pantai Air jadi opsi selanjutnya. Jika pulau yang sebelumnya sudah dibangun bungalow dan resort untuk bisa dihuni, pulau ini belum memilikinya namun menawarkan hal lain untuk wisatawan.

Ketahui dulu di mana letak Pulau Air. Adapun letaknya di bagian utara Kepulauan Seribu, karenanya akan ada perjalanan lebih panjang untuk bisa sampai di pulau ini.

Apa yang ditawarkan pantai di Pulau Air adalah banyak sekali bagian dari panorama alam yang indah. Karenanya, tidak sulit bagi wisatawan untuk mendapatkan foto-foto keren saat di sana. Pasti tak menyesal mampir ke pulau ini, malahan bisa dikatakan menjadi pantai yang paling bisa berikan spot foto keren untuk pengunjungnya. Perlu diketahui bahwa Pulau Air sampai sekarang ini belum berpenghuni.

Pantai Semak Daun

Pantai Semak Daun

Pantai Semak Daun menawarkan hal yang tak sama dengan dua tempat wisata di Kepulauan Seribu di atas. Pantai Semak Daun adalah destinasi paling oke untuk Anda yang backpacker. Benar sekali, datang ke Kepulauan seribu tak melulu soal berwisata untuk menikmati keindahan alam sesaat saja. Anda bersama teman-teman juga bisa camping di sana, yaitu dengan memilih Pantai Semak Daun sebagai destinasinya.

Ada kelebihan lain yang dimiliki wisata Kepulauan Seribu ini. Kelebihan lainnya ini adalah ada sebagai pantai yang menyuguhkan wisata bawah air. Anda bisa menikmati snorkeling dan pasti puas selama di sekitar pantai ini. peralatan sudah tersedia untuk disewakan, Anda juga bisa bawa sendiri dari rumah.

Pantai LIPI

Pantai LIPI

Ada waktu terbaik yang harus diketahui ketika mengunjungi destinasi Pulau Seribu ini. Waktu terbaik untuk datang ke Pantai LIPI adalah menjelang matahari terbenam. Pasalnya, pantai ini memang dijadikan spot terbaik untuk bisa menikmati matahari terbenam atau sunset.

Ada alasan mengapa pantai ini punya nama demikian. Sebab di pulau ini ada bangunan milik LIPI atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. karenanya, sangat wajar bila penduduk lokal memberi nama pantai yang ada di pulau ini demikian.

Pantai Pulau Perak

Pantai Pulau Perak

Opsi Kepulauan Seribu tempat wisata selanjutnya adalah Pulau Perak, atau lebih tepatnya lagi adalah pantai yang ada di Pulau Perak. Perlu Anda ketahui supaya semakin terencana saja liburan kesana. Pulau Perak hingga kini ditinggali oleh dua keluarga yang di sana akan menjajakan minuman dan makanan untuk para wisatawan.

Pantai di pulau ini sangat lah indah, dihias dengan hamparan pasir pantai warna putih cerah serta air yang berwarna biru tua jika dilihat dari atas. Pantai ini juga cukup tenang ombaknya, sehingga memungkinkan untuk dilakukan banyak aktivitas dengan aman. Untuk letaknya, Pulau Perak berada di bagian utara Kepulauan Seribu.

Pantai Tidung Kecil

Pantai Tidung Kecil

Pantai Tidung Kecil menyuguhkan banyak perbedaan dari beberapa tempat wisata di atas. Beberapa tempat wisata sebelumnya ada yang menawarkan pantai dengan panorama asli, pulau yang private, pantai untuk menikmati matahari terbenam, dan lainnya.

Di Pantai Tidung Kecil, fasilitasnya sudah lengkap. Anda akan menjumpai pelabuhan besar sehingga wajar bila pulau ini sedikit lebih ramai daripada pulau-pulau sebelumnya. Di sana juga ada banyak pohon cemara, namun lebihnya pohon-pohon tersebut telah dihias menjadi bonsai sehingga tak membosankan. Tenang, sebagai wisatawan tentu Anda boleh berfoto-foto di sana.

Masih ada satu lagi yang disuguhkan pulau ini untuk wisatawannya. Di pulau ini telah dibangun sebuah museum, yaitu Museum Kerangka Ikan Paus Raksasa. Lihat langsung bagaimana sebuah ikan paus raksasa pernah ditemukan di sekitar Pulau Seribu.

Pantai Bintang

Pantai Bintang

Pantai Bintang adalah salah satu pantai yang berada di Pulau Pari. Karena menjadi salah satunya, jika berkunjung ke Pulau Pari Anda memang bisa menemukan banyak destinasi Pulau Seribu berwujud pantai sekaligus.

Pantai Bintang ini diberi nama demikian karena ada alasannya. Di pesisir pantai Anda akan menjumpai banyak sekali bintang laut. Pasirnya berwarna putih bersih dan pantainya sebenarnya masih cukup perawan. Panorama pantai semakin asri saja karena banyak ditumbuhi pohon cemara di tepiannya. Pastikan Anda mampir ke pantai ini selama berada di Pulau Pari sebagai salah satu pulau besar di Kepulauan Seribu.

Pantai Pulau Dolphin

Pantai Pulau Dolphin

Pulau Dolphin masih cukup sunyi dan memiliki ombak yang cukup tenang. Bahkan terkadang terkesan tidak memiliki ombak sekalipun. Apa yang bisa dilakukan di Pulau Dolphin paling sering adalah camping.

Pantai di Pulau Dolphin memang masing sangat bersih, airnya pun terlihat sangat jernih sehingga siapa saja akan betah berada di sini lama-lama. Jika memang yang dicari adalah tempat wisata di Jakarta yang bersifat alam dan masih sepi pengunjung dengan panorama luar biasa indah, pilih saja pantai di Pulau Dolphin yang ada di Kepulauan Seribu.

Pantai Pasir Perawan

Pantai Pasir Perawan

Mungkin Anda mengira sedang berada di luar negeri ketika mampir ke pulau ini. seperti namanya, Pantai Pasir Perawan memang masih sangat alami sehingga sangat layak bila diberi nama demikian.

Jika dilihat dari atas, Anda akan melihat gumpalan pasir putih yang sebenarnya pulau, dikelilingi oleh lautan dengan gradasi warna biru yang bagus. hamparan pasirnya terasa sangat lembut di kaki, ada juga kawasan mangrove di dekat pantai ini yang bisa dieksplorasi.

Danau Asmara

Danau Asmara

Jangan mengira akan pantai saja yang jadi pilihan liburan selama di Kepulauan Seribu. Ada juga Pantai Payung yang akan memberikan destinasi Pulau seribu berwujud danau. Namanya adalah Danau Asmara dan akan menjadi tempat wisata yang sangat instagramable.

Saking indahnya panorama yang ada di sana, pastikan foto yang Ada ambil adalah foto terbaik. Untuk Anda yang mencari tempat rekreasi atau tamasya selama di Kepulauan Seribu sangat dianjurkan untuk memilih tempat wisata di Pulau Seribu ini. letak dari Pulau Payung sendiri tidak jauh dari Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar.

Taman Nasional

Taman Nasional

Mungkin Anda dan keluarga atau sahabat datang ke Kepulauan Seribu tak ingin hanya dinikmati secara visual saja, melainkan juga beraktivitas. Kalau begitu, yang harus dikunjungi adalah Taman Nasional.

Wisata Kepulauan Seribu ini memiliki jembatan yang ikonik dan penangkaran penyu sebagai wisata edukatif. Salah satu di Pulau Seribu Jakarta ini sudah terkenal dan wajar bila keadaannya ramai saat Anda berkunjung. Sebab, memang wisata yang satu ini paling direkomendasikan untuk siapa saja yang datang bersama keluarga.

Pulau Sepa

Pulau Sepa

Setelah dari Taman Nasional, Anda bisa mampir ke Pulau Sepa. Apa yang ditawarkan Pulau Sepa memang sama seperti pulau-pulau sebelumnya. Namun tetap saja layak untuk direkomendasikan di daftar wisata Pulau Seribu ini.

Pulau Sepa memiliki pantai dengan ombak tenang dna nuansa alam yang juga tenang. Bersantai di pinggiran pantai, duduk di kursi-kursi yang telah disediakan, bersantai dan menghirup udara segar adalah apa yang bisa Ada lakukan di sana.

Pulau Pelangi

Pulau Pelangi

Di Pulau Pelangi apa yang bisa dinikmati bukanlah bersantai di tepian pantai, melainkan nuansa tropis dari sebuah pulau. Anda memang tetap bisa melihat pantai, namun tidak untuk bersantai di tepiannya. Pulau ini sudah memiliki fasilitas untuk mempermudah wisatawan memasuki pulau sejak turun dari kapal. Juga sudah ditinggali sehingga akan lebih nyaman saja untuk berlama-lama di sana.

Pulau Onrust

Pulau Onrust

Satu lagi pilihan tempat wisata di Kepulauan Seribu yang wujudnya keseluruhan pulau. Nama wisata kali ini adalah Pulau Onrust yang memiliki keunikan daripada pulau-pulau sebelumnya.

Pulau Onrust menyajikan visual seperti sedang berada di Timur Tengah sana. Sebab di atas pulaunya yang kecil Anda bisa melihat bekas bangunan yang sudah ditinggalkan namun memiliki arsitektur khas Roma. Siapa saja yang membaca deskripsi tentang pulau ini langsung penasaran dengan wujud aslinya. Mungkin termasuk juga Anda, langsung saja kunjungi Pulau Onrust yang letaknya di bagian selatan Kepulauan Seribu.

Jembatan Cinta

Jembatan Cinta

Bisa dikatakan Jembatan Cinta adalah destinasi Pulau Seribu yang paling difavoritkan. Daftar rekomendasi wisata-wisata di Pulau Seribu mana saja akan menyebutkan wisata ini. Memang sudah populer, namun Anda juga harus mampir kesana seperti benar-benar sudah mampir ke Kepulauan Seribu.

Jembatan yang ada di Pulau Seribu ini memiliki panjang sejauh 800 meter. Banyak spot foto yang diberikan untuk wisatawan yang ingin memaksimalkan momen selama di jembatan yang cukup panjang ini.

Beberapa spot foto yang bisa dicoba adalah taman cinta, dermaga cinta, dan gembok cinta. Itu baru beberapa saja, masih banyak spot lainnya yang disuguhkan.

Karena panjangnya yang sejauh 800 meter, mungkin Anda penasaran apa sebenarnya yang dihubungkan oleh jembatan ini. Jembatan sepanjang 800 meter ini rupanya sebagai perantara antara Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Karenanya, selama melintasi jembatan ini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan lautan yang jernih airnya. Tak jarang pula wisatawan mencoba melompat dari jembatan langsung ke lautannya. Anda pun juga bisa-bisa saja coba kalau memang cukup adrenalin, tinggi antara jembatan dengan lautannya adalah 5 meter.

Jembatan Pengantin

Jembatan Pengantin

Ada juga Jembatan Pengantin sebagai Kepulauan Seribu tempat wisata yang hampir serupa dengan wisata sebelumnya. Karena nuansanya yang romantis, jembatan yang satu ini sering dijadikan spot ambil foto dan video prewedding. Warga Jakarta sering memilih spot ini. karena selain dekat, foto dan video yang dihasilkan pun memang bisa bagus.

Disarankan untuk berangkat ke wisata ini dari Pelabuhan Tanjung Pasir. Dari pelabuhan ini, Ada akan melakukan perjalanan selama kurang lebih setengah jam saja untuk sampai di jembatan ini.

Tidak diperuntukkan mereka yang ingin cari spot foto prewedding saja, anda sebagai wisatawan dari luar Jakarta pun juga bisa-bisa saja berliburan di sana.

Saung Sunset

Saung Sunset

Sebelumnya Anda memang sudah diberi pilihan wisata untuk menikmati momen matahari terbenam. Ternyata ada lagi alternatifnya, malahan bisa memberikan kesempatan terbaik untuk melakukan apa saja saat matahari terbenam. Foto terbenamnya matahari akan lebih maksimal hasilnya jika dibidik di wisata ini.

Saung Sunset sendiri adalah tempat wisata di Pulau seribu yang berada di Pulau Tidung. Letaknya di bagian barat pulau, telah ada fasilitas lengkap untuk wisatawan supaya bisa senyaman mungkin. Anda memang diberi spot untuk menikmati tenggelamnya matahari, namun di pagi atau siang hari tetap bisa menikmati hamparan pasir pantainya atau bermain-main di airnya.

Saung Cemara Kasih

Saung Cemara Kasih

Selama di Pulau Tidung, Anda masih punya pilihan wisata lain yang hampir serupa dengan wisata sebelumnya. Apa yang bisa dinikmati di Saung Cemara Kasih utamanya adalah pemandangan pantai. Namun pantai yang ada di wisata ini bukan pantai biasa.

Di sana ada ayunan di tengah laut sehingga Anda bisa mencoba langsung bagaimana rasa-rasanya. Meskipun berada di tengah laut, Anda tak perlu mengkhawatirkan ketinggiannya. Karena pasti masih bisa dijangkau kaki.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Jakarta Timur

Saung Cemara Kasih juga menjadi wisata yang paling pas untuk dikunjungi bersama sahabat. Sebab di sana, Anda dan para sahabat bisa mendapatkan quality time bersama dengan panorama alam yang indah sehingga akan semakin maksimal saja momennya.

Aktivitas pantai apa saja bisa Anda lakukan selama berada di tempat wisata di Kepulauan Seribu. Mencari pantai yang sudah ramai pengunjung atau yang masih sepi pun bisa-bisa saja. Pilih beberapa tempat wisata di atas untuk dikunjungi besok. Atau mungkin, buat saja itinerary perjalanan supaya liburan besok lebih terencana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *