Tempat Wisata di Kepulauan Yapen

10 Tempat Wisata di Kepulauan Yapen Paling Wajib Dikunjungi!

Posted on

Traveler, kamu pasti sudah tau dong mengenai salah satu kepulauan yang ada di ujung timur Indonesia? Yap benar sekali, kepulauan Papua! Pulau yang sudah sangat populer apalagi kalau bukan karena tempat wisata alamnya yang menakjubkan.

Tempat Wisata di Kepulauan Yapen

Ada banyak tempat wisata Papua sebagian diantaranya tersebar di Yapen. So, tak lengkap rasanya kalau kamu berkunjung ke Papua kalau belum ke Yapen. Jadi, langsung saja simak yuk berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata di Kepulauan Yapen yang bisa kamu kunjungi!

Pantai Sarawandori

Pantai Sarawandori

Tempat pertama adalah Pantai Sarawandori, berlokasi di Sarawandori, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua 98215. Sama dengan pantai-pantai di Papua pada umumnya, di sini kamu bisa menikmati pemandangan pesisir yang khas. Hamparan pasir yang bersih, laut luas dengan warnanya toscannya.

Baca Juga: Wisata Keerom

Pemandangan bawah lautnya pun sungguh mempesona. Kamu bisa snorkeling atau diving untuk melihatnya secara jelas. Di samping itu, ada banyak masyarakat Yapen yang beraktivitas di pantai ini. Mereka bermata pencaharian sebagai nelayan. Kalau kamu mau beli hasil tangkapan ikannya bisa sekali!

Pantai Mariadei

Pantai Mariadei

Wisata Yapen selanjutnya adalah Pantai Mariadei, berlokasi di Kampung Ketuapi, Yapen Papua. Pantai merupakan spot terbaik untuk menikmati matahari terbenam saat sore hari.

Menjelang malam tiba, kamu pun masih bisa beraktivitas di sekitar pantai. Nah, kebanyakan wisatawan sangat senang memancing pada malam hari. Sebab bisa lebih cepat untuk mendapatkan ikan tangkapan.

Air Terjun Mantembu

Air Terjun Mantembu

Tempat wisata di Kepulauan Yapen yang populer selanjutnya adalah Air Terjun Mantembu. Sama dengan air terjun pada umumnya, di sini kamu juga akan disambut dengan suasana alam yang asri dan segarnya air terjun.

Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas outdoor di sekitar air terjun tersebut. Tentu yang paling utama adalah basah-basahan alias sedikit berendam di dalam kolam alami tempat terjatuhnya air terjun.

Namun, kalau tak mau basah, kamu bisa sekedar menikmati suasana sekitar saja. Jangan lupa untuk mengabadikan gambar Air Terjun Mantembu juga ya!

Pulau Ambai

Pulau Ambai

Sebuah pulau yang berada di Yapen, terkenal akan keindahan baharinya yakni Pulau Ambai. Tak heran bila wisatawan yang datang ke sini akan merasa betah, apalagi lokasi wisata ini belum banyak dikunjungi orang. Jadi, cenderung lebih sepi dan nyaman untuk menikmati suasana pantai.

Keindahan alam pesisir yang khas mulai dari hamparan pasir putih hingga lautan luas yang jernih sangat memanjakan mata sekali. Bila memiliki cukup banyak waktu, kamu bisa menjelajahi hutan yang ada di sekitar pantai. Atau bisa juga snorkeling dan diving agar bisa melihat dengan jelas keindahan alam bawah laut Pulau Ambai.

Pulau Miosindi

Pulau Miosindi

Masih dengan wisata pesisir, bila tak puas dengan satu pulau kamu bisa berkunjung ke pulau selanjutnya yaitu Pulau Miosindi. Pulau dengan keindahannya serupa dengan pulau Ambai ini juga menawarkan keindahan pantai yang khas. Kamu bisa diving atau snorkeling untuk melihat alam bawah laut. Atau bisa juga sekedar bersantai di bibir pantai.

Bagi yang mau snorkeling atau diving, sebaiknya membawa perlengkapan sendiri ya. Mengantisipasi kalau tak ada yang menyewakan perlengkapan tersebut.

Pantai Mioka

Pantai Mioka

Pantai Mioka, wisata kepulauan Yapen yang sebenarnya masih berada di Kawasan Pantai Sarawandori. So, pemandangan yang bisa kamu lihat pun tak akan terlalu jauh berbeda.

Namun ada hal unik yang bisa kamu lihat di sini yakni bentuk pantai yang mirip seperti danau. Padahal aslinya ya sudah jelas  adalah laut, atau lebih tepatnya teluk. Kamu bisa bersantai menikmati suasana pesisir atau trekking menjelajahi pulau, atau bisa juga menyewa perahu untuk mengelilingi Kawasan perairannya.

Pantai Inggrisau

Pantai Inggrisau

Bagi yang butuh vitamin sea dan senang sekali dengan wisata pantai, datang ke Yapen pasti akan sangat dimanjakan sekali. Sebab ada banyak pantai menawan yang bisa kamu kunjungi salah satunya adalah Pantai Inggrisau. Berlokasi di Desa Aisau lebih tepatnya di Distrik Raimbawi.

Bukan hanya pemandangan pantainya saja yang mempesona, namun di sini kamu juga bisa melihat penyu-penyu bertelur secara langsung. Biasanya penyu akan bertelur di sore hari sampai matahari terbit di keesokan harinya. Dan hal yang paling menarik perhatian adalah jenis Penyu Belimbing yang tak dapat kamu lihat setiap saat.

Di samping itu, kamu dapat melihat 3 spesies penyu lain yakni Penyu Hijau atau Chelonia Mydas, Penyu Sisik atau Eretmochelys Imbricata dan Penyu Lekang atau Lepidochelys Coriacea.

Kampung Papuma

Kampung Papuma

Ada pantai Papuma ada juga Kampung Papuma, jadi jangan sampai tertukar ya. Kalau kampung Papuma lokasinya ada di Jember, sementara Kampung Papuma sudah jelas berada di Yapen Papua.

Bukan sebuah kampung biasa sebab di sini kamu akan menjelajahi kampung yang terapung di atas laut. Wahh unik sekali ya? Namun terapung di sini bukan rumah yang ada di atas permukaan air melainkan dibangun mirip seperti rumah panggung. Letaknya pun berada di pinggir pantai.

Selama disini, kamu bisa lebih dekat dengan masyarakat Yapet. Kamu juga bisa membeli buah tangan khas Papua.

Teluk Pamoi

Teluk Pamoi

Masih dengan tema perairan, wisata kepulauan Yapen nomor 9 adalah Teluk Pamoi. Sebuah perairan yang tenang dan memanjakan mata karena pemandangannya. Ya, air di teluk ini memang cukup tenang sehingga cukup aman untuk wisatawan. Airnya pun jernih bak kaca yang bisa memantulkan bayangan.

Bagi yang senang menikmati alam bawah laut, di sini kamu diperbolehkan untuk diving atau snorkeling. Namun tetap harus dalam pengawasan dan menggunakan perlengkapan yang lengkap ya.

Bagaimana? Tertarik untuk datang ke Teluk Pamoi? Sebelum masuk, kamu harus bayar tiket masuk dulu ya. 10 ribu rupiah per orang, cukup murah kan?

Pulau Aiwai

Pulau Aiwai

Dan tempat wisata terakhir adalah Pulau Aiwai yang tentu saja berlokasi di Papua atau lebih tepatnya antara Yapen dan Biak. Sebuah pulau yang lagi-lagi menawarkan keindahan pantai mulai dari hamparan pasir putih, lautan biru yang jernih, hingga udara yang menyegarkan karena jauh dari polusi. Pulau Aiwai benar-benar bisa membuat nyaman dan malas untuk pulau!

Baca Juga: Wisata Mamberamo Tengah

Sedikit tips saat berwisata ke Yapen. Karena kebanyakan lokasi wisata di sini bertemakan pantai dengan cuaca yang cukup terik maka disarankan untuk menggunakan sunscreen atau sunblock. Krim pelindung kulit agar tak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Bisa juga menggunakan kacamata dan topi sebagai langkah perlindungan selanjutnya.

Nah traveler itulah 10 tempat wisata di kepulauan Yapen yang paling direkomendasikan untuk kamu kunjungi. Bagaimana, pesona alam Yapen memang tak pernah mengecewakan bukan? So, jangan lewatkan untuk berkunjung ke pulau ini ya kalau kamu sedang berada di Papua!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *