Tempat Wisata Di Klungkung

12 Tempat Wisata Di Klungkung Wajib Masuk List Wisata Bali

Posted on

Klungkung merupakan sebuah kabupaten kecil yang berada di pulau dewata Bali. Sebuah keunikan dari Klungkung yakni dua pertiga wilayahnya merupakan kepulauan yaitu Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan. Biarpun termasuk dalam wilayah terkecil di Bali namun Klungkung memiliki keistimewaan tersendiri, apalagi dari segi tempat wisatanya.

Tempat Wisata di Klungkung

Sebagian tempat wisata di Bali adanya di Klungkung. Oleh sebab itulah ada cukup banyak wisatawan yang keluar masuk wilayah ini dalam rangka berwisata. Di samping itu masyarakat Klungkung juga sangat ramah, membuat para wisatawan merasa betah berada di sini. Bila kamu sedang membuat list destinasi wisata di Klungkung Bali, beberapa tempat berikut ini mungkin bisa masuk kedalamnya. Simak yuk!

Angel’s Billabong

Angel’s Billabong

Angel’s Billabong merupakan tempat wisata Klungkung Bali pertama yang republik wisata rekomendasikan. Lokasinya ada di Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Lantas tempat apa sih Angel’s Billabong ini?

Sebuah tempat wisata yang terkenal dengan sebuah Infinity Pool alami. Sebab di sini kamu akan menjumpai sebuah kolam lembah yang letaknya sedikit lebih tinggi dari bibir laut lepas. Seolah-olah menyatu dengan lautan padahal tidak. Ini yang menjadikan Angel’s Billabong terkenal.

Baca Juga: Wisata Karangasem

Air yang berada di kolam alami tersebut merupakan muara dari aliran sungai. Ditampung lalu dialirkan menuju sungai. Kondisi airnya sangat bersih dan menyegarkan. Wisatawan bisa berenang di sana, sambil menikmati eksotisme pemandangan alam di Klungkung. Bagian dinding yang mengelilingi Angel’s Billabong juga mempunyai kontur yang terbilang unik. Deburan ombak sesekali menabrak karang, kalau momennya pas kamu bisa mendapatkan hasil jepretan yang dramatis.

Namun bila ingin berkunjung ke sini, sebaiknya pastikan dulu kondisi cuaca di sana ya. Hindari berkunjung saat musim hujan. Sebab kamu tak akan bisa berenang, selain licin, ombaknya pun sangat besar dan berbahaya.

Pantai Pasih Uug

Pantai Pasih Uug

Wisata Klungkung Pantai Pasih Uug, berlokasi di Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung. Kalau membicarakan soal pantai, daerah Indonesia yang akan disorot adalah Bali. Ini karena Bali mempunyai pantai-pantai yang terkenal akan keindahannya bukan hanya oleh wisatawan lokal namun juga asing.

Salah satu pantai yang bisa dikunjungi adalah Pasih Uug, dalam Bahasa Bali Uug artinya rusak. Hemm, lantas apakah pantai ini memang rusak? Tentu saja tidak, justru sangat indah!

Sama seperti Angel’s Billabong, Pasih Uug juga mempunyai keunikan yakni terdapat sebuah terowongan pada tebingnya. Sehingga bisa terlihat kalau air laut mengalir melaluinya dan membentuk sebuah kolam. Pemandangan tersebut nampak indah sekali, harmonisasi tebing karang, air laut dan deburan ombak membuat Pasir Uug nampak semakin eksotis. Kondisi airnya pun sangat bersih.

Bila ingin berenang di Pasih Uug sebaiknya kamu juga harus melihat kondisi cuaca ya. Kalau sedang tidak bagus, sebaiknya jangan.

Tirai Air Terjun Tukad Unda

Tirai Air Terjun Tukad Unda

Next, wisata selanjutnya masih berkaitan dengan air namun kali ini bukan pantai melakukan Air Terjun yang bernama Tirai Air Terjun Tukad Unda. Lokasinya berada di Yeh Unda, Semarapura, Kelod Kangin, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Klungkung.

Tukad Unda sendiri sebetulnya merupakan sebuah dam atau bendungan yang dibuat di salah satu sungai terbesar yang ada di Bali. Debit airnya tergolong besar dan akan terus mengalir. Dalam Bahasa Bali, Tuka artinya Sungai sementara Unda artinya Lapisan. Jadi, bisa diartikan kalau Tuka Unda adalah sungai yang berlapis. Penamaan tersebut bisa tampak dari pemandangan aliran airnya. Sangatlah unik, air terjun yang jatuh tidak merata dan terlihat datar mirip seperti tirai, tertata dengan rapi.

Keberadaan sungai ini juga sangat bermanfaat untuk masyarakat setempat yang memiliki mata pencaharian sebagai petani. Dimana air sungai dijadikan sebagai irigasi untuk mengairi sawah. Beberapa masyarakat lainnya ada yang memanfaatkan airnya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Di samping itu, keindahan Air Terjun Tukad Unda pun dimanfaatkan oleh para photographer untuk menjadikannya sebagai spot foto. Ada yang melakukan pre wedding atau kegiatan photoshoot lainnya.

Bukit Teletubies

Bukit Teletubies

Bukit Teletubbies, berlokasi di Tanglad, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Sebuah hamparan bukit hijau yang berundak dan mirip seperti yang ada di dalam film teletubies, tak heran bila disebut sebagai Bukit Teletubies. Sebelumnya nama bukit ini adalah Bukit Pohon Gamal karena terdapat pohon tersebut di sana

Mereka yang menyukai tempat wisata yang unik dengan spot foto instagramable biasanya akan datang kesini dengan tujuan utama berfoto. Di samping itu, pemandangan bukit ini juga bisa sangat memanjakan mata. Indah karena dipenuhi dengan warna hijau yang alami. Masyarakat yang tinggal di sekitar perbukitan sangatlah ramah, membuat wisatawan semakin betah dan nyaman untuk menghabiskan waktu di Bukit Teletubis.

Nah, bagi traveller yang ingin datang ke sini, sebaiknya menggunakan outfit yang oke ya agar bisa mendapatkan hasil foto sempurna. Jangan lupa membawa kamera dan isi penuh dayanya, agar bisa foto sepuasnya!

Goa Jepang

Goa Jepang

Apakah kamu menyukai aktivitas susur goa apalagi yang memiliki nilai historicalnya sendiri? Kalau iya, saat berada di Klungkung kamu bisa berkunjung ke Goa Jepang yang berlokasi di Jalan Raya Banjarangkan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung.

Goa ini merupakan peninggalan masa penjajahan Jepang. Menjadi salah satu wisata di Klungkung Bali yang bisa memberikan pengalaman liburan berbeda. Menurut sejarah, dulunya goa ini dijadikan sebagai tempat perlindungan para tentara Jepang. Lebih tepatnya saat masa perang dunia ke-2. Di sini terdapat 16 goa yang mana 14 goanya saling terhubung. Sementara 2 goa lainnya terpisah.

So, berkunjung ke Goa Jepang Klungkung Bali bukan hanya sekedar menyusuri goa saja. Kamu bisa kembali mengenang bagaimana kondisi perang dunia ke-2 yang dulu pernah terjadi. Sejarah akan menyadarkan kita bagaimana pentingnya arti sebuah kemerdekaan seperti sekarang ini.

Manta Point

Manta Point

Berkunjung ke Bali belum lengkap rasanya bila kamu tak melakukan aktivitas diving, betul tidak? Menyelam dan melihat bagaimana keindahan alam bawah laut perairan di Bali. Untuk melakukannya, bila sedang berada di Klungkung, kamu bisa coba berkunjung ke Manta Point. Lokasi tepatnya berada di Sekartaji, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.

Spot diving terpopuler, menyajikan keindahan alam bawa laut yang akan membuat siapapun terpesona. Berbagai macam jenish karang hingga hewan laut bisa kamu lihat dengan mata kepalamu sendiri. Banyak wisatawan local dan asing yang sengaja datang ke sini, untuk sekedar melakukan penyelaman.

Di samping itu, ada alasan mengapa dinamakan Manta Point. Karena di Kawasan perairan ini terdapat Ikan Pari Manta yang hidup sepanjang tahun. Sementara itu pada musim kemarau. Akan ada jenis ikan lainnya yang hidup di sini yaitu Ikan Mola-mola. Menyelam dan berinteraksi langsung dengan biota dan fauna laut tentu bisa memberikan pengalaman liburan yang berbeda.

Kerta Gosa

Kerta Gosa

Wisata sejarah saat berada di Klungkung pun menjadi hal yang harus kamu lakukan. Sebab ada beberapa bangunan atau tempat yang memiliki nilai historical penting untuk bangsa Indonesia, seperti Goa Jepang yang sebelumnya sudah disebutkan. Kali ini, kamu bisa berkunjung ke Kerta Gosa yang berlokasi di Jalan Kenangan Nomor 11, Semarapura Kelod, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung.

Sebuah bangunan bersejarah yang merupakan peninggalan masa Kerajaan Klungkung, lebih tepatnya pada tahun 1968. Bangunan tersebut kini dijadikan sebagai tempat wisata umum dan boleh dikunjungi oleh siapa saja baik wisatawan asal Indonesia maupun wisatawan asing.

Terdapat 3 bangunan utama yang akan dijumpai saat berkunjung ke sini yaitu Bale Kerta Gosa, Bale Kembang dan terakhir adalah Medal Agung (Pintu megah kerajaan Klungkung). Kamu bisa masuk dan menikmati keunikan bentuk bangunan-bangunan tersebut. Dimana arsitekturnya sendiri memiliki ciri khas Bali di abad ke-17. Bagian langit-langit atau atapnya pun ada sebuah lukisan wayang, menceritakan yang menggambarkan jenis hukuman yang akan diterima siapapun bila melakukan kesalahan pada masa tersebut.

Kerta Gosa bukan hanya sekedar bangunan bersejarah, di dalamnya terdapat pelajaran-pelajaran penting. Khususnya dari cara bermasyarakat warga Bali pada masa tersebut.

Arung Jeram Sungai Melangit Asa

Arung Jeram Sungai Melangit Asa

Ada yang ingin menguji adrenaline dengan mengarungi derasnya arus di Klungkung? Bagaimana kalau kamu mencoba Arung Jeram Sungai Melangit Asa yang berlokasi di Bakas, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung.

Sungai dengan arus yang menantang, memang cocok sekali untuk melakukan arung jeram. Jiwa petualang akan merasa terpanggil untuk melakukan aktivitas air tersebut. Saat di Sungai Melangit Asa kamu akan diajak untuk menyusuri sungai dengan panjang 7,5 km dan kedalaman mencapai 4 meter. Sungainya dipenuhi dengan arus yang cukup deras, berkelok-kelok dan memberikan sensasi yang menantang.

Aktivitas menyenangkan ini bisa dilakukan oleh siapapun. Baik orang dewasa atau anak-anak. Terbilang aman karena nantinya kamu akan didampingi oleh pemandu yang siap menemani selama menyusuri arus sungai. Sepanjang perjalanan, mata akan disuguhi oleh pemandangan alam yang indah dan mengagumkan. Terdengar pula kicauan burung dan sesekali nampak kera liar di pinggir sungai sedang bergelantungan. Sangat seru sekali kan?

Goa Lawah

Goa Lawah

Selain Goa Jepang, ada goa lain yang berlokasi di Klungkung dan memiliki peran penting tersendiri bagi masyarakat Bali. Kali ini kamu bisa berkunjung ke Goa Lawah, lokasi tepatnya berada di Jalan Raya Goa Lawah, Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung.

Sebuah goa yang hanya menampilkan pesona keunikan ruangan di dalamnya saja. Namun keberadaan goa ini juga ternyata sangat penting umat Hindu. Dimana masyarakat Hindu biasanya melakukan upacara Meajar-ajar atau Nyegara Gunung di dalam goa Lawah. Saat sedang dilakukan prosesi tersebut, Lawah akan sangat ramai dipadati masyarakat Bali yang memiliki kepercayaan Hindu.

Di samping itu, pemandangan di dalam goa pun terbilang sangat unik dan eksotis. Ada ribuan kelelawar yang bergelantungan pada dinding. Tak heran bila suara serta aroma kelelawar pun sangatlah kental.

Goa Giri Putri

Goa Giri Putri

Masih ada Goa selanjutnya yang bisa kamu kunjungi yaitu Goa Giri Putri. Lokasinya ada di Suana, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Bukan hanya sekedar goa, sebab di dalam goa ini ada sebuah pura yang merupakan tempat beribadah umat hindu. Letak puranya berada di goa yang memiliki ketinggian 150 meter di atas permukaan laut.

Sama seperti pura pada umumnya, tempat ini dijadikan sebagai tempat bersembahyang. Sehingga goa Giri Putri sangatlah suci dan sacral. Oleh sebab itulah, siapapun yang ingin datang kesini harus menjaga sopan santun. Jangan berisik apalagi bila sedang ada yang berdoa di dalam pura. Menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan, Giri Putri akan semakin ramai dikunjungi.

Tembeling Water Spring

Tembeling Water Spring

Menikmati mata air alami di Tembeling Water Spring, akan memberikan pengalaman liburan yang unik. Lokasinya berada di Batu Madeg, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Agak tersembunyi, sehingga belum banyak orang yang mengetahui tempat ini.

Dulu, Tembeling Water Spring dijadikan sebagai sumber mata air untuk kehidupan masyarakat sekitar. Namun sekarang sudah dikelola dan difungsikan sebagai destinasi wisata umum. Nama Tembelung sendiri berasal dari penemu mata air ini yakni seorang ibu hamil atau beli. Oleh sebab itulah namanya Tembeling.

Pantai Atuh

Pantai Atuh

Dan tempat wisata terakhir yang berada di Klungkung dan bisa masuk ke dalam list destinasi wisata adalah Pantai Utuh. Lokasinya berada di Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Eksotisme pantai Bali, tergambarkan di sini. Keramahan masyarakatnya pun sangat membuat nyaman.

Hamparan pasir putih, berpadu dengan jernihnya air laut yang berwarna biru alami. Ditambah lagi dengan keberadaan tebing yang bernama Tanjung Juntil. Benar-benar sangat memanjakan mata dan membuat hati merasa senang.

Berbagai aktivitas pantai menyenangkan bisa dilakukan selama kamu menghabiskan waktu liburan di Pantai Atuh. Seperti berenang, berjalan-jalan menyusuri bibir pantai, dan lain-lain. Pemandangan yang indah di pagi hari pun bisa kamu nikmati yakni saat matahari mulai terbit, dengan sempurna kamu bisa melihat momen tersebut di sini. Oleh sebab itulah, berkunjung lebih pagi sangat direkomendasikan sekali.

Wisatawan pun bisa menginap di Pantai Atuh. Baik dengan menyewa penginapan atau ala backpacker dengan mendirikan tenda. Sama-sama menyenangkan apalagi bila melakukannya bersama teman atau keluarga.

Sedikit tips saat mengunjungi tempat wisata yang sudah disebutkan di atas. Karena kebanyakan objek wisata Klungkung Bali bertemakan alam sehingga kamu dipastikan akan banyak melakukan aktivitas outdoor. Agar semakin nyaman, gunakanlah perlengkapan yang memang akan membuatmu merasa lebih nyaman. Seperti menggunakan sepatu tertutup, membawa topi, kacamata, membawa makanan dan minuman secukupnya, menggunakan ransel yang mudah dibawa, dan lain-lain.

Baca Juga: Wisata Denpasar

Sementara itu bila lokasi wisata yang akan dikunjungi cukup tersembunyi, sangat disarankan untuk menyewa tour guide untuk menghindari resiko tersesat. Namun bila kamu memiliki jiwa petualang tinggi, melakukan perjalanan hanya bersama teman pun tak jadi masalah.

Oke traveller, itulah 12 tempat wisata di Klungkung Bali yang bisa masuk ke dalam list destinasi wisata. Biarpun masuk dalam wilayah terkecil, namun ada banyak tempat wisata yang memiliki keistimewaan dan rugi bila tak kamu datangi. Mulai dari yang bertemakan alam, sejarah hingga spiritual.

Bali memang sangat mempesona, sehingga beragam tempat wisatanya mampu menjadi daya tarik tersendiri. Masyarakat di sana pun sangatlah ramah apalagi kepada para pendatang, oleh sebab itulah wisatawan asing sangat betah tinggal di Bali. Bahkan ada saja yang sengaja menghabiskan waktu liburannya selama berbulan-bulan. Nah, kalau kamu sendiri bagaimana? Kapan akan berkunjung ke Klungkung dan menjelajahi tempat wisatanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *