Tempat Wisata di Kepulauan Tanimbar

12 Tempat Wisata di Kepulauan Tanimbar Paling Keren!

Posted on

Kepulauan Tanimbar adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari Maluku. Tak heran bila pulau ini cukup banyak didatangi oleh wisatawan lokal yang berasal dari luar pulau. Sebagai salah satu tempat wisata di Maluku, pulau yang ada di kawasan Tanimbar berhasil menjelma sebagai sebuah surga tersembunyi dari Indonesia bagian timur yang menawarkan keindahan alam mempesona.

Berbagai macam tempat wisata di Saumlaki Tanimbar, bisa dipilih untuk menghabiskan waktu liburan. Sekedar menjadi penghilang penat atau stress. Mulai dari Air Bomaki, Pantai Anggormas, Monumen Patung Kristus Raja, Desa Wisata Tumbur, Pantai Weluan, Pantai Kelyar dan masih banyak lagi. Setiap tempat wisata tersebut akan memberikan pengalaman berbeda yang luar biasa untuk memanjakan mata dan pikiran.

Tempat Wisata di Tanimbar

Pulau ini memang menyimpan pemandangan mempesona bak permata yang begitu berkilauan. Saat berada di Kepulauan Tanimbar, Anda akan merasa hari yang begitu indah dan tak membosankan. Berikut adalah ulasan mengenai tempat wisata di Kepulauan Tanimbar yang bisa menjadi referensi lokasi liburanmu. Yuk simak!

Air Bomaki

Air Bomaki

Air Bomaki merupakan salah satu tempat wisata Tanimbar Saumlaki yang layak untuk dikunjungi. Terletak di utara Kota Saumlaki, wisata ini sangat mudah dicapai karena aksesnya yang tak terlalu sulit.

Baca Juga: Wisata Maluku Tenggara

Anda bisa mendatangi wisata yang ada di Desa Bomaki ini hanya dalam 30 menit dengan kendaraan bermotor dengan medan yang sangat mudah untuk dilewati.

Wisata air yang biasa digunakan untuk pemandian ini memberikan pengalaman berbeda. Wisatawan bisa merasakan berendam dengan air yang begitu segar dan alami. Apalagi jika pengunjung terbiasa tinggal di daerah panas, maka bermain air di tempat ini akan terasa sangat menyenangkan.

Kesegaran air di tengah alam terbuka yang ada di lokasi wisata Air Bomaki akan membuat siapapun bisa melepaskan penat dengan cara yang berbeda.

Pantai Anggormas

Pantai Anggormas

Pantai Anggormas menjadi salah satu tempat wisata di Kepulauan Tanimbar yang begitu populer karena keindahannya. Destinasi ini menawarkan pesona alam yang begitu cantik sehingga mampu mendatangkan banyak pengunjung dari berbagai daerah. Suasana pantai pun terasa lebih teduh karena pepohonan tumbuh dengan rimbun.

Keindahan yang disuhkan dari wisata ini membuat wisatawan tak ingin melewatkan moment memotret untuk mengabadikan gambar pemandangan di yang terhampar.

Selain itu, banyak juga pengunjung yang berjemur menikmati hangatnya sinar matahari ditemani dengan suara deburan ombak yang begitu tenang. Pantai Anggormas sendiri masih belum banyak terekspos sehingga memberikan ketenangan yang akan mendamaikan hati setiap pengunjung.

Monumen Patung Kristus Raja

Monumen Patung Kristus Raja

Selain banyak menawarkan wisata alam yang mempesona, tempat wisata Maluku juga kaya akan wisata rohani atau spiritual. Salah satunya adalah Monumen Patung Kristus Raja.

Monumen ini menjadi salah satu destinasi wisata rohani di Maluku yang disebut-sebut yang biasa dikunjungi oleh umat kritiani. Ketinggian patung mencapai 25 m, patung ini memiliki bentuk yang mirip dengan patung Christ The Redeemer yang ada di Brazil.

Untuk bisa sampai di sini, Anda bisa datang dengan mudah karena letaknya berdekatan dengan tempat wisata yang lain.

Monumen yang menawarkan 3 patung luar biasa ini banyak dijadikan spot foto oleh setiap pengunjung. Ketiga patung tersebut adalah Patung Yesus Memberkati, Bunda Maria dan Yesus, dan Penyaliban Patung. Semuanya didesain dengan epik.

Desa Wisata Tumbur

Desa Wisata Tumbur

Tempat wisata di Saumlaki yang satu ini menawarkan keragaman budaya dari masyarakat Maluku. Desa wisata ini terletak di Kecamatan Wertamrian dan populer berkat kerajinan tangannya yang unik dan khas. Siapapun yang datang ke tempat ini, akan menemukan banyak kerajinan tangan seperti patung dari kayu eboni dan kain tenun.

Kerajinan patung kayu yang dibuat pun beraneka ragam mulai dari patung lelaki dengan tombak hingga orang di atas perahu. Tiap pengunjung pun bisa memiliki patung-patung dan kain tenun yang bernilai seni tinggi saat mengunjungi desa wisata ini dengan harga yang terjangkau.

Jika Anda mendatangi tempat ini, warga setempat akan menggelar acara bakar kayu yang sudah menjadi adat untuk menyambut tamu. Wah terasa istimewa sekali ya.

Pantai Weluan

Pantai Weluan

Pulau Tanimbar memiliki pesona pantau yang indah, salah satunya adalah Pantai Weluan menjadi kebanggaan wisata dari warga Maluku sehingga cukup ramai dibandingkan pantai Tanimbar yang lain. Para pengunjung yang datang ke sini pun bisa menikmati kuliner sederhana khas pesisir yang dijual oleh masyarakat sekitar.

Selain itu, pantai ini juga memiliki pemandangan yang tak kalah indah dengan pantai lain. Anda bisa menikmati indahnya pemandangan sunrise dan sunset yang memukau saat menghabiskan waktu liburan di sini. Desir pasir putih yang ditemani semilir kesejukan angin akan semakin membuat betah berlama-lama di tempat ini.

Pantai Kelyar

Pantai Kelyar

Pantai Kelyar yang ada di Kepulauan Tanimbar ini juga biasa disebut sebagai Pantai Pertamina. Pantai yang menyimpan keindahan berbalut ketenangan ini tergolong wisata yang aman dikunjungi oleh anak kecil.

Mengapa tergolong aman? Tentu saja karena ombak lautnya tidak besar dan begitu tenang.

Di pantai ini pengunjung bisa menikmati cantiknya pemandangan alami dari sunrise dan sunset yang begitu menarik. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati nyamannya bersantai dengan ayunan dan gazebo yang disediakan.

Saat berkunjung ke sini jangan lupa untuk mengabadikan pemandangannya menggunakan kamera ya!

Pantai Sambunyi

Pantai Sambunyi

Tempat wisata di Saumlaki berikut ini merupakan sebuah pantai yang berada di tengah-tengah perairan Maluku. Dikelilingi tebing bebatuan dan rimbunnya pepohonan, pantai ini seperti sebuah surga tersembunyi yang menawarkan kedamaian tingkat tinggi. Letaknya yang tersembunyi membuat pantai Sambunyi sangat cocok didatangi oleh siapapun yang ingin mencari ketenangan.

Pantai Sambunyi memiliki pasir putih yang bersih dengan air laut yang begitu jernih. Para pengunjung pun bisa bermain air tanpa perlu khawatir karena perairan di sekitar yang tidak terlalu dalam. Jernihnya air yang ada akan membuat tiap mata bisa bisa melihat bagian dasar laut dengan begitu mudah.

Danau Lorulung

Danau Lorulung

Danau Lorulung menjadi bagian dari tempat wisata di Tanimbar yang layak untuk dieksplorasi lebih dalam. Danau yang memiliki debit air luas ini menawarkan pemandangan alam yang tak kalah indahnya dari pantai atau pulau yang ada di Maluku lainnya. Anda akan menikmati indahnya pemandangan pegunungan yang bisa dilihat dengan mudah dari danau ini.

Panorama yang ditawarkan di danau Lorulung juga begitu memanjakan mata karena saat disini siapapun bisa melihat suasana matahari terbenam yang memukau di Maluku. Dilengkapi dengan gazebo, wisatawan bisa bersantai sambil menikmati makanan favorit untuk disantap bersama keluarga.

Pulau Seira

Pulau Seira

Pulau Seira merupakan satu di antara banyaknya tempat wisata Tanimbar Saumlaki yang sangat layak untuk didatangi. Pulau kecil yang dikelilingi hamparan pasir putih jernih ini menawarkan keindahan alam yang begitu mempesona. Para wisatawan bisa mencapai pulau ini dengan menaiki perahu atau speedboat yang tersedia.

Di pulau Seira siapapun bisa bermain dengan bebas di atas pasir putih sekaligus berenang dan menyelam menikmati jernihnya air laut yang membiru. Selain itu, wisatawan juga bisa menyantap lezatnya lobster yang ditawarkan oleh masyarakat setempat. Paket lengkap sekali deh kalau memutuskan liburan ke Seira!

Pintu Batu (Batlosa)

Pintu Batu (Batlosa)

Tempat wisata di Kepulauan Tanimbar memang tidak ada habisnya. Saat berkunjung ke Tanimbar, Anda tidak boleh melewatkan wisata yang satu ini. Pintu Batu atau biasa dikenal dengan Batlosa akan membuat kagung karena keindahan seni yang ditawarkannya. Setiap lekukan pada Pintu Batu ini mampu menghasilkan jepretan yang begitu estetik dan menarik.

Saat mengunjungi tempat ini, Anda bisa menikmati indahnya pemandangan sunset atau sunrise dengan sudut yang begitu indah. Indahnya sinar matahari akan semakin lengkap dengan suara ombak yang begitu tenang dan air yang begitu jernih. Tempat ini bisa dikatakan sebagai tempat terbaik untuk menikmati senja dengan cara yang estetik.

Pemandian Weturlely, Desa Latdalam

Pemandian Weturlely, Desa Latdalam

Pemandian Weturlely merupakan sebuah tempat wisata di Maluku yang berada di Desa Latdalam. Tempat ini merupakan salah satu wisata andalan dari Tanimbar yang berupa pemandian umum dan sering dikunjungi oleh masyarakat sekitar apalagi saat akhir pekan.

Anda bisa menikmati bermain air di kolam yang sudah disediakan secara khusus oleh pihak pengelola wisata.  Saat mengunjungi tempat ini, Anda juga akan disuguhkan oleh pemandangan pedesaan yang masih asri dan alami yang kental akan adat.

Pemandian ini memiliki 2 kolam yang dibagi khusus untuk laki-laki dan perempuan. Bagian kolam laki-laki dibuka untuk umum dan bisa dipakai untuk bermain-main setiap hari.

Sedangkan kolam perempuan hanya dipakai untuk kegiatan sehari-hari warga setempat. Hal ini membuat nilai-nilai adat dan budaya masih begitu terasa dijunjung tinggi di daerah ini. Tak hanya itu, air di tempat ini begitu sejuk karena berasal langsung mata air alami akan membuat Anda merasakan kesegaran yang berbeda.

Pulau Matakus

Pulau Matakus

Pulau Matakus merupakan tempat wisata di Saumlaki yang memiliki keindahan alam begitu mempesona. Berada tak jauh dari pusat kota Saumlaki, pulau ini memiliki pantai yang begitu indah dengan pasir putih bersih.

Anda bisa menikmati indahnya pemandangan alam ditemani dengan rumah-rumah penduduk asli yang masih menjunjung tinggi adat budaya. Suasana hangat akan ditemukan ketika menginjakkan kaki di tempat ini karena warga setempat yang begitu ramah.

Wisatawan pun bisa memakai perahu yang disediakan oleh nelayan sekitar jika ingin mengelilingi pulau ini. Air jernih yang terlihat membiru akan membuat segala pikiran kalut berubah menjadi tenang.

Baca Juga: Wisata Ambon

Bahkan Anda juga bisa berenang atau menyelam jika ingin mengeksplor perairan lebih dalam. Ombak yang tenang dan semilir angin yang lembut akan membuat wisatawan begitu menikmati suasana di pulau Matakus.

Nah itulah ulasan mengenai tempat wisata di kepulauan Tanimbar. Bagaimana, apakah sudah merasa tergoda ingin segera liburan ke sini? Kepulauan yang ada di Kawasan Maluku ini memang memiliki banyak potensi alam yang wajib dieksplorasi, apa lagi wisata pesisirnya. So, tak usah ragu lagi untuk datang ke sini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *