Tempat Wisata di Kudus

17 Tempat Wisata Di Kudus Paling Terkenal, Terbaru dan Hits

Posted on

Kalau mendengar atau membaca nama Kabupaten Kudus, apa sih yang terbesit dalam benak mu? Pastinya kretek dan kulinernya dong, iya nggak? Karena memang Kudus sangat identic dengan hal-hal tersebut. Namun bagaimana ya dari sisi potensi wisatanya? Apakah tempat wisata di Kudus mampu menarik perhatian wisatawan?

Tempat Wisata di Kudus

Nggak kalah sama daerah lain di Jawa Tengah, Kudus juga menyimpan potensi wisata yang terkenal dan hits. Mulai wisata alam, hingga wisata sejarah bisa kita jelajahi di sini. Pasalnya, Kudus memang kental dengan histori perjalanan agama islam. Dimana terdapat 3 makam wali yang menjadi bukit, yakni Sunan Kudus, Sunan Muria dan Sunan Kedu.

So, apakah kamu penasaran dengan wisata Kudus yang mampu menghipnotis? Yuk langsung saja simak ulasan berikut ini!

Air Terjun Montel

Air Terjun Montel

Pertama ada air terjun Montel yang sudah dipastikan akan memberi suguhan pemandangan alami serta kesegaran air yang langsung dari sumber mata air. Lokasinya ada di Kajar, Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Montel nggak pernah sepi dari pengunjung loh, apalagi saat musim liburan. Berbagai macam fasilitas umum seperti mushola, toilet, area parkir hingga warung sudah dikelola dengan baik. Bahkan ada pula kios-kios berjejer yang menjajakan aneka cinderamata.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Klaten

Uniknya, bukan hanya bermain air saja, kamu juga bisa banget meminum air tersebut sebab terjamin kebersihannya. Sesekali minum air dari mata air alami nggak ada salahnya kan? Ya, itung-itung pengalaman saja selama berkunjung ke Montel. Untuk bisa masuk ke Kawasan Montel, wisatawan harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Murah kok, hanya 5 ribu rupiah saja per orang. Jadi, tunggu apa lagi? Langsung saja yuk rencanakan perjalanan liburanmu ke Air Terjun Montel.

Waterboom Mulia Kudus

Waterboom Mulia Kudus

Kamu sedang mencari tempat wisata di Kudus untuk liburan bersama keluarga? Bagaimana kalau bermain air di waterboom Mulia Kudus? Lokasinya ada di Jalan Raya Kudus – Colo, Lau, Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Sangat strategis sehingga mudah untuk dijangkau.

Tiap akhir pekan Mulia Kudus kerap dipenuhi pengunjung yang sudah berkeluarga. Tempat ini memang sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga apalagi yang sudah memiliki anak. Berbagai macam wahana permainan mulai dari wahana air, penyewaan ATV, dan banyak lagi. Nah, untuk tiket masuknya sendiri sangat murah sekali apalagi bila dibandingkan dengan fasilitas yang lengkap, hanya 15 ribu per orang saja.

Museum Kretek

Museum Kretek

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kalau kabupaten Kudus ini sangat terkenal akan kreteknya. Oleh sebab itulah sebuah museum dibuat dengan nama Museum Kretek. Di dalamnya terdapat berbagai macam peralatan mesin yang digunakan untuk membuat rokok saat zaman dulu. Jadi, wisatawan yang datang bisa melihat bagaimana sih proses penanaman tembakau sampai pembuatan rokok.

Lokasinya berada di Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati Kudus. Bila berangkat dari pusat kota sih sebenarnya nggak terlalu jauh, hanya 3 km saja, bisa ditempuh menggunakan motor atau mobil.

Menara Kudus

Menara Kudus

Next, wisata Kota Kudus selanjutnya adalah Menara Kudus yang berlokasi di Jalan Menara, Pejaten, Kauman, Kecamatan Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Tempat ini termasuk dalam jenis wisata religi yang tak pernah sepi pengunjung apalagi bila musim liburan. Menaranya terbuat dari tumbukan batu bata dengan atap kayu yang berbentuk limas. Sementara itu pada bagian menaranya terdapat piring logam yang konon didatangkan langsung dari China.

Lokasi Menara Kudus berada tepat di depan Masjid Al-Aqsa yang berfungsi juga untuk penanda bahwa telah masuk waktu sholat. Sementara di sekitar menaranya terdapat makam Sunan Kudus yang sering diziarahi wisatawan.

Desa Wisata Rahtawu Kudus

Desa Wisata Rahtawu Kudus

Desa Wisata Rahtawu Kudus merupakan tempat wisata Kudus yang berlokasi di Kecamatan Gebog, Jawa Tengah.

Tempat wisata kudus selanjutnya adalah Rahtawu Kudus yang berlokasi di Desa Rahtawu, Kec. Gebog, Kab. Kudus, Jawa Tengah. Rahtawu juga menjadi tempat wisata yang ada di Kudus. Desa ini memiliki ketinggian 1627 mdpl yang membuat udara begitu sejuk dan segar. Di desa ini juga ada sungai yang begitu jernih dan bisa digunakan untuk mandi serta bermain air.

Selain ada pemandangan alam yang begitu indah dan menarik, wisatawan bisa melihat adanya banguann-bangunan pertapaan yang bisa dijelajah. Letak desa ini berada di lereng gunung Muria. Tepatnya ada di kecamatan Gebog Kudus yang juga ramai dikunjungi para wisatawan.

Gray Canyon Kudus

Gray Canyon Kudus

Gray Canyon Kudus berlokasi di Desa Tanjung Rejo, Kec. Jekulo, Kab. Kudus, Jawa Tengah.  Menjadi tempat wisata yang juga menarik, Gray Canyon Kudus ini mirip dengan yang ada di Amerika. Terbentuknya Gray Canyon ini karena adanya aktivitas penambangan bahan galian C. Sebuah kawasan perbukitan ini menjadi objek wisata yang mirip dengan Green Canyon yang ada di luar negeri.

Wisatawan bisa datang ke Desa Tanjung Rejo yang ada di kecamatan Jekulo. Berada di Gray Canyon Kudus ini memberi kesan seolah kita berada di Amerika. Gray Canyon Kudus beralamatkan di Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Objek wisata yang unik dan cocok untuk mereka yang suka fotografi.

Bumi Perkemahan dan Wana Wisata Kajar

Bumi Perkemahan dan Wana Wisata Kajar

Bumi Perkemahan Kajar berlokasi Dersaya, Kajar, Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah. ingin liburan dengan konsep outbound, wisatawan bisa datang ke Bumi Perkemahan dan Wana Wisata Kajar. Layak menjadi destinasi wisata khusus yang spesial karena memang ada kawasan hutan pinus yang lokasinya juga begitu segar. Wisatawan yang datang bisa merasakan bagaimana kesejukan di dalam tempat ini.

Tempat ini lokasinya ada di ketinggian 600 mdpl dan memiliki banyak pepohonan pinus yang mana jaraknya juga sekitar 3 KM dari Makam Sunan Muria. Wana wisata ini juga sering menjadi tujuan pelatihan instansi atau organisasi.

Taman Oasis

Taman Oasis

Sebuah taman yang sangat sering dijadikan tempat nongkrong ini berlokasi di Jl. Lkr. Utara No. 7, Bacin, Kec. Bae, Kab. Kudus, Jawa Tengah. Menjadi tempat favorit juga untuk hangout anak-anak muda dan juga keluarga yang ada di Kudus. Taman ini dibangun oleh PT. Djarum yang sekarang menjadi taman populer.

Beberapa pohon ada di sekitar taman dengan rumput yang tertata rapi agar memberikan kesan sejuk disana. Asyik sebagai tempat berkumpul bersama keluarga atau orang-orang tersayang. Taman Oasis ini berada di Desa Gondangmanis, kecamatan Bae. Lokasi yang cukup mudah dijangkau untuk para wisatawan yang berkunjung.

Menara Pisang

Menara Pisang

Kalau kamu sedang mencari tempat nongkrong hits di Kudus, kamu bisa coba berkunjung ke Kawasan Menara Pisang yang memang sangat terkenal. Lokasinya ada di Pejaten, Kejayan, Kecamatan atau Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Biarpun hanya sekedar Menara, namun nggak sedikit loh wisatawan yang malah merasa penasaran dengan objek wisata satu ini.

Bagi anak-anak muda di Kudus, Menara Pisang memang kerap menjadi alternatif tempat berkumpul. Semakin terkenal karena bantuan sosial media dan wisatawan yang membagikan gambar keberadaannya sata di sini. Oh iya, nggak hanya Menara saja ya, terdapat sebuah taman kecil yaitu Taman Sardi yang bisa kamu jadikan tempat untuk menikmati suasana di Kota Kudus.

Air Terjun Pengantin

Air Terjun Pengantin

Ingin menikmati kesegaran air terjun saat berada di Kudus? Nah, kamu bisa coba datang saja ke Puyoh, Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Di sana terdapat sebuah air terjun menyegarkan dengan pemandangan alam yang indah, nama nya pun terbilang cukup unik yaitu Air Terjun Pengantin.

Ada alasan kenapa dinamakan Air Terjun Pengantin, sebab di bagian tengah air terjunnya terdapat batu yang membelah air menjadi dua. Sehingga terlihat seperti pasangan. Warga setempat juga kerap menyebutnya sebagai Air Terjun Kembar. Di samping keunikan nama tersebut, air terjun ini memang patut kamu kunjungi sebab Kamu bisa bermain air dan berenang sepuasnya.

Goa Jepang Terban

Wisata di Kudus Jawa Tengah selanjutnya merupakan sebuah tempat bersejarah yaitu Goa Jepang Terban, lokasinya berada di Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Kalau kamu ingin mengenang jejak sejarah masa pra sejarah, kamu bisa coba datang ke sini. Sebab goa ini menyimpan kenangan pahit dan memilukan karena kekejaman penjajah zaman dahulu yang memperalat para pribumi.

Selain jejak sejarah, pemandangan di sekitar goa juga ternyata menjadi daya tarik tersendiri loh. Suasana alam yang masih asri tentu akan membuatmu semakin berkesan.

Kamu juga harus tahu ya kalau ternyata letak goa Jepang ini ada di Kawasan Colo dan cukup tersembunyi. Agar bisa mencapainya, kamu harus siap menyusuri sungai serta jalan setapak selama 1 jam lamanya. Tenang saja, rasa lelah akan segera terbayar saat kamu sampai di Goa Jepangnya.

The Peak View Waterboom

The Peak View Waterboom

The Peak View Waterboom merupakan tempat wisata di Kudus yang sangat cocok dijadikan sebagai tempat liburan bersama keluarga. Lokasinya ada di Jalan Lkr. Utara Umk, Kayuapu Kulon, Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Berbagai macam wahana permainan menyenangkan bisa kamu temukan saat berkunjung ke sini. Dan tahu nggak sih ternyata The Peak View Waterboom termasuk dalam wisata populer di kota Kudus.

Wahana permainan yang cukup lengkap menjadi daya tariknya tersendiri. Mulai dari outbound, flying fox, hingga ATV. Ada pula sebuah restoran dan minimarket yang akan sangat kamu butuhkan, apalagi kalau sedang merasa lapar dan butuh cemilan.

Desa Wisata Wonosoco Kudus

Desa Wisata Wonosoco Kudus

Sebuah desa wisata di Kudus menyajikan pemandangan alam yang indah dan suasana pegunungan yang menyegarkan, ini adalah Desa Wisata Wonosoco Kudus. Bila kamu sedang berlibur ke Kudus dan ingin rehat, sebaiknya sih kamu liburan di Desa Wisata ini.

Keindahan alam dengan hamparan pemandangan hijau persawahan dipadukan dengan pegunungan kars kendeng dijamin akan membuatmu terpesona. Ada banyak sekali spot wisata yang terbilang instagramable untuk kamu foto.

Nah, kalau kamu merasa tertarik dan ingin berkunjung, kamu harus menyiapkan dulu tiket masuknya ya. Hanya 3 ribu rupiah saja per orang kok, murah banget kan? Makanya yuk langsung aja datang ke Desa Wisata Wonosoco Kudus!

Desa Jurang Gebog Kudus

Desa Jurang Gebog Kudus

Masih berkonsep desa wisata yang menyejukkan dan bisa kamu jadikan sebagai alternatif saat ingin berlibur dengan nyaman, kamu bisa datang ke Desa Jurang Gebog Kudus. Lokasinya ada di Desa Jurang, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Lagi-lagi pesona alam di desa wisata Kudus ini memang menjadi daya tarik tersendiri. Pemandangan sawah yang hijau akan mengingatkan kita betapa kayanya negeri ini. Sebuah jembatan gantung yang usianya sudah tua pun menjadi sebuah pemandangan menarik lainnya.

Gunung Muria

Ingin menaklukan puncak gunung yang ada di Kudus? Yuk coba taklukan puncak Gunung Muria yang berlokasi di Perbatasan Kabupaten Jepara, Kabupaten Kudus – Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian kurang lebih sampai 1602 Mdpl, ada banyak spot-spot menarik yang sangat rugi bila kamu lewatkan. Misalnya saja spot puncak 29 yang merupakan puncak tertinggi di Muria. Ada pula puncak Natas Angin dan Puncak Argowiloso.

Saat berada di ketinggian, hal menarik yang akan kamu nikmati tentu saja suguhan dari Sang Maha Kuasa yaitu pemandangan alam pegunungan serta udara yang menyegarkan. Saat berada di puncak, jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan berfoto ya!

Bila cuaca sedang bagus, ada banyak pendaki yang berlomba-lomba untuk sampai puncak. So, kamu juga harus memastikan ya, sebelum mendaki cek dulu kondisi cuacanya apakah memungkinkan untuk melakukan pendakian atau tidak. Apalagi kalau kamu masih pemula, pengecekan cuaca biarpun terasa sepele namun amat sangat penting.

Air Terjun Kedung Gender

Air Terjun Kedung Gender

Kudus memang tak akan pernah mengecewakan soal wisata alamnya. Mulai dari wisata gunung hingga air terjun memiliki pesona tersendiri sehingga sangat rugi bila tidak dikunjungi. Misalnya saja air terjun Kedung Gender yang berlokasi di Tengger, Dukuh Waringin, Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Tempat wisata di Kudus ini mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan dalam kota maupun luar kota. Pengunjung kerap menikmati suasana alam yang ada di sekitar air terjunnya, sekedar rehat dan menenangkan pikiran.

Situs Pati Ayam

Situs Pati Ayam

Situs Pati Ayam berlokasi di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Tapi, ngomong-ngomong, kamu sudah tahu belum apa sih tempat wisata Kudus Situs Pati Ayam?

Jadi, situs Pati Ayam merupakan sebuah tempat wisata sejarah yang menawarkan suasana nyaman dan sarat akan makna sejarahnya. Ada berbagai macam fosil yang pernah ditemukan oleh warga sekitar situs tersebut. Kawasan ini juga ternyata merupakan pusat peradaban manusia purba, bukitnya karena telah ditemukan berbagai macam fosil. Kamu bisa menikmati suasana alam sekitar situs Pati Ayam sekaligus menelusuri jejak sejarah manusia melalui fosil yang ditemukan.

Baca Juga: Tempat Wisata Di Kebumen

Traveler, itulah 17 tempat wisata di Kudus paling terkenal dan hits yang bisa kamu jadikan referensi tempat liburan saat kamu berada di Kudus. Potensi wisata di kota ini memang tidak usah diragukan lagi. Tempat wisata yang pasti saja akan memberikan keunikannya masing-masing untuk para pengunjung. Jenis tempatnya pun beragam sehingga kamu bisa menentukan tempat mana yang akan dikunjungi apakah wisata alam, wisata pantai atau wisata sejarah yang ada di Kudus? So, langsung saja dipikirkan dan ditentukan ya tempat mana yang akan kamu eksplore! Happy travelling.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *