Tempat Wisata Di Kota Jantho Aceh Besar

14 Tempat Wisata di Kota Jantho Aceh Besar Terpopuler

Posted on

Saat berkunjung ke Aceh bisa jadi hanya dalam satu kecamatan saja kita bisa menemukan banyak destinasi menarik. Tempat wisata di Kota Jantho Aceh Besar ini begitu melimpah hingga dibutuhkan waktu panjang untuk menuntaskannya.

Kota Jantho sendiri tak lain adalah salah satu kota di Kabupaten Aceh Besar. Mungkin tidak begitu terkenal seperti yang ada di Jawa atau kota besar tapi berbicara tentang keindahan mereka ini adalah surganya.

Tempat Wisata di Kota Jantho

Dan berikut Republik Wisata coba rangkum berbagai destinasi menarik yang ada di Kota Jantho dan sekitarnya. Harapannya tentu saja bisa menjadi referensi bagi siapa saja yang akan berkunjung.

Air Terjun Peucari Jantho

Air Terjun Peucari Jantho Aceh Besar (Photo PM/Oviyandi Emnur)

Air terjun yang satu ini tidak saja menawarkan keindahan yang memanjakan mata. Lebih dari itu pengunjung bisa berenang dengan leluasa.

Bukan hanya itu saja tapi suasana yang ada masih benar-benar alami karena memang berada di hutan belantara Kota Jantho. Disini akan ditemukan air sungai yang bertingkat dan air terjunnya tidak hanya satu tapi hingga belasan. Bahkan suara burung liar nan indah pun masih menjadi musik yang senantiasa hadir.

Baca Juga: Wisata Calang Aceh Jaya

Air Terjun Peucari Jantho ada di Gampong Bueng Kecamatan Jantho, Kabupaten Aceh Besar. Jarak yang cukup jauh dari pusat kota karena harus menempuh jarak lebih kurang 70 kilometer. Tapi lelah itu akan segera terbayar lunas saat tiba di lokasi.

Kuliner Riung Gunung Jantho

Kuliner Riung Gunung Jantho

Wisata itu tidak saja bikin hati dan mata senang tapi juga harus bikin lidah bergoyang. Saat ada di Kota Jantho maka pastikan untuk berkunjung di Kuliner Riung Gunung Jantho.

Aneka kuliner khususnya berbahan ikan air tawar akan ditemukan ditempat ini. Ikan tersebut bisa di goreng, bakar, dan pepes.

Selain itu ada juga aneka sayuran segar dan sambal yang nampol. Aneka menu yang ada diolah dengan cara khas dan bumbu rahasia Aceh sehingga sensasi didapat pasti luar biasa.

Arung Jeram Krueng Jalin

Arung Jeram Krueng Jalin

Bagi mereka yang hobi olahraga penuh tantangan maka harus coba Arung Jeram Krueng Jalin. Dimana kegiatan ini tidak saja untuk anak muda tapi bisa diikuti seluruh anggota keluarga.

Sangat cocok bagi pemula dan keluarga sehingga arung jeram ini banyak dipilih. Mereka tidak saja bisa bermain air tapi juga bisa kamping dan seru-seruan dialam bebas.

Jangan lupa gunakan jasa pemandu wisata yang tahu tentang seluk beluk jeram di Krueng Jalin. Destinasi menarik ini ada di Krueng Jalin, Kecamatan Jantho, Kabupaten Aceh Besar.

Taman Safari Gurun Pasir Putih Jantho

Taman Safari Gurun Pasir Putih Jantho

Mungkin kita tak menduga bila di Kota Jantho ada taman safari. Namun faktanya Taman Safari Gurun Pasir Putih Jantho telah ada sejak 2017 silam.

Kebun binatang ini tak main-main karena berskala internasional dengan luas 60 hektare. Taman safari yang ada di Desa Cucum, Kecamatan Jantho, Kabupaten Aceh Besar ini memiliki koleksi yang sangat banyak.

Mulai dari spesial asli Indonesia hingga spesial mancanegara bisa ditemukan di tempat ini. Aneka hewan langka dilepas di taman ini dan giliran pengunjung akan masuk bus untuk berkeliling dan menyapa mereka.

Bukit Siron

Bukit Siron

Tertarik dengan destinasi berbasis pegunungan maka ada baiknya singgah ke Bukit Siron yang ada di Gampong Siron Krueng, Kecamatan Kuta Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar. Bukit ini suguhkan pemandangan alam yang begitu luar biasa.

Dimana terdapat Bukit Safana dan Sungai Siron sebagai destinasi utama. Objek wisata ini termasuk baru karena booming di tahun awal 2020 dan hingga kini masih sering dikunjungi wisatawan.

Destinasi ini adalah jawaban bagi mereka yang ingin suasana baru pasca masuknya pandemi. Banyak kegiatan bisa dilakukan ditempat ini. Atau bila enggan bergerak bisa ‘mager’ dengan mendirikan tenda.

Jantho Greenland

Jantho Greenland

Bisa jadi tiap negara memiliki Greenland masing-masing. Tak terkecuali saat berkunjung ke Aceh maka akan ditemukan Jantho Greenland yang begitu mempesona.

Destinasi ini ada di Perbukitan Jantho, Kecamatan Jantho, Kabupaten Aceh Besar. Dari pusat kota bisa ditempuh dalam 90 menit perjalanan melalui Jalan Banda Aceh – Medan.

Berbagai wahana telah disiapkan oleh pengelola mulai dari flying fox, jembatan air, kolam renang dan lain-lain. Semua itu pastinya melengkapi agenda liburan saat ada di Jantho Greenland ini.

Bukit Jalin

Bukit Jalin

Satu wilayah yang cukup viral dengan segala keindahan alamnya di Kota Jantho tentu saja ada Bukit Jalin yang ada di Desa Sukatani, Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar. Sangat pas buat mereka yang kurang suka dengan objek wisata pantai.

Suasana dan hawa segar menjadi daya tarik tersendiri. Dimana siapa saja akan merasa lebih nyaman dan betah berlama-lama di tempat ini. Padang rumput menutupi bukit bagai permadani terhampar.

Untuk sampai di lokasi terbaik ini dibutuhkan waktu sekitar 90 menit. Begitu tiba di lokasi maka ada baiknya isi logistik terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan.

Pantai Lhok Mata Le

Pantai Lhok Mata Le

Destinasi pantai di Aceh masih menjadi primadona, tak terkecuali di Aceh Besar. Satu pantai yang begitu memukau tentu saja Pantai Lhok Mata Le yang ada di Gampong Ujung Pancu Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar.

Ditempat ini akan ditemukan berbagai kombinasi alam yang bisa bersinergi. Ada pasir, air laut, angin, bukit dan birunya langit yang kadang tertutup awan putih.

Khusus untuk kaum hawa bila ingin ke pantai ini tidak bisa asal-asalan atau sembarang waktu. Mereka harus lebih dulu menghadap ke tetua adat setempat untuk minta izin. Bila tidak jangan kaget bila kemudian ada kejadian yang tak terduga.

Pantai Lhok Mata Ie adalah pantai yang amat indah dan romantis yang terletak di Gampong Ujung Pancu, Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar.

Pantai Pasir Putih Lhok Mee

Pantai Pasir Putih Lhok Mee

Sesuai dengan namanya pantai pasir putih dimana di tempat ini memang akan ditemukan pantai dengan ciri khas pasir putih. Menjadi salah satu favorit bagi mereka yang ingin memanjakan diri di Desa Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.

Bila beruntung saat air laut surut maka akan ditemukan aneka biota laut yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Tak perlu alat bantu semisal snorkeling dan keindahan itu di depan mata.

Mereka yang ingin preweding pun sering memilih tempat ini sebagai lokasi terbaik. Bukan hanya itu saja di tempat ini pun pengunjung bisa memancing diatas pohon yang berdiri diatas pantai.

Pantai Lhok Keutapang

Pantai Lhok Keutapang

Bagi mereka yang tak jeli bisa jadi tidak akan menemukan pantai indah yang satu ini. Dimana lokasinya ada dibalik bukit. Dan waktu terbaik untuk berkunjung sudah pasti pada sore hari.

Butuh perjuangan dan energi ekstra untuk bisa menemukan pantai Lhok Keutapang. Tapi semua itu akan terbayar lunas saat tiba di lokasi.

Air yang bening dan banyaknya pepohonan di sekitar pantai membuat tempat ini begitu nyaman untuk menepi. Objek wisata di dekat Kota Jantho ini ada Lam Pageu, Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar ini tak pernah sepi dari pengunjung.

Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga

Satu pantai yang sangat populer di Aceh Besar sudah pasti ada Pantai Lhoknga karena memang secara jarak tidak begitu jauh dari pusat kota. Tak hanya di dalam negeri saja, tapi keindahan Pantai Lhoknga juga hingga mancanegara.

Terlebih bagi mereka yang hobi berselancar maka ini adalah salah satu tempat terbaik di Aceh. Ombak besar dan menantang membuat siapa saja ingin mencoba menahlukkan ganasnya lautan.

Bila tidak bisa main surfing maka ada pilihan lain semisal memancing atau cukup bermain dibibir pantai. Bagi mereka yang ingin belajar golf pun bisa di tempat ini. Pantai yang ada di  Desa Mon Ikeun, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar ini pun menjadi salah satu pantai paling romantis di Aceh.

Pesisir Lampanah Leungah

Pesisir Lampanah Leungah

Masih berada dipesisir Aceh ada desa yang sangat terkenal dengan pemandangan alamnya dimana tempat ini menjadi ajang bagi para pemburu gambar untuk dapat landscape terbaik.

Angin khas pesisir juga membuat siapa saja makin betah berlama-lama karena bisa membuat waktu berjalan begitu cepat. Destinasi ini lumayan jauh dari pusat kota karena berjarak 62 kilometer.

Namun demikian semua itu tak akan terasa karena sejauh mata memandang tersaji keindahan. Pesisir Desa Lampanah Leungah ini termasuk dalam Kecamatan Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar.

Puncak Bukit Lamreh

Puncak Bukit Lamreh

Satu destinasi di Kota Jantho yang akan membuat siapa saja takjub tentu saja ada keindahan Puncak Bukit Lamreh. Lokasinya ada di Desa Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.

Tebing ini sangat hits dan begitu mudah ditemukan disosial media. Khususnya di Instagram maka akan ketik saja #BukitLamreh maka silakan kagumi setiap jepretan warganet.

Dari tempat ini sejauh mata memandang akan ditemukan view yang begitu indah. Alam begitu apik dimana laut biru, bukit hijau dan awan putih bisa menjadi lukisan yang maha besar.

Untuk harga tiket masuk dan parkir kendaraan tenang saja. Sangat ramah kantong dan pastinya akan bikin nagih dan ingin datang kembali.

Masjid Agung Al-Munawwarah

Masjid Agung Al-Munawwarah

Tak lengkap rasanya berkunjung ke Aceh tanpa menyempatkan diri berkunjung ke masjid agung yang mereka miliki. Saat di Kota Jantho pastinya harus berkunjung ke Masjid Agung Al-Munawwarah yang ada di Jantho Makmur.

Meski tergolong baru karena dibangun 1984 tapi masjid ini menjadi salah satu ikon Kota Jantho.
Masjid dengan kapasitas 4000 jamaah ini tak pernah sepi dari pengunjung. Baik mereka yang ingin ibadah atau melihat kemegahannya.

Rumah ibadah ini pun seringkali digunakan sebagai tempat menghukum mereka yang telah melanggar hukum syariat Islam. Jadi jangan kaget bila tiba-tiba berkunjung ada keramaian masa.

Selain belasan objek wisata di sekitar Kota Jantho, Aceh Besar diatas masih ada banyak hal lain yang bisa dieksplore. Ada baiknya sebelum menuju lokasi untuk membuat list atau daftar rencana kelak saat ada di Aceh Besar akan ke mana saja.

Baca Juga: Wisata Subulussalam

Jangan sampai saat tiba di lokasi kebingungan akan memulai dari perjalanan dari mana dan berakhir dimana. Waktu terus berjalan dan tidak memberi kesempatan lebih lama. Apalagi bagi mereka yang mengambil paket 3 hari 2 malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *