Tempat Wisata di Klaten

16 Tempat Wisata di Klaten yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan

Posted on

Klaten adalah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Provinsi DI Yogyakarta yang memiliki keindahan alam luar biasa dan beragam tempat wisata yang merupakan cagar budaya. Jadi kalau kamu sedang jalan-jalan ke daerah Jawa Tengah, jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata di Klaten ya.

Tempat Wisata di Klaten

Nah, biar kamu tidak bingung mana saja tempat yang harus kamu datangi di Klaten, langsung simak saja artikel 16 tempat wisata di Klaten yang wajib kamu kunjungi saat liburan akhir tahun berikut ini yuk!

Green Canyon Socokangsi

Green Canyon Socokangsi

Beneran nih, di Indonesia ada Green Canyon seperti yang di Amerika itu?

Betul sekali, tepatnya di desa Socokangsi Prihandono, Klaten. Coba deh kamu lihat foto di atas, memang indah bukan? Hijaunya alam sekitar berpadu dengan bebatuan dan karang, akan membuat siapa pun pasti betah deh menghabiskan waktu bermain air sambil berfoto-foto ria di salah satu tempat wisata Jawa Tengah ini.

Tempatnya memang tak terlalu besar, itulah sebabnya obyek wisata Klaten ini dinamakan Green Canyon Mini Socokangsi. Tapi, meskipun begitu, dijamin kamu nggak bakalan menyesal deh, apalagi bagi kamu yang sedang mencari spot keren buat foto-foto.

Di Green Canyon Socokangsi, kamu bisa melihat keindahan tebing-tebing yang memiliki tekstur halus. Selain itu, ada juga air terjun kecil dan cekungan yang sering jadi spot favorit untuk mengabadikan momen liburan.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Kendal

Nah, kalau kamu berjalan sekitar 300 meter ke arah selatan, kamu akan menjumpai 2 buah obyek wisata yang sangat menarik dan penuh nilai sejarah, yaitu Gua Gethuk dan jembatan kuno dari bekas rel kereta pengangkut barang. Menarik kan? Kalau begitu, langsung masukkan Green Canyon Socokangsi ke daftar tempat tujuan liburanmu ya!

Candi Sewu

Candi Sewu

Buat kamu yang tertarik dengan kebudayaan Indonesia, maka wajib mengunjungi tempat wisata di Klaten Candi Sewu. Salah satu tempat wisata di Klaten ini adalah candi Buddha yang dibangun pada abad ke-8 Masehi, dan hanya berjarak sekitar 800 meter saja dari Candi Prambanan.

Kalau kamu mengunjungi Candi Sewu, siapkan memori HP & kamera yang banyak ya, karena kamu pasti akan tergoda buat foto-foto sebanyak mungkin. Candi ini memang sangat menawan dan banyak banget spot menarik untuk dijadikan tempat foto.

Oh ya, sedikit cerita sejarah Candi Sewu nih. Jadi walaupun kalah populer, tapi sebenarnya Candi Sewu berusia lebih tua daripada Candi Borobudur dan Prambanan. Dan, meskipun aslinya hanya memiliki 249 candi, candi ini lalu dinamakan “Sewu” yang berarti seribu dalam bahasa Jawa, berdasarkan kisah legenda Loro Jonggrang.

Air Terjun Sendang Gemuling

Air Terjun Sendang Gemuling

Jalan-jalan ke Klaten tidaklah lengkap kalau belum mengunjungi Sendang Gemuling, yaitu lokasi obyek wisata Klaten air terjun kecil yang memiliki pemandangan alam sekitar yang indah. Tapi, yang bikin tempat wisata di Klaten ini istimewa adalah tebing bebatuannya yang memiliki ceruk cukup dalam, dan biasa digunakan untuk tempat berfoto-foto, seperti yang bisa kamu lihat di gambar di atas. Instagramable banget kan?

Tempat Wisata di Klaten Taman Bunga Bono

 

Taman Bunga Bono

Pernah nggak kamu membayangkan bahagianya kalau bisa menikmati pemandangan hamparan bunga seperti di taman-taman luar negeri? Nah, sekarang kamu bisa banget menikmatinya dengan berkunjung ke Wisata Kebun Bunga Bono Tulung Klaten.

Selain hamparan bunga, kamu juga bisa menemukan berbagai jenis sayuran yang ditanam di tempat wisata klaten terbaru ini. Keren banget deh! Makanya nggak heran ya kalau tempat ini jadi salah satu ikon wisata di Klaten. Banyak pengunjung di sini juga memanfaatkan keindahan tempatnya yang instagramable banget sebagai spot buat berfoto.

Kamu kamu lagi jalan ke sini bareng pasangan, jangan lupa ya buat foto bersama di sebuah bangku yang dihiasi bentuk hati yang cantik. Pasti romantis deh. Obyek wisata bunga ini terletak di Area Persawahan Gading Kulon, Desa Bono, Kecamatan Tulung Klaten.

Kalitalang Balarente

Kalitalang Balarente

Salah satu kegiatan yang paling mengasyikkan saat mendaki gunung adalah kita jadi bisa melihat pemandangan yang cantik dan indah. Tapi, kalau kamu bukan termasuk orang yang suka mendaki gunung, tetap bisa kok menikmati indahnya puncak dan kawah gunung merapi.

Caranya gimana?

Kamu bisa mengunjungi Kali Talang yang berada di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah. Jarak Kali Talang dari Kota Klaten adalah sekitar 31 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam. Di sini, kamu bisa melihat Puncak Merapi yang terlihat cukup dekat .

Di obyek wisata Klaten ini, puncak Gunung Merapi akan terlihat sangat jelas, apalagi kalau cuacanya sedang cerah. Kamu juga bisa melihat area kawah belerang dan asap belerangnya dengan jelas. Untuk berkunjung ke sini, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000 saja. Terjangkau sekali kan?

Air Terjun Ledok Waru Klaten

Air Terjun Ledok Waru Klaten

Ada lagi nih lokasi wisata unik di Klaten yang belum terlalu terjamah oleh wisatawan, namanya Grojokan Ledok Waru. Ini adalah air terjun yang memiliki keindahan alami di sekitarnya. Lokasinya dekat dengan Makam Ledok Waru, tepatnya di bawah area komplek makam.

Keindahan air terjun yang satu ini banyak dibilang mirip dengan Blue Lagoon di Sleman karena bentuk air terjunnya yang berundak. Ada juga kolam di tengahnya yang biasa digunakan pengunjung untuk berenang atau sekadar bermain air.

Lokasi ini belum terlalu banyak diketahui orang dan masih terlihat agak sepi. Meskipun begitu, pemandangan suasananya nggak kalah cantik kok dengan wisata air terjun lain. Jadi, lain kali kamu berkunjung ke Klaten, jangan lupa mampir ke sini ya!

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Kalau obyek wisata yang satu ini pasti semua orang sudah tahu. Tapi mungkin banyak di antara kamu yang bertanya, “Lho kok Candi Prambanan masuk Klaten sih? Bukannya ada di Yogyakarta ya?”

Nah, di sinilah uniknya Candi Prambanan. Kompleks candi ini terletak di kecamatan Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta dan kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Jadi, walaupun secara administrasi Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, tetapi pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah adminstrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten.

Candi Prambanan ini adalah termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, dan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Ciri khas arsitektur Hindu-nya terlihat pada bangunan yang berbentuk tinggi dan ramping. Candi utamanya yang bernama Siwa bahkan memiliki ketinggian 47 meter lho! Tempat wisata Klaten ini benar-benar nggak boleh kamu lewatkan.

Candi Plaosan

Candi Plaosan

Candi lainnya yang terletak di wilayah Klaten adalah Candi Plaosan. Ini merupakan kompleks percandian yang terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Di Candi Plaosan, kamu bisa melihat kemuncak stupa, arca Buddha, serta candi-candi perwara yang berbentuk stupa. Jadi, kompleks candi ini dibangun oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan pada adab ke-9. Mereka berasal dari Kerajaan Mataram Kuno.

Rowo Jombor

Rowo Jombor

Kamu pecinta obyek wisata yang berhubungan dengan air? Kalau begitu wajib banget buat mengunjungi salah satu tempat unggulan wisata daerah Klaten, yaitu Waduk Rowo Jombor terletak di Dukuh Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, sekitar 8 km dari pusat Kota Klaten, Jawa Tengah.

Berbeda dengan waduk lainnya yang biasanya berbentuk segi empat, waduk Rawa Jombor yang panjangnya 7,5 km ini memiliki banyak segi tidak beraturan. Awalnya, tujuan pembuatan waduk yang berkedalaman 4,5 meter dan mampu menampung 4 juta meter kubik air ini adalah untuk menampung air dari sungai-sungai di sekitarnya agar banjir bisa terkendali. Selain itu, Klaten juga membutuhkan persediaan air irigasi untuk persawahan, terutama saat musim kemarau. Dan tentu saja, waduk ini pun kerap dimanfaatkan sebagai tempat pariwisata masyarakat Klaten dan wisatawan. Nggak heran ya, karena waduknya memang bagus sekali. Ditambah pemandangan sekitarnya yang bikin adem, seperti bisa kamu lihat di foto di atas.

Kalau kamu berkunjung ke wisata alam Klaten ini, nggak usah kuatir bila ingin sekalian makan atau mencari toilet, karena fasilitas yang disediakan cukup lengkap, mulai dari tempat makan, toilet, arena bermain dan olahraga, bahkan pusat kerajinan pun ada di sini. Lumayan kan, kamu bisa sekalian beli oleh-oleh khas Klaten.

Umbul Besuki

Umbul Besuki

Obyek wisata air lainnya yang harus kamu masukkan ke tujuan destinasi selama di Klaten wisata dan jalan-jalan adalah Umbul Besuki. Di Klaten memang banyak terdapat umbul atau mata air, dan salah satu yang paling jadi favorit ya Umbul Besuki ini. Kalau melihat dari fotonya, memang wajar ya tempat ini banyak dikunjungi wisatawan. Selain kolamnya cukup luas, di sekeliling kolam juga terdapat banyak tempat duduk dan spot menarik untuk berfoto-foto.

Tidak hanya itu, Umbul Besuki yang terletak di dukuh Kringan, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, kabupaten Klaten ini juga memiliki lokasi cukup strategis sehingga kamu tidak akan kesulitan deh menemukannya, walaupun kamu baru kali ini liburan di Klaten.

Kolam di Umbul Besuki memiliki kedalaman sekitar 1,6-1,7 meter, dengan diameter kolam 10-15 meter. Dan asyiknya, di pinggir kolam terdapat pohon jati yang rindang.

Taman Koplak Andong Padas Karanganom

Taman Koplak Andong Padas Karanganom

Kamu sedang mencari tempat pariwisata Klaten untuk dikunjungi tapi yang berada di pusat kota? Kalau begitu, datang saja ke Taman Koplak Andong. Di sini kamu bisa melihat taman yang berhiaskan rumput hijau dan juga beberapa kursi taman untuk tempat istirahat dan berfoto-foto.

Kalau kamu membawa anak kecil pun tidak usah kuatir, karena di taman ini tersedia beberapa permainan anak dan delman-delman berhiaskan aksesori yang siap untuk mengantaran kamu berkeliling setiap sorenya.

Bila kamu ingin menikmati suasana taman yang dihiasi oleh cahaya lampu, maka datanglah pada malam hari. Kamu juga bisa menikmati pemandangan sambil mencicipi jajanan yang dijual oleh beberapa pedagang makanan yang ada di sana. Murah meriah deh pokoknya!

Ekowisata Kalitalang

Ekowisata Kalitalang

Kamu suka ber-camping? Coba deh mengunjungi ekowisata Kalitalang, yang merupakan obyek wisata yang diresmikan oleh pemerintah Kabupaten Klaten pada tahun 2017. Jadi bisa dibilang masih terhitung baru, karena baru 3 tahun berjalan.

Tapi bukan hanya kegiatan camping saja lho yang bisa kamu lakukan. Buat kamu yang hanya sekadar ingin berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan sambil foto-foto juga bisa banget. Apalagi sekarang sudah ada jembatan bambu yang bisa dijadikan spot foto dan tempat yang pas untuk menikmati pemandangan.

Lokasi ekowisata Kalitalang ini masuk ke dalam Taman Nasional Gunung Merapi di Desa Balerante, Kabupaten Klaten.

Umbul Siblarak

Wah, umbul yang satu ini pasti bakalan bikin kamu betah berlama-lama deh! Coba saja lihat betapa jernih airnya dan kesegaran pemandangan yang berhamparkan sawah-sawah yang begitu hijau. Aduh, instagramable banget ya! Kamera, mana kamera?

Umbul Siblarak yang terlihat di Gondang, Kecamatan Polanharjo di Klaten ini memang jadi tempat wisata di Klaten terbaru yang jadi favorit banyak orang. Meskipun lokasinya agak masuk ke dalam dan tidak terlihat dari jalan raya, tapi rupanya hal itu nggak bikin niat orang-orang surut untuk berlibur ke Umbul Siblarak. Dan memang, kalau sudah sampai di tempat ini kamu bakal lupa waktu dan nggak pengen pulang!

Tiket masuk ke lokasi tempat wisata di Klaten ini pun terjangkau banget, yaitu sebesar Rp 5 ribu saja. Tapi, jangan salah, fasilitas yang terdapat di sini lumayan lengkap lho! Ada Balumbang, Kolam Renang Anak, Outbound, Persewaan ATV dan Mini Trail.

Nah, buat kamu yang suka kegiatan outbond, ada juga permainan Flying Fox yang kalau di sini, namanya diganti jadi Flying Byur, hehehe lucu ya namanya. Hal ini karena berbeda dengan Flying Fox yang pendaratannya di darat, kalau naik Flying Fox kamu akan mendarat di air. Untuk mengikuti permainan ini, kamu cukup membayar sebesar Rp 10 ribu saja. Dan kamu bisa tenang bermain karena sudah ada petugas profesional untuk menjaga keselamatan kamu.

Umbul Manten

Umbul Manten

Mau berlibur dengan menikmati sumber air sebening kaca? Bisa banget kalau kamu datang ke Umbul Manten yang ada di Klaten ini. Beneran lho, airnya bening banget! Lokasi  umbul yang satu ini berada di tengah rimbunnya pohon Ipik besar. Walaupun ukuran kolam di Umbul Manten nggak terlalu besar dan nggak terlalu dalam, tapi kamu pasti bisa puas banget bermain air di sini karena pemandangannya juara banget. Apalagi dasar kolam ini berupa bebatuan yang bisa terlihat dengan jelas, saking jernihnya air yang berada di wisata Klaten terbaru, Umbul Manten ini.

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa sih dinamakan Umbul Manten? Jawabannya karena konon dulu pernah ada cerita legenda soal pengantin yang hilang di daerah ini. Tapi jangan kuatir, kamu nggak bakal hilang kok di sini hehehe. Oh ya, harga tiket masuk ke tempat wisata di Klaten kolam renang alami ini juga murah banget. Kamu cukup membayar tiket parkir kendaraan sebesar Rp 2 ribu dan tiket masuknya Rp 3 ribu saja.

Candi Sojiwan

Candi Sojiwan

Ada sebuah tempat wisata di Klaten lainnya yang wajib kamu kunjungi, yaitu Candi yang di depannya berhamparkan rumput bagai permadani yang indah. Namanya adalah Candi Sojiwan yang berada di Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Lokasi Candi ini cukup dekat dengan kota Yogyakarta.

Nah, Candi Sojiwan ini bisa dibilang merupakan perpaduan dari candi Hindu dan Budha. Atap Candi Sojiwan memiliki 3 susun, dan pada tiap tingkatan susunannya terdapat Stupa kecil, dan di puncak terdapat stupa yang besar.

Selain foto-foto di atas candi, kamu juga bisa berfoto di hamparan rumput yang ada di sana, seperti foto di atas. Bagus banget kan?

OMAC Cokro

OMAC Cokro

Tempat wisata di Klaten terakhir yang akan kita bahas ini memiliki pemandangan yang LUAR BIASA INDAH. Beneran deh, coba saja lihat pada foto di atas. Aliran airnya benar-benar indah dan menyegarkan mata ya! Nama obyek wisata ini adalah Obyek Mata Air Cokro atau yang biasa disingkat menjadi OMAC Cokro. Jaraknya sekitar 17 km dari arah Klaten dan memiliki luar kurang lebih 15 ribu meter persegi.

OMAC Cokro adalah salah satu obyek wisata favorit di Klaten yang selalu ramai dikunjungi terutama saat liburan, karena lokasinya sejuk, bermata air jernih dan seperti kamu bisa lihat, memiliki pemandangan sungai yang indah.

Selain suasana alamnya yang bisa kamu nikmati, kamu juga bisa bermain beberapa permainan di sana, seperti water boom, flying fox, dan water Sliding.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Jepara

Di sekeliling OMAC Cokro juga banyak terdapat pepohonan besar yang rindang yang bikin suasanan adem semakin terasa. Setelah asyik menikmati pemandangan dan bermain, kamu pun bisa beristirahat sambil makan di warung-warung yang terdapat di sekitar OMAC Cokro.

Nah, itu tadi 16 tempat wisata di Klaten yang wajib kamu kunjungi saat liburan akhir tahun. Mulai dari wisata alam sampai wisata budaya ada semuanya di Klaten. Tinggal pilih aja mana yang paling cocok dengan selera kamu. Jadi, jangan lupa kunjungi tempat-tempat itu saat liburan akhir tahun nanti ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *