Tempat Wisata di Kota Langsa

17 Tempat Wisata di Kota Langsa Paling Recomended

Posted on

Masih berbicara tentang Aceh dan ternyata benar, objek wisata yang ada tak ada habisnya. Pun demikian saat berkunjung tempat wisata di Kota Langsa. Ada banyak hal menarik yang harus dicoba terutama berkaitan dengan wisata alam, budaya, kuliner dan pastinya kearifan lokal masyarakat setempat.

Tempat Wisata di Kota Langsa

Agar tidak terjebak saat tiba dilokasi mau ke mana maka ulasan ini sedikit memberi gambaran tempat wisata di Kota Langsa paling rekomended apa saja. Simak ulasan berikut.

Hutan Kota Langsa

Hutan Kota Langsa

Kota Langsa tak ubahnya Aceh pada umumnya dimana mereka kaya akan hutan dengan segala flora dan fauna yang ada. Dan jangan kaget bila kemudian ada Hutan Kota Langsa menempati urutan pertama.

Baca Juga: Wisata Lhokseumawe

Paru-paru kota ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Dengan aneka wahana yang lengkap dan harga tanda masuk atau tiket murah meriah membuat siapa saja bisa berkunjung.

Tak jarang tempat ini juga sering digunakan untuk outbond dan kegiatan kepramukaan karena memang fasilitasnya sangat memadai. Paru-paru kota ini ada di Desa Paya Bujok Seulemak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa.

Pulau Teulaga Tujoh

Pulau Teulaga Tujoh

Bagi mereka yang ingin destinasi pantai dan serba serbinya bisa jadi Pulau Teulaga Tujoh adalah rekomendasi terbaik. Keindahan alam itu nyata karena ada kombinasi dari pasir putih dan laut biru.

Untuk menuju pulau ini wisatawan harus menyewa perahu atau boat. Dan selama perjalanan itu ada banyak pemandangan yang bisa dilihat. Pastinya bikin betah untuk berlama-lama.

Saat tiba di pulau yang satu ini ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Terutama bagi mereka yang datang bersama para sahabat. Pulau Teulaga Tujoh ini ada di Telaga Tujuh, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa.

Taman Mangrove Langsa

Taman Mangrove Langsa

Mungkin kita menduga kalau mangrove hanya seperti itu saja. Tapi ternyata tanaman yang sering ditemukan di pantai ini ada banyak jenisnya.

Datanglah ke Taman Mangrove Langsa dan setidaknya ada 35 jenis tanaman mangrove yang bisa dilihat. Selain itu aneka flora dan fauna menarik pun bisa ditemukan.

Bila beruntung maka akan ditemukan mangrove yang berusia ratusan tahun dan sangat sayang untuk tidak diabadikan. Kawasan Taman Mangrove Langsa ini ada di Kuala Langsa, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa.

Gedung Balee Juang

Gedung Balee Juang

Satu gedung peninggalan dari zaman perjuangan yang harus dikunjungi pastinya adalah Gedung Balee Juang. Gedung ini dibangun pada 1924 dengan ciri khas arsitektur eropa.

Gedung ini juga menjadi ikon Kota Langsa dan didalamnya bisa belajar tentang sejarah. Kisah heroik perjuangan masyarakat Langsa dalam melawan penjajah bisa ditemukan di tempat ini.

Pelan-pelan saja dan tidak perlu buru-buru pindah. Gedung bersejarah ini ada di Gampong Jawa, Kecamatan Langsa Kota, Kota Langsa.

Taman Bambu Runcing

Taman Bambu Runcing

Ingin melihat kisah heroik lainnya dari masyarakat Kota Langsa maka datanglah ke Taman Bambu Runcing. Lokasinya pun ada di pusat kota atau tepatnya di Jalan Protokol Ahmad Yani, samping Lapangan Merdeka Langsa.

Taman Bambu Runcing dibangun pada 17 Agustus 1948 dan biasanya akan ramai pada sore hari meski buka hingga 24 jam. Artinya kamu bisa datang kapapun selama ada di Kota Langsa.

Bagi kaum hawa saat berada di tempat ini pastinya akan terpesona dengan taman bunga yang ada. Menjadi lokasi terbaik untuk selfi bareng keluarga.

Fasilitas pendukung yang ada juga cukup lengkap mulai dari parkir, tempat makan, tempat ibadah hingga toilet dan footpath.

Lapangan Merdeka

Lapangan Merdeka Langsa

Alun-alun Kota Langsa ini tak pernah sepi pengunjung. Berada di lokasi yang sangat strategis dan selalu digunakan untuk menggelar event baik itu pertunjukan atau kegiatan sosial di Kota Langsa.

Menjadi ruang terbuka hijau dan siapapun bisa berkunjung ke tempat yang sangat populer ini. Apalagi lokasinya yang berdekatan dengan Taman Bambu Runcing bisa menjadi satu tujuan wisata bersama keluarga.

Pelabuhan Kuala Langsa

Pelabuhan Kuala Langsa

Pelabuhan ini bukan hanya pintu masuk dan keluar negeri tapi juga menjadi destinasi wisata yang bisa dipilih. Pelabuhan yang memiliki view menarik ini ada di Desa Kuala Langsa, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa.

Pada sore hari banyak anak muda berkunjung ke pelabuhan ini untuk menghabiskan waktu. Selain itu bagi mereka yang hobi fotografi bisa berburu foto menarik di tempat ini.

Mutiara Water Park

Mutiara Water Park

Mereka yang hobi berenang dan bermain di wahana air saat ada di Kota Langsa maka bisa jadi ini adalah yang terbaik. Mutiara Water Park memiliki wahana yang cukup lengkap dan menantang.

Sebut saja aneka seluncur air, drum air hingga flying fox bisa dimainkan. Bila tidak cukup berani maka cukuplah main air di kolam yang kedalamannya pun bermacam-macam.

Mutiara Water Park ini ada di Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa dan buka setiap hari dari pukul 08:30 WIB hingga 17:00 WIB.

Kolam Renang Vitra Tirta Raya

Kolam Renang Vitra Tirta Raya

Bukan hanya Mutiara Water Park, saat di Kota Langsa juga ada kolam renang yang banyak disuka wisatawan. Kolam Renang Vitra Tirta Raya ini banyak dipilih karena bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.

Kolam renang dengan aneka wahana yang memanjakan anak-anak ini berstandar internasional. Dengan demikian pastinya selain wahana cukup menantang pastinya keamanan tetap terjaga.

Langsa Town Square (LATOS)

Langsa Town Square

Bagi mereka yang tinggal di kota besar pastinya mall adalah satu hal yang biasa. Namun lain cerita di Kota Langsa hingga saat ini hanya ada Langsa Town Square saja.

Mall ini pastinya menjadi tempat nongkrong bagi anak muda maupun keluarga yang ingin bersantai. Seperti kita tahu bahwa mall bukan hanya tempat belanja tapi juga sekaligus sebagai tempat memanjakan diri.

Di mall 3 lantai ini juga terdapat aneka fasilitas hiburan mulai dari food court, kafe, salon kecantikan, wahana permainan anak, fitness center hingga spa dan sauna. Penasaran seperti apa mall dengan 400 toko ini maka silakan datang ke Peukan Langsa, Kecamatan Langsa Kota, Kota Langsa.

Kawasan Toko Belakang

Kawasan Toko Belakang

Namanya cukup unik dan mengundang rasa penasaran siapa saja yang berkunjung ke Kota Langsa. Kawasan Toko Belakang tak lain adalah kawasan pecinan yang tak pernah sepi pengunjung.

Saat berada di tempat ini jangan ragu untuk mencari pernak-pernik khas Tionghoa. Selain itu menikmati ragam kuliner dari negeri Cina mulai dari aneka mie, capcay, pangsit, kwetiau, paklay dan lain-lain.

Di dekat Kawasan Toko Belakang ini ada di Gampong Jawa, Kecamatan Langsa Kota, Kota Langsa masih ada pabrik kecap asin tertua di Kota Langsa. Menarik bukan bila bisa jalan-jalan dan tahu lebih banyak tentang proses pembuatannya.

Pantai Ujong Pusong

Pantai Ujong Pusong

Saat berada di tempat ini di siang hari tak perlu takut gosong atau kepanasan. Ada pohon cemara yang bisa digunakan untuk berteduh.

Sesaat merasakan angin sepoi-sepoi sembari quality time bersama seluruh anggota keluarga pastinya. Bermain bola, main air dan pantai hingga mendirikan tenda menjadi aktivitas menarik pastinya.

Jangan lupa untuk menuju muara dan bermain air yang sedikit berarus dengan yang lain. Satu pengalaman yang bisa jadi tidak ditemukan di pantai yang lain. Pantai Ujong Pusong ini ada di Desa Teulaga Tujoh, Kecamatan Samudera, Kota Langsa.

Pantai Matang Ulim Idi Cut

Pantai Matang Ulim Idi Cut

Pantai yang satu ini lumayan jauh dari pusat Kota Langsa. Berjarak sekitar 75 kilometer atau 2.5 kilometer dari ibu kota kecamatan Idi Rayeuk.

Pantai Matang Ulim Idi Cut ini berada di Blang Geulumpang, Kecamatan Idi Rayeuk, Kota Langsa. Memiliki ciri khas berupa barisan pohon cemara laut yang bila dilihat dari kejauhan begitu apik.

Lokasi ini banyak dipilih karena memberi rasa nyaman. Menjadi tempat untuk terapi setelah beraktivitas sehari-hari pastinya.

Pantai Kuala Geulumpang

Pantai Kuala Geulumpang

Destinasi wisata favorit warga Kota Langsa pastinya di mana Pantai Kuala Geulumpang ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Pantai dengan keindahan alam ini harus masuk dalam daftar kunjungan bagi para wisatawan.

Fasilitas yang ada pun sangat memadai. Tidak perlu persiapan matang untuk tiba di objek wisata yang satu ini karena semua telah ada mulai dari tempat makan, parkir, MCK hingga tempat ibadah.

Pantai ini sejatinya tidak termasuk wilayah Kota Langsa, hanya saja lokasinya cukup dekat dan mudah dijangkau. Persisnya ada di Kuala Geulumpang, Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur.

Kebun Villa Indah

Kebun Villa Indah

Penat dan ingin suasana lebih nyaman maka datanglah ke Kebun Villa Indah. Lokasinya ada di Geudubang Aceh, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa.

Bila kondisi tengah beruntung maka akan mendapati suasana layaknya negeri diatas awan. Terutama pada pagi hari dimana kabut tengah turun.

Dari tempat ini bisa ditemukan spot foto yang menarik dengan fasilitas lengkap. Sebut saja tempat parkir, tempat ibadah hingga tempat makan untuk memanjakan lidah.

Pantai Kuala Parek

Pantai Kuala Parek

Tak jauh dari Kota Langsa ada pantai yang sangat cantik. Sebut saja Pantai Kuala Parek, yang ada di Kuala Perek, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Aceh Timur.

Pantai ini dari Kota Langsa jaraknya hanya 27 kilometer saja. Satu kegiatan yang sering dilakukan pengunjung tentu saja memancing dan rasakan saat “strike.”

Sama seperti pantai-pantai lain di Aceh dengan ciri khas pasir putih dan laut biru. Pantai Kuala Parek pun demikian dan wajar kemudian tiap akhir pekan selalu ramai pengunjung.

Air Terjun Terujak

Air Terjun Terujak

Air terjun Terujak ini sangat terkenal di Aceh, khususnya bagi warga sekitar Kota Langsa. Dimana pengunjung bisa memanjakan diri untuk merasakan dinginnya air.

Namun tak jauh dari air terjun ini terdapat sumber mata air panas. Pas bukan bila telah kedinginan kemudian pindah ke kolam sebelah untuk mendapat kehangatan.

Hati-hati pastinya karena bisa jadi panas tak terduga karena telur pun bisa matang. Tempat wisata tak biasa ini ada di Desa Terujak, Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur.

Di Kota Langsa sendiri selain belasan tempat wisata Langsa diatas masih ada objek wisata lain yang dikelola dengan profesional. Namun demikian ketika berbicara tentang keindahan pastinya bisa diacungi jempol.

Baca Juga: Wisata Tapak Tuan

Bahkan tak jauh dari kota ini berbatasan dengan kabupaten kota lain yang memiliki tempat wisata menarik. Sangat disayangkan pastinya bila berkunjung ke Kota Langsa tidak menuntaskan semua tempat wisata Aceh yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *